Fun Blogging Bikin Ngeblog Jadi Semakin Fun

Kalau ketemu ketiga cikgu ini disalah satu kesempatan, disapa ajah. Dijamin ramah deh sambutannya :)


Saya seneng banget ketika akhirnya terdaftar menjadi salah satu peserta Fun Blogging sesi 3. Yup! Fun Blogging memang sudah memasuki sesi ke-3. Karena belum berjodoh dengan waktu, sesi pertama dan kedua, saya tidak bisa ikut. Sesi yang kedua itu saya menginap di rumah mertua (baca: pencitraan :p) dan jalan-jalan ke Kota Tua. Kalau yang pertama, saya lupa kenapa gak bisa ikutan.

Padahal saya berharap dengan ikut fun blogging, bikin ngeblog jadi semakin fun. Emang masih rezeki dan bukti juga bahwa Fun Blogging itu banyak peminatnya *Ihiiiyy! :D*, sesi yang ketiga pun dibuka. Dan kali ini, saya bisa hadir! Alhamdulillah.

Hari H, di gedung Cyber 1 ...

Sesampainya saya di lantai 3, gedung Cyber 1, belum ada orang sama sekali. Bahkan kantor Qwords pun masih dikunci. Celingak-celinguk lah saya. Untung aja gak lama kemudian ada seorang mas-mas *maaf, saya gak tanya namanya hehe* menghampiri saya. Setelah saya bilang mau ke kantor Qwords, dia pun ngebukain pintu.

Sambil menunggu yang lain datang, saya pun buka internet. Eyaampuun! Ternyata saya salah lihat jam! Pantesan aja belum ada yang datang, bahkan kantornya pun masih dikunci. Pantes aja satpam di depan kantor kebingungan dan minta saya meninggalkan KTP. Saya kepagian datangnya! 1 jam sebelum acara dimulai, saya udah datang. Wkwkwkwk.

Satu per satu peserta Fun Blogging termasuk para cikgu pun mulai berdatangan. Suasana mulai ramai. Saya memilih duduk paling depan. Siap menjadi murid yang baik. Siap menyerap ilmunya :D

Mbak +Haya Aliya Zaki , Mom Blogger dan Editor, membuka Fun Blogging dengan membawakan materi "Writing Great Content". Urusan dunia tulis menulis, mbak Haya memang salah satu jagonya. Bagaimana cara menulis konten dengan bahasa Indonesia yang baik, bisa belajar dari mbak Haya.

Seringkali suka ada perasaan ragu ketika mau menulis dengan bahasa Indonesia yang baik. Takut jadi terasa kaku. Ternyata, kalau kita tau cara 'mengolahnya', menulis dengan bahasa Indonesia yang baik juga terasa renyah, kok. Coba deh sesekali berkunjung ke blog mbak Haya di www.hayaaliyazaki.com. Berasa banget kan kalau tulisannya itu renyah dan enak dibaca?

Setelah itu, giliran Carmudi yang memberikan presentasi singkat. Tentang apa itu Carmudi dan applikasi terbaru dari mereka. Ngomong-ngomong, untuk menyambut anniversary yang pertama, Carmudi bikin lomba blog, tuh. Udah pada ikutan belum? Cek fanpage Carmudi untuk info lebih lanjut, ya.

Acara berikutnya adalah Ishoma. Alhamdulillah kenyang dengan menu nasi kotaknya. Apalagi ditambah dengan camilan yang lumayan banyak buat saya. Bener-bener gak kelaparan selama pelatihan hihihi.

Selesai Ishoma, giliran mbak +Shinta Ries , Blogger dan Web & Blog Designer, memberikan pelatihan dengan materi "Advancing Your Blog Platform". Wuiiihh! Ngeri-ngeri sedap ini materinya hehe. Saya tuh termasuk yang suka puyeng duluan kalau denger berbagai istilah blog. Apalagi kalau udah  bahas SEO, html, dan yang seperti itu. Puyeng lah pokoknya. Pengennya menulis ajah. *mayoritas perempuan kayaknya suka puyeng sama urusan yang teknis begini. Beruntunglah ada mbak Shinta karena sesama perempuan pasti mengerti maunya perempuan hihihi.*

Kalau dari penjelasan mbak Shinta, ternyata sederhana ajah. Memang sih bukan tentang SEO yang mendalam banget. Cukup basicnya saja. Tapi, sebagai blogger rasanya kita juga harus tau kalau memang ingin meningkatkan performa blog. Syukur-syukur ramah di pencarian Google. Seneng banget kan kalau begitu. Mbak Shinta bisa kita temu juga di blognya, www.shintaries.com. Ssst ... mbak Shinta juga rajin membuat blog tutorial di blognya, lho :)

Sesi terakhir, giliran mbak +Ani Berta , Blogger dan Digital Media Activist. Mbak Ani membawakan materi "How to Monetize Your Blog Through Branding". Bicara duit, nih. Bikin seger mata dan hati hahaha. Saya sudah mulai ngeblog sebetulnya sejak 2007, tapi baru tau kalau blog itu bisa menghasilkan uang mungkin sekitar 2 tahun belakangan. Kemana ajah saya selama ini, ya? Hehehe. Makanya saya termasuk newbie kalau urusan monetize blog.

Track record mbak Ani Berta dalam hal personal branding rasanya gak perlu diragukan, ya. Satu hal yang paling saya ingat saat pelatihan lalu adalah menjalin networking. Tip menjalin networking dari mbak Ani sudah saya dapatkan. Tinggal praktekinnya aja, nih. Kayaknya saya memang harus banyak latihan supaya bisa menjadi orang yang luwes dalam pergaulan *saya kan pemaluuu :p* Mau belajar bagaimana cara menuli liputan dan product review yang benar, silakan berkunjung ke salah satu blog mbak Ani (mbak Ani punya beberapa blog) www.duniaspasi.blogspot.com.

Seneng dan bersyukur banget saya dapet akhirnya bisa dapat ilmu dari Fun Blogging. Insya Allah, ilmunya akan bermanfaat. Terima kasih banyak untuk para cikgu dan juga sponsor (Qwords, bank Sinarmas, Carmudi, dan Alikolo.com). Para peserta dapat beberapa goodie bag. Bahkan, para peserta juga dapat free domain dari Qwords (boleh pilih pake [dot]web[dot]id atau [dot]org).

Oiya, diawal acara, mbak Haya membagikan secarik kertas kepada para peserta. Kami diminta menulis dengan tangan kiri tentang harapan yang akan dicapai dari blog. Saya menuliskan 2 harapan ini,


    • Jalan-jalan keliling Indonesia. Sebetulnya dengan atau tanpa blog, jalan-jalan keliling Indonesia itu sudah menjadi impian saya sejak lama. Syukur-syukur kalau impian itu terwujud karena ngeblog :)
    • Kamera DSLR. Suami saya paling males jalan-jalan kalau bawa DSLR. Repot katanya. Makanya gak pernah mau beliin. Kalau saya bisa dapet kamera dari hasil ngeblog kan suami gak boleh protes hehehe.

      Sebetulnya ada harapan yang lebih simpel lagi dari 2 harapan di atas. Ngeblog menjadi semakin fun buat saya. Yang sekarang udah fun. Harus jadi lebih fun lagi setelah ikut pelatihan.

      Setelah acara selesai, photo bersama, saya pun bergegas pulang dengan menggunakan taxi. Anak bungsu udah nelpon aja, nanyain kapan bunda pulang hehe. Rencananya, kalau udah di dalam taxi, saya mau istirahat sejenak. Setelah jalan, baru sadar kalau saya salah naik taxi. Asal berwarna biru, main cegat aja. Kirain saya taxi berlogo burung biru yang selalu saya pakai, ternyata bukan. Gak bisa tidur deh jadinya. Untung jalanan lancar jaya. Jadi, cepat sampai rumah mertua *iyess, saat itu lagi nginep lagi di rumah mertua*

      Udah pagi-pagi masih terkunci kantor Qwordsnya, sorenya salah naik taxi. Drama ajah, tuh hehe. Tapi, yang penting saya hepiii karena dapet ilmu dari Fun Blogging! Untuk yang belum ikutan, saya saranin untuk ikutan deh kalau Fun Blogging di gelar lagi. Gak ada ruginya. Ciyuuus!  :)

      Post a Comment

      16 Comments

      1. masing2 pemateri jago dibidangnya,iya emang sih kalo baca blognya mak haya,formal tapi renyah..aku pernah nyoba tapi kok aneh gitu,kebiasaan cekikian jadi nulis pake formal malah aneh sendiri hahahaha.
        impian kita sama,semogaa tewujud aamiin :D

        ReplyDelete
        Replies
        1. karena belum terbiasa kali, Mak. Mak Haya juga kadang suka cekikikan di blognya :)

          Delete
      2. Selalu ada drama ikut acara ini..hihi
        klo aku pertama kali wktu itu salah naik busway, akhirnya bolak balik, terus jalan kaki :D
        Pas sampe pas teng baru mau mulai :))
        mana laper belum makan siang..hiihiih
        tapi happy, pulangnya ramean brg yg lain. SERU!

        ReplyDelete
        Replies
        1. Tapi, sebelum makan siang dikasih camilan yang lumayan banyak, kan? Lumayan mengurangi rasa lapar hihi

          Delete
      3. Wah, seru banget ya kak kayaknya acaranya. Semoga 2 impiannya tercapai ya ;)

        ReplyDelete
      4. Waktu saya sampaikan ke suami pengen DSLR, dia cuma bilang, "Latihan dulu deh sama kamera hape."
        Hahaha..
        Mari deh, berburu rejeki :D

        ReplyDelete
      5. hmmm... kenapa harus pake tangan kiri nulisnya???

        ReplyDelete
      6. jadi semakin pengen ikutan. moga saja suatu waktu ada kesempatan...

        ReplyDelete
      7. Asinyaaa... kapan di kota kecil ngadain acara kek gini maaak ^^

        ReplyDelete
        Replies
        1. Semoga fun blogging bisa jalan-jalan ke luar kota :)

          Delete
      8. aku mau ikutan maaak...segera setelah pulang nanti...aaah, jadi kangeeen semuaaa :)

        ReplyDelete

      Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)