Tips Traveling Bersama Anak

Tip Traveling Bersama Anak - Sejak dulu, saya bukanlah tipe solo traveler. Saya lebih suka jalan bersama dengan orang-orang yang sudah saya kenal terutama dengan keluarga. Mungkin karena udah dibiasakan sejak kecil, ya. Orang tua lumayan sering ajak jalan-jalan meskipun sebatas Jabodetabek dan Jawa Barat.

Tips Traveling Bersama Anak

Ketika mulai beranjak dewasa, orang tua juga lumayan ketat bila saya ingin bepergian tanpa mereka. Lama-lama, saya pun terbiasa pergi beramai-ramai hingga sekarang. Untungnya asik-asik aja, sih. Keluarga besar saya pun termasuk seru. Rame banget kalau udah kumpul bersama.

"Bagaimana caranya supaya anak mau diajak outbound? Jangan cuma nge-mall melulu atau mager aja di kamar hotel."

Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan seperti itu. Okelah sebelum saya jawab pertanyaan itu, mending saya kasih tip traveling bersama anak dulu aja, ya. Sebetulnya saya juga pernah menulis Tip Traveling Bersama Anak beberapa waktu lalu. Tapi itu kan reportase ketika menghadiri acara Wego dengan tema tersebut. Kali ini, saya akan memberikan tip berdasarkan pengalaman pribadi. Biar saling melengkapi ceritanya.

[Silakan baca: #wegowithkids: Jalan Bersama Anak Itu Ribet Tapi Bernilai]


Siap Ribet Urusan Packing


siap ribet urusan packing

Selain bukan tipe solo traveler, saya juga (tadinya) bukan tipe yang praktis untuk urusan packing. Jadi, Sahabat KeNai jangan berharap dulu saya akan memberikan tip packing yang praktis untuk saat ini hehehe.

Ketika anak-anak masih kecil, cuma ke Bandung beberapa hari aja bawaannya udah kayak orang mau pindahan. Sebagai contoh, saya bisa bawa 2 pack besar diaper. Padahal di Bandung pasti gak susah cari diapers, kan?

Tapi begitulah saya kalau packing. Selama traveling sebisa mungkin saya gak mau lagi diribetin belanja kebutuhan ini itu. Saya pun gak mau mencuci pakaian meskipun menginapnya di rumah keluarga. Makanya selalu bawa baju yang banyak. Resikonya pulang bawa banyak baju kotor. Bahkan ketika anak-anak masih MPASI, sampe panci dan segala peralatan makan juga bawa sendiri 😂


Bukan berarti gak pernah berusaha simple packing. Yang saya ingat, pertama kali cobain simple packing saat keliling pulau jawa selama kurang lebih 10 hari. Tadinya saya gak pikir seperti itu. Jalan-jalan pake mobil pribadi ini, bebas aja mau bawa apapun. Tapi suami minta supaya dibikin lebih praktis karena perjalanan bakal jauh. Biar mobil gak berat dan sebagai penumpang pun nyaman selama di perjalanan.

Packing yang praktis berikutnya setelah anak-anak mulai bisa membawa perlengkapannya sendiri. Ala-ala backpacker gitu, deh. Kasihan kan kalau segala dibawa. Lagipula biasanya kalau kayak gitu kami naik transportasi umum. Bakal ribet malah kalau bawa barang terlalu banyak.


Membawa Makanan Favorit Anak


Sepert yang saya tulis di atas, ketika anak-anak masih MPASI malah saya bawa segala peralatan masak dan beberapa bahan masakan dari rumah. Anak-anak saya gak suka makanan bayi instan. Jadi saya harus tetap masak makanya bawa peralatan masak sendiri.

Sekarang sih udah gak kayak gitu. Tapi tetep bawa makanan favorit anak-anak. 1 atau 2 hari sebelum traveling, ajak anak-anak ke minimarket buat belanja camilan. Itu udah semacam pembukaan traveling yang menyenangkan buat mereka hihihi. Sering juga, sih, kami gak belanja dulu. Tapi di perjalanan mampir ke salah satu minimarket.

Gak hanya camilan, kadang saya pun membawa makan berat seperti mie goreng. Biasanya kalau gitu pertimbangannya waktu memulai atau tempuh perjalanan. Kalau jalannya pagi, saya kadang bawa makan berat karena Keke wajib sarapan. Dia bisa sakit kalau sampe gak sarapan. Atau kalau diperkirakan jalanan bakal macet karena lagi banyak yang liburan, biasanya juga bawa makanan berat atau camilan yang rada banyak. Kalau air minum, sih, kami gak pernah macem-macem. Paling cukup bawa air putih aja.


Membawa Mainan atau Benda Favorit Lainnya


Selain bawa makanan, bawa mainan atau benda favorit juga jangan sampai ketinggalan. Pernah waktu mudik lebaran beberapa tahun silam, mobil kami bermasalah di jalan tol. Untung masih ada bengkel yang buka padahal itu menjelang malam takbiran. Tapi menunggu selama berjam-jam di bengkel juga bisa sangat membosankan. Untung aja waktu itu bawa PSP dan Nintendo DS dengan kondisi battery yang full. Lumayan lah sekian jam mereka bisa tetap tenang karena main game.


Waktu yang Fleksibel


"Kalau lagi terburu-buru jangan nebeng ma Chi. Dia mah keluarga santai."

Salah seorang tante saya pernah bilang seperti itu tentang kami. Iyeeesss, kami memang santai kalau lagi jalan-jalan hehehe. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa sampai sekarang belum tertarik menggunakan jasa tour and travel. Menurut kami, jalan sama anak harus fleksibel. Mereka belum bisa dikasih jadwal yang ketat bisa sedang traveling. Bisa-bisa malah gak menikmati. Beberapa kali juga berencana mau jalan siang, eh salah satu anak malah tidur. Jadi aja nungguin bangun dulu trus jalannya jadi sore atau malam. Tapi kalau berencana jalan malam dan mereka udah keburu tidur, biasanya suka dibangunin. Karena kalau malam, mereka lebih gampang buat tidur lagi di mobil 😄

Bukan berarti kami gak pernah bikin rencana. Tetaplah setiap kali traveling meskipun ke tempat yang pernah didatangi, membuat rencana perjalanan tetap ada. Tapi selain jangan terlalu ketat juga jangan terlalu padat. Paling dalam sehari cukup 1-2 tempat saja yang dikunjungi.

Di jalan pun kami gak terlalu menargetkan harus sampai sekian jam. Kalau lapar ya brenti dulu buat makan. Kalau cape ya istirahat dulu. Pokoknya jalan santai aja kalau jalan sama anak-anak.


Jaga Mood


Anak-anak suka berubah-ubah moodnya. Orang dewasa juga, sih. Tapi kadang masih bisa menahan diri kalau udah dewasa. Poin-poin yang sudah saya tulis di atas sebetulnya semuanya demi menjaga mood anak.

Kalau udah mulai pada gede kayak gini, saya bisa bilang, "Kalau ngambek-ngambekan mending hak usah jalan." Atau ga usah ikut sekalian. *Emak kejam 😂* Tapi ya sekejam-kejamnya, tetep aja ada rasa gak tega. Walaupun gitu, memang penting banget untuk jaga mood selama jalan-jalan.


Diskusikan Tentang Makanan


Tentu ini berbeda dengan membawa makanan favorit. Setiap hari kita butuh makan, kan? Nah, gimana kalau anaknya picky eater? Keke dan Nai bukan termasuk anak-anak yang picky eater. Tapi Nai suka malas-malasan kalau diajak makan di kaki lima.

Bukan karena dia gak suka makanan kaki lima. Malah banyak makanan kaki lima yang dia suka banget. Dia hanya gak suka makan di pinggir jalan. Kalau lagi jalan-jalan, dia lebih memilih makan di resto fast food atau resto/cafe lainnya.

Ketika kami berencana keliling Jawa, urusan makanan sempat kami diskusikan terlebih dahulu ke Nai. Saya sampaikan kalau selama perjalanan belum tentu ketemu resto fast food atau resto lain. Bisa jadi hanya kaki lima atau warung kecil. Gak memungkin juga untuk dibungkus dan makan di mobil karena pastinya akan merepotkan. Awalnya Nai agak malas-malasan tapi setelah beberapa kali diskusi, dia pun bersedia untuk makan di manapun. Tentu aja kami tetap berusaha mencari makanan yang layak dan bersih.


Diskusi Berbagai Hal Lainnya


Persiapan Traveling Bersama Anak

Gak hanya urusan perut yang kami diskusikan. Tetapi banyak hal lainnya. Dari mulai naik apa, kemana, ngapain aja, dan lain-lain. Kadang kan ada beberapa hal yang akan menjadi pengalaman baru bagi mereka. Seperti pertama kali ke Tanakita naik transportasi umum akan jadi pengalaman pertama bagi mereka untuk naik commuter line serta the flash.

[Silakan baca: Kalau Roker The Flash ke Tanakita]

Atau saat diajak caving ke goa Jomblang. Kan gak lucu kalau udah jauh-jauh ke sana trus mereka ketakutan dna malah ngajak pulang. Mendingan diajak ngobrol dulu kalau perlu cari dibantu dengan berbagai informasi melalui internet untuk lebih meyakinkan. Itulah kenapa saya suka dengan catatan perjalanan para blogger yang komplit, termasuk foto-fotonya. Karena membantu memudahkan kami berdiskusi.


Pengalaman Traveling Bersama Anak

[Silakan baca: Ray of Light Goa Jomblang yang Bikin Speechless]

"Hobi lo sekarang berubah ya, Myr. Dulu lo mana mau ke gunung gitu. Sekarang malah ikutan laki lo. Eh pas gw ceritain ke laki gw, malah dia bilang sebagai istri harusnya gitu. Aseeemmm! Masa gw harus ikutan ngebengkel kayak laki gw, dia kan hobinya otak-atik

Saya ketawa terlebih dahulu waktu teman baik berkata seperti itu. Trus kira-kira kenapa saya jadi mau ikutan naik gunung? Nah ini akan nyambung dengan pertanyaan di awal postingan tentang bagaimana caranya supaya anak mau diajak outbound. Insya Allah di postingan selanjutnya, ya. Sekarang tentang tip traveling berasa anak aja dulu 😎

Post a Comment

18 Comments

  1. Kalau Siap ribet urusan packing berarti emaknya juga nggak boleh ribet ya. Duh, padahal aku kalo traveling pasti ribet bawaannya. Mulai sekarang harus mulai mengurangi keribetan nih biar kalo udah punya anak jadi gampang kalau mau traveling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sebetulnya ribet. Cuma kalau udah di depan anak jangan terlalu ditunjukin. Nanti mereka bakal rewel

      Delete
  2. kalo prinsip kita kalo lagi traveling sama anak, buat baju mendingan bawa kebanyakan dibanding kedikitan karena we never know kalo ada kejadian2 apa.. .anak muntah lah, numpahin makanan dll. hehehe.

    kalo soal milih tempat makan, berhubung anak2 kita sangat sangat opinionated, belakangan kita menetapkan aturan kalo ortu yang nentuin tempat makan, anak ngikut aja. soalnya kalo gak bisa berantem gara2 milih tempat makan doang. huahahaha. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sama. Makanya dulu gak pernah mau packing yang simpel. Bawaannya pasti segabruk karena kita gak pernah tau bakal ada kejadian apa hehehe

      Biasanya juga gitu. Kalau anak-anak udah beda pendapan. Maka orang tua yang nentuin hehehe

      Delete
  3. Dulu keluargaku suka traveling. Nanti kalau punya anak pengen ngajak traveling juga dari kecil :)

    ReplyDelete
  4. Traveling bersama anak memang butuh banyak persiapan ya mba Mira. Biar repot tapi kalau anak sehat jadi tak masalah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya harus sehat juga. Biasanya lebih memilih batal berangkat kalau sakit

      Delete
  5. Mbaaa....aku mau berguru padamu ttg traveling bawa anak2 ini hehehe. Keren liat cerita2 jalanjalanke2nai #lifegoal tahun ini In syaa Allah, sambil nungguin si bayi gedean dikit. Dan bener kayaknya kalo bawa anak2 fleksibel is the key ya, Mba...ngga boleh kaku soal itinerarynya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jangan sampe anak jadi ngambek karena terlalu kaku itinerarynya :)

      Delete
  6. Aku juga Mbak sukanya jalan bersama keluarga. Aku dulu masih kecil juga sering diajak Ayah dan Ibu keliling, ke kebun-kebun orang, ikut memanen hasil tanaman sisa mereka panen kol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik banget pengalaman masa kecilnya, Mbak. :)

      Delete
  7. Jadi pengen bawa anak travelling. Bekal favorit wajib banget ada ya mba, biar anak-anak ga bosan saat traveling.

    ReplyDelete
  8. Yang jaga mood itu mb yang tersulit.
    Kadang dua anakku tu berantem di mobil, di tengah perjlnan. Gara2nya sepele..rebutan apa gitu. Kdng aku ngancem.."klo ribut..putar balik..pulang"... *kejam juga diriku😃😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga selalu bilang kalau ada yang jelek moodnya mending pulang hahaha.

      Delete
  9. Seru banget baca nya, sampe panci di bawa segala 😂beda sama aku ya yg apa2 pengennya praktis.

    Iri liat nya kompak bgt. Semoga bisa berpetualang sekeluarga niru keluarga bu myra 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena saat itu anak-anak gak mau makanan instan hehehe

      Delete
  10. Kebayang semua kita yg packing sendiri. Sebentar lagi aku merasakan ribet juga kayanya. Tipe yg juga ga bisa packing simple.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)