Airy Sky - Menyiasati Budget Traveling di Indonesia

Apa sih perbedaan Budget Traveler dan Backpacker?

Dari beberapa artikel yang dibaca, saya berkesimpulan bahwa pengertian Backpacker adalah seseorang yang melakukan perjalanan dengan biaya seirit mungkin serta bawaan yang ringkas. Biasanya hanya 1 backpack atau ransel saja.

Tapi apakah itu artinya backpacker sama dengan budget traveler? Agak mirip tapi ada sedikit perbedaan. Budget traveler akan tetap memilih transportasi dan penginapan yang murah, tapi bawaannya tidak sepraktis backpacker.

Penginapan dan transportasi boleh murah, tapi bawaannya koper dengan isi yang segambreng. Demi apa? Ya demi siap tampil cetar di social media, lah 😄 Kurang lebih seperti itulah penuturan MC saat membuka acara bincang santai dengan tema "Exploring Indonesia on Budget" bersama Trinity (@trinitytraveler / www.naked-traveler.com) dan Arif Rahman (@arievrahman / www.backpackstory.me) di Bluegrass Bar & Grill Kuningan, Jakarta (14/8)


Definisi budget traveler bagi Trinity adalah traveling independent (tidak ikut travel agent yang menawarkan paket perjalanan) dengan biaya yang murah untuk penginapan dan airlines. Bujet terbesar yang digunakan Trinity saat traveling adalah makan.

Experience pada saat traveling lebih dicari oleh Trinity dan Arief Rahman. Bisa Sahabat Jalan-Jalan KeNai lihat di socmed atau blog mereka seperti apa serunya exprerience yang sudah pernah mereka lakukan.

Arief Rahman juga menambahkan bahwa budget traveler juga harus menjadi smart traveler. Meskipun mencari penginapan murah, seorang traveler tetap harus tau fasilitas apa yang akan didapat termasuk lokasinya. Dari sisi ekonominya adalah dengan bujet yang minim tapi sebisa mungkin mendapatkan fasilitas yang maksimal.

Pada saat mencari penginapan, selain harga, lokasi dan review juga menjadi pertimbangan kedua narasumber ini. Trinity membuka berbagai website OTA untuk membandingkan harga. Ada beberapa pertimbangan ketika memilih booking penginapan atau maskapai di salah satu OTA, yaitu

  • Platform yang user friendly dan memberikan informasi yang detil juga sangat penting. Mengesalkan bila sudah memilih penginapan karena tertera murah harganya tapi ternyata setelah di-add ada banyak biaya tambahan.
  • Banyak mendapatkan review yang bagus dan minim kritikan
  • Foto sesuai dengan kenyataan. Jangan di foto kelihatannya menarik, begitu didatangin ternyata gak sesuai *bakal drama Ekspetasi vs Realita kalau begini 😄
  • Customer Service yang selalu siap membantu kapan pun dan mudah dihubungi. Ada kalanya traveler butuh menghubungi OTA dengan cepat karena sesuatu hal.

[Silakan baca: Lima Alasan Booking Hotel Melalui OTA Lebih Menguntungkan]


Soft Launching Airy Sky


Bincang-bincang santai ini dalam rangka soft launch Airy Sky. Sahabat KeNai mungkin sudah pernah mendengar yang namanya Airy Rooms. Kalau saya sekeluarga tidak hanya pernah mendengar, tetapi juga pernah menginap dengan booking melalui Airy Rooms.

Kali ini Airy Rooms punya produk baru namanya Airy Sky. Bila sebelumnya Airy menawarkan berbagai penginapan dengan harga murah, kali ini di Airy juga bisa booking maskapai.

[Silakan baca: Staycation di Airy Rooms Menteng Wahid Hasyim, Jakarta]

Menurut Viko dari Airy, di usianya yang ke-2 tahun, Airy sudah berada di 1000 lokasi yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Penginapan yang ditawarkan adalah berbagai hotel independen yang bekerja sama dengan Airy. Dengan pertumbuhan ini, banyak customer yang mempertanyakan kapan Airy bisa booking pesawat. Biar bisa sekalian booking penginapan dan pesawat yang tentunya degan harga murah seperti strategi Airy yaitu "Everyday Low Price".

Airy terus melakukan perbaikan. Tetapi pastinya ini kabar gembira. Kadang kalau perjalanan jauh, saya suka agak mikir. Penginapannya bisa cari yang murah di Airy, tapi ongkos jalannya yang mungkin gak murah. Apalagi saya bukan tipe solo traveler. Lebih suka traveling bersama keluarga. Nah, dikali 4 deh ongkos sekali jalannya.

Jadi memang harus punya siasat kalau mau traveling keliling Indonesia bersama keluarga. Kalau bisa dapat tiket dengan harga murah kan menyenangkan banget karena bisa berasa menghematnya atau mending dialihkan ke pos lain. Kalau saya sih kayaknya kayak Trinity, bakal banyak kulinernya 😃

Sahabat KeNai udah install aplikasi Airy di Android atau iOS? Install, deh. Coba cari Air Sky tiket pesawat di sana. Suka ada promo menarik, tuh.

Post a Comment

16 Comments

  1. Wow Airy sudah expand ke tiket pesawat ya..

    interesting!

    ReplyDelete
  2. Idolaku bangettt :D. Trinity itu yg bikin aku tergila2 dengan traveling mba. Even secara ga sadar gayaku traveling mirip ama dia. Pernah baca pas dia nyobain wahana extreme di clarke quay siangapur, aku lgs coba yg sama pas kesanam trs baca dia main bungy jumping di macau tower, akupun bakal ngerasain awal thn depan. Dan sama kyk dia, budgetku terbesar kalo jalan2 ya utk makan :p

    Ntr coba ah airy sky ini..

    ReplyDelete
  3. Sebenernya iya yah dr dulu budget traveler banget, aku malah ga paham kalau backpaker kan kayanya badget minim tp sebenernya juga besar pengeluarannya. Aaaaah download aaaaah ;)

    ReplyDelete
  4. coba2 ah cari pakai Airy Sky untuk jalan2 berikutnya..
    kami pun seringnya ber4, maunya ekonomis tapi tetap ingat safety dan comfort

    ReplyDelete
  5. Belum install :D nt klo ada planning halan2 deh baru install hehehe

    ReplyDelete
  6. Akhirnya pas ke Lombok kemarin aku pakai Airy Sky dan Airy Rooms. Semuanya cucok dipakai. CSnya yang di app juga responsif. Jadi pengen liburan pakai Airy lagi deh.

    ReplyDelete
  7. Iya juga sih, pasti ada perbedaannya -- masa sih budget traveler akan tampil seadanya seperti yang mau naik gunung dengan kaos oblong dan celana jeans belel and menerawang di sana sini yang lagi kekinian, hehe... Paling gak harus lebih elegant-lah dalam tampilan. Bener gak pendapat bunda ini. Chi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik gunung juga sebaiknya jangan pakai celan jeans apalagi bolong-bolong, Bun :)

      Delete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)