Rela Terkena Macet Demi Semangkok Soto Betawi Panas di Bakul Betawi

Rela Terkena Macet Demi Semangkok Soto Betawi Panas di Bakul Betawi - Sejak mencoba naik kereta ke Tanakita, kami sudah jarang sekali membawa kendaraan pribadi. Naik kereta jauh lebih nyaman. Meskipun harus beberapa kali ganti transportasi umum, gak masalah bagi kami. Paling yang kurang nyaman adalah masalah waktu. Kalau pakai kereta tentu saja kami terikat dengan waktu. Kalau sampai ketinggalan kereta, gak menjamin kami akan bisa naik kereta berikutnya. Jalur Paledang (Bogor) - Sukabumi dan sebaliknya, hanya ada 3x dalam sehari. Itupun selalu full, terutama saat akhir pekan.

Rela Terkena Macet Demi Semangkok Soto Betawi Panas di Bakul Betawi di daerah Cigombong Jawa Barat

Kalau naik mobil, tentu aja lebih fleksibel urusan waktu. Akibatnya, kami sering pulang kesorean karena masih betah di Tanakita. Apalagi kalau mengingat selalu aja macet, bikin kami makin malas pulang. 😁 Ke arah Sukabumi memang dari dulu selalu aja macet. Untuk menyiasatinya, kadang-kadang kami melewati beberapa jalur alternatif.


bakul betawi makanan khas betawi

Bertahun-tahun lalu, kami kembali ke Tanakita dengan kendaraan pribadi. Saya sudah lupa kenapa saat itu memilih menggunakan mobil. Tapi, saya ingat banget, pulangnya salah seorang teman suami ikut kami. Trus, dia ngajak mampir makan soto betawi di Bakul Betawi. Katanya, soto betawi di sana enak banget.

Setuju banget sama teman suami saya. Rasa sotonya enak bangeeett! Gak hanya soto betawi, Bakul Betawi juga ada menu sate dan sop kambing. Semuanya enak, dagingnya gak pelit. Kuahnya tidak terlalu kental. Saya kurang suka dengan kuah soto betawi yang terlalu kental.


 sate kambing bakul betawi
Sate Kambing, IDR35K/porsi
Nasi Putih, IDR5K/porsi
lokasi bakul betawi lido lakes

Gak sulit juga mencari lokasinya karena dekat dengan Lido Lakes Resort & Coference. Tempatnya bersih. Bila ingin lesehan, bisa duduk di area dalam. Kami biasanya memilih duduk di luar. Sayangnya parkirannya sempit. Paling cuma bisa 2 mobil. Selebihnya parkir pinggir jalan, tapi mungkin agak sedikit ribet kalau jalanan lagi macet.

makan malam di bakul betawi

Kalau baca keterangan di Google maps, Bakul Betawi ini buka 24 jam. Kelihatannya benar seperti itu. Kami pernah datang cukup larut malam, pemilik Bakul Betawi masih melayani dengan ramah. Pak haji dan istrinya memang ramah banget. Sesekali menyapa para tamu. Kalau sedang kosong, kadang-kadang kami diajak ngobrol. Pak haji juga gak pernah terlihat kesal kalau pelanggannya berlama-lama di sana. Malah sering menyarankan kepada para pelanggan untuk santai aja karena jalanan juga macet.

Sebetulnya pemiliknya pernah cerita kepada kami kenapa dan sejak kapan jualan soto betawi, tapi saya udah lupa lagi jalan ceritanya. Begini nih kalau gak langsung ditulis 😅 Paling saya ingatnya sebelumnya pernah berjualan soto betawi selama bertahun-tahun di Roxy. Usaha bersama keluarga, kemudian pak Haji pindah ke Lido.


harga soto betawi campur
Sop Kambing, IDR30K/porsi
Soto Betawi Campur, IDR30K/porsi
Air Jeruk, IDR10K/gelas
Es Teh Manis, IDR5K/gelas


Sekarang, kalau kami ke Tanakita menggunakan mobil biasanya karena udah ada niatan pengen mampir di Bakul Betawi. Niat banget, ya 😂 Padahal di Jakarta juga banyak soto betawi yang enak. Tapi, kayaknya kami lebih semangat makan di Bakul Betawi. Makanya rela terkena macet demi menyantap soto betawi yang hangat. 😋


[Silakan baca: Tanakita Rain Forest Festival]


Bakul Betawi





Post a Comment

24 Comments

  1. udah lama banget nggak makan Soto Betawi nih, mba. DLu makannya deket kantor di Kalibata. Mmh ngebayangin makan soto betawi pas dingin2 gitu emang nikmat ya mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAlau cuaca lagi dingin, makan soto betawi memang semakin nikmat :)

      Delete
  2. Aduuuuhhhh. .. Bang Ridho harus nyobain ini!


    Udah pernah coba yang di Kober Slipi belum? Ada dua tempat, yang satu di warung dan satunya persis sebelum lokasi

    Sesudah tau kober itu artinya kuburan saya mah ga pernah mau lagi makan di situ!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah, Mbak. Kenapa jadi gak mau lagi? Horror kah tempatnya?

      Delete
  3. Ya ampuuun, itu soto dan sate bikin ngences ih

    ReplyDelete
  4. Seneng banget kalo ketemu pemilik warung yang ramah kayak gini ya.. Bikin betah dan pengen balik lagi. Apalagi kalo makanannya juga enak. Btw, rasanya aku udah lama gak makan soto Betawi.. Baca ini jadi pengen hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Semuanya bikin betah. Cuma, sayang aja jaraknya jauh :D

      Delete
  5. AKu belum pernah makan soto betawi. Itu kuahnya pakai santan ya keliatannya? Penasaran ama rasanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang pakai santan, ada yang susu. Kalau di Bakul Betawi pakai santan

      Delete
  6. Dari skeian macam soto aku paling suka soto betawi enakkkk pisan :) jadi penasaran nih pengen cobain juga :)

    ReplyDelete
  7. Kuah sotonya pake susu ato santan mba? Aku sjk nyoba soto betawi yg kuah susu, jd ketagihan. Jadinya tiap beli soto betawi, aku pastiin dulu kuahnya susu dan bukan santan. Krn jauuuh lbh enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuah santan, Mbak. Kalau saya suka keduanya asalkan jangan terlalu kental

      Delete
  8. Wow 24 jam? Ajib banget kalau kelaparan pas malam-malam. Btw saya juga kurang suka kuah kental Soto Betawi, katanya sih itu yang enak. Tapi saya justru lebih nyaman sama yang sedikit encer. Lebih seger menurut saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama. Kalau terlalu kental rasanya berat di lidah dan perut saya hehehe

      Delete
  9. Pasti enak banget tuh mba. Saya paling suka masakan yang berkuah kek gini. Soto betawi salah satunya. sugeeerrr..

    ReplyDelete
  10. ya ampun, di Bogor tho mbak, cigombong dekat dengan sukabumi, soto betawi kesukaannya bapak saya ini mah

    ReplyDelete
  11. Tapi kok aku lebih pengin nyobain satenya ya mbak. Warnanya itu loh menggoda.

    ReplyDelete
  12. Jadi kangen soto Betawi setelah baca artikel ini ☺
    Thanks info kulinernya ya,kak.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)