Nikmatnya Sate Afrika H. Ismail Coulibaly di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta

Sate Afrika H. Ismail Coulibaly di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta

Sate merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Salah satu jenis sate yang mungkin belum banyak dikenal adalah sate Afrika. Di Jakarta, terdapat sebuah tempat makan yang menyajikan sate Afrika yang sangat nikmat, yaitu H. Ismail Coulibaly. Kami menikmati menu ini di cabangnya di La Piazza, Kelapa Gading.

Sate Afrika yang disajikan di H. Ismail Coulibaly terbuat dari daging domba. Meskipun bernama sate, tapi tampilannya berbeda dengan kuliner sate yang selama ini kita tau. Gak pakai tusuk sate sama sekali. Tapi, dimasak seperti steak yang setelah matang baru dipotong agak kecil-kecil.

Sebagai pelengkap, disediakan pula loco atau pisang goreng. Tetapi, bila Sahabat KeNai tetap ingin makan pakai nasi juga bisa. Juga ada beberapa kuliner lain meskipun gak banyak pilihannya.

Di La Piazza Kelapa Gading, Jakarta, banyak pilihan kuliner. Tetapi, Sate Afrika H. Ismail Coulibaly ini patut menjadi pilihan.


Saya sudah lama banget tau resto ini. Udah lama juga pengen icip-icip ke sana karena saya penggemar kuliner daging kambing atau domba. Tetapi, suka malas jalan ke sananya. Tanah Abang daerah yang lumayan crowded buat saya. Makanya jarang banget jalan ke sana. Bahkan sampai sekarang saya belum pernah tau seperti apa bagian dalam Pasar Tanah Abang yang terkenal itu. Cuma pernah ngelewatin aja. 😂


Sate Domba Afrika H, Ismail Coulibaly La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta


Resto ini memang sudah lama ada. Sejak tahun 1999, didirikan oleh Ismail Coulibaly, seorang imigran asal Mali, Afrika Barat. Saya baru tau kalau resto ini juga ada cabangnya di La Piazza, Kelapa Gading. Waktu itu suami buka puasa bersama teman-temannya di sini. Dan dia bawa beberapa potong sate domba ke rumah. Lumayan lah buat sahur. 😋

Saya langsung suka dengan rasanya dan minta suami untuk mengajak kami semua buka puasa di sana. Tuh, saking suka dengan satenya. Padahal biasanya juga saya suka malam buka puasa di luar rumah. Suami pun menyanggupi. Usai maghrib, kami pun meluncur ke Kelapa Gading. Untung perjalanan ke sana lagi agak lancar. Akhir-akhir ini lagi suka macet karena ada pembangunan LRT dan Veldrome.

[Silakan baca: Sate Maranggi Cibungur]


Diby Soko, Sate Afrika yang Teksturnya Lumer di Mulut


Diby (sate) soko (daging) adalah nama asli kuliner asal Afrika ini. Sate yang selama ini kita tau adalah daging yang sudah dipotong kecil-kecil, ditusuk, kemudian dibakar. Setelah matang diberi bumbu kecap atau kacang. Tetapi, Diby Soko tidak seperti itu. Potongannya besar-besar, jadi lebih mirip seperti potongan steak.

Diby Soko Sate Afrika yang Teksturnya Lumer di Mulut

Ketika kami sampai di sana, asap mengepul dari area panggangan. Tetapi, tenang aja, asapnya terkumpul di kotak panggangan. Sahabat KeNai tidak akan menjadi bau asap meskipun duduk dekat panggangan. Andai saja sate ala Indonesia seperti ini, ya. Asapnya gak menguar kemana-mana.

Tidak hanya asap, tetapi seluruh hawa panas juga terkurung dalam kotak kaca. Mungkin karena panggangannya dibuat tertutup dalam kotak kaca, maka proses memanggangnya jadi sangat cepat. Sehingga tidak perlu dikipas-kipas lagi supaya bara api tetap menyala. Selain panggangan, daging dombanya juga muda. Dalam waktu singkat, daging yang baru dipanggang dibawa ke dapur untuk diungkep sebentar tanpa air dan minyak. Minyak yang keluar dari daging akan dibuang, sehingga makanan ini menjadi rendah kolesterolnya.

[Silakan baca: Berlemak di Warung Sate Shinta]


harga sate afrika
Harga sate afrika bervariasi. Dari mulai ukuran single seharga IDR60K hingga paket family seharga IDR320K.


Rasanya minimalis banget! Hanya daging, garam, dan (mungkin) sedikit bumbu penyedap. Kalau kami suka dengan bumbu minimalis begini. Bumbu yang minimalis ini justru meningkatkan cita rasa dagingnya. Teksturnya pun empuk banget. Langsung berasa lumer di mulut karena gak pakai berantem ketika mengunyahnya. Bukan berarti lumer kayak makan es krim, lho. Tapi, saking saya suka dengan tekstur dagingnya yang empuk, gak bikin gigi saya sakit ketika mengunyahnya, serta rasanya yang nikmat.

Sate Afrika disajikan dengan irisan bawang bombay mentah. Tinggal singkirkan saja kalau Sahabat KeNai tidak suka bawang bombay mentah. Kalau saya lebih memilih mencobanya ternyata enak juga mengunyah bawang bombay mentah dengan sate afrika.

Sambalnya sangat pedas. Saya yang kuat makan sambal pun mengakui kepedasan sambalnya. Mendingan cocol sedikit dulu biar gak kaget dengan rasa pedasnya.

[Silakan baca: Menyantap Sate Kelinci, Berani?]


Pisang Goreng atau Loco Sebagai Pelengkap Sate Afrika


Pisang Goreng atau Loco Sebagai Pelengkap Sate Afrika
Loco atau Pisang Goreng, IDR20K


Di negara asalnya, sate afrika dinikmati bersama loco atau pisang goreng. Yup! Pisang tanduk yang digoreng tanpa tepung. Pisang gorengnya garing, nyaris tanpa minyak. Tangan saya tetap kering, tidak lengket berlumuran minyak seperti kalau makan pisang goreng.

Udah beberapa bulan ini saya diet carbo. Bahkan makan malam pun sebisa mungkin tidak dilakukan. Makanya saya tetap memilih loko sebagai pendamping sate afrika. Tetapi, di sini juga disediakan nasi putih, kok.


lemonade sate afrika
Lemonade, IDR50K/pot


Sate afrika, irisan bawang bombay, dan loko menghasilkan cita rasa yang cukup komplit di lidah. Apalagi kalau minumnya lemonade. Hmmm... makin komplit, deh. Gurih, manis, dan segar.

Kalau Sahabat KeNai sedang tidak ingin makan sate afrika, juga ada menu nasi goreng. Tetapi, mendingan order 1 dulu, deh. Kalau saya lihat 1 porsi nasi goreng cukup besar. Kayaknya kalau saya yang makan, mungkin gak akan sanggup menghabiskan sendiri. Suami juga sependapat. Menurutnya 1 porsinya bisa untuk 2-3 orang.


Service dan Suasana di Sate Afrika Kelapa Gading


Service dan Suasana di Sate Afrika Kelapa Gading

Selain pusatnya di Tanah Abang, resto ini juga ada beberapa cabang. Salah satunya di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta. Tempatnya tidak besar. Mungkin hanya mampu menampung sekitar 30-an orang saja. Tidak ada AC di sini.

Mengingat saat itu bulan Ramadan, saya tidak terlalu berharap mendapakan service yang sangat memuaskan. Namanya juga bulan Ramadan  Biasanya kan kalau buka puasa, suasa resto selalu ramai. Kalau ada pelayan yang mungkin sedikit terlihat lelah atau kurang senyum ya dimaklumi aja. Mungkin baru berbuka puasa. Tetapi, saat kami ke sana langsung disambut dengan senyuman ramah dari seseorang keturunan Afrika yang sedang membakar daging. Bahkan dia sempat menghampiri dan menyapa kami.

Tidak lama kemudian datang pelayan lain berwajah lokal menawarkan menu. Kebalikannya dengan yang menyambut kami. Ekspresinya tanpa senyum, tetapi gak cemberut juga. Begitupun ketika menghidangkan makanan ke meja kami. Masih dengan ekspresi tanpa senyum.

Gak masalah buat saya dan masih bisa dimaklumi. Resto lagi cukup ramai dan bulan Ramadan pula. Lagipula makanan yang disajikan lumayan cepat. Cita rasanya pun memuaskan. Pastilah saya masih mau banget diajak ke sini lagi.

[Silakan baca: Rela Terkena Macet Demi Semangkuk Soto Betawi Panas di Bakul Betawi]


Sate Afrika H. Ismail Coulibaly


La Piazza
Lantai Ground, Gading Food City Blok D #107
Jl. Kelapa Gading Boulevard, Kelapa Gading
Jakarta Utara

Open hours: 10.00 s/d 23.00 wib




Sate Domba Africa Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Post a Comment

44 Comments

  1. orang afriknay besar dan tinggi dan tentunya kulitnya hitam

    ReplyDelete
  2. Waduh pas baca judulnya pertama kali itu udah kebayang nih pasti bakal pedas.. Dan Hmm, bisa request nggak terlalu pedas kali yah 😂

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah makan sate domba. Dagingnya empuk ya, keliatannya enak.
    Bawang bombay mentah, aku nggak terlalu suka. Lebih suka yang ditumis lebih dulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru kali itu cobain bawang bombay mentah. Ternyata enak juga

      Delete
  4. Wow? Lumer di mulut? Sungguh testimoni yang oke, Mbak Chi. Saya jadi kepengen.

    ReplyDelete
  5. sate afrika makannya pake pisang mmm jd penasran baru nih aku tau mba heheh apalagi pisangnya ga pake tepung makin penasaran gmn padu padan rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang awalnya kayak aneh. Tapi, setelah dicobain, ternyata enak juga

      Delete
  6. Liat foto-fotonya jadi laper.. :D

    ReplyDelete
  7. Wah kalau main ke kelapa gading perlu dicoba nih. Pengen tau apa rasanya daging sate dimakan sama pisang goreng.

    ReplyDelete
  8. Belum pernah kesana dan ingin banget nyobaiin kak, BTW rasanya dagingnya kayak HOKBEN nggk kak ?

    ReplyDelete
  9. suamiku suka sate kambing. Kalau sate domba, coba deh ku ajak dia ke sini, mumpung dekat.

    ReplyDelete
  10. Waaaahhh pengen nyobain aaahhh.... Kyknya aku butuh makan daging2 gtu biar nambah energi hhe. Pernah liat kyknya liputannya di tipi, tp blm sempet ke sana TFS

    ReplyDelete
  11. Aghhhhhh lapeeeeer hahahaha. Aku udh tau lama ttg sate domba ini. Dr temenku yg cerita. Tp blm kesana2 krn msh ragu. Soalnya prnh coba sate domba afrika di belakang WTC sudirman, rasanya kok biasa. Makanya aku msh ragu mau coba yg klp gading ini. Tp krn liat tampilannya td menggugah banget, jd mauuuuuk :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan ternyata Mbak Fanny suka, ya. Saya udah baca postingannya hehehe

      Delete
  12. belum pernah makan daging domba, semoga ntar bisa nyobain sate domba juga ;)

    ReplyDelete
  13. Nampak lezat ya dan kayaknya harus dicobain itu, habis liat tulisan ini langsung laper dong.

    ReplyDelete
  14. Duh gimana ya rasanya sate Afrika? Namanya uda bikin penasaran. Pas sekarang sy lg puasa... Bisa dilempar ke Malang gk nih buat buka puasa? wkwkwk

    ReplyDelete
  15. liat cara masaknya aja udah kebayang enaknya, ditambah minumannya bikin seger,,, makasih refrensinya mbak

    ReplyDelete
  16. Jadi penasaran makan sate tapi ga bikin pegel di mulut hahaha. Jadi pengen aku. Trus kerasa banget ga sih daging dombanya?

    ReplyDelete
  17. Ngnator ga jauh dari La Piazza tapi belum pernah coba sate domba Afrika ini. Next time cobain ahh

    ReplyDelete
  18. Wah aku mbak, aku pencinta daging kambing. *ngacung* aku bookmark nih, wajib aku coba kalo mampir ke Jakarta.

    ReplyDelete
  19. Aku malah tertarik sama model pembakarnya. Kok bisa ya, asapnya ngumpul gitu, gak menguar ke mana-mana? Apakah ada alat khusus untuk mengarahkan asapnya, atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi saya gak nanya. Tetapi, jadi bikin nyaman karena gak bau asap

      Delete
  20. Oalah begitu tooh definisi sate di Afrika, hihi unique jugaaa. Barangkali cuma di Indonesia sate ada tusukannya XD

    ReplyDelete
  21. Ini pernah masuk di wisata kuline gitu, pengen nyobain deh, orangnya asli Afrika yang bikin, pasti rasanya sama :D

    ReplyDelete
  22. ternyata ada ada yang di tanah abang ya?
    boleh dicoba nih :D

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)