7 Hari Keliling Pulau Jawa

7 Hari Keliling Pulau Jawa - Salah satu perjalan kami sekeluarga yang paling berkesan adalah waktu keliling pulau Jawa. Pengalaman kami pada Juli 2013. Memang sudah cukup lama, tapi sangat berkesan karena semua destinasinya menarik. Bahkan salah satunya gak disangka sama sekali.

Saya masih ingin mengulang kembali semua perjalanan tersebut. Selain sangat berkesan, tetapi memang ada beberapa bagian yang rasanya sempat mengganjal. Pengalaman ini sudah saya ceritakan secara berseri di blog Keke Naima. Waktu itu blog Jalan-Jalan KeNai belum ada, makanya cerita di sana.

Destinasi Selama Seminggu Berkeliling Pulau Jawa

Gagal ke Masjid Demak, Bermalam di Semarang

Menginap semalam di hotel Amaris

Rencananya hari pertama kami akan mengunjungi masjid Demak dan bermalam di Kudus. Tetapi, karena kami berangkat dengan kendaraan pribadi, perjalanan dari rumah aja udah mundur sekian jam. Tadinya mau jalan pagi, malah jadinya siang. Di beberapa titik jalan ketemu macet. Saya pun haid di hari pertama. Lagi deras-derasnya banget! Jadi, sebentar-sebentar cari toilet. Pokoknya banyak aja hambatannya.

Udah gak keburu banget ke Demak dan Kudus. Pukul 11 malam baru masuk Semarang dan kami memutuskan menginap. Mencari penginapan di kota lumpia ini juga bukan hal mudah. Udah lama banget kami gak ke Semarang. Gak hapal jalan dan internet pun lemot. Jadi kami bener-bener tebak-tebakan banget. Kalaupun ketemu hotel, belum tentu dapat kamar. Lagi musim liburan, hotel penuh di mana-mana. Kalaupun ada yang harganya mahal. Rasanya gak rela aja gitu kalau hanya untuk dipakai tidur sekian jam.

Wajib Sampai Bromo di Hari Kedua

Pagi-pagi udah check out. Check peta, sepertinya lebih cepat lewat Purwodadi daripada Demak untuk menuju Bromo. Eh, tapi drama terjadi lagi. Kami salah pilih rute. Masuk jalan perkampungan yang sangat macet karena jalanannya sedang diperbaiki. Jalanannya juga gak rata, bikin badan rasanya remuk. Udah gitu gak ada satupun rumah makan atau resto yang ditemui di sepanjang jalan.

Anak-anak mulai rewel karena menjelang jam makan siang belum juga ketemu rumah makan. Segala camilan di mobil udah habis. Kami baru makan di Cepu. Itupun ketemunya minimarket, bukan rumah makan. Lumayan lah setidaknya perut mulai terisi lagi.

Kami harus sampai di Bromo malam itu juga karena sudah booking penginapan. Sampai di Bromo pukul 11 malam. Langsung tepar dan siap-siap bangun lagi pukul 2 dinihari.

Drama di Bromo dan Megahnya Semeru dari Ranu Pane

Sunrise di Bromo

Pukul 02.30 wib kami berangkat menuju Bromo menggunakan Jeep sewaan. Drama sudah dimulai sejak awal berangkat. Nai gak berhenti menangis dan alasannya kedinginan. Saya rasa alasannya bukan karena kedinginan. Nai justru anak yang paling tahan dingin. Waktu tidur di penginapan aja, dia malah gak mau diselimutin. Saat berangkat pun pakai baju sudah berlapis-lapis. Jadi kayaknya dia rewel karena lagi enak tidur sudah harus berangkat lagi.

anak rewel saat jalan-jalan ke bromo
Nai mulai happy di sini

Nai terus menangis sampai saya gemas banget. Tumben banget susah dibujuk. Mau menikmati keindahan sunrise di Bromo jadi kurang maksimal. Nai baru berhenti menangis ketika matahari mulai terang. Mulai lari-larian tuh dia di lapangan pasir. Sisa menangis udah gak kelihatan sama sekali.

jalan-jalan ke ranu pane
Gunung Semeru yang sesekali 'batuk' terlihat mengintip dari Ranu Pane

Melihat Nai udah mulai ceria, suami ngajak lanjut ke Ranu Pane untuk melihat gunung Semeru dari kejauhan. Megah dan cantik banget. Suami langsung bilang kalau suatu saat kami sekeluarga akan mendaki ke sana. Anak-anak, terutama Keke, mah semangat deh kalau dibilang mendaki gitu.

Semalam di Blitar

Selesai dari Ranu Pane, kami langsung kembali ke penginapan. Ditawarin untuk mampir sejenak ke pasir berbisik, tetapi Nai sedang tidur nyenyak di Jeep. Ya daripada nanti dia rewel lagi, mending balik aja, deh. Begitu sampai penginapan, kami bergantian mandi sambil beberes pakaian dan langsung check out. Rencananya cari makan siang sekalian menginap di Malang.

Suami mengajak menginap di Klub Bunga, Malang. Bukan penginapan yang direncanakan seperti di Bromo. Tetapi, karena suami pernah menginap di sana. Jadi cari yang pasti-pasti aja, deh daripada muter-muter lagi kayak di Semarang.

Kami makan siang dulu di Toko Oen. Setelah kenyang, malah jadi bingung mau menginap di Malang. Masih pukul 3 sore saat itu. Rasanya sayang aja kalau udah harus cari penginapan. Perjalanan kami masih panjang. Akhirnya diputuskan untuk melanjutkan perjalanan dan menginap di Blitar.

[Silakan baca: Hotel Tugu Sri Lestari Blitar]

fajar suite hotel sri lestari blitar
Salah satu kamar di Fajar Suite. Banyak peninggalan Bung Karno di sini. Salah satunya tempat tidur ini. Dan menurut staff yang mengantar kami, kalau keluarga Bung Karno sedang di Blitar menginapnya di kamar ini.

Kejadian yang sama seperti di Semarag kembali berulang. Muter-muter cari penginapan yang sreg. Sampai akhirnya ketemu hotel Tugu Lestari. Awalnya agak gak yakin sama hotel ini kalau lihat dari depan. Ternyata, bagus juga hotelnya. Malah kalau ke Blitar lagi, saya bakal menginap di sini, deh.

Di hotel ini ada suite bernama Sang Fajar Suite. Di salah satu kamar, ada kamar bersejarah yang selalu ditempati keluarga Bung Karno. Bila sedang sepi, Sahabat KeNai bisa minta ke staffnya untuk dikasih lihat kamar tersebut.

[Silakan baca: Sang Fajar Suite]

Speechless di Goa Jomblang

Sebetulnya di sini destinasi utamanya sekaligus yang paling bikin saya terkejut. Beberapa bulan sebelum keberangkatan, saya melihat suami sedang merapikakan foto-foto klien kantornya yang mengadakan kegiatan di Goa Jomblang. Bagus banget kan tuh goanya.

peralatan untuk ke goa jomblang
Peralatan untuk Nai yang kami bawa sendiri dari rumah.

'Kapan ya bisa ke sana sekeluarga?' Saya hanya berujar dalam hati. Gak kepikiran untuk minta diajak ke sana juga karena anak-anak kan masih pada kecil-kecil. Makanya gak menyangka banget saat suami ajak ke sana. Lalu bagaimana dengan anak-anak? Ternyata bisa! Tetapi, karena Nai saat itu masih kecil, usia 7 tahun, kami bawa perlengkapan sendiri dari rumah khusus untuk dia. Pengelola goa Jomblang tidak memiliki perlengkapan untuk anak-anak.

turun ke hutan purba
Satu per satu turun ke hutan purba

Sepanjang perjalanan menuju goa Jomblang, saya sempat deg-degan. Khawatir anak-anak pada ketakutan. Apalagi kami harus turun ke kedalaman 60 meter menggunakan tali menuju hutan purba. Kemudian berjalan kaki, turun lagi ke kedalaman 30 meter. Total kurang lebih kami berada 90 meter di bawah permukaan. Ternyata anak-anak malah kesenengan. Gak ada takutnya sama sekali.

Ray of light goa Jomblang

Beneran bagus deh goanya. Ray of light goa Jomblang memang juara! Speechless! Apalagi sebelum masuk goa kan harus melewati hutan purba dulu. Banyak tanaman purba dan tidak ada di tempat lain. Makanya hutan ini juga suka jadi tempat penelitian. Saya masih penasaran dengan kondisi hutan purba sekarang mengingat beberapa bulan lalu kayaknya goa ini terkena banjir besar.

[Silakan baca: Ray of Light Goa Jomblang yang Bikin Speechless]

Beristirahat di Jogja

Sarapan di Jomblang Resort
Sarapan dulu di Jomblang Resort sebelum turun ke goa
Suasana malam di alun-alun Jogja

Waktu di Jomblang, kami menginap di Jomblang Resort. Pemilik resort ini adalah mas Cahyo Alkantana. Ketika di Jogja, kami menginap di rumahnya. Alhamdulillah, gak ribet cari penginapan lagi. Rumahnya pun nyaman. Gak banyak aktivitas yang kami lakukan di Jogja selain kulineran. Besok siangnya, kami berencana lanjut ke Garut dan menginap di sana.

Gagal Menginap di Garut

Ketika di Jogja, saya sempat menawarkan suami untuk booking peninapan via online. Mumpung koneksi internet lagi lancar juga, nih. Tapi, suami menolak dengan alasan langsung cari aja. Saya pun menurut. Ya selama beberapa hari jalan-jalan kayaknya kami lancar aja mencari peginapan meskipun ada dramanya. Menginap di Cipanas, Garut menjadi pilihan karena rasanya nikmat berendam di air hangat sebelum pulang ke rumah dan mulai beraktivitas rutin lagi.

Perjalanan lumayan lancar, meskipun gak bisa cepat juga karena banyak banget motor bersliweran di jalan. Sampai di Garut menjelang tengah malam. Sempat deg-degan banget karena mobil kami terus dipepet sama seorang pengendara motor yang sepertinya ingin malakin. Saya malah sempat jejeitan di mobil karena takut. Untung suami tenang. Ketika melihat ada mobil polisi yang sedang parkir, suami langsung ikutan berhenti di belakangnya. Motor tersebut langsung pergi menjauh.

Kami gagal menginap di Garut. Semua penginapan  dari kecil hingga besar penuh. Gak ada satu kamar pun yang kosong. Kecewa banget sih, tapi mau bagaimana lagi. Perjalanan seru ini harus selesai.

Ingin Mengulang Kembali dengan Pegipegi

Meskipun banyak dramanya, tetapi saya gak kapok. Malah sangat berkesan dan masih pengen banget mengulang perjalanan yang sama. Mendatangi tempat-tempat yang sama juga. Tetapi, mungkin kalau bisa terulang lagi, saya mau lebih direncanakan. Biar jangan sampai terulang drama yang sama hehehe.

caving di goa jomblang
Sempat kecewa dan kesal di sini. Baru juga ambil foto beberapa kali, kamera ngambek. Mati aja gitu kameranya.

Bila memungkinkan untuk mengulang perjalanan ini kembali, hal pertama yang akan saya siapkan adalah kamera. Kamera yang biasa kami gunakan mulai ngadat saat kami berada di Bromo. Ketika berada di goa Jomblang, kamera malah sempat mati. Makanya koleksi foto kami saat di Jomblang gak banyak. Kesel banget, deh! Begitu sampai Jogja udah gak semangat untuk foto-foto. Momen yang paling ditunggu kan di goa Jomblang.

pegipegi, keliling pulau jawa, jogja, goa jomblang, bromo, blitar, malang, garut

Hal kedua adalah tentang penginapan dan transportasi. Pengennya kesempatan berikutnya gak bawa mobil pribadi. Mendingan naik pesawat atau kereta. Sebelum berangkat sudah booking hotel serta tiket transportasi umum di beberapa kota. Naik mobil memang nyaman, tetapi harus siap juga dengan kendala seperti macet atau bolak-balik berhenti karena mau makan dan ke toilet. Kalau pakai pesawat atau kereta kan kendaraan tetap berjalan meskipun kita sedang makan atau ke toilet. Jadi waktu tiba juga biasanya lebih bisa diperkirakan.

Pegipegi.com menjadi pilihan bila ingin melakukan perjalanan begini. Situs ini komplit karena saya bisa pesan tiket pesawat/kereta sekaligus booking hotel. Pembayarannya mudah, banyak diskon dan promo, PepePoin, serta Best Price Guarantee.

Apa sih PepePoin itu? Kalau teman-teman menjadi member Pegipegi dan bertransaksi via situs ini nantinya akan mendapatkan reward. Nah, reward (point) ini bisa digunakan sebagai diskon hotel. Saya juga sudah install apps Pegipegi. Beberapa hotel menjadi lebih murah harganya bila booking via Pegipegi. Seneng banget, kan? Udah prosesnya mudah, harganya lebih murah, suka banyak pula diskonnya.

Musim liburan yang sudah di depan mata begini. Enaknya ke mana, ya?

Post a Comment

61 Comments

1. Waduhh lama juga perjalanan nya mbak...istirahat yg kurang serta kecapean kadang bikin anak2 jadi rewel juga.. semoga perjalanan selanjutnya lebih terencana ya mbak...biar gak bnyk dramanya 😊

Replies
    1. betul, persiapannya harus lebih banyak kalau bawa anak

Delete
  2. Ya ampun dramanya 😂 tahun 2013 belon banyak online travel web ya. Masi terhitung ribet kalo mau booking2 kamar. Walo dramanya asoy, seru juga bacanya, mba chi. Jalan-jalan mah ada aja ya sih dramanya, kalo engga terasa garing heuheu

ReplyDelete
  3. pegipegi juga andalanku banget mbak, terutama untuk dapet tiket harga promo heheheh

4. Seru banget sih mba jjs sekeluarga gitu, banyak yang disinggahi, ada kamar BK pula ya

5. Ya ampun,, aku ihat foto Goa Jomblang jadi inget kalo wishlist yang satu ini belum terwujud juga.
    Seru ya mbak jalan darat, apalagi baru nyari penginapannya pas di kota tujuan. Fleksibel banget. Tapi kalo direncanain juga lebih enak sih ya. Aku tunggu ceritanya yang jalan darat tapi terencana mbak.

ReplyDelete
  6. Aku keinget acara Amazing Race saat pesertanya ke goa Jomblang. Mereka bengong dan salah satu kontestan bilang, "so that why this program called AMAZING race."

Mupeng mau ke sana, tapi deg-degan juga dengan bodi yang aduhai tumpukan lemaknya ini hahaha.

7. Baca ini jadi keingat film Kulari ke Pantai. Bromo masuk destinasi dan mereka berkejar-kejaran dengan waktu. Kapan-kapan diulang lagi Mbak sampai tembus Banyuwangi, hehe

ReplyDelete
  8. ini salah satu wish list aku dan pak suami. bisa keliling pulau jawa sama darell. kebayang sih serunya gimana. semoga ya bisa terealisasi aamiin

9. Saya belum pernah wisata berhari-hari ama keluarga mbak. Pasti sesuatu banget ya, wisata barenag, walo ada drama anak rewel. Ya, namanya anak2 selalu ada cerita kalau lagi jalan. Semangat terus mba.

10. seru banget ya , masih punya waktu dengan anak2 nikmati saja, dua anakku sdh bekerja cari waktu kosong susah

ReplyDelete
  11. Dari kapan hari ini penasaran sekali dengan Gua Jomblang ini...
    Tapi termasuk cepet perjalanannya ya ..7 hari bisa ke beberapa kota meski penuh drama. Salut!

12. Wah... jadi pengin juga ke Goa Jomblang. Pasti keren banget. Seru juga keliling Jawa 7 hari naik mobil. Kalau dulu saya naik bus AKAP. Tapi itu pas kuliah ya.

ReplyDelete
  13. asyik banget ngetrip bareng sama keluarga. agak repot juga ya kalo bawa anak-anak tapi pasti selalu ada cerita seru selama perjalanan dan melihat tingkah anak. seminggu ngetrip keliling jawa waw banget deh..

14. Waaaah mbaaaa, 2013 aku jg kliling jawa naik mobil. Tp 3 minggu :) . Dan berangkatnya dec waktu itu. Iu srrem amat pengalaman dipepet motornya. Aku alhamdulillah ga ada ngalamin yg aneh2 dulu.

Dan mau bangeeeet sih ngulang road trip begini lg :D. Ntr kalo jd, ngedatngin kota2 yg dulu ga sempet dilewati :)

ReplyDelete
  15. Wah bisa disontek nih rutenya, spy lancar, pesan akomodasi dulu via pegi2 ya

16. Masyaa Alloh seru banget perjalanannya, jadi ingat waktu masih kecil kami sekeluarga juga suka traveling, Jakarta - Malang bawa mobil pribadi, banyak pengalaman yang berkesan selama perjalanan.

17. Kalau lagi halan-halan gitu bawa satu kamera memang kurang Mbak, apalagi pas dapet momen pas dalam gua, pasti nyesek.

ReplyDelete
  18. Mbaaaa, seru sekali ini keliling jawa. aku road trip kalau mudik doang tapi jarang sih beneran bisa jalan-jalan dan datengin tempat wisata hiks *numpangcurhat hahaha

19. Wah seru banget, mbak perjalanannya. Banyakmk hal tak terduga juga ya kejadian. Kalau sekarang kayaknya kalau mau travelling gitu lebih bisa terorganisir karena ada situs kayak pegi-pegi ini.

20. Wah hebat ya Keke dan Nai kuat berpetualang selama 7 hari, kalau saya nggak kuat hahaha...paling lama 3 hari aja ..remek badan saya. Btw pemandangan gunungnya keren banget...pengen kesitu...

ReplyDelete
  21. Wah seru 10 hari yaaaa. Naik mobil, bergantian nyetirnya ma suami atau gmn mbak? Seru juga ya jalan bareng anak2 yg waktu itu msj krucil2😁
    Btw itu goanya bagus, pengen jg kapan2 ke sana.

22. Seru bgt pengalamannya... travelling paling menyenangkan emg sama keluarga sendiri... walaupun sedikit rempong tapi unforgetable... apalagi skrg mau booking tiket udh mudah ya...tinggal online, klik, bayar 😉

ReplyDelete
  23. Ini kurang lebih nyaris sama dengan pengalaman kami Juni kemaren.
    Cuman kebalikannya, kami dari Jawa Timur ke barat.
    Udah gitu gak pakai rencana pula.

Ya ampuuunnn, penuh drama, pant*t gepeng duduk di mobil, tapi sumpah seru banget.

Emang sebaiknya kalah trip gitu sebaiknya di rencanakan ya, bahkan direncanakan saja masih meleset.
    Kami kemaren asal aja gitu jalan, tau2 nyampe jateng, tau2 nyampe Cirebon, tau2 nyampe Jakarta, tau2 nyampe Tangerang hahaha.

Kayaknya rencanain pakai PegiPegi asyik nih :)

24. Jagoan Nay yaa...
    Kalau sedari kecil sudah dilatih begini, in syaa Allah makin kuat fisiknya dan makin peduli dengan lingkungan.

25. Wah asik banget nih jalan-jalannya pasti puaas banget yaaa.... banyak tempat yang dikunjungi.

ReplyDelete
  26. Ya Allah.. mba, kenapa ga mampir ke Pekalongan sih. Terus bermalam di rumah kuu

27. Seru banget ini. Jalan jalan 7 hari keliling Jawa. Pengen deh rasanya blasss gitu seminggu keliing-keliling. Semoga masih bisa kesampean..

28. Belum pernah pakai pegipegi. Keren ya ada promo pepepoin dari pegipegi. Kapan-kapan pengen coba pakai pegipegi deh kayaknya.

ReplyDelete
  29. Senengnya.. Dalam seminggu bisa ke tempat-tempat kece di Pulau Jawa. Salut juga bisa sampai di Goa Jomblang. Kan saya jadi pengen, saya udah sering ke Jogja tapi belum pernah ke Goa Jomblang.

30. seruu banget Mbak, 7 hari udah bisa keliling tempat-tempat kereen gini..
    jadi pengen juga ih..

ReplyDelete
  31. Seru banget ini jalan-jalannya, apalagi bisa ajak anak-anak ya mbak. Untung sekarang ini kalau liburan dadakan bisa langsung beli tiket via Pegipegi ya jadi bisa tau deh mau naik transportasi apa buat liburannya.

32. Wah,aku inget banget. Mak chi ke goa jomblang ini pas belum hits2nya ya..kangen banget pingin ke bromo lagi jadinya^^

33. Belum pernah ke sana kak, tapi lihat2 fotonya keren bingtiss yah apalagi goanya yang stuned 😍

ReplyDelete
  34. Aku pernah jiga nih Ekspedisi Pulau Jawa, tahun 2013 juga tapi waktubitu masih kulyah. Hehe. Sama temen2 sekelas semasa kuliah. Seru banget, mulai dr Jakarta-Madura-Surabaya-Jogja-Bandung.

35. Puas banget nih pasti jalan-jalannya ya. Seminggu di Jawa. Aku jadi pengen jalan-jalan juga deh.

36. Asyik banget mak chi jalan2nya. Aku dulu juga kepikiran pengen keliling Jawa Tengah sama anak2, tapi blm terlaksana

ReplyDelete
  37. Itinerary boleh jadi contekan nih mba.. sama suami punya cita-cita lihat pulau Jawa dengan road trip

38. Pemandangannya yg gunung semeru Indah sekali mba.
    Tapi seminggu jalan2, gak kebayang selelah apa deh

ReplyDelete
  39. Suamiku tuh suka touring kalo ngajak keluarga jalan2. Rencana weekend nanti mau ke Malang naik mobil. Asik sih bagi kami, karena bisa mampir di mana aja

40. Jadi kangen Demak dan Jogjakarta. Seru banget ya kalau bisa berkeliling pulau Jawa bersama keluarga tercinta. Semoga suatu saat nanti aku pun bisa berkeliling pulau Jawa.

41. Bromo ini salah satu destinasi impian..:)

ReplyDelete
  42. Keke dan Nai masih imut bangeeet, Mak Chi, hihi.
    Btw jangankan Nai, saya juga tadi pas baca ikut ngerasa capeknya. Sampai jam 11, udah bangun lagi jam 2. Kalau saya susah banget melek itu, wkwk.
    Cerita kayak gini jadi berkesan banget ya Mak Chi. Pas dikenang udah nggak ada keselnya, yang ada jadi lucuuu :D

ReplyDelete
  43. Kak aku penasaran sama kamar BUng Karno di Blitar itu, hehehehe keliatan banget auranya. Kyaa kalo ke Semarang lagi kabaarin kak, atau kalo ke Pekalongan biar bisa meet up

44. Enak banget nih mba bisa liburan bareng keluarga. Harapan aku banget.

45. Seru banget cerita travellingnya Mba Chi. Aku pengen banget main ke Malang. Akhir-akhir ini berita bagus tentang Malang naik terus ke permukaan. Duh beneran deh penasaran sama objek wisata kece di sana :)

ReplyDelete
  46. Satu keluarga hobi Travelling .semua pasti happy ngelakuinnya .lelah sih iya berhari2 gini..tapa gak bakalan ngeluh apalagi disesali..he2

47. Ya ampun Chi, itu ray of lightnya cantiiiikk banget. Udah sering liat foto2 adek2 Wapeala yang caving ke situ, tapi kok teteeeuupp aja terpesona kalau liat foto2 Goa Jomblang.

48. wooow tahan banting nih seminggu keliling ke banyak kota
    btw yang Fajar Suite kamarnya Bung Karno itu kok agak-agak gimana gitu seremnya >,<

ReplyDelete
  49. Chi, paling sering ya wisata bareng keluarga kecil. Seneng liatnya. Bunda wisata itu kl anak nhajakin hehe
    ..karena mereka kerka semua limit cutinya.

50. seru banget ya Mba bisa jalan2 bareng keluarga gini.. kayaknya akupun harus lebih memprioritaskan waktu weekend untuk dipakai jalan2 sekalian refreshing, lumayan untuk melepas lelah dan penat dari kesibukan harian :)

ReplyDelete
  51. Aah, paling seneng emang jalan2 gini bareng keluarga. Nai Keciil, pake ngeDrama lagih kedinginan padahal kan kuatan.
    Jd inget waktu jaman sma selalu mudik ke Solo, berhari-hari sengaja tiap kota berhenti hahaha..miss moment..

52. Seru ya perjalanannya apalagi bareng keluarga

ReplyDelete
  53. Jalan jalan bersama keluarga meski banyak dramanya tapi tetap seru dong ya. Dan itu keren banget bawa anak2 masuk ke goa jomblang euy..

Abis baca artikelmu mbak ku jadi terinspirasi mo roadtrip juga bareng sama bapak ibu euy.

54. Waaah bromo, salah satu tempat yang pengen aku kunjungin nih, 😍

ReplyDelete
  55. Mantap nih, Teh. Meskipun banyak dramanya tetap seru dan menyenangkan. Terlebih bersama keluarga. Coba waktu d.Jogja berkabar, Teh. Bisa silaturahmi..he

Dari tempat saya ke alun-alun mah dekat :)

56. Yaa Allah, Mak. Ngebayangin bisa jalan bareng keluarga aja udah bahagia banget. Kapan ya bisa begini.

ReplyDelete
  57. Seru banget mba bisa keliling pulau jawa. Semoga saja ya bisa mengulangnya lagi dengan Pegipegi. Aku jadi pengen beli tiket di Pegipegi nih

58. Bener banget, kadang bawa kendaraan butuh waktu panjang, karena ada kegiatan tambahan yang di luar perkiraan. Atau kejadian tak terduga lainnya di sepanjang perjalanan.
    Memang lebih praktis pakai kereta atau pesawat saja lalu duduk manis setelahnya. Jadi fit selama di tujuan wisata.

ReplyDelete
  59. Seru ya jalan bareng sama keluarga keliling pulau Jawa gtu, tentu aja butuh persiapan mental dan fisik krn anak2 masih kecil jg. Pengen jg sih kapan2 kalau ada kesempatan traveling kyk gtu jg :D

60. Pwrjalanan bersama anak nak seru juga ya.. Tapi emng bekal perlu dengan kondisi yang fit dan sesuai nih..

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)