Sop Konro Mamink Daeng Tata' yang Melegenda

Sop Konro Mamink Daeng Tata' yang Melegenda - "Yah, kalau makan siang di Mamink Daeng Tata' dulu bagaimana?" ujar saya saat kami berada di sekitaran jalan Casablanca. Saya pengen menikmati semangkok sop konro yang hangat. Tetapi, terutama saya kangen dengan seporsi Tata' Ribs di rumah makan yang melegenda ini.

Sop Konro Mamink Daeng Tata yang Melegenda


Rasa Sop Konro dan Tata' Ribs yang Sama dengan Suasana Berbeda


Resto ini sudah ada sejak tahun 90-an. Kalau saya baca di beberapa artikel, awal mulanya malah dari kaki lima dulu. Pertama kali saya mengenalnya sejak masih kuliah sudah berbentuk rumah makan yang sederhana.

Rasa Sop Konro dan Tata Ribs yang Sama dengan Suasana Berbeda
Dari sejak saya masih kuliah hingga sekarang, nuansa bangunan lama gak berubah


Selama lebih dari 10 tahun kami gak ke Mamink Daeng Tata'. Bukan karena bosan dengan makanannya . Bukan pula karena gak tahan makan sambil kegerahan. Tetapi, gak tahan cari parkirnya. Restonya kecil, area parkirnya seuprit, tetapi yang mau makan di sana selalu ramai. Setelah agak lamaan cari parkiran, kami masih harus antre lagi kalau mau makan.

Waktu masih pacaran mah santai aja lah kalau antre begini hehehe. Tetapi, pernah sekali ajak anak-anak makan di sini saat mereka masih kecil. Akhirnya setelah dapat tempat duduk, mereka udah gak mood buat makan. Saya bersyukur anak-anak gak ngambek. Hanya jadi gak semangat aja buat makan. Sejak itu, saya memutuskan untuk gak makan di sini dulu selama beberapa waktu.

Sekian tahun kemudian, saya mengajak makan di sini. Mumpung ada di seputaran jalan Cablanca juga. Lagipula saya pikir anak-anak udah mulai besar. Sedikit ribet cari parkir dan antre buat dapat tempat duduk kayaknya udah gak masalah untuk mereka.

Sepertinya kami sedang beruntung. Siang itu langsung dapat parkiran dan tempat duduk. Bentuk rumah makan Mamink Daeng Tata' juga sepertinya tidak mengalami perubahan.


ruang ac mamink daentg tata
Bangunan baru lebih luas dan ber-AC


"Mau makan di sini atau di ruangan AC?" tanya pramusaji

Sekarang ada ruangan ber-AC? Wah, saya baru tau, nih! Tentu saja kami langsung mengiyakan tawaran tersebut. Panasnya Jakarta lagi 'lucu-lucunya'. Udah paling enak deh ngadem di ruang AC.

Dari tempat kami duduk ke ruangan AC dipisahkan oleh dapur. Setelah bertahun-tahun, jadi tau seperti apa bagian dalam resto ini. Ruangannya yang ber-AC lebih luas. Jarak antara meja satu dan lainnya juga terlalu berdempetan. Kami bisa lebih leluasa makan di sini. Pastinya juga lebih adem.

[Silakan baca: 7 Event Keren di Jakarta dan Sekitarnya yang Tidak Boleh Dilewatkan]


Mamink Daeng Tata', Menawarkan Berbagai Kuliner Khas Makassar


Ada banyak pilihan makanan dan minuman, terutama khas Makassar di sini. Tetapi, pilihan kami selalu Tata' Ribs dan Sop Konro. Gak pernah pilih makanan lain kalau ke sini.

Mamink Daeng Tata Menawarkan Berbagai Kuliner Khas Makassar
Tata' Ribs, IDR58K


Paling suka dengan Tata' Ribs. Iga bakar bertekstur empuk yang rasanya digurih kemudian diberi saus kacang. Duh, saya jadi pengen lansung ke sana saat membuat tulisan ini. Konro alias sop iga khas Makassar biasanya kami pesan biasanya untuk pelengkap. Selesai makan, Nai memesan es pisang ijo. Favoritnya juga nih kuliner yang ini.

sop konro mamink daeng tata
Konro, IDR58K


Ternyata di dekat ruang ber-AC ini juga ada area parkir yang cukup luas. Sahabat KeNai juga bisa langsung masuk ke ruang ini tanpa harus melewati ruangan yang lama. Ah, lain kali kami mending langsung saja. Jadi lebih betah makannya kalau begini. Gak pakai keringetan saat menyantap seporsi sop konro yang panas hehehe

es pisang ijo mamink daeng tata
Es Pisang Ijo, IDR22K
makan siang di mamink daeng tata

Kabarnya Mamink Daeng Tata' ini punya beberapa cabang. Tetapi, sama seperti pilihan kulinernya. Meskipun banyak, kami pesennya selalu Tata' Ribs dan Sop Konro terus. Begitupun dengan lokasinya. Meskipun selalu ramai, tetap aja pilih yang di Casablanca ini. Gak pernah cobain ke cabang lain.

[Silakan baca: 7 Hari Keliling Pulau Jawa]


Kapan Ya Bisa Kulineran Langsung di Makassar?


kuliner makassar di jakarta
Kalau di Google Maps, bukanya dari pukul 9 pagi hingga 9 malam. Tetapi, di sini tertylis buka hingga pukul 2 dinihari


Enaknya tinggal di Jakarta itu pilihan kulinerannya lumayan komplit. Makanan Indonesia, Western, Jepang, Chinese, dan lain-lain juga ada. Untuk makanan tradisional Indonesia juga ada berbagai daerah. Salah satunya ya Mamink Daeng Tata' ini.

Tetapi, pengen juga suatu saat nanti bisa ke Makassar. Pengen menikmati tempat wisata, kulineran, sekaligus membeli minyak tawon tutup putih hahahaha! Favorit banget deh saya sama minyak tawon tutup putih.

Kepoin promo tiket pesawat di Pegipegi, ah. Kan lumayan banget tuh kalau bisa harga tiket murah. Soalnya kami kalau jalan-jalan, apalagi ke luar kota begitu selalu berempat. Jadi harga tiketnya juga dikali 4 untuk pulang pergi. 😂

Sahabat KeNai ada ide kulineran di mana aja yang recommended di Makassar?

[Silakan baca: Menikmati Skywalk Teras Cihampelas Bandung, Enaknya Sore Hari


Mamink Daeng Tata'


Jalan Casablanca No. 33
Bukit Duri, Tebet
Jakarta Selatan 12840

Phone:  (021) 8315555

Open hours: 09.00 s/d 02.00 wib

Post a Comment

25 Comments

  1. Seger banget liat es pisang ijonya di siang hari.... basahi tenggorokan yang kering....

    ReplyDelete
  2. Wah aku jatuh cinta dengan makanan maksaar sejak 2014 kesana, sop konro apalagi. Pengen nyoba deh yang disini, ada coto dan pallumara juga?

    ReplyDelete
  3. Wuih,, resto legendaris yg sekarang jadi lebih nyaman.
    Rasa makanannya bisa sama terus dari tahun ke tahun gitu ya mbak. Keren deh buat yg mengelola.

    ReplyDelete
  4. Kayaknya duluuu banget pas awal nikah pernah diajakin misua makan di sini. Tapi belum pernah cobain Tata Ribs. Kayaknya enak juga ya Mbak. Hmmm...jadi laper.

    ReplyDelete
  5. Duh enak banget ya.. Sayangnya sop konro blm banyak warung atau restonya yg jual ya. Coba kalo bisa seperti masakan padang atau pecel lele yg bisa dijumpai di mana2

    ReplyDelete
  6. Kuliner makasar yang paling aku suka dan paling nikmat di lidahku itu es pisang ijo 😋😋 hemmm apalagi kalau pas buka puasa 😋😋

    ReplyDelete
  7. Ini salah satu konro terbaik di Ibukota. sering banget kemari. Saking seringnya, suka dapet bonus makanan dari Daeng Tatanya hahaha.

    ReplyDelete
  8. Udah lama banget nggak makan di sini. Walau kata aku, masih lebih enak makan di Makasarnya langsung. Yaeyalaaahhh! ^_^

    ReplyDelete
  9. nyaaaammm sop konro dan kuliner Makassar memang menggugah selera. Pengin ke situ untuk bisa icip. Makasih mba.

    ReplyDelete
  10. Jaman infotainment msh awal2 ada di tv, daeng tata selalu jd tempat wwc yg enak krn posisinya di tengah. Kalau lewat depannya wanginya sembriwinggg bikin pengennya mampir heheheh

    ReplyDelete
  11. SOP ny mantul banget , es pisang ijo bikin ngeces ni

    ReplyDelete
  12. Mamink Daeng Tata ini yang terenak dulunya di lapangan ros itu, trus di kelapa gading juga ada yang enak sop konro-nya. Hanya karena bokap asli Bugis-Makassar jadi kalo makan di sana pasti ada aja komplainnya, kurang inilah itulah hahaha

    ReplyDelete
  13. 10 tahun lebih nggak balik ke sini? Lama ya mbak. Tapi itu Tata Ribsnya menggoda iman eh selera banget ya. Apalagi es pisang ijo. Ah jadi kangen kulineran khas Makassar. Ntar abis ngantor ke ANging mamiri ah.

    ReplyDelete
  14. waahwah...sekarang engga berani nih makan Sop Konro. Lemaknya nih gurih banget. Jadi menggoda kaaan

    ReplyDelete
  15. Wah, sudah berubah banget ya. Berubahnya ke arah yang semakin keren pula.
    Saya pernah juga melihat papan tulisan Mamink Daeng Tata ini, di sekitar Permata Hijau, saya sendiri sih belum pernah ke sana. Mungkin setelah baca ini, saya akan coba :)

    ReplyDelete
  16. Wah ini sik legend.. awal ku ke sini karena penasaran sama review makanannya yg katanya enak.. akhirnya nyari nyari nih resto.. tapi gampang ditemui sik lokasinya.. di pinggir jalan soalnya.. dan kpnronya enak banget

    ReplyDelete
  17. Nah ini dia yang selama ini saya cari, warung makanan Makasar yang ciamik gini di Jakarta, saya simpan ya postingannya, makasih mba

    ReplyDelete
  18. Wahh salut untuk kegigihanya mas dari cari parkiran hingga nunggu makanan yg agak lama tibannya tapi kalo sudah makan pasti terbayar aemua waktu yang terbuang ya.. Jadi ingin coba

    ReplyDelete
  19. Waah..ini tempat makan yg menyajikan khas kuliner bgt ya
    duuh saya pun ingin bisa menjejak langsung di kota asalnya sana. Semoga ada rejeki dan kesempatan

    ReplyDelete
  20. wah jd sekarang ada ruangan ber-AC ya. dan yang lama di pertahanin buat bernostalgia..moga bisa mampir kesana lagi buat cicipin Konronya

    ReplyDelete
  21. Sop Konro Mamink Daeng Tata ini favorit banget untuk saya dan suami karena selain emang kami suka sop Konro dan memang paling demen kulineran juga sih. Jadi kepengen sop konro setelah lihat ulasan mbak Myra.

    ReplyDelete
  22. Sop Konro Daeng Tata ini legend banget, pernah makan di satu acara, dagingnya empuuuk

    ReplyDelete
  23. Ya ampun, ngiler bgt liat konro. Udah lama ga makan ini. Jadi kepingin! :D

    ReplyDelete
  24. Baca artikel ini di waktu menjelang makan Siang bener2 bikin ngiler. Aku baru tau di Daeng Tata dah ada ruangan bagus plus AC jadi ga gerah lagi deh. Nyaman makannya.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)