Perpisahan Sekolah di Citra Cikopo Hotel

Perpisahan Sekolah di Citra Cikopo Hotel - Begitu salah seorang panitia memberikan informasi di WAG kalau perpisahan sekolah angkatan Nai akan diadakan di Citra Cikopo Hotel, saya langsung ajak suami berdiskusi. Apakah kami akan menginap di tempat yang sama atau berbeda seperti waktu perpisahan Keke?

Kami memutuskan menginap di tempat yang sama kali ini. Alasannya karena masih belum yakin Nai bisa ditinggal jauh dari saya. 2x dia pergi sendiri tanpa orang tua, selalu nangis menjelang mau tidur. Pengalaman pertama waktu diajak jalan-jalan ke Bali sama kakek dan neneknya. Malamnya dia nangis lama, susah dibujuk, sampai akhirnya kecapekan dan tidur.

Tapi, itu waktu dia masih kecil. Kejadian terbaru adalah waktu ikut pesantren kilat. Dia nangis di malam pertama karena pengen ditemenin bunda. Menginapnya pun di Jambu Luwuk Resort. Tempat yang nyaman untuk menginap. Untungnya teman-temannya pada baik. Meskipun sudah kelas 5 SD, tetapi gak ada yang bully Nai ketika dia nangis karena gak bisa tidur. Malah pada bantu ngebujukin. Guru yang satu resort ma dia udah ketiduran. Jadi gak tau kalau Nai nangis hehehe.

Besoknya gurunya baru telpon saya. Bercerita kalau Nai semalam menangis dan meminta maaf karena ketiduran. Tetapi, gurunya juga bingung karena Nai selalu terlihat mandiri di kelas. Bahkan sepanjang acara pesantren kilat, Nai terlihat ceria. Gak menyangka bakal menangis ketika mau tidur.

Saya jelaskan kalau Nai memang jarang berjauhan dari bundanya. Kalau mau tidur juga masih punya kebiasaan unyel-unyel rambut bundanya dulu. Mungkin karena itu dia jadi rewel. Saya pun diberi kesempatan menelpon Nai. Alhamdulillah malam kedua dia udah gak nangis lagi kalau mau tidur. *Udah SMP kebiasaan ini langsung hilang. Giliran saya yang kangen sama momen ini 😅

Ya jadi karena saat itu belum yakin Nai bisa ditinggal sendiri, kami memilih menginap di tempat yang sama. Kami tetap kasih tau Nai, kalau bisa tetap menginap di tempat yang sama dengan teman-temannya. Tetapi, kalaupun Nai tetap rewel, setidaknya dia gak jauh kalau harus disamperin.

[Silakan baca: Acara Perpisahan Sekolah di The Highland Park Resort & Hotel Bogor]

Penginapan yang Nyaman untuk Keluarga atau Rombongan

tipe kamar di citra cikopo
Kamar Nai dan teman-temannya. Di cottage yang tipe ini ada 2 kamar di dalamnya.

Saya pun mulai googling penginapan ini. Kalau dari websitenya ditulis Citra Cikopo Hotel. Kalau google Maps menulisnya Citra Cikopo Hotel & Family Coyttages. Menurut saya juga lebih mirip seperti cottage karena seingat saya tidak terlihat bangunan bertingkat seperti ciri khas hotel. Tetapi, bangunan-bangunan yang terpisah seperti villa.

tipe kamar resort paling besar di citra cikopo
Ini tipe cottage yang paling besar

Kemudian saya menelpon hotelnya untuk booking. Di tanggal yang dimaksud udah sisa 2 unit aja, dong. Itupun tinggal Mini Studio, tipe paling kecil. Padahal tadinya saya mau pilih 1 tipe di atasnya yaitu Standard 1 Bed.

Kata resepsionisnya udah dibooking semua sama rombongan satu sekolah. Ya siapa lagi kalau bukan sekolah Nai. Untung masih disisain 2 unit. Kalau enggak, kami terpaksa cari penginapan lain. 😂

Gak sulit menemukan tempat ini. Dari jalan raya, kemudian masuk ke dalam. Tapi, gak jauh kok masuknya. Paling beberapa ratus meter aja.

Berbeda dengan waktu ikut acara perpisahan Keke di The Highland Resort Bogor, kali ini kami datang yang paling pertama. Belum bisa langsung masuk karena belum waktunya check in. Kamarnya masih dipakai tamu lain.

tipe mini studio di ditra cikopo hotel
penginapan di citra cikopo hotel
Dari luar kelihatan besar. Padahal sebetulnya ini dibagi 2. Asiknya ada halaman belakang yang lumayan luas.

Setelah menunggu beberapa saat, kami pun dipersilakan ke kamar. Dari luar cottage kami terlihat seperti cukup besar. Tetapi, sebetulnya dibagi 2. Jadi dalam 1 cottage dibagi 2 kamar tipe Mini Studio.

staycation di citra cikopo
menginap bersama keluarga di citra cikopo
Kamarnya kecil, tetapi kami memang tidak punya pilihan lain.

Kamar dengan tipe ini hanya berukuran 18 m2. Terdiri dari 1 kamar tidur dan kamar mandi. Ada 1 sofa kecil, tv, dan kulkas kecil. Keke sudah mulai besar. Tidur 1 kasur bertiga terasa lumayan sempit. Tetapi, kami gak punya pilihan. Pesan extra bed juga gak mungkin karena ukuran ruangannya yang lumayan sempit.

Memiliki Halaman yang Luas

Yang saya suka dari Citra Cikopo adalah halamannya luas. Lapangan parkir juga cukup tersedia. Kalau bawa anak kecil bakal seneng deh lari-larian di halaman rumput. Termasuk kalau bikin acara bersama rombongan. Di sana juga tersedia aula atau meeting room. Ada kolam renang dan beberapa permainan anak seperti ayunan dan lain sebagainya.

Di waktu bebas, Nai dan teman-temannya memilih bermain santai atau di kamar. Sepertinya semua anak di angkatannya seperti itu. Tidak ada yang berlarian ke sana-sini. Saya jadi teringat ucapan salah seorang guru Nai. Katanya, angkatan Nai itu jumlahnya terbanyak di sekolah. Tetapi, anak-anaknya paling mudah diatur karena kalem-kalem. 😄

aula meeting room citra cikopo
Aula di Citra Cikopo ini ukurannya lumayan besar. Cocok kalau mau buat acara di dalam ruangan.
suasana di citra cikopo hotel
Kontur tanah di sana turun naik
fasilitas bermain di citra cikopo
kolam renang citra cikopo

Kuliner di Citra Cikopo

Saat makan malam, kami sempat diajak bergabung untuk makan bersama. Tetapi, kami menolak karena bukan bagian dari panitia maupun sekolah. Kami memilih order makanan sendiri.

Tetapi, makanan yang kami order lumayan lama datangnya. Sampai saya harus beberapa kali bertanya karena gak datang juga. Kalau kami menebaknya karena malam itu hanya kami yang order makanan. Sedangkan rombongan sekolah kan menunya prasmanan.

kuliner di citra cikopo hotel
cuaca di citra cikopo hotel
makan malam di citra cikopo
Saung di dekat resto. Kami memilih makan malam di sini

2 porsi sop buntut dan 1 porsi tahu isi pun akhirnya datang. Rasa makanannya enak juga, termasuk sop buntut. Tetapi, harus lekas dimakan karena cepat dingin karena suhu udara. Padahal cuma 23 derajat celsius malam itu. Tetapi, memang lumayan bikin makanan cepat dingin.

Kami memang hanya pesan 2 porsi karena saya sudah kenyang cemal-cemil makanan yang disajikan oleh sekolahan Nai. Lumayan melimpah makanannya. Mungkin karena udara dingin. Khawatir pada lapar terus.

menu sarapan di citra cikopo hotel
Halaman luas di depan resto. Para bapak guru kelihatannya hobi banget main sepakbola. Dari hari pertama hingga pulang, main bola terus hehehe

Keesokan harinya kami berencana menggunakan 2 kupon makan plus tambahan 1 orang untuk sarapan. Tetapi, kali ini para ibu panitia lebih memaksa kami untuk makan bersama. Alasannya porsi yang dipesan lumayan banyak. Sayang banget kalau sampai gak habis.

Ya udah, kami pun ikut makan bareng. Pilihan makannya lumayan beragam. Ya seperti standar hotel, lah. Selain nasi putih, ada mie goreng, sosis goreng, dan lain sebagainya.

Selesai sarapan, salah seorang guru memberikan pengumuman supaya segera beberes karena akan check out. Memang sudah tidak ada aktivitas apapun di hari kedua. Paling tinggal foto bersama aja sebelum check out.

Tempat Wisata dan Resto di Sekitar Citra Cikopo

Lagi berdiskusi mau makan siang di mana

Acara perpisahan Nai semuanya dilakukan di sana. Tidak seperti angkatan Keke yang sempat jalan-jalan ke curug. Justru kali ini kami yang sempat jalan-jalan ke luar.

[Silakan baca: Cunang Hill, Penginapan Terdekat dari Curug Nangka]

Tadinya suami malas lanjut lagi ke luar. Katanya, di depan cottage ada tukang bubur ayam mangkal. Mendingan beli bubur ayam aja buat makan siang. Tetapi, Keke gak mau. Dia maunya cari makan di luar.

Saya cek Google maps, tempat makan paling dekat ada di De' Ranch. Hanya sekitar 950 meter dari lokasi. Tetapi, kami harus segera berangkat karena jam buka tutup arus puncak. Saat kami ke sana, arus lagi dibuka untuk yang naik.

Saya akan cerita di postingan terpisah tentang De' Ranch ini, ya. Begitupun dengan cerita jalan-jalan kami di Cimory sepulang perpisahan. Tetapi, kali ini kami pastikan gak salah masuk Cimory lagi. Seperti pengalaman beberapa tahun sebelumnya. 😄

[Silakan baca: Cimory Mountain View - Mending Yoghurtnya Aja]

mencari penginapan di puncak
Ada soang yang bebas berkeliaran juga di Citra Cikopo. Tetapi, gak mengganggu, kok. Jadi gak khawatir dikejar hehehe

Citra Cikopo Hotel & Family Cottages

Jl. Arion III No. 17
Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750

Phone: (0251) 8259111

www.citracikopohotel.com

Post a Comment

40 Comments

1. Tempatnya klasik banget yaa, jadi inget era 80an :D
    Suka banget tempat kaya gini, bookmark yaa mbaaa

Replies
    1. Silakan, Mbak. Iya ya saya baru ingat kalau Citra Cikopo ini mirip penginapan era 80an. Dulu kan suka diajak menginap di Puncak sam aorang tua :D

Delete
  2. Asik banget tempatnya mbak.
    Betah deh lama2 nginep di sana.

Replies
    1. Memang enak tempatnya, Mel. Paling suka dengan halamannya yang luas di Citra Cikopo ini.

Delete
  3. jadi pengen punya rumah kayak bangunan cottage-nya. Cakep dan asri. Saya suka rumah panggung demikian. Duh.
    Ada soang di sana? Ha ha, lucu uga karena saya kerap takut soang, takut disosor.
    Tempatnya bagus, Mbak, acaranya kayak seru. Bagus juga ortu ikut nemanin anak, bisa jaga-jaga dari hal yang tak terduga. Saya juga kerap tak nyaman jika harus tidur di tempat baru meski bareng anak dan suami. Suatu kebiasaan asing di luar padahal pengen travelling, hi hi.
    Saya pernah nginap di Wisma Kompas-Gramedia, Pacet, Cianjur kala konvensi Bahasa Forum Bahasa Media Massa. Tempatnya asyik, makanannya melimpah, dan acaranya seru meski melelahkan karena dari pagi sampai larut malam.
    Paling senang dengan bentuk bangunan cottage, nyaman dan privat. Meski saya nginapnya di bagian gedung dekat acara konvensi bahasa.
    Citra Cikopo Hotel benar-benar ideal, ya.

Replies
    1. Bangunan kayu memang bisa bikin hangat. Selain itu kesanya jadi seperti menyatu dengan alam.

Di Citra Cikopo Hotel ini soangnya gak agresif kayaknya, Mbak. Saya beberapa kali motret soang-soang itu, tapi pada cuek aja. Gak ada yang nyosor saya hehehe

4. Sekolahnya mevvah ya, kak. Perpisahan aja di cottage :D

Jangan sedih, Nai. Pas pertama kali ikut retreat (semacam acara menginap di penginapan jauh dari kota untuk pendalaman religi Kristen) aku juga nangis pas berangkat, hahaha. Padahal aku cowok dan saat itu kelas 6 SD. Anak mama banget memang, dan bungsu, dan manja.

Kamarnya kalo kecil tapi nyaman dan fasilitas lengkap menurutku oke.

Replies
    1. Ya setidaknya buat kami fasilitas di Citra Cikopo ini nyaman, lah. Tempatnya bersih dan lokasinya pun mudah dijangkau

Delete
  5. Dari jalan besar, masuknya jauh ngga mba? Naik mobil, ke dalam gampang dicari tempatnya?

1. Enggak jauh, Mas. Dari jalan raya hanya beberapa ratus meter aja, kok

Delete
  6. Tempatnya asik banget.
    Mbak aku lihat di kamar ada AC, emang beneran kepake AC-nya. Kayaknya tempatnya dingin gitu.

Replies
    1. Dipakai, tapi gak terus-terusan, Mbak. Kalau abis main di luar kan keringetan. Enak ngadem di kamar kemudian nyalain AC

Delete
  7. Aku tuh punya impian rumah yang sekelilingnya halaman kaya itu, seger kan ya buka jendela langsung lihat rumput. Pilihan lokasi untuk pperpisahan sekolahnya oke juga di CItra Cikopo, tadi awalnya bigung ini di daerah mana sih ternyata di Cisaura ya

1. iya, Lid. Asik banget ya kalau punya rumah dengan halaman begini

8. wuah keren sih cottagenya

adekku dan teman2nya saat libur UN kemarin juga nginep sama temen2nya di villa. tapi kayaknya suasananya masih bagusan ini deh, haha

ReplyDelete
  9. Dari gambar yang diambil, rasanya tempat ini memang nyaman banget ya. Jadi pengen cobain.

Dan jam Suuntonya keren. Selalu suka liat orang pakai jam tangan merek itu :)

10. Mbak Chi, itu ada nggak yang satu cottage isi dua kamar. Kalo punya anak udah kayak anakku nggak bakal muat deh pesan satu cottage aja. Tempatnya asik ya, dan pilih menunya juga cocok untuk udara dingin Cikopo

Replies
    1. Ada, Mbak. Saya juga terpaksa pilih cottage yang satu kamar karena udah penuh

11. Gapapa kamar sempit ya mba. Kalo bareng2 mlah jadi hangat. Wkwkwk

Tapi aku lihatnya adem banget loh mak chi. Aku betah kalo di sana

ReplyDelete
  12. Hotelnya astik juga ya. Bentuknya cottage cottage gitu. Jadi pengen liburaaaan.

13. Suka banget sama rumah kayunya mbak. Kalau hotelnya begini pasti bikin betah pengunjungnya ya mbak. Penataan ruangan yang rapi ditambah halaman yang luas, tentu memberikan kesan nyaman bagi pengunjungnya. Dan anak2pun pasti betah menginap di hotel seperti itu bersama teman2nya... Nai kok seperti anak saya hehehe...kalau ditinggal emaknya selalu nyari padahal sudah SMP. Dulu bahkan nangis kalau berjauhan dengan saya ayo bapaknya, makanya sekarang kemanapun bapaknya dinas, kita semua harus ngikut biar tidak berjauhan hehehe....

14. Jadi penasaran, kak Myr kenapa ikutan?
    Apa Nai ada sakit tertentu kah?

Karena kalau di sekolah anak-anak sedang field trip, orangtuanya santai.
    hehehe...ada 2 atau 3 orangtua yang suka ngikut.
    Salah satunya karena anaknya kondisinya lemah, mudah sakit.
    Jadi begitu acara inti selesai, suka ijin duluan pulang.

Replies
    1. Gak ada oenyakit tertentu Alhamdulillah anak-anak sehat. Di paragraf awal sudah saya ceritakan kenapa ikut ke acara perpisahan sekolah anak :)

Delete
  15. Huaa fasilitasnya oke banget ini ya buat acara perpisahan sekolah atau hanya sekedar berlibur sama keluarga. Ga perlu pakai AC lagi ini mah udah dingin juga soale hehe.

16. Huaaah tempatnya keren ini, minimalis tapi komplit banget ya Mba
    aku pengen jalan-jalan ke sini juga jadinya
    menunya itu lho, soup yang bikin pas dengan udaranya wakakak
    Keren perpisahan sekolah disini. Menyenangkan

ReplyDelete
  17. salfok sama tempatnya yang keren ih, lengkap juga fasilitasnya kayanya yaa, bahkan ada kolam renang nya jugaa, dari segi makanan juga kayanya enak nih <3

18. Anakku laki ini kalau tidur juga punya ritual unik, Mbak. Hahaha. Aku jadi mikir pengen kusapih saja. Ntar kalau keterusan sampai sekolah malah payah.

Itu tempatnya bagus. Cocok juga nih kalau dibuat tujuan honeymoon pengantin baru gitu.

1. hihihi iya buat pasangan honeymoon juga cocok karena sepi

Delete
  19. Ada lapangan luas bisa bikin aku sama suami pacaran sambil melepas si Salfa eksplor diri, entah lari-larian atau main bola di sini

20. Cakep banget tempatnya mbak. Ademmmmm

Btw, soal Nai suka unyel2 rambutnya mbak klo tidur, adekku paling bontot juga gitu sik. Sampai skrg malah meski pun udh gede dan udah kerja. Klo pulang kampung, doi selalu kesempatan. Hahaha

1. Wkwkwkw! Kalau Nai udah brenti kebiasaannya sejak SMP

Delete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)