Ketagihan Tongseng Kambing Masjid Agung Sunda Kelapa

Ketagihan Tongseng Kambing Masjid Agung Sunda Kelapa - Tongseng Kambing depan Masjid Sunda Kelapa ini sukses bikin saya ketagihan sejak pertama kali mencobanya. Bahkan saya sudah menjadikan standar enak kalau mau makan tongseng kambing di mana pun.

Ketagihan Tongseng Kambing Masjid Agung Sunda Kelapa

Saya sudah mengenal kuliner di sini sejak masih kuliah. Berarti udah lebih dari 20 tahun lalu. Lama aja, ya hehehe.

Dulu, tempatnya belum serapi sekarang. Para penjual bisa jualan di mana pun. Memang jadinya memakan area parkir. Kursi-kursi untuk makan juga ditempatkan di trotoar. Ada juga yang mepet ke pagar. Istilahnya Amigos (Agak Minggir Got Sedikit), tetapi tetap aja suka makan di sana karena rasanya memang enak. Kalau lagi ramai, saya memilih makan di dalam mobil.

tongseng kambing enak di jakarta

Sekarang udah lebih tertata. Saya lupa sejak tahun berapa penataan ini. Tetapi, semua pedagang kaki lima disatukan di satu area. Tidak lagi mencar-mencar sesuka mereka. Mau makan juga lebih nyaman karena ada meja. Kalau dulu 'kan hanya bangku.

[Silakan baca: Pendakian Gung Prau via Patak Banteng]

tongseng kambing depan masjid sunda kelapa
Tongseng Kambing, IDR20K
Es Kelapa Muda Jeruk, IDR15K


Di sini gak hanya ada penjual tongseng. Ada banyak pilihan makanan dan minuman yang bisa Sahabat KeNai pilih. Tetapi, buat saya sekeluarga setiap kali makan di Masjid Agung Sunda Kelapa selalu pilihnya tongseng kambing atau nasi goreng kambing. Gak pernah beli makanan yang lain. Begitu pun dengan minumannya. Selalu beli es kelapa muda. Kadang-kadang es kelapanya dikasih jeruk juga.

Banyak pendapat kalau nasi goreng itu enaknya yang nasinya pera. Tetapi, nasgor di sini enggak. Cenderung ke pulen nasinya. Mungkin karena gak dibedain ya nasi untuk tongseng dan nasgor. Khusus nasi goreng di sini, saya tetap suka meskipun pulen.


nasi goreng kambing masjid sunda kelapa
Nasi Goreng Kambing, IDR20K


Meskipun sama-sama bernama Sunda Kelapa, tetapi lokasinya berbeda dengan pelabuhan. Kalau masjid ini berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Dikeliling berbagai rumah mewah. Rumah Dinas Wakil Presiden dan beberapa bangunan vital lain juga ada di sini. Makanya gak heran kalau suka ada tank di sekitar sana. 

Lokasi kulinernya ada di parkiran Masjid Agung Sunda Kelapa. Saat jam makan siang selalu ramai. Apalagi kalau di masjid sedang ada acara, misalnya pernikahan. Bisa lumayan susah cari parkir.

[Silakan baca: Jalan-Jalan KeNai di Pelabuhan Sunda Kelapa]


makan siang di masjid sunda kelapa

Meskipun berada di kawasan mewah, tetapi harga makanan dan minumannya termasuk bersahabat. Di bawah IDR50K udah bisa kenyang. Porsinya memang pas kalau buat saya. Potongan dagingnya juga gak pelit. Pedasnya dari irisan cabe rawit merah dan Sahabat KeNai bisa minta tambahan pedas sebanyak apapun.

tongseng kambing masjid agung sunda kelapa

Daging kambing untuk tongseng menggunakan bagian paha. Makanya terasa empuk meskipun dimasak dengan cepat. Rempah-rempahnya berasa, kuahnya gak terlalu berlemak jadi gak bikin enek. Proses memasaknya juga masih menggunakan tungku arang. Ini juga yang bikin rasanya semakin nikmat. Tentunya berbeda bila memasak dengan kompor gas.

Sejak dulu hingga sekarang memang saya nagih banget sama Tongseng Kambing Masjid Sunda Kelapa. Dari zaman masih kuliah hingga sekarang punya 2 anak yang udah beranjak remaja. Bahkan Nai yang suka malas-malasan kalau diajak makan di kaki lima, gak pernah protes kalau makan di sini.


keramaian di masjid agung sunda kelapa

Oiya, Nai bukan anti makanan kaki lima, ya. Dia malah suka banget. Hanya gak begitu suka dengan lokasi. Makanya dia lebih suka ngebungkus bila beli makanan di kaki lima. Tetapi, kalau diajak makan di sini, dia gak menolak.

Kulineran di sini cuma buka sampai sore. Datanglah sebelum pukul 5 sore, deh. Supaya bisa menikmati berbagai kuliner dengan nikmat.


Tongseng Kambing Masjid Agung Sunda Kelapa


Jalan Taman Sunda Kelapa
Menteng, Jakarta Pusat 10310

Open hours: 10.00 s/d 17.00 wib


Post a Comment

24 Comments

  1. ini sabtu minggu buka mba? kalo hr kerja aku ga mungkin nyobain.. aku tau sih di daerah sana banyak kuliner. tp 1pun blm ada yg aku coba. Jadi kepengin, aku termasuk sukaaa bgt ama tongseng.apalagi kalo ditambahin rawit banyaak supaya pedesnya nampol hahahaha.pgn nyobain, tp weekend... semoga aja buka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka, Mbak. Cuma memang suka susah cari parkir kalau akhir pekan. Apalagi kalau di masjid lagi ada acara

      Delete
  2. Deket dari stasiun Cikini atau Gondangdia nih. Asal jangan sering-sering ya makan kambing, inget kolesterol tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stasiun Cikin, Rul. Gak tiap hari, lah. Tetapi, sebulan sekali boleh, deh hehehe

      Delete
  3. Sebenarnya suka tongseng..tapi di daerahku gak ada jual..paling liat Rep di google bikin sendiri pake daging sapi..tapi kok gak pernah berhasil. Hehehhe

    ReplyDelete
  4. Bisa jadi list kulineran nih. Selama ini ke Sunda Kelapa gak pernah makan Tongseng.

    ReplyDelete
  5. Saya jaraaang ke daerah masjid Sunda Kelapa, tapi sesekali pas lewat kalau abis sholat jumat ramaai banget. Aneka kuliner dijajakan, sampai memakan.bahu jalan. Btw, ternyata salah satunya ada tongseng. Ternyata enak ya mbak, pengin nyoba jadinya hehehehe.

    ReplyDelete
  6. Jadi ngiler hehe. Makanan favorite ku nih kak, tapi kalo aku sih lebih ke tongseng ayam :)

    ReplyDelete
  7. Aku suka banget sama kuliner berkuah seperti tongseng dll. Bumbu rempahnya bikin nafsu makan meningkat. Eh tapi harus tetap jaga diri sih, kolesterolnya itu lo ya :)

    ReplyDelete
  8. Aku juga kalau ke Sunda Kelapa pasti pesan tongseng ini mbak, enak banget soalnya. Biasanya sehabis makan tongseng ku tutup dengan makan rujak.

    ReplyDelete
  9. kawasan Masjid Agung Sunda Kelapa memang banyak kuliner bertebaran. Wajib dicoba nih tongsengnya :)

    ReplyDelete
  10. Waktu explore pelabuhan sunda kelapa, aku belum explore juga kulinernya nih mba. Next time harus banget nyoba, ngeliat tongseng dan juga sambalnya udah super menggoda banget, secara aku pecinta tongseng so much hehe

    ReplyDelete
  11. Kalau nggak baca tulisan Teteh, aku akan terus mengira kalau Masjid Sunda Kelapa itu letaknya dekat dengan pelabuhan Sunda Kelapa. Eh ternyata malah di sekitaran Menteng.

    ReplyDelete
  12. Wiihh,jadi ngiler mudah mudahan pas lagi ada waktu senggang bisa nyobain bikin tongseng kambing

    ReplyDelete
  13. Aku juga suka tongseng. Tapi jarang makan juga sih. Kalau pas pengin ngegofood aja. Soalnya jarang tau dekat rumah yang jualan tongseng..Tongseng depan masjid Sunda Kelapa ini sepertinya menggoda. Sayang jauh banget ya

    ReplyDelete
  14. Ya ampuun ngilerr banget lihat foto-foto makanannya Mbak! Entah kenapa aku lebih ngiler lihat makanan-makanan kayak gini daripada makanan bintang 5 di hotel atau restoran, hehehe. Kapan-kapan mau berkunjung ke sana :)

    ReplyDelete
  15. Oh iya, ini enak! Wisata kuliner di Masjid Sunda Kelapa oke banget tuh. Saya suka es kelapa mudanya juga. Ada dimsum yang enak juga...

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget tongseng dibanding gule kambing. Tongseng enak, engga kejebak tulang. Hehe...
    Kuahnya memang oren gitu ya? Kalo di Jawa kan ya karena coklat kecap gitu. Pengen nyoba Tongseng Masjid Sunda Kelapa iiih...

    ReplyDelete
  17. salah banget baca ini pas jam jam lapar. ngeliat foto fotonya jadi kepengen mba, tanggung jawab dong :(

    ReplyDelete
  18. Aku suka nih kalau tongsengnya dibuat pakai anglo, ada aroma khasnya gitu

    ReplyDelete
  19. Woh. Murah ya tongseng kambing sama nasgor kambing cuma Rp20.000,00. Noted banget buat rekomendasinya, kak.

    ReplyDelete
  20. Salah satu yang nggak bisa move on dari Jakarta bagi saya adalah tongsengnya. Memang enak² banget Mbak. Saya punya lokasi kesukaan di kawasan Lenteng Agung. Nah sekarang nggak tau masih ada apa nggak. Jadi makin kepo dengan yg di Sunda Kelapa ini.

    ReplyDelete
  21. Makanan "jahat" tapi enak ya. Ahahaja
    Aku suma suka sate kambing, kalau udah di Tongseng gini agak ngeri makannya 😁

    ReplyDelete
  22. waah.. aku suka banget tongseng nih. kayanya patut dicoba ya. kapan2 ah ke Sunda Kelapa :D

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)