Asik! Video Mapping di Monas Ada Lagi Hingga Akhir Tahun 2019 - Akhirnya libur panjang jugaaaaa! Ya, meskipun saya ibu rumah tangga, libur panjang termasuk yang paling ditunggu. Senang karena libur sejenak dari rutinitas menyetrika seragam sekolah hahahaha.

video mapping di monas hingga akhir tahun 2019

Ada beberapa rencana untuk mengisi liburan bersama anak-anak. Mudah-mudahan aja semuanya berjalan lancar. Sebagai pembuka liburan sekolah, saya memulai dengan menonton video mapping di Monas.


Event Monas Week 2019 untuk Tahun Baru


acara tahun baru di monas

Video mapping pertama kali digelar di Monas tahun lalu dalam rangka menyambut Asian Games 2018. Seperti banyak masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang antusias banget dengan mind mapping, kami pun datang ke Monas.

[Silakan baca: Video Mapping di Monas untuk Menyemarakkan Asian Games 2018]

Sayangnya di kedatangan pertama kami gagal karena gak dapat parkiran sama sekali. Selain banyak sekali masyarakat yang ingin menonton, juga karena berbarengan dengan upacara penurunan bendera HUT RI di Istana. Makanya parkiran sangat pun penuh, termasuk motor.

Besoknya, saya sempat galau untuk datang karena berbarengan dengan opening ceremony Asian Games 2018. Keduanya sama-sama tontonan yang menarik. Tetapi, akhirnya kami berdua memilih ke Monas. Gak menyangka juga masyarakat yang menonton masih membludak.

Tahun ini, video mapping digelar kembali. Saya sudah antusias sejak pameran hologram berlangsung. Selama tahun 2019 ada 3 rangkaian acara Monas Week yaitu Pameran Hologram (Juli), Festival of Light (Agustus), dan Video Mapping (Desember).

[Silakan baca: Monas Week 2019 Menggelar Sejarah Jakarta dalam Ilustrasi Hologram]

Kalau tahun lalu, saya sampai 2x balik karena ada sedikit drama. Tahun ini, saya diundang ke Gala Premiere. Bisa menjadi salah seorang masyarakat yang diundang untuk menyaksikan tayangan perdana video mapping 2019 sebelum dibuka untuk umum. Alhamdulillah.

Menurut M. Isa Sanuri, Kepala UPK Monas, tujuan diadakan video mapping adalah sebagai berikut


  • Pertunjukan edukasi yang dikemas dalam bentuk video mapping 
  • Memperkenalkan potensi pariwisata Monas sebagai salah satu ikon Indonesia yang patut dikunjungi 
  • Memperkuat hubungan sinergi dengan para pelaku bisnis usaha kreatif di tingkat nasional dan internasional 
  • Salah satu hiburan masyarakat untuk memeriahkan pesta akhir tahun 

[Silakan baca: Gemerlap Cahaya di Festival of Light, Monas Week 2019]


Jakarta yang Baru


jakarta yang baru, video mapping pertunjukkan akhir tahun
Patokannya gedung Pertamina (gedung di sebelah kiri Monas)


Video mapping 2019 menceritakan tentang sejarah dan pembangunan Jakarta, kebudayaan Betawi, Monas, serta kehidupan warga Jakarta yang bahagia.

Monas itu lumayan luas. Dan gak semua sisi Monas menayangkan video mapping. Tahun lalu, kami sempat salah posisi. Untung segera nyadar. Kalau enggak bisa sampai 3x kali balik ke Monas hehehe.

Lokasi video mapping 2019 ada di sisi barat tugu Monas. Biar gak bingung, saya selalu patokannya gedung Pertamina. Kalau kita berada di sisi barat, gedung ini akan terlihat di depan Sahabat KeNai.

Sebetulnya, bisa juga mencari area air mancur menari karena berada di sisi yang sama. Tapi, kabarnya air mancur ini sedang proses revitalisasi. Baru dibuka lagi Januari. Siapa tau saat Sahabat KeNai ke sana, air mancurnya juga belum dibuka. Jadi mendingan patokannya gedung Pertamina aja, deh.


Jadwal Pertunjukkan Video Mapping 2019


jadwal pertunjukkan video mapping 2019
Jadwal pertunjukkan video mapping 2019


Video mapping akan dibuka untuk umum sejak tanggal 22 Desember s/d 31 Desember 2018. Kecuali tanggal 23 karena Monas tutup. 

Kenapa tanggal 23 tutup? Monas memang setiap hari Senin tutup. Tanggal 30 Desember 2019 sepertinya pengecualian karena menjelang akhir tahun.

Akan ada 2x penayangan setiap harinya. Pukul 7 dan 8 malam. Setiap pertunjukkan berdurasi 25 menit.

Tetapi, khusus di malam pergantian tahun sampai 5x jam tayang.


  • Show time 1: 19.00 wib
  • Show time 2: 20.00 wib
  • Show time 3: 21.30 wib
  • Show time 4: 22.30 wib
  • Show time 5: 23.30 wib

Saat tahun baru nanti juga akan dipromosikan city branding terbaru yaitu "Jakarta yang Baru". Juga mengenalkan aktivitas unggulan Jakarta tahun 2020 yaitu E-Formula.


#JakartaBerkolaborasi



“Saat ini Pemprov DKI Jakarta terus berbenah di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif agar bisa menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi di Jakarta,” ujar Sri Haryati, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda.

Pertunjukkan video mapping merupakan salah satu upaya Pemprov DKI untuk terus menarik wisatawan. Tentu saja Monas adalah sebuah ikon. Tetapi, berbagai tempat wisata lain di Jakarta pun akan ikut bebenah.

Yang dilakukan oleh Pemprov DKI, khususnya di bidang pariwisata, tentunya membutuhkan kerjasama dari banyak pihak. Itulah kenapa hashtag DKI Jakarta saat ini adalah #JakartaBerkolaborasi

Di akhir Desember ini ada liburan sekolah, Natal, dan tahun baru. Wisatawan yang datang ke Monas tidak hanya warga Jakarta dan sekitarnya. Apalagi saat pergantian tahun ini. Monas selalu ramai banget!

[Silakan baca: 3 Tempat Wisata Jakarta yang Selalu Ramai Wisatawan]


Monas


Gambir, Jakarta Pusat