#wegowithkids: Jalan-Jalan Bersama Anak Itu Ribet Tapi Bernilai

#wegowithkids, we go with kids
#wegowithkids: Jalan bersama anak itu ribet tapi bernilai


Ketika saya masih kecil, orang tua sering mengajak kami berjalan-jalan. Sebetulnya destinasi jalan-jalannya gak bervariasi. Paling kalau gak ke Bandung, Puncak, atau sekitar Jakarta. Kalau di Jakarta biasanya nge-mall atau Ancol dan TMII gitu, deh. Ke Bandung atau puncak pun menginapnya di situ-situ aja. Gak pernah ada cerita tuh yang namanya camping, naik gunung, atau ke berbagai destinasi yang menurut sebagian orang dikatakan adventure *atau bahkan ekstrim (?)* Boro-boro adventure seperti itu, ke Dufan aja orang tua saya gak pernah naik yang menguji adrenalin, kok. Cari yang aman aja kayak naik perahu di istana boneka hehehehe.

Yup! Memang cerita jalan-jalan saya semasa kecil itu gak variatif banget. Tapi satu hal yang saya ingat adalah kebersamaan. Walopun jalan-jalannya ke situ-situ aja, tapi kebersamaannya berasa. Rasanya lebih banyak kenangan tentang kebersamaannya ketimbang destinasinya. Sebetulnya kebersamaan itu yang penting, kan?

Itulah kenapa saya selalu ingin jalan-jalan sama anak-anak. Sepanjang yang saya alamin, jalan-jalan bersama anak-anak itu memang cukup ribet. Ribet bawaannya, sampe beberapa keluarga bilang kalau saya sekeluarga jalan-jalan itu udah kayak orang pindahan. Segala dibawa hahaha. Ya, bagaimana lagi, saya dan suami kan harus menjaga mood mereka juga selama jalan-jalan :D

Tapi seribet apapun, saya menikmatinya. Saya juga yakin kalau suami dan anak-anak juga menikmatinya. Karena kami sekeluarga selalu membiasakan untuk berdiskusi saat berencana jalan-jalan. Singkat cerita, gak boleh ada kata bad mood saat jalan-jalan. Oleh karenanya, harus diperhitungkan secara matang sebelum jalan-jalan.


#wegowithkids


Sabtu, 1 Agustus 2015, saya menghadiri undangan dari wego. Bertempat di Comma Coworking space, semangat banget saya datang ke acara ini. Karena sepertinya cukup jarang bincang-bincang traveling yang temanya Family Traveling *atau saya aja yang kudet(?) :p* Terima kasih banyak untuk Muna Sungkar (@momtravelerblog) yang udah kasih email saya ke wego, ya. Dan, saya pun dapat undangannya. Yeaayy! ^_^

Asiknya lagi, kita diperbolehkan bawa keluarga di acara ini. Untuk anak-anak ada kids corner juga. Sayangnya anak-anak saya pada kecapean. Dari pagi, ada acara syukuran sunatan teman sekelas Keke di salah satu resto di bilangan Kemang. Jadi siangnya mereka udah pada kecapean. Mana di jalan kan macet, komplit deh anak-anak capenya. Makanya cuma nganterin saya aja abis itu mereka pulang.


Mengenal wego Lebih Dekat, Yuk!


Acara dibuka oleh Mbak Murni atau biasa dipanggil Mumun (indohoy.com / @indohoy). Diawali dengan memperkenalkan apa itu wego karena ternyata banyak yang salah persepsi tentang wego. Disangkanya wego adalah website dimana kita bisa booking hotel atau pesan tiket pesawat :D

wego adalah sebuah market place dimana kita bisa membandingkan harga tiket pesawat atau rate hotel dari satu website dengan website lainnya. Sederhananya, dengan mencari info tiket pesawat tujuan tertentu atau rate salah satu hotel, mending lihat di wego dulu untuk membandingkan harga. Setelah memilih baru Sahabat Jalan-Jalan KeNai meluncur ke website yang dipilih untuk melakukan booking. Jadi, tidak ada transaksi apapun di wego, ya :)

Kalau gitu, kenapa kita gak langsung aja ke website agent travel? Terserah aja, sih. Tapi kalau di wego kan kita bisa sekaligus membandingkan. Daripada harus buka banyak web dulu yang ujung-ujungnya puyeng sendiri. Mending buka 1 yaitu wego tapi informasinya lengkap.


3 Narasumber di #wegowithkids


Ada yang berpendapat kalau traveling bersama anak-anak itu gak hanya ribet tapi juga memakan biaya yang lebih besar. Tapi apakah hanya itu yang didapat? Pastinya enggak, ya. Karena ada nilai-nilai lebih yang bisa didapat saat traveling bersama anak.

Ada 3 narasumber yang dihadirkan di acara #wegowithkids. Ketiganya pastinya selalu traveling bersama anak-anaknya. Ketiga narasumber tersebut adalah Mbak Tesya  (www.tesyablog.com / @tesyablog) yang juga penggagas acara #wegowithkids, Mas Sukma Dede (www.sukmadede.com / @sukmadede), dan Mbak Swastika Nohara (lifetimejourney.me / @sabaiX).

Saya tuh rencananya mau menulis satu per satu apa yang disampaikan ketiga narasumber tersebut secara terpisah. Kalau disatuin kesini kayaknya bakal panjang banget. Lagian apa yang dipaparkan oleh masing-masing narasumber itu semuanya menarik. Mbak Tesya tentang pengalaman jalan-jalan ke luar negeri bersama anak-anak memberikan banyak tip biar kantong gak jebol kalau jalan-jalan ke luar negeri bersama keluarga. Mas Dede udah dikenal suka ngajak anaknya berpetualang seperti naik gunung juga memberikan tip dan nilai yang bisa didapat dari perjalanan yang menurut banyak orang tua kelihatannya ekstrim. Mbak Sabai juga memberikan beberapa tip seputar jalan-jalan bersama anak supaya perjalanan tetap terasa menyenangkan. Yang pasti bahasan ketiganya juga ada unsur parenting. Sesuatu bahasan yang memang saya juga suka.


Pendukung acara #wegowithkids


Ya, karena saya berencana menceritakan satu per satu narasumber tersebut di postingan terpisah, jadi saya cerita tentang pendukung acara dulu aja, ya. Karena pendukung acara ini juga bisa membuat jalan-jalan menjadi menyenangkan.

Marvellous Little Maestro ini adalah studio creative untuk anak sejak tahun 2010. Studio yang berdomisili di Kemang Dalam ini dibuka dari hari Selasa s/d Sabtu, di waktu siang hingga sore hari. Kegiatannya antara lain drawing, painting, art, and craft.

Sebuah ide menarik dari Mbak Liesna adalah ketika muridnya akan traveling bersama keluarga diminta untuk membuat gambar di selembar kertas dari perjalanan tersebut. Mbak Liesna juga memberi tip agar karya anak-anak tersebut disimpan oleh orang tua. Marvellous Little Maestro juga mempunyai kit art and craft yang bisa dibawa anak-anak saat traveling. Contohnya pop up card yang bisa diwarnai. Kemudian kartunya bisa dikirim sebagai kartu pos.


jalan-jalan bersama anak
Yeaaayy! Dapet 2 tiket KidZania karena berhasil menebak pertanyaan ^_^


Pendukung acara lainnya adalah Howden Indonesia, sebuah asuransi perjalanan. Penting juga ya memiliki asuransi perjalanan karena kita dilindungi dari mulai keluar hingga tiba di rumah. Lalu dilanjut dengan penjelasan dari Kidzania. Sebuah area bermain dimana anak-anak bisa play pretend di sana. Dan di acara tersebut saya mendapatkan 2 tiket Kidzania. Yeaaayy!!

Nah, kalau ini hadiah menjadi salah satu pemenang live tweet. :)
- sumber foto: FB mas Dede (Sukma Kurniawan) -


Acara ditutup dengan pengumuman pemenang live tweet dan saya jadi salah satu pemenangnya. Yippiiee! Lalu foto bersama. Suka deh sama acara ini. Tunggu postingan saya berikutnya yang tentang ketiga narasumber, ya :)

Thank you, wego! Menyenangkan dan bermanfaat sekali acaranya :)

info lebih lanjut


wego


www.wego.co.id

Post a Comment

12 Comments

  1. Waaah seru banget acara gatheringnyaa....mupeng dot kom.

    ReplyDelete
  2. Wow, pasti seru dan menarik nih bincang2nya. Ditunggu postingan masing2nya ya, Mbak Chi. :)

    ReplyDelete
  3. Makasih Mbak usah dateng :)) * hidup gojek hehehe

    ReplyDelete
  4. Bener-bener mb...kadang repot bw anak2...tp klo nggak dibawa..kepikiran juga...

    ReplyDelete
  5. Saya senang jalan sama anak, sebab nilai dan pengalaman perjalanannya berbeda tanpa mereka. Tidak terasa mereka cepat besar dan mempunyai kegiatan sendiri. Mumpung belum sulit cari waktu untuk bersama. Nikmati jalan-jalan sama anak.

    ReplyDelete
  6. Wah, suatu hari nanti, kalau saya sudah menikah dan punya anak, saya juga ingin rajin mengajak anak anak saya jalan jalan :)

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)