Mempersiapkan Peralatan Naik Gunung untuk Kenyamanan Saat Mendaki

Mempersiapkan Peralatan Naik Gunung untuk Kenyamanan Saat Mendaki
Apa saja persiapan Sahabat KeNai Saat Berencana Naik Gunung supaya Nyaman?
Sumber gambar: Pixabay.com


Para pecinta alam sudah pasti sangat menyukai tantangan baru untuk menaklukkan medan alam yang luas ini. Mereka akan merasa puas apabila dapat menikmati indahnya ciptaan Tuhan yang luar biasa. Bagi para pecinta alam, terutama untuk pemula, ada beberapa tip dalam hal mempersiapkan peralatan naik gunung. Persiapan ini sangat penting agar keamanan dan kenyamanan bisa selalu Sahabat KeNai dapatkan saat berpetualang.


Tenda

Tenda diperlukan agar Sahabat KeNai bisa beristirahat agar aman dan nyaman. Serta terhindar dari ancaman binatang yang berbahaya.


Makanan

Makanan dan minuman yang cukup wajib dibawa agar tetap berenergi serta menjaga stamina saat melakukan perjalanan.


Peralatan komunikasi

Peralatan komunikasi diperlukan untuk saling berkomunikasi dengan sesama teman seperjalanan. Pastikan peralatan komunikasi berfungsi dengan baik. Tapi, sebaiknya ketika mendaki, selalu berjalan bersama


Peralatan memasak

Biasanya para pendaki membawa makanan yang masih berupa bahan-bahan. Sehingga harus diolah terlebih dahulu. Untuk itu diperlukan kompor dan peralatan masak lainnya untuk dibawa.


Tas gunung

Segala perlengkapan bawaan Sahabat KeNai saat mendaki, dimasukkan ke dalam tas. Besar-kecilnya tas, atau jenis tas yang dibawa biasanya disesuaikan dengan tujuan yang ingin ditempuh.


Jaket gunung

Semakin tinggi pendakian, udara bisa semakin dingin. Jaket gunung sangat dibutuhkan agar badan hangat. Ada berbagai macam jenis jaket gunung. Pilih yang sesuai kebutuhan.


Sandal dan sepatu gunung

Pilihlah sepatu atau sandal gunung yang nyaman dipakai. Karena Sahabat KeNai akan melakukan perjalanan yang cukup panjang. Bila alas kaki sudah tidak nyaman, biasanya perjalanan juga tidak akan nyaman.


Sleeping bag

Walaupun sudah ada tenda, sleeping bag bisa membantu Sahabat KeNai supaya bisa beristirahat lebih nyaman. Karena badan menjadi lebih hangat saat berada di dalam sleeping bag.


Senter

Senter dibutuhkan apabila Sahabat KeNai harus beraktivitas di malam hari karena di gunung tidak ada listrik. Pilihlah senter yang berkualitas dan kalau bisa yang anti air dan anti banting.


Tongkat gunung

Tongkat gunung dapat membantu Sahabat KeNai ketika lelah berjalan. Tongkat gunung ini fleksibel karena bisa dipanjang-pendekkan sesuai keinginan.


Jam tangan gunung

Salah satu peralatan naik gunung yang diidamkan para pecinta alam adalah jam tangan gunung. Jam tangan khusus yang bisa memberikan segala macam informasi mengenai tingkat ketinggian Sahabat KeNai saat di posisi puncak gunung. Kemudian iklim cuaca yang bisa terdeteksi berapa celciusnya. Dan fasilitas lainnya.


Gaiter

Gaiter adalah pelindung kaki berupa bahan yang dikenakan di atas sepatu hingga celana bagian bawah. Kadang kalau sedang berjalan, sepatu bisa kemasukkan pasir, lumpur atau kerikil kecil. Tidak hanya itu, biasanya saat hujan, suka banyak pacet. Gaiter dipakai untuk melindungi kaki dari bahaya atau ketidaknyamanan yang tidak diharapkan.


Kotak P3K

Jangan lupakan P3K. Tidak ada yang menginginkan kecelakaan atau sakit selama dalam perjalanan. Tapi, tidak ada salahnya selalu menyiapkan kotak P3K untuk berjaga-jaga.

Post a Comment

6 Comments

  1. Jam tangan gunung pengem punya euy..berasa jd pendaki gunung profesional deh hahhaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya udah punya, dong. Tepatnya suami saya yang punya hehe

      Delete
  2. Udah hapal banget peralatan naik gunungnya dong. Jangan2 dirimu yg bagian nyiap2in peralatan kalau mau naik gunung keluarga?

    ReplyDelete
  3. perlengkapannya banyaaaak hehehe.udah lama ngga naik gunung mak..seringnya turun ke dasar laut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan saya pengen diving kayak Mbak Indah, ah :)

      Delete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)