Senin, 07 September 2015

Dilmah Indonesia Real High Tea Challenge Cafe & Resto

Dilmah Indonesia Real High Tea Challenge Cafe and Resto
Kalau di Inggris sudah ada yang namanya afternoon tea, bahkan sampai ada menu spesial segala yang hanya ada di sore hari. Bagaimana dengan Indonesia?

Dilmah, sebuah produsen teh terkemuka di dunia sedang mengadakan Dilmah Indonesia Real High Tea Challenge Cafe & Resto sejak akhir Agustus hingga pertengahan September. Beberapa bulan sebelumnya, Dilmah juga mengadakan event serupa tapi untuk hotel. Dimenangkan oleh hotel Shangri-La, Surabaya. Kemudian dilanjutkan dengan event Dilmah Real High Tea Global Challenge di Colombo, Sri Lanka. Hotel Shangri-La berhasil mendapatkan silver medal di ajang global tersebut.

Afternoon Tea
"Dilmah Real High Tea Challenge adalah sebuah event yang berusaha untuk mengapresiasi teh secara lebih untuk mendapatkan nilai lebih serta kepuasan tambahan terhadap teh di sekitar kita." - Daniel Pranoto, Head of Marketing PT. David Rot Indonesia -
Bicara tentang gaya hidup, sekarang ini kebanyakan berbicara tentang gaya hidup ketika bersosialisasi adalah di kehidupan malam. Dilmah mencoba untuk mensosialisasikan sebuah gaya hidup yang tadinya malam digeser menjadi sore hari (afternoon). Daripada sore hari bermacet-macetan di jalan, kenapa tidak dihabiskan waktunya sejenak menikmati afternoon tea bersama teman? Lalu malam harinya baru bersama keluarga. Menikmati afternoon tea bersama keluarga pun bisa dilakukan. Bahkan di Inggris, afternoon tea tidak hanya sekadar minum teh tapi juga ada menu spesial yang hanya ada di sore hari.

Umumnya sore hari adalah waktu yang tidak disukai oleh cafe maupun resto karena jam tersepi. Karena masyarakat Indonesia kebanyakan setelah makan siang, baru mulai makan lagi di malam hari. Masih jarang yang melewatkan sore hari sekedar untuk menikmati afternoon tea. Tapi bukan berarti tidak ada. Untuk hotel, resto, atau cafe yang high class, sudah ada yang mulai menawarkan afternoon tea. Bahkan sudah ada cafe yang hanya menyajikan menu spesial untuk sore hari sebagai teman pendamping minum teh. Menu spesial sore hari tersebut tentunya gak ada di jam lain seperti pagi atau malam.

Untuk menggeser gaya hidup tentunya harus ada sebuah terobosan. Cafe maupun resto diharapkan mampu menciptakan menu-menu spesial di sore hari yang menyenangkan konsumen. Sehingga konsumen pun dengan senang hati akan mau merubah gaya hidup bersosialisasinya di sore hari.

Tentang Dilmah

Indonesia termasuk negara yang terkenal dengan produksi teh. Termasuk 10 besar di dunia. Sayangnya kebanyakan masyarakat kita belum mengerti apa itu teh yang berkualitas Padahal banyak sejarah besar di Indonesia di mulai dari kebiasaan minum teh di sore hari.

Dilmah Indonesia Real High Tea Challenge Cafe and Resto

Dilmah berasal dari kedua nama putra Merril J. Fernando, owner Dilmah, yaitu Dilhan dan Malik. Apabila melihat kemasan Dilmah, ada tertulis kata Ceylon. Ceylon merupakan nama klasik dari Sri Lanka. Seperti halnya Batavia untuk Jakarta. Kualitas teh dari Sri Lanka memang yang terbaik di dunia. Di pelelangan pun harga Ceylon tea termausk yang termahal. Ceylon tea sangat bagus kualitasnya karena di negaranya memang sangat fokus dengan produksi dan pemrosesan teh.

Pemrosesan Cylon tea berbeda dengan teh di Indonesia. Black tea dari cylon tea itu benar-benar hitam karena ada teknik khusus untuk membuatnya. Pebisnis teh banyak menggunakan black tea sebagai bahan dasar utama untuk berbagai produk teh. 

Berbeda dengan wine dimana semakin lama penyimpanan semakin mahal, maka teh justru harus segar. Teh Dilmah selalu menyediakan teh segar karena mereka mempunya perkebunan premium di Sri Lanka. Walopun teh Dilmah termasuk mahal tapi selalu mendapat tempat di hati para konsumen karena kualitas dan kesegaran yang ditawarkan oleh Dilmah.

2 pucuk daun pertama adalah daun teh tersegar dan paling menyehatkan. 2 pucuk tersebut disebut juga silver pick karena ujung daunnya masih tajam seperti jarum.

Tea Pairing

Kebiasan kita, nih *kebiasaan saya aja kayaknya wkwkwk* kalau minum teh itu setelah makan trus minum segelas teh hingga tandas. Atau kalau ditengah-tengah pengen minum dulu juga gak apa-apa. Seringkali gak pake mikir ini teh apa? Pokoknya buat saya yang penting jangan teh manis. Boleh dikasih gula sedikit tapi hanya untuk sekedar mendapatkan rasa tawar *karena kalau gak digulain biasanya masih berasa pahit tehnya."

Dilmah Indonesia Real High Tea Challenge Cafe and Resto
Masing-masing jenis teh berbeda-beda cara menyeduhnya

Ternyata untuk membuat teh berkualitas itu sama ribetnya kayak kita membuat kopi berkualitas. *Dan saya pernah menuliskan curhatan ribetnya bikin kopi berkualitas, kan? Hahaha." Cara menyeduh setiap jenis teh berbeda-beda tingkat panas airnya. Tapi memang ada usaha, ada hasil. Sepadan, lah. Teh yang berkualitas itu rasanya enak sekali. Pada akhirnya, gak kapok bikin yang berkualitas :D

Cara menikmati teh agar dapat esensinya adalah dihirup dulu aroma tehnya lalu dihirup sedikit. Kemudian makan sekitar 2 gigitan. Minum teh lagi. Begitu terus hingga selesai. Kenapa harus pairing? Karena kalau kita minum soda biasanya makanan yang dimakan itu langsung hilang rasanya setelah kita meneguk soda. Nah, kalau minum teh seharusnya kenikmatan menjadi bertambah. Tidak saling menghilangkan. Oleh karenanya penting juga mencari pasangan yang tepat untuk teman minum teh. *Kalau hidup aja harus cari pasangan yang tepat. Teh juga harus punya pasangan yang tepat, dong. Hahaaaayyy :D*

Dilmah Indonesia Real High Tea Challenge Cafe and Resto
Dilmah Brilliant Breakfast pairing with Burger

Dilmah Indonesia Real High Tea Challenge Cafe and Resto
Dilmah Almond Tea pairing with Cheese Cake. Dari aroma tehnya aja udah tercium wangi almondnya :)

Dilmah Indonesia Real High Tea Challenge Cafe and Resto
Dilmah Pepermint Tea pairing with Chocolate Cake - Buat saya, coklat + mint = soulmate

Dilmah Indonesia Real High Tea Challenge Cafe and Resto
Sebelah kiri *yang ada warna hijau* adalah cake dengan Elegant Earl Grey tea. Sebelah kanan cake dengan Rose with French Vanilla.
Untuk mencicipi pertama kali, saya menyukai cake yang menggunakan rose with french vanilla. Earl grey memiliki rasa yang khas di lidah. Mungkin untuk pencicipan pertama rasanya masih agak asing. Berarti harus nyobain lagi :D

Ada 3 menu yang harus disajikan oleh para peserta challenge, yaitu
  1. Dilmah hot tea pairing with canape (savory or sweet)
  2. Cocktail or mocktail with canape (savory or sweet) - Cocktail atau mocktail yang dibuat harus ada teh Dilmah sebagai salah satu ingridient
  3. Savory or Sweet Dish - teh Dilmah juga harus menjadi salah satu ingridient
Dilmah Indonesia Real High Tea Challenge Cafe and Resto
 Apabila Sahabat Jalan-Jalan KeNai melihat tanda ini, berarti cafe atau resto tersebut sedang mengikuti Dilmah Indonesia Real High Tea Challenge Cafe and Resto. Silakan diorder menunya, ya :)

Selama  masa perlombaan (2 minggu) menu-menu yang diperlombakan itu harus dijual. Jadi siapapun customer yang datang ke kafe atau resto tersebut bisa order menu yang diperlombakan. Untuk mengetahui apa aja menu yang diperlombakan, customer bisa melihat di sign berwarna hitam yang ada di pintu masuk kafe atau resto.

Ada 18 cafe yang ikut dalam Dilmah Real High Tea Challenge. 10 di Jakarta dan 8 di Bandung. Silakan sahabat Jalan-Jalan KeNai kalau ingin mencoba menu-menu tersebut *bayar tapinya :p* mumpung masih ada waktu 1 minggu lagi.

Berikut daftar-daftar kafe dan resto yang bertanding:

Jakarta:
  1. Uncle Tjhin Bistro
  2. The Bailey's & Chloe
  3. De Mingle
  4. Mio Caro
  5. Blue Jasmine Restaurant
  6. Bits & Bobs Resto
  7. Huize van Wely
  8. Vin+ Kemang
  9. Immigrant
  10. Oasis
Bandung:
  1. Porto - World Culinary Adventure
  2. Kirbs Tearoom & Pastry
  3. Javana Bistro
  4. The Peak Resort Dining
  5. Cocorico Cafe & Resto
  6. L'Sociate Dine & Bar
  7. Chubby Bunny
  8. Ozt Cafe
Silakan Sahabat Jalan-Jalan KeNai kalau ingin datang dan mencicipi menu afternoon tea di salah satu resto tersebut *datengin semuanya juga boleh.*Kalau saya sudah mendatangi 4 resto dan cafe* Nanti satu persatu akan saya review di postingan terpisah. Kalau masih bingung, bisa lihat di akun social media Dilmah. Foto-foto menu yang disajikan dari semua peserta akan secara rutin diupdate.

Selamat menikmati afternoon tea! *teh-nya pake Dilmah, ya :)

Tentang Juri 

 Ms. Eliawaty Erly, Vice President of PT. David Roy Indonesia

Ada 2 juri untuk challenge ini, yaitu
  1. Ms. Eliawaty Erly, Vice President of PT. David Roy Indonesia
  2. Chef Nanda - the winner of Oxone Battle Chef
Dilmah

www.dilmah.co.id

IG: DilmahTeaIndonesia
Twitter: @DilmahTeaID
Fanpage: DilmahTeaID

38 komentar:

  1. Ohh...gitu ya..ada filosofinya kenapa ada penyebutan kata "teman minum teh"

    ternyata minum teh itu memang hrs ada pasangannya agar cita rasa hatumnya teh tidak segera hilang dikecap lidah..

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Yup! Saya pun menulis begitu tentang harga di postingan ini. Tapi saya juga menulis kalau ada harga, ada rasa. Dan itu terbukti :)

      Hapus
  3. Sekarang pasar teh sedang ramai dibicarakan di Indonesia, ya bisa menjadi saingan pasar pencinta kopi bagi yang mau membuka usaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, karena masyarakat Indonesia kan juga suka teh

      Hapus
  4. Mengapresiasi teh melalui challenge ini pasti gak mudah ya mbak, di antara sekian banyaknya coffee shop yang sedang menjamur

    BalasHapus
  5. wuuiih komplit reportasenya chi niy yaa..
    hayu atuh kita nge teh bareng di Dilmah

    i lop teh deh
    apalagi kalo abis makan di luar teh nya selalu enak, kenapa ya?
    suka beda sama yang di rumah hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara ngeraciknya beda kali, Teh :)

      Hapus
  6. Nyam nyam.... Kafenya jauh2 tapi yaa

    BalasHapus
  7. Saya minum Dilmah kalau lagi pas ada undangan acara di hotel-hotel bintang doang. Hahahaha.
    Soalnya sehari-hari penikmat kopi. ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali cobain ngeteh di rumah :D

      Hapus
  8. Aku pecinta teh, belum pernah minum produknya Dilman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain, Mbak. Ada di supermarket produknya :)

      Hapus
  9. Agak susah sih nyari produknya. Kdg cm nemu di hotel2 ternama. Tapi pgn jg nyoba afternoon tea kayanya seruuu..hehe

    BalasHapus
  10. Cuma Jakarta ma Bandung aja ya mak?? Dilmah emang enak aku juga suka banget yg chamomile sama english breakfast tea nya jg..earl grey juga... halaahh smua enak lah..cuma harganya yg ga enak :p

    BalasHapus
  11. Baru tau aku ada yg namanya ceylon tea.. iya bener, ada harga ada rupa selalu terbukti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, Dilmah salah satu teh berkualitas. Rasanya pun enak :)

      Hapus
  12. ooo ini toch rupanya yang beberapa hari belakangan memenuhi time line di FB saya... ribet juga ya untuk mendapatkan kualitas teh terbaik...

    biasanya hanya tau teh yang sering di iklanin diTv itu... sekarang jadi tambah info dech :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk menghasilkan kualitas terbaik, pastinya prosesnya juga harus terbaik :)

      Hapus
  13. tea pairing itu kayaknya ribet ya hahahaha kebetulan aku orang yang minum kalo udah selesai makan banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya sih ribet. Tapi lama-lama enggak juga :)

      Hapus
  14. great review...

    warm regards
    (the judges)

    BalasHapus
  15. Aku baru tau kalo Srilanka itu penghasil teh dan cukup terkenal di dunia. Setauku malah dia negara pulau begitu gersang dan panas :-D

    BalasHapus
  16. Mantaps postingannys...kumplit ..plit. baru ngeh klo cita rasa dipengaruhi cara minum jg :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. Cara minum juga sebaiknya diperhatikan

      Hapus
  17. Asyik banget mengikuti Dilmah RHTC ini ya, jadi nambah banyak pengetahuan tentang tradisi minum teh berikut aneka kreasi tea pairingnya :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Mbak. Saya juga jadi dapat ilmu baru :)

      Hapus
  18. Selamat ya mak menang ngeblog Lagi, baru tau juga nih ada yang namanya teh Dilmah

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...