Berburu Takjil di Pasar Rawamangun, Jakarta

Berburu Takjil di Pasar Rawamangun, Jakarta - Ramadan sudah mau berakhir, malah baru bikin tulisan tentang berburu takjil? Padahal di awal Ramadan aja udah rame bersliweran konten 'Takjil War'.

berburu takjil di pasar rawamangun

Sedikit cerita dulu tentang istilah takjil war. Sependek yang saya tau berawal dari postingan salah satu akun di medsos yang meminta para nonis tidak terlalu bersemangat mencari takjil. Karena bikin umat Muslim yang sedang berpuasa jadi kehabisan. Kemudian keluarlah istilah 'takjil war'.

Tapi, itu hanya becandaan sebetulnya. Saya sering terpingkal-pingkal melihat konten takjil war. Juga komen dari banyak netizen. Lucu-lucu banget! Meskipun setelah viral, saya menemukan ada segelintir yang agak berlebihan. Entah itu kontennya yang lebay banget atau komennya yang menganggap serius.


Jarang Berburu Takjil


Ok, balik lagi ke alasan saya baru membuat postingan tentang berburu takjil. Alasan utamanya karena lagi 'sok sibuk' hehehe. Ramadan gak bikin aktivitas jadi lebih reda. Untungnya ini, kan, tulisan organik. Jadi saya gak merasa dkejar deadline.

Alasan berikutnya adalah udah jarang banget jajan takjil. Dari dulu memang lebih suka masak sendiri. Kalau pun dulu masih ada jajannya karena anak-anak masih kecil. Ketika mereka lagi belajar berpuasa. Biar semangat, takjil menjadi salah satu iming-iming. Pernah ada masa di mana hampir setiap hari beli martabak manis hehehe.

Kalau udah berburu takjil biasanya belinya gak sedikit. Karena udah lapar mata, segala pengen dibeli hehehe. Padahal udah beberapa tahun terakhir ini, rasanya berbuka puasa dengan 3 butir kurma dan air putih aja udah cukup. Kalau masih lapar, paling nambah 2 potong gorengan. Kalau kebanyakan malah jadi begah dan rasanya berat banget buat shalat.


Aneka Kuliner Takjil hingga Makanan Berat di Pasar Rawamangun


Beberapa hari lalu, saya sekeluarga bepergian. Saya gak sempat masak untuk berbuka puasa dan sahur. Biasanya suka ada stok makanan di kulkas. Tapi, kali ini lagi gak ada. Makanya, kami putuskan untuk berburu takjil ke Pasar Rawamangun.

Lokasinya persis di area parkir Pasar Rawamangun. Sebetulnya sepanjang jalan Paus hingga Pegambiran banyak yang jual aneka jajanan. Tapi, kali ini saya mau cerita tentang berburu takjil di pasar Rawamangun.

Di luar bulan Ramadan, area parkirnya banyak berdiri warung tenda kalau udah sore hingga malam hari. Khusus selama Ramadan jadi semakin ramai. Karena banyak penjual makanan dadakan yang buka lapak di sana.

Seperti yang saya bilang di awal. Biasanya buka puasa dengan menu seadanya udah cukup banget. Tapi, kalau jajan malah jadi laper mata wkwkwkw. Jadi, kami beli apa aja di Pasar Rawamangun?


Gudeg Jogja - Rp40.000,00

Biasanya di pasar Rawamangun selama Ramadan banyak yang jualan menu padang. Saya jarang banget beli. Padahal penggemar masakan Padang. Kalau berburu takjil pengennya justru cari yang jarang dibeli.

Tumben nih ada yang jual gudeg Jogja. Itu juga saya taunya dari salah satu konten di TikTok hehehe. Langsung deh kepengen karena jarang banget makan gudeg. Alasannya, sekeluarga pada kurang suka. Sukanya cuma sama sambal kreceknya.

Makanya saya gak pernah lagi mau masak gudeg. Proses memasaknya lama banget. Habisnya pun sangat lama karena pada gak doyan. Mending beli aja, deh, kalau lagi kepengen banget.

[Silakan baca: Review Omah Pelem Jogjakarta]

Gudeg, sambal krecek, dan telur pindang harganya Rp40.000,00. Sebetulnya jualnya terpisah. Sahabat KeNai bisa beli gudegnya aja, kreceknya aja, atau ayamnya aja. Tapi, saya gak tau harganya kalau terpisah.

Gudegnya manis banget. Kalau kata orang sunda mah giung. Nah, ini yang bikin sekeluarga kurang suka. Karena lebih suka masakan bercitarasa gurih.

Sambal kreceknya agak di luar ekspektasi saya. Kirain saya penampilannya kayak sambal goreng krecek gitu. Ternyata berkuah santan, meskipun bisa minta kreceknya aja. Kuahnya minta dikasih sedikit aja. Meskipun di luar ekspektasi, tapi rasanya tetap enak. Sambal krecek yang cukup berasa pedas bikin rasa gudeg menjadi seimbang. Kayaknya kalau tanpa sambal, saya gak bakal sanggup menghabiskan gudegnya karena kemanisan.

Jual opor ayam juga. Tapi, saya lagi gak mau makan ayam. Pilih telur pindang. Nah, untungnya rasa telur pindangnya gak kemanisan. Lebih pas lah di lidah saya.


Mie Gomak - Rp15.000,00

mie gomak pasar rawamangun

Menurut Wikipedia, Mie Gomak adalah makanan berasal dari Sumatera Utara. Tepatnya masakan khas Batak Toba dan Batak Mandailing. Beberapa netizen bilangnya spaghetti dari Toba. Karena menggunakan mi lidi yang sepintas memang mirip spaghetti.
 
Baru pertama kali saya menyicipi mie gomak. Makanya penasaran banget sama rasanya. Meskipun sepintas terlihat kayak mie goreng pada umumnya, tapi sayurnya lebih banyak. Untuk porsinya, awalnya kelihatan kayak sedikit. Tapi, kalau udah dimakan ternyata bikin kenyang juga. Cukup lah buat saya. Gak sampai bikin begah ke perut karena kekenyangan.

Begitu bungkusnya dibuka, aroma udang langsung tercium. Nikmat! Saya perhatikan, ada sekitar 6-7 ekor udang utuh berukuran sedang. Pantesan aja wangi udangnya langsung tercium. Saya pun suka karena udangnya dibiarkan utuh. Gak dipotong kecil-kecil.

Ada rasa pedas yang sedikit menyengat, tapi enak. Sepintas kayak merica, tapi rasanya bukan. Apa ini rasa andaliman? Karena saya belum pernah makan makanan yang pakai andaliman. Makanya masih menerka-nerka.

Satu lagi yang jadi pertanyaan saya. Terlihat ada potongan sayur kayak seledri gitu. Tadinya saya udah agak ilfil. Karena kalau bener seledri, bakal pusing nih abis menyantap makanannya. Saya gak suka seledri. Etapi, saya bisa menikmatinya dan gak ada pusing sama sekali. Alhamdulillah.

Kayaknya abis Lebaran harus mampir ke Pasar Rawamangun. Karena ibu penjualnya biasanya berjualan masakan khas Medan di pasar setiap pagi. Hanya selama Ramadan, jualannya pindah ke sore dan lapaknya di parkiran. Biasanya ada di dalam pasar.


Gulai Daun Ubi Tumbuk - Rp15.000,00

gulai ubi tumbuk pasar rawamangun
Kiri - Gulai Ubi Tumbuk
Kanan - Mie Gomak. Udangnya terlihat utuh dan ukurannya gak kekecilan.


"Ibu, ini gulai daun ubi tumbuk, kan?"

Masih di lapak yang sama dengan mie gomak. Tadinya ibunya bilang sayur daun singkong. Trus, langsung kelihatan seneng karena saya bilangnya gulai ubi tumbuk.

Ya memang sayurnya dari daun singkong muda yang ditumbuk. Kata suami, rasanya cukup mirip dengan yang biasa saya bikin. Bedanya, saya gak pernah menumbuk daunnya. Hanya direbus kemudian diiris tipis.

Perbedaan lainnya gulai ubi tumbuknya menggunakan tekokak dan kecombrang. Saya gak pernah pakai kedua bahan tadi. Ternyata enak juga, ya. Jadi lebih ada ciri khasnya. Buat Sahabat KeNai yang merasa aneh dengan rasa kecombrang, ini rasa kecombrangnya gak kuat, kok. Tipis-tipis aja.

Harga seporsinya Rp15.000,00. Cukup nih buat makan berdua. Saya gak sanggup menghabiskan sendirian dalam sekali makan. Kuah santannya termasuk yang ringan. Jadi, digadoin tanpa nasi pun saya suka. Gak bikin begah kalau santannya ringan gini.


Aneka Gorengan - Harga bervariasi Rp2.500,00 s/d Rp3.000,00

Katanya gorengan tuh menu berbuka puasa wajib bagi orang Indonesia hehehe. Begitu pun dengan anak-anak saya. Masih belum bisa lepas dari gorengan buat buka puasa. Terkadang, saya sampai bosen bikinnya. Maunya sesekali apa kek gitu hehehe.

Banyak pilihan gorengan di pasar Rawamangun. Harganya pun bervariasi. Penjual gorengan favorit kami, masih di lapak yang sama dengan yang jual mie gomak dan gulai ubi tumbuk. Harganya paling murah, Rp2.500,00 per gorengan.

Bukan karena harganya murah yang menjadikannya favorit. Tapi, gorengannya langsung digoreng di tempat, Makanya masih panas dan kayaknya gak pernah sampai berlama-lama di tray. Pasti ada aja yang beli.

Sayangnya cuma ada 2 pilihan di sini. Hanya menjual bakwan jagung dan martabak sayur. Rasanya enak dan ukurannya cukup besar. Tapi, kalau Sahabat KeNai ingin gorengan yang lebih bervariasi, memang harus mencari di penjual lain.


Rendang - Rp13.000,00 per potong

"Ibu jual rendang juga?"
"Iya. Kan, Aku orang Medan, bapak (suami) orang Padang."

Lagi-lagi masih di penjual yang sama. Kayaknya memang jadi favorit kami sekeluarga, nih hehehe. Di sini juga jual rendang. Ibunya cerita kalau beliau orang Medan, makanya jual Mie Gomak dan Gulai Ubi Tumbuk. Sedangkan suaminya orang Padang.

Tapi, masakan padang yang dijual di lapak ini hanya rendang. Itu pun tadinya saya gak berniat beli. Kemudian berubah pikiran. Karena saya pikir, sekalian aja deh.

Rendangnya gak pedas. Hanya sama-samar pedasnya. Bakal cocok nih buat anak-anak dan siapa pun yang gak kuat makan pedas. Rasanya beneran enak. Udah pas banget deh ini rasanya. Testur dagingnya juga lembut.


Es Cincau Hijau - Rp7.000,00

Ini minuman kesukaan saya dan Keke. Rasanya segar banget berbuka puasa dengan es cincau hijau.


Candil

Saya lupa berapa harga per porsinya. Nah, kalau ini kesukaan Nai sejak kecil. Dia selalu menyebutnya bola-bola madu hehehe.

Saya gak suka kolak. Mau itu candil, kolak pisang, apapun deh. Makanya, saya gak pernah bikin kolak. Kalau pada pengen berbuka puasa dengan kolak, sebaiknya beli aja. Saya udah males duluan bikinnya. 


Es Cendol Bandung - Rp8.000,00 (Kalau pakai durian jadi Rp10.000,00)

Ada beberapa penjual es cendol Bandung di sini. Semuanya antre panjang. Sepertinya es cendol menjadi favorit banyak pembeli. Bahkan saat kami ke sana, udah mulai habis. Untung masih kebagian. Alhamdulillah.

Sahabat KeNai lebih suka pakai durian atau enggak? Keduanya sama-sama enak. Cuma sayangnya gak ada yang pakai nangka. Padahal enak juga tuh es cendol dikasih nangka.


Otak-Otak

otak-otak tenggiri pasar rawamangun


Ini juga saya lupa harganya. Paling suka otak-otak bulatnya. Otak-otak yang panjangnya juga enak, sih.

Ada beberapa penjual otak-otak di sini. Tapi, suami hanya mau beli di salah satu penjual. Alasannya, zaman berseragam putih abu-abu udah langganan di pak Mamat. Katanya suka mangkal di depan sekolah hehehe. Memang udah kelihatan akrab suami dengan bapak penjualnya.

Pak Mamat tentu juga jualan setiap hari di pasar Rawamangun selama Ramadan. Kalau lagi gak ada, biasanya otak-otaknya udah ada yang order buat acara berbuka puasa di tempat lain. Banyak pelanggannya, nih. Alhamdulillah.


Lemang - Rp30.000,00

lemang pasar rawamangun


Lemang adalah makanan khas Sumatera Barat. Sepintas bentuknya mirip lontong, tapi berukuran lebih besar. Rasanya juga berbeda.

Lemang terbuat dari ketan dan santan yang dibungkus daun pisang. Kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu, lalu dibakar. Rasanya gurih dan menurut saya lebih enak dari lontong atau ketupat.

Menurut saya, lemang digadoin aja udah enak. Tapi, ditambah dengan citarasa lain juga cocok. Ada yang dicampur dengan saus gula merah. Jadi, kayak lupis gitu. Bisa juga menjadi teman makan utama. Makan lemang pakai rendang tuh enak.
 
Kalau di sini, lemang dipadukan dengan tape ketan. Rasanya unik juga. Lemang yang gurih berpadu dengan rasa tape ketan manis dan asam karena fermentasi.

 

Asinan Betawi - Rp20.000,00

Ada asinan sayur dan buah. Kami kurang suka asinan buah. Sepertinya banyak pembeli juga begitu. Karena saat kami beli, asinan sayurnya tinggal sebungkus lagi. Sedangkan yang buah masih ada beberapa bungkus.

Asinan betawi yang sayur memang enak. Sayurnya masih berasa kriuk dan juga renyah dari krupuk. Disiram dengan saos kacang. Sambalnya dipisah dan saosnya gak pedas sama sekali. Tapi, saya coba kasih semua sambalnya, tetap gak begitu pedas.


Aneka Masakan Matang - Rp20.000,00 per porsi (bisa beli setengah porsi atau ala nasi rames)

aneka kuliner berbuka puasa pasar rawamangun
Kiri: menjual makanan matang yang sudah diplatikin
Kanan: Jualan per porsi atau dibuat nasi rames


Ada beberapa penjual yang menjajakan aneka masakan matang. Tidak khas dari daerah tertentu. Tapi, masakan ala rumahan gitu, deh. Ada yang udah dibungkus per plastik, ada juga yang tidak.

Kami mendatangi lapak masakan matang yang paling besar. Tentu paling banyak pilihannya di sini. Selain itu, hanya di lapak ini yang menjual aneka pepes. Nai suka sekali pepes tahu.

Semua masakan, kecuali pepes, harganya sama. Saran saya, pesan 1/2 porsi dulu aja kalau masih ragu dengan rasanya. Karena seporsinya itu banyak, lho. 
 
Jadi inget beberapa tahun lalu saya pernah beli di lapak yang sama untuk pertama kalinya. Saya langsung pesan seporsi acar kuning timun wortel. Ternyata banyak banget! Kayaknya gak abis-abis kami makannya wkwkkwkw!

Makanya, kali ini kami beli setengah porsi aja. Nai beli mie goreng dan capcay, masing-masing setengah porsi. Beli 1 bungkus pepes tahu, sama apalagi gitu. Saya agak lupa. Pokoknya totalnya Rp40.000,00. Alhamdulillah semuanya enak!

Kalau Sahabat KeNai hanya makan sendiri dan untuk sekali makan, mendingan pilihnya nasi rames. Sebungkus nasi ditambah beberapa lauk yang bebas dipilih. Tapi, saya gak tau harganya berapa kalau pilih nasi rames.


Martabak Manis Coklat, Kacang, dan Wijen - Rp30.000,00

Ketika Keke dan Nai masih belajar puasa, salah satu cara supaya semangat adalah dengan menyediakan martabak manis. Makanya dulu hampir tiap hari berbuka dengan martabak manis. Sesekali ditambah martabak telur.

Sampai saya dan suami belajar bikin martabak manis dan telur. Boros juga kalau jajan martabak melulu selama Ramadan hehehehe. Alhamdulillah, bisa juga bikin rasa yang pas. Meskipun masih harus belajar lagi supaya tekstur martabaknya lebih bersarang.

Tapi, tahun ini mending beli aja, deh. Udah gak setiap hari juga jajan martabaknya. Kalau untuk martabak yang kami beli ini, setiap sore hingga malam memang berjualan di depan pasar Rawamangun. Gak hanya saat Ramadan.

Untuk harga bervariasi. Kalau pakai keju, tentu lebih mahal. Sedangkan untuk martabak telur, tergantung jumlah telurnya. Ada yang 2 hingga 4. Bisa milih juga mau pakai telur ayam atau bebek. Semakin banyak telurnya tentu lebih mahal. Apalagi kalau pakai telur bebek.

 
Selain yang disebut di atas, kami juga jajan lupis, bacang isi ayam, dan lainnya. Bacangnya berukuran sedang, isiannya lumayan banyak. Disiram dengan saus kacang. Rasanya gak istimewa, tapi masih tetap enak. Tapi, Nai pernah dapat zonk. Ada satu bacang yang isinya seuprit. Mungkin yang jual ngantuk kali, ya. Sampai ada bacang yang isinya sedikit banget. Untung cuma zonk 1 hehehe.

Nah, kan! Sekalinya jajan malah banyak. Faktor laper mata hehehe. Alhamdulillah gak ada yang bersisa. Enak semuanya.


Jangan Kesorean Berburu Takjil di Pasar Rawamangun


jual ikan hias pasar rawamangun
Penjual balon hingga ikan hias pun ada. Kalau Sahabat KeNai bawa anak kecil, siap-siap aja minta jajan selain makanan, ya hehehe


Kami ke sana hampir pukul 5 sore. Masih ada sekitar 1 jam lagi untuk berbuka puasa. Tapi, beberapa makanan dan minuman yang mau kami beli udah mulai habis. Mie gomak, asinan betawi, dan cendol yang kami beli tuh porsi terakhir. Alhamdulillah masih kebagian. 

Mungkin karena akhir pekan, ya. Banyak yang libur kerja. Jadi, semakin ramai yang beli. Beneran kayak takjil war hihihi.

Penjual takjil di pasar Rawamangun ini biasanya dimulai dari pukul 3 sore. Tapi, biasanya masih pada siap-siap. Saran saya, kalau akhir pekan mendingan datang sekitar pukul 4. Kalau pukul 5 sore udah banyak yang habis.

Seneng sih lihatnya. Karena para penjual pasti seneng kan dagangannya laku. Jadi teringat saat pandemi, gak ada keramaian seperti ini.

Tetapi, gak usah khawatir kalau kehabisan. Seperti yang saya bilang di awal, sepanjang jalan Paus hingga Pegambiran tuh banyak yang jual takjil. Kalau masih gak dapat juga, mending makan sekalian aja di sana. Banyak warung tenda di kaki lima hingga resto.

Saya gak ambil foto selama berburu takjil di Rawamangun. Memang tadinya gak niat bikin konten. Makanya, foto-foto di postingan ini, saya screenshoot dari video. Kalau mau lihat suasana takjil war lebih lengkap, lihat video youtube di bawah ini aja, ya


Pasar Rawamangun (persis di seberang Terminal Rawamangun)


Jl. Pinang Raya No.23
RT.9/RW.8, Rawamangun
Jakarta Timur 13220


Post a Comment

28 Comments

  1. karena nonton film, jadi suka Mie Gomak :D

    ReplyDelete
  2. Lemang dimakan sama tape ketan, kebayang antara gurih dan manis nyereng gitu yah. Enak-enak semua iiih jajanan di Pasar Rawamangun. Bisa sekalian beli buat lauk makmal.
    BTW kalau udah Lebaran gini, masih rame ga jual jajanan di Pasar Rawamangun?

    ReplyDelete
  3. Beli masakan matang tuh membantu banget loh. Apalagi buat perempuan banci dapur seperti saya. Ada orang yang bilang boros. Eh jangan salah lo ya. Masakan warteg tuh murah meriah. Apalagi buat saya dan suami yang hanya tinggal berdua. Langganan warteg malah banyak hematnya. Di rumah tinggal masak nasi. Hemat gas, waktu, dan tenaga pulak. Ya kan?

    Waktu puasa barusan hampir 90% sahur dan buka, saya pesan di warteg atau beli di tempat-tempat penjual takjil seperti di atas. Lauk dan sayur bisa berbagi dua. Kami berdua, sekali makan itu, cuma Rp15.000,00/orang. Beneran hemat deh.

    ReplyDelete
  4. Kalau udah ada niat mau beli jajanan untuk berbuka puasa, sepertinya di rumah udah gak masak ya, soalnya ternyata emang belinya banyak banget mulai dari menu berbuka, makan berat sama camilan semua lengkap.
    Pulang tinggal makan dan selesai deh

    Mohon maaf lahir batin ya Teh

    ReplyDelete
  5. Rame banget ya mbak pasarnya. Jajanan dan makanannya juga lengkap. Seru dong ya bisa ketemu sama pedagang sekampung halaman pas beli rendang hehe.

    ReplyDelete
  6. Wah minta ampun deh, langsung ngeces bacanya
    Sayang jauh, dan Ramadan udah lewat
    Kalo enggak bakal ke sana deh, dan ikut kalap jajan takjil
    Aneh ya, selama bulan puasa makanann nampak enak-enak dan bikin kalap
    Padahal mah makannya gak seberapa
    Baru makan candil/es cincau udah kenyang deh

    ReplyDelete
  7. Termasuk terjangkau itu harga rendangnya ya kak.. Wuah memang menyenangkan berburu kuliner di Rawamangun bikin bahagia lidah dan kantong karena harganya bersahabat

    ReplyDelete
  8. kalau dibelikan di desa, bisa dapat banyak itu mbak, es cincaunya. Selisih dua ribu saja sih. Tapi mayan ya. Auot pengen Ramadhan lagi deh mbak. Andai tiap bulan ramadhan, mau banget

    ReplyDelete
  9. Lengkap banget takjil di Pasar Rawamangun.
    Memang kalau memasuki bula Ramadan, hal-hal seperti ini yang paling dirindukan. Kemeriaha sambut waktu berbuka bersama keluarga dengan takjil war.

    ReplyDelete
  10. Jadi bingung ini sebenernya berburu takjil di Pasar Rawamangun atau di pasar cabang Medan? Hahaha! Makanan khas Sumateranya banyak banget mana ada ubi tumbuk segala, sebagai half batak aku kayaknya happy banget deh nyari takjil di sana. Lengkap banget makanannya!

    ReplyDelete
  11. Kalau berburu takji itu suka kepengen semua aku hihihi, jarang-jarang semua makanan ada dalam satu tempat. Oh kaya gitu tampak mie gomak ya, di sini ada tuh tapi aku penasaran ini halal atau gak. Agak-agak cemek gitu ya masak mienya. Dari makanan yang ada di postinga nini aku paling suka sama asinan

    ReplyDelete
  12. Wah.. Ini sih memang memborong takjil Mbak. Lengkap sekali. Dan saya fokus pada sayur daun singkong tumbuk. Itu favorit saya. Dan kalau di makassar dulu pakai kelapa muda. Kalau yang diiris, santan biasa saja. Paling ditambah tempe atau tahu.

    ReplyDelete
  13. Ya Allah lengkap banget ya, surganya makanan ini sih. Mie.gomek aku belum pernah. Enak kayaknya. Ngeces liatnya

    ReplyDelete
  14. Ya ampun segala ada ya makanan di pasar takjil Rawamangun ini, sampai lemang pun ada. Jadi ingat waktu kerja di Sudirman dan kos di Benhil suka berburu lemang buat buka puasa

    ReplyDelete
  15. Woow ngeborong ya Mbak. Tapi kalau di pasar takjil emang suka bikin beli ini-itu karena semua kelihatan enak. Di sana hampir semua masakan Indonesia ada ya, keren euy, mulai dari masakan Padang, Medan, sampai Jogja juga ada.

    ReplyDelete
  16. wah kok ada mi gomak dan ubi tumbuk ya, duh tahun depan kesana haha. Mi gomak ini di toba disiram sambal matah, mi gomak di tapanuli selatan disiram kuah pecal duh aromanya aja udah berasa nih hehe padahal komen di blog ya haha

    ReplyDelete
  17. Seru banget sih memang fenomena war takjil bulan ramadan kemarin ya mak Chi. Alhamdulillahnya bisa mendorong para pedagang kecil untuk terus maju dan mendapatkan pemasukan lebih. Aku kemarin bulan ramadan, hanya 2x kayaknya ikutan war takjil. Padahal biasanya gak seheboh itu juga jajan takjil dekat rumah.

    ReplyDelete
  18. Menu beragam sekali ya mbak korain cuma snack2 aja. Ternyata menu berat pun banyak. Aku lemah deh kalo jalan2 ke tempat kek gini

    ReplyDelete
  19. Eh, teringat itu ubi tumbuk yg ada di jajanan Ramadan Rawamangun ini saya coba search di internet resep dan cara masak. Secara di saya sedang panen ubi. Daunnya lumayan bisa dipilih yg bagus
    Nah, kebetulan udah ga puasa juga mantep deh berkreasi sendiri. Hehe...

    ReplyDelete
  20. War takjil kemarin emang lucu-lucu sih kontennya. Tapi di realnya emang gitu (temen saya). Dia nonis, kalau pulang kerja jam 4 langsung go. Ditanya kenapa buru-buru banget, jawabnya, aku mau beli bubur ketan sama candil di Pasar Ramadhan, enak bangrt.

    Pasar Rawamangun udah pasti ramai banget nih. Banyak kuliner dari berbagai daerah. Ada gudeg, rendang, mie gomak, bahkan lemang. Tinggal pilih sesuai selera. Kalau saya mungiin yg saya tuju langsung rendang dan gorengannya. 🤣🤣

    ReplyDelete
  21. Makin banyak variasi nyaa yaa. Kalau di Kalisari, Pasar Rebo Jaktim tempat aku, banyak juga mba yang jual. Tapi menu menurutku kurang ga nggak mba. Lemang tuh nggak ada di tempatku. Bolehlah kapan kapan aku samperin

    ReplyDelete
  22. Wah asyik berburu takjilnya, mulai camilan sampai sayuran2 dan lauk buat makan ya? Aku jadi kangen sama Ramadan lagi mbak.
    Btw aku tu baru bener2 berburu takjil setelah pindah ke rumah yang sekarang, kebetulan komplek sebelah tu banyak ruko dan org jualan, kalau Ramadan byuuhh rame. Salah satu yang bakal dirindukan tiap Ramadan :D

    ReplyDelete
  23. Jadi lapar kok kepingin ubi tumbuk dimakan pakai nasi panas, tempe goreng sambal terasi enak bgt tuh

    ReplyDelete
  24. Baru pernah liat sayur daun ubi tumbuk, btw harga ny buat kami warga kalimantan termasuk mahal2 ya jd bawa uang 50 rb rasany baru dpt dikit doang variasinya

    ReplyDelete
  25. Uda gak perlu ribet masak lagi sih yaa..
    Tinggal mengandalkan takjil di Pasar Rawamangun yang super lengkap dengan varian menu beragam. Puas dan kenyang, in syaa Allaa.

    ReplyDelete
  26. kalau kondisi sekarang, tetep ramai ya kak Myr
    pokoknya mah Rawamangun kaya deh sama aneka kuliner

    ReplyDelete
  27. ya ampun mba aku kalo ke Rawamangun dan berburu takjil udah pasti kalap sejadi-jadinya hahahah karena akutuh kalo laper banget tipikal yang laper mata apa yang dilihat menarik langsung pengen beli

    ReplyDelete
  28. Menggodaa otak-otaknyaaah XD

    Kaaaak, belanja sebanyak ini dalam satu hari? DAEEBAAAK, hihi. Kalau aku beli takjil biasanya cemilan2 manis atau asin aja, belum pernah yang makanan berat atau lauk, terutama tahun ini. Tapi kalau di kos siiih pasti beli lauk sekalian XD lengkap berarti berburu takjil di Pasar Rawamangun ini yah, makanan khas daerah lain juga tersedia. Senaang sih liatnya :D

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)