Review Omah Pelem Jogjakarta

Adik saya yang paling kecil menikah di bulan Oktober 2019. Tetapi, saya baru membuat review Omah Pelem Jogjakarta, salah satu penginapan keluarga saat kami ke sana hehehe. 
 
review omah pelem jogja

Istri adik saya berdarah Jogja, meskipun sejak kecil tinggal di Jakarta. Tetapi, keluarga besarnya masih banyak yang tinggal di kota Gudeg ini. Makanya, pernikahan pun dilangsungkan di sana.

Kami tidak memilih menginap di hotel. Maunya sewa homestay dengan ukuran lumayan besar. Supaya bisa menampung seluruh keluarga besar kami yang ikut ke Jogja.
 

Tetapi, memang lumayan susah mencari penginapan dengan kapasitas yang bisa menampung sekitar 40-50 orang. Setelah mengandalkan info dari Google dan tanya beberapa orang teman, kami pun sreg dengan Omah Pelem. 

Sayangnya Omah Pelem udah keburu dibooking. Dan yang nge-booking adalah keluarga besar pengantin perempuan. Trus, gimana ceritanya kami juga akhirnya bisa menginap di sini? Ikutin terus ceritanya, ya.


Ke Jogja Sewa Bus Big Bird


sewa bus big bird
Siap-siap berangkat ke Bandung


Sudah lumayan sering keluarga besar kami jalan-jalan dengan sewa bis. Memang lebih enak begini karena gak harus iring-iringan atau terkadang bisa berpencar. Kalau satu bis juga bisa tetap becanda dengan keluarga. Pastinya saya pribadi juga senang karena suami bisa ikut santai. Kan, kalau pakai kendaraan pribadi, dia termasuk yang salah satu selalu menyetir.
 

Sewa bus dari Bandung atau Jakarta?

Keluarga besar kami kebanyakan tinggal di Bandung. Makanya sempat kepikiran untuk sewa dari Bandung. Biar kami yang di Jakarta berangkap menggunakan kendaraan pribadi.

Tetapi, dipikir lagi kayaknya ribet juga. Nanti sepulang dari Jogja, kami masih harus jalan ke Jakarta. Suami kembali menyetir. Plus beberapa pertimbangan lain, akhirnya kami putuskan untuk berangkat dari Jakarta.

Sebelum pukul 7 malam, bus Big Bird sudah sampai di komplek. Kami pun berangkat tepat waktu, sesuai rencana. Tetapi, saat itu perjalanan ke Bandung memang masih sulit diprediksi karena pembangunan jalan tol layang Cikampek. 

Luar biasa macetnya. Sehingga sampai di Bandung agak larut malam. Imbasnya beberapa rencana di Jogja terpaksa batal.
 
fasilitas bus big bird
Tidur, makan, karaokean repeat!

 

Ya, tadinya kami ingin mampir sejenak ke salah satu tempat wisata di Jogja. Paling gak sekadar menikmati sarapan di sana. Tetapi, sampai Jogja udah sekitar pukul 10 pagi. Padahal setelah Dzuhur bakal ada pengajian. Untung aja kami membawa banyak bekal. Jadi gak ada cerita kelaparan sepanjang perjalanan.
 
Baidewei, kalau untuk service bus, bener-bener gak ada komplain. Supir dan keneknya ramah, nyetirnya gak ugal-ugalan. Busnya nyaman banget dan bersih. Pokoknya puas banget!
 


Omah Pelem, Penginapan di Jogja yang Cocok untuk Keluarga


staycation di omah pelem
Difoto dari gerbang depan. Mobil bisa parkir di sini


Omah Pelem berada di lingkungan komplek. Jadi bis tidak bisa masuk ke dalam karena gak muat. Ada mobil yang bolak-balik untuk membawa barang dari bis dan juga penumpang. Kalau untuk rumahnya, sih, kira-kira bisa menampung 3-4 mobil. Kalau parkir di halaman belakang, kayaknya masih bisa masuk 1-2 mobil lagi.

Hanya keluarga inti, om, dan tante yang ke Omah Pelem. Sisanya pergi ke Baysvilla Timoho Residence. InsyaAllah saya ceritakan juga tentang penginapannya setelah postingan ini, ya.

Rumah utama di Omah Pelem terdiri dari 4 kamar. Tetapi, mengingat ukurannya yang lumayan besar, kami pikir cukup bangetlah menampung keluarga besar kami. Meskipun gak semuanya harus dapat kamar.
 
lokasi omah pelem jogja
Difoto dari teras kamar di lantai 2

 

Tetapi, udah keduluan dibooking oleh keluarga besan. Nah, mereka menawarkan untuk membagi 2. Kamar di lantai bawah untuk keluarga pengantin perempuan, sedangkan yang atas untuk keluarga saya.

Alasan utama diajak berbagi adalah karena acara pengajian dan siraman dilangsungkan di sana. Pertimbangannya biar lebih praktis aja kalau 2 keluarga disatukan di satu tempat. 

Sebetulnya hanya keluarga inti pengantin perempuan yang menginap di Omah Pelem. Makanya bisa dibagi 2. Sedangka keluarga besar yang sebagian besar domisili di Jogja tetap di rumah masing-masing.

halaman belakang omah pelem jogja
Deretan kamar di halaman belakang


Selain rumah utama, di bagian belakang juga ada kamar-kamar lagi. Model kos-kosan gitu karena hanya berisi kamar. Saya lupa persisnya ada beberapa kamar. Perkiraan saya sekitar 7-8 pintu. Masing-masing kamar disediakan 2 kasur berukuran single.
 
Tadinya kami mau ambil yang area belakang biar gak nyatu banget sama keluarga pihak perempuan. Soalnya keluarga kamu suka rusuh alias rame bener kalau udah ngumpul. Khawatir mereka jadi terganggu hehehe. 
 
harga sewa kamar di omah pelem jogja
Fasilitas kamar di area belakang. Kotak warna hitam itu bukan speaker, tetapi lemari kecil.

 

Tetapi, kamar-kamar di area belakang non-AC. Hanya dikasih kipas angin. Dipikir lagi, jadinya kasihan juga kalau keluarga ditempatin di kamar tanpa AC. Nanti pada gak bisa tidur. Makanya kami pun mencari penginapan lain buat tambahan.

Meskipun akhirnya kami menambah 1 kamar di area belakang yang ukurannya paling besar (4 kasur). Karena rumah tambahan yang kami sewa gak cukup menampung. Padahal sebagian besar udah pada ngampar di lantai 1. Di kamar ini juga disediakan tv. Saya gak tau di kamar yang lain ada tv juga atau enggak.

fasilitas dispenser omah pelem

Tadinya mau nambah 1 kamar di hotel. Tetapi, saat itu semua hotel di dekap Omah Pelem gak ada kamar kosong. Kami sudah mencari lewat berbagai aplikasi travel hingga mendatangi langsung. Gak berhasil, benar-benar penuh. 
 
ruang tengah omah pelem
Ruang tengah Omah Pelem. Mestinya bisa gelar kasur di sini kalau ada yang gak dapat kamar hihihi

 

Mau gelar kasur di ruang tengah atau ruang tv Omah Pelem berasa gak enak. Keluarga besan tidur di kamar semua. Kan, gak enak kalau nanti kelihatan tidurnya acak-acakan hahaha.


Fasilitas di Omah Pelem


halaman samping omah pelem jogja
Ruang tv dekat halaman samping


Kalau Sahabat KeNai senang mencari penginapan ala rumah, Omah Pelem lumayan komplit fasilitasnya. Di dapur disediakan beberapa peralatan memasak. Ada meja setrika, kulkas, dan tv.
 
Di rumah utama ada 2 kamar mandi. Masing satu di setiap lantai. Sedangkan untuk yang kamar belakang ada kamar mandi luar. 
 
ruang tamu omah pelem jogja
Ruang tamu Omah Pelem. Langit-langit rumahnya tinggi. Berasa adem meskipun tanpa AC.
kamar di omah pelem jogja
Salah satu kamar di lantai 2. Kamar yang ini ada terasnya.


AC hanya ada di setiap kamar rumah utama. Tetapi, dengan rumah yang luas dan langit-langit tinggi, hawa di dalam gak berasa panas, kok.

Saat kami di sana, buah mangganya lagi berbuah lebat. Sama pemiliknya dibolehin menikmati sepuasnya, lho. 
 
fasilitas meja setrika dan dapur di omah pelem
dapur omah pelem jogja

Makanan tentu aja menyediakan sendiri. Kami sudah pesan ayam bakar untuk hari pertama. Gudeg untuk besoknya. Rupanya keluarga besan juga menyediakan makanan untuk kami. Alhamdulillah, makanan jadi berlimpah. Kalau ayam bakarnya habis disantap. Rasanya enak. Gudegnya yang lumayan bersisa banyak sampai dibagi-bagi untuk keluarga Bandung dan Jakarta. 
 
Sebetulnya bukan karena dapat tambahan porsi makan dari keluarga besan juga. Tetapi, keluarga besar kami memang kurang menyukai gudeg karena rasanya dianggap kemanisan. Padahal sudah pesan di salah satu gudeg legendaris di Jogja. Malah kreceknya yang laris manis. Keluarga kami memang lebih menyukai rasa gurih dan pedas daripada manis.
 
menginap di omah pelem jogja

Saya agak lupa harga sewa Omah Pelem. Seingat saya gak sampai Rp2 juta. Sedangkan untuk kamar di belakang seingat saya Rp150 ribu per kamar.
 
Ada sedikit cerita ngeselin waktu menginap di sana. Ceritanya malam-malam suami dan beberapa sepupu keluar penginapan. Kalau sepupu saya memang niatannya jelas pengen jalan-jalan. Sedangkan suami izin sebentar buat ambil oleh-oleh yang dibeliin temannya.

Suami berangkat bareng sepupu-sepupu saya. Tapi, janjinya pulang sendiri karena niatannya memang cuma buat ambil oleh-oleh. Saya gak ikutan karena merasa lelah banget setelah perjalanan lumayan jauh dan langsung ikut beberapa rangkaian acara. Kayaknya udah gak ada energi lagi. Mendingan istirahat, lagipula suami juga janji cuma sebentar.

Tetapi, ditungguin sampai tengah malam gak datang-datang juga. Ditelponin gak bisa. Akhirnya saya tidur di kamar belakang sendiri! Kezeeeeel!

Ternyata suami ikut jalan-jalan sama sepupu. Pulangnya udah lumayan malam. Gerbang Omah Pelem keburu dikunci dan suami gak tau harus menghubungi siapa. Akhirnya dia tidur di Baysvilla Timoho Residence. Lumayan rada bikin saya ngambek besoknya hahaha. 

 

Omah Pelem Cocok untuk Bikin Family Gathering

 
prosesi siraman di omah pelem jogja

Kalau Sahabat KeNai ingin kumpul keluarga atau bersama teman-teman dalam jumlah besar, Omah Pelem ini termasuk penginapan yang cocok banget. Halaman depan dan belakang juga lumayan luas. Halaman samping pun ada.
 
Dengan halaman yang luas memang asik juga kumpul-kumpul tanpa harus ke mana-mana, misalnya bikin BBQ Party saat tahun baru. Yakin, deh, asapnya juga gak akan mengganggu tetangga. Apalagi di sebelahnya tanah kosong hehehe.
 
[Silakan baca: Resepsi Pernikahan di Malaysia
 
Berada di area komplek membuat suasana Omah Pelem lumayan tenang. Lokasinya sebetulnya strategis. Dekat stasiun dan Malioboro. Tetapi, mengingat ada di dalam komplek, mungkin kendaraan online jadi salah satu andalan kalau tidak membawa kendaraan. Kami pun sempat melakukannya.
 
Tetapi, saya lupa tanya kalau udah booking rumah utama, kamar-kamar yang di belakang akan tetap disewakan untuk orang lain atau enggak. Karena sebetulnya memang lebih enak untuk menyewa semuanya kalau memang ingin lebih privasi.

kumpul keluarga di omah pelem jogja
Adik saya dengan tante-tantenya


Baru-baru ini saya cari info tentang Omah Pelem. Katanya sedang ditutup sementara. Saya gak tau alasannya. Mungkin karena pandemi?

Untuk penginapan seluas ini, Omah Pelem recommended banget. Harganya gak mahal. Lokasinya pun strategis. Cocok banget, deh, buat liburan dengan keluarga besar atau teman-teman. Semoga hanya ditutup sementara, ya. 


Omah Pelem Yogya Homestay


Jl. Ganesha II No.11
Muja Muju, Kec. Umbulharjo
Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Telp: +6281317709109

Post a Comment

49 Comments

  1. Emang yaaa orang Sunda itu ga jauh beda sama orang Betawi, kurang sreg ama makanan manis. Kalau orang yang manis sih sreg bangeeet... hahaha.. keluarga saya juga kalau ada yang nikahan di luar kota pasti sewa penginapan homestay gitu, biar nampung banyak. Btw, itu baik banget pemiliknya ngasih mangga yang berbuah, Mba. Seru memang kalau kumpul keluarga begini, jadi kangen deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, Mbak. Makanya pada kurang berminat makan gudeg, selain kreceknya :D

      Delete
  2. Penginapan yg minimalis dan desain ke keindonesiaan, suatu saat jalan-jalan ke Jogjakarta dan sekarang harus menaruh harapan datang ditempat ini.hihi

    ReplyDelete
  3. Menurutku rumahnya bersih dan luas..asyiknih..sewa yang begini dibanding hotel..berasa rumah sendiri...
    Walau ada kamar yang cuma kipas angin. .menurutku udah enak banget.

    ReplyDelete
  4. Wah, luas juga ya Omah Pelem. Suasananya adem, homy. Emang cocok kalau sekeluarga besar ngumpul trus bikin acara.
    Btw, dari tadi saya nyari pelemnya lho mba. Mana ini pohon pelem dengan pelem yang bergelantungan. Kalau pas nginep di situ dan pohon pelemnya lagi berbuah. Saya bakalan metik banyak-banyak, wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pelemnya di tengah halaman belakang. Sayangnya foto yang saya punya kurang bagus. Karena motretnya pas lagi ada pick up yang bawa peralatan dekor :D

      Delete
  5. Seru banget sih melakukan perjalanan bareng keluarga. Berarti Omah Pelem ini memang luas ya. Bisa memenuhi kebutuhan banyak anggota keluarga.

    ReplyDelete
  6. Lucu ya namanya. Gede banget rumahnya. Cocok buat lokasi syuting film

    ReplyDelete
  7. Ini kayak rumah villa ya mbak? Trus sama pemiliknya disewain gitu deh. Gede bener ya muat puluhan orang. Pas deh pilihan mbak Myra buat nginep bareng keluarga persiapan acaranya. Omah Pelem ini strategis lokasinya. Fasilitas yang disediakan juga lengkap ya. Halamannya luas, bisa bikin BBQ party atau seseruan :) Btw itu gerbangnya dikunci trus ga tau CP nya siapa ngikik hahahahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya ada penjaga rumah. Tetapi, pas suami pulang, penjaga rumahnya lagi gak jaga di pos kayaknya :D

      Delete
  8. Oh ternyata Omah Pelem ini letaknya di Umbul Harjo, deket rumah sepupu. Cocok banget untuk nginap keluarga besar ya. Itu kamar belakang jumlahnya ada berapa, Mba?
    Keluarga suamiku suka nya nginap bareng gini di homestay karena ada fasilitas dapur jadi makannya lebih hemat. Terus juga bisa ngumpul bareng gitu, ngobrol seru sampai malam. Sayang sejak pandemi kami udah nggak pernah nginap bareng lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lupa jumlah tepatnya. Mungkin sekitar 8-10 kamar

      Delete
  9. Kalo busnya bigbird ini udah jaminan mutu sih :D. Aku termasuk yg picky bangetttt kalo namanya bus mba. Jorok dikiiit aja udh males aku naikin. Dan aku prefer yg seatnyw 2-1 . Makanya ga semua bus mau aku naikin. Big bird termasuk yg aku percaya.

    Duuh sayang juga kalo penginapannya Tutup skr ya mba :(. Padahal ini bagus, luas pula. Tapi memang kalo tamu2nya ga ada, ya susah. Cost nya kan jalan trus. Semoga aja hanya sementara, dan kalo kondisi membaik, mereka buka lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya juga kepikiran yang seat 2-1. Tetapi, ukuran bisnya gak cukup menampung sekeluarga besar. Akhirnya ambil yang paling besar

      Delete
  10. Iya 2019 tuh terakhir piknik ya dengan an dan nyaman nggak tahu beberapa saat ke depan kejadian pandemi huhu seru banget sih kumpul keluarga besar sambil piknik bikin kangen... Semoga Omah Pelem bisa buka lagi habis pandemi ya Mbak nyaman banget dan luas..

    ReplyDelete
  11. Apa? Rumah segede itu, banyak kamar, harga permalamnya ga sampai 2 juta?? Omaigat! Murah banget ini mah. bayangkan kalau pesan kamar hotel abis berapa ya kan. Catet ah siapa tahu suatu waktu butuh. Ohya, itu adikmu jangkung amat mbak. Tante-tantenya jadi pada imut semua :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga segitu hanya untuk rumah utama. Tetapi, sewa rumah utama aja udha puas

      Delete
  12. Wah besar dan luas sekali ya rumahnya. Buat gathering kantor juga cocok ini. Ruang keluarganya bisa banget buat gelar kasur 🤣🤣

    ReplyDelete
  13. masya Allah seru banget ya, happy pastinya kalau bersama keluarga nginap kayak gini. Pastinya dengan fasilitas kayak gini seru banget bisa ngumpul sama keluarga ya

    ReplyDelete
  14. Seriuuss...
    Omah Pelem Yogya keren banget.
    Dan kompak sekali, kak..
    Kalau acara keluarga besar gini paling seru...apalagi yang punya anak kecil.
    Auto-rempongs tapi bahagia.

    Terkenang-kenang kalau lihat foto kebersamaan.

    Kak Chie primpen.
    Masih rapih simpen foto keluarga tahun 2019.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua foto selalu saya simpan per file. Dibagi berdasarkan tahun dan aktivitas hehehe

      Delete
  15. Ini tuh cita-cita mamahku banget, ke Yogyakarta sekeluarga besar pakai bus dan nginapnya gak mau di hotel tapi rumah modelan gini biar kumpul semua dan bisa masak tentunya. Tapi kayaknya kalau pun terealisasi sehabis pandemi aku milih mengajak kulineran deh.

    Penginapan omah Palem Jogjakarta ini bisa jadi alternatif kalau nanti memang terlaksana nih, lihat rumahnya dan kamarnya pun bersih dan rapih.

    ReplyDelete
  16. Baca judulnya, yang kepikiran pertama adalah rumah film. Pelem di bahasa sunda. F dibaca P. Hehehe. Eh ternyata namanya memang begitu. Jauh dari film. Btw, rumahnya lumayan ya, bersih dan nyaman. Iya, cocok buat familiy gathering di Jogja. Aduh, aku jadi kangen Jogja. Bakalan seru kalo bisa family gathering di Jogja begini. HUhuhuhu kapan ya? :D

    ReplyDelete
  17. Berasa piknik ya Mbak, ini omah pelem luas bgt... Bersih juga tempatnya aq q

    ReplyDelete
  18. emang kalau bepergian rombongan dengan keluarga itu enaknya menyewa homestay ya. Alhamdulillah dapat homestay yang besar dan muat banyak dengan fasilitas yang bagus pula.

    ReplyDelete
  19. Paling seru emang ngumpul keluarga di satu hotel seperti ini.
    Rencana aku nih tanggal 12 ke Bandung mom Chi, semoga lancar ya pernikahan adiknya

    ReplyDelete
  20. Lumayan luas ya rumahnya. Cocok nih kalau keluarga besar sewa Omah Pelem ini jika harus menginap bareng2. Suka dengan situasi rumahnya nih. Dapet komplit pula fasilitasnya seperti di rumah sendiri yaaa..

    ReplyDelete
  21. Waw...beneran besar banget ya rumahnya...cocok buat acara keluarga atau kantor rame2 gitu ya... Kangen acara kumpul2 keluarga besar kayak gini...

    ReplyDelete
  22. Kok asyik banget ini mak. Kayak nginep di rumah nenek. Jadi berasa kayak di rumah masa kecil ya kalo penginapan kayak gini.

    ReplyDelete
  23. Memang kalo acara keluarga besar, paling sip markosip sewa rumah gedeee gini ya.
    karena enjoy banget, bisa dipake ngariung gitu kan
    sekitar 4 thn silam, kami ada acara kluarga besar di Jogja dan sayangnyaaaaa..... nyewa kamar di hotel bintang 2 gitu mba

    Yo wis, susah buat bisa saling ngobrol dan meningkatkan bonding wwkwkw

    ReplyDelete
  24. Omah Pelem ini tempat penginaoan yang cocok banget buat keluarga besar yang ngadain acara ya mbak. Lokasi terjaga aman, bersih, kamar banyak, fasilitas juga baik. Bisa BBQ an nih di halaman belakang yang luas.

    ReplyDelete
  25. wah murah banget ya 2 jutaan..bisa untuk nginep keluarga besar atau family gathering Omah Pelem ini
    Meski ada drama tidur sendiri tapi akhirnya acara semua lancar ya, Mbak Myra. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  26. Like banget bacanya. terima kasih juga rekomendasinya. kali ja kalau rencana ke Jogja bareng keluarga besar bisa menginap di Omah Pelem

    ReplyDelete
  27. Kayaknya cocok banget ya ini untuk rombongan keluarga or outing kantor ya. Kirain omah pelem artinya Rumah Film hehe.

    ReplyDelete
  28. Aku loading sesaat untuk nyadar "pelem" di sini adalah mangga, bukan film :D
    Kalau bukan serombongan besar emang lebih enak milih homestay begini. Koordinasinya juga lebih gampang. Para bocil pun bisa puas main sama saudara-saudaranya *bagi yang suka main sih :D

    ReplyDelete
  29. Oalaaahhh saya baca nya jadi ngebayangin berada disana, btwe saya baru tahu loh ada fasilitas penginapan seperti ini. Pastinya lebih worth it sih untuk keluarga besar seperti ini.

    Seru yaa kayak liburan rame bareng temen2 sekelas, tapi ini keluarga, aku belum pernah liburan keluarga pake bis.

    ReplyDelete
  30. Wahhh rumahnya besar juga yaa, udah seperti villa pribadi gitu.. Dilihat-lihat seperti gak ada ujungnyaa hha, apalagi 2 keluarga disatukan dalam satu rumah, jadi makin akrab deh.

    ReplyDelete
  31. Oh, di daerah Umbulharjo, ya. Tampak enak itu buat nginap. Bisa buat referensi nih kalo nanti keluarga besar butuh tempat nginap selain di rumah mbahku di Jogja.

    ReplyDelete
  32. Wah rekomended banget penginapan ini ya mbak, besok-besok kalau Ada acara di jogja Dan butuh tempat besar kesini saja ah... Ruang tengahnya nyaman saja buat tidur ngampar ya mbak hehehe

    ReplyDelete
  33. Kalau dilihat-lihat, Keke bakalan mirip ya profilnya dengan omnya hehehee.. satu keluarga mirip dong ya wajahnya.

    Bisa jadi rekomendasi nih Omah Pelem untuk bikin family gathering di Yogyakarta. Oke juga tempatnya.

    ReplyDelete
  34. Dari awal baca nama Omah Pelem langsung mikir, ini rumahnya apa memang banyak pohon mangganya kah? Kan pelem bahasa Jawa dari kata mangga. Eh... ternyata beneran. Bejo bener Mbak, pas musim mangga ya di sana...

    ReplyDelete
  35. Tempatnya tenang banget ya mbak Omah Pelem ini. Asri juga. Jadi cocok kayaknya buat Staycation yang tujuannya memang butuh sendiri. Hehehe

    Nanti pas ke Jogja mau kepoin Omah Pelem juga ah

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)