Happy Tummy di Tomodachi Steak & Seafood. Sebagai kota pesisir, rasanya kurang afdol kalau ke Cirebon tapi tidak mencicipi hidangan lautnya. Saya pun mulai browsing resto seafood yang ada di Cirebon. Dalam sekejap saya mendapatkan informasi resto seafood yang sudah terkenal di Cirebon. Kami pun memutuskan untuk makan siang di sana usai check out.

Tomodachi Steak seafood cirebon

Malam harinya ketika sedang melepas lelah di kamar hotel setelah seharian jalan-jalan dan wisata kuliner di Cirebon, saya pun buka berbagai akun social media. Lupa gimana awalnya sampe akhirnya saya menemukan infomasi tentang resto Tomodachi Steak & Seafood di Instagram.

Pencarian info tentang Tomodachi pun dilanjutkan lewat Google. Sayangnya baru sedikit yang mereview tempat ini apalagi secara detil *mungkin kapan-kapan pihak Tomodachi bisa undang blogger termasuk saya. 😂* Ya singkat cerita, saya sempat ragu. Pengen makan di sana tapi ragu gak cocok ma rasanya. Tempatnya cozy, gak? Harganya bagaimana? Pokoknya ada beberapa pertanyaan yang saya belum dapatkan di Google kecuali alamat dan foto-foto di IG yang kelihatan instagramable resto dan menunya.


Tomodachi Steak seafood cirebon 
Ini resort yang ada di Cirebon Waterland. Difoto dari lantai paling atas Tomodachi Steak & Seafood


Yup! Alasan instagramable yang akhirnya membuat kami memutuskan untuk tetap datang ke sana. Setidaknya kalau makanan atau tempatnya kurang cocok, kami masih bisa punya banyak stok foto yang cakeuuupp wkwkwk. Apalagi di sana kan juga ada resort yang instagramable juga, jadi puas-puasin foto, deh. *Ini niatnya foto apa makan, sih? 😅

Keesokan harinya, usai check out, kami langsung menuju Cirebon Waterland atau juga dikenal sebagai Taman Ade Irma Suryani. Tomodachi Steak & Seafood ada di sana. Dibanding beberapa tempat wisata dan resto yang kami datangi di hari pertama, resto ini lumayan jauh. Tapi gak sampe lebih dari setengah jam juga waktu tempuhnya. Dan masih bebas macet *Uh! Seneng banget deh saya wisata ke Cirebon karena tanpa macet 😘

[Silakan baca: Batiqa Hotel, Penginapan Sangat Strategis di Cirebon]

Saat ambil tiket parkir, kami diberi tau kalau mau ke Tomodachi Steak & Seafood sebaiknya parkir di dekat pintu masuk resort.  Di sana ada bangunan kecil yang sepertinya juga berfungsi sebagai tempat check ini bagi tamu yang ingin menginap di resort. Kalau mau ke resto tinggal bilang aja sama petugas di pintu masuk.

Untuk bisa makan di sana, kami diminta setor deposit IDR50K per orang. Deposit ini bisa dipakai sebagai alat pembayaran setelah bersantap. Bila ada sisa bisa direfund. Kalau ternyata total orderan kita lebih besar dari deposit, tinggal dihitung aja selisihnya.

Setelah selesai urusan deposit, kami ditawarkan untuk naik golf car menuju resto. Tapi, kami menolak karena cuaca Cirebon sedang cerah ceria. Lebih nikmat berjalan kaki saja. Kecuali saat kunjungan kedua, kami bersedia naik golf car karena hujan deras. Untuk naik golf car tidak dikenakan biaya tambahan apapun, ya.


Tomodachi Steak seafood cirebon
Tomodachi Steak seafood cirebon
Lantai 2. Jarak antara meja tidak rapat jadi gak sumpek. Dan buat anak kecil juga lebih leluasa untuk bergerak


Beberapa petugas Tomodachi Steak & Seafood menyapa kami dengan ramah. Dari mulai buka pintu hingga kami selesai bersantap. Bangunan resto ini seperti kapal besar. Dan seluruh petugasnya menggunakan seragam kelasi. Jadi berasa kayak makan di kapal beneran. Resto ini terdiri dari 2 lantai. Bebas aja sih mau milih bersantap di lantai berapa. Sambil menunggu makanan disajikan atau bisa juga setelah bersantap, sempatkan untuk foto-foto di area paling atas. Ada area terbuka di sana, lumayan bagus lah buat foto-foto.

Tomodachi Steak seafood cirebon
Onion Ring, IDR12,5K
Tomodachi Steak seafood cirebon
BBQ Honey Chicken Wing, IDR17,5K


Makanan pembuka yang kami pilih adalah Onion Ring, BBQ Honey Chicken Wing, dan Tortillas Roll. Onion Ringnya crispy dibagian luar dan manis rasa bawangnya. Sebagai pelengkap, juga diberi saus tartar. BBQ Honey Chicken menjadi idola untuk makanan pembuka. Rasanya memang enak dan saus BBQnya banyak. Masih diberi spicy mayo juga.

Tomodachi Steak seafood cirebon
Tortillas Roll, IDR17,5K


Kalau untuk isian Tortilla Roll terdiri dari ayam, tomat, keju, dan timun. Lumayan padat isinya. Makan 1 roll aja udah bikin kenyang. Untung aja kami memang gak terburu-buru. Sambil menunggu perut agak kosongan, kami pun order makanan utama.

Untuk makanan utama, Keke memilih Australian Rib Eye Steak, Suami memilih Tomodachi  Beef Steak, Saya memilih Crab, sedangkan Nai memilih Blue Mussel. Tadinya Nai memilih White Clams tetapi sedang habis.


Tomodachi Steak seafood cirebon
Australian Rib Eye Steak, IDR145K. Pepper saucenya ada di cangkir putih.


Seporsi Australian Rib Eye steak (200gr) dilengkapi dengan sauted vegetable, onion ring, dan sauted potato. Sausnya ada 4 pilihan, yaitu BBQ, Mushroom, Pepper, atau Cafe de Paris. Keke memilih Pepper saus sebagai pelengkap hidangan.

Tomodachi Steak seafood cirebon
Tomodachi Beef Steak, IDR57,5K


Tomodachi Beef Steak pilihan suami terdiri dari grilled beef tenderloin, sauted vegetables, vichy carrot, cream corn kernel, french fries, sauted mushroom on top, dan mushroom sauce. Untuk Tomodachi Beef Steak hanya ada pilihan mushroom sauce.

Tomodachi Steak seafood cirebon
Blue Mussel Oyster Sauce, IDR60K. Minimal order 250 gram (IDR20K per ons)
Tomodachi Steak seafood cirebon
Crab Saus Padang, IDR140K. Harga per ons adalah IDR35K 


Ada 4 pilihan saus untuk seafood, yaitu Saos Padang, Oyster, Jimbaran, dan Lada Hitam. Nai memilih Oyster sauce untuk Blue Mussel. Sedangkan saya memilih saus padang untuk crab. Harga yang tertera di setiap seafood adalah harga per ons. Tapi ada minimal ordernya, biasanya 250 gram. Gak boleh beli cuma se-ons, uy.

Nasi pun takarannya pake gram. Harga per gram itu IDR10K kira-kira seporsi nasi, lah. *Waktu itu makan nasi seporsi berdua ma Nai* 😂 Sebetulnya selain ikan bakar, saya gak begitu suka makan seafood pakai nasi. Tapi khawatir masuk angin, jadinya pesen nasi. *orang Indonesia, khawatir masuk angin trus makan nasi hehehe*


Tomodachi Steak seafood cirebon
Creme Brulle Matcha Vanilla with Vanilla Ice Cream, IDR25,5K
Tomodachi Steak seafood cirebon
Choco Brownie with Choco Ice Cream, IDR25,5K
Tomodachi Steak seafood cirebon
Choco Lava with Vanilla Ice Cream, IDR32,5K


Kami makan santai aja di sana. Setelah menyantap makanan utama, bersantai sejenak dengan ngobrol-ngobrol kadang main ke lantai atas trus order lagi hidangan penutup. Ada 3 hidangan penutup yang kami pesan, yaitu Cream Brulle Vanilla Matcha with Vanilla Ice Cream, Choco Brownie with Choco Ice Cream, dan Choco Lava with Vanilla Ice Cream.

Diantara ketiganya, saya paling suka Cream Brulle karena rasanya lebih ringan dibandingkan Choco Lava. Untuk cream brulle ada 2 macam rasa, yaitu vanilla dan matcha (green tea). Yang matcha ada rasa pahit, rasa khas green tea. Tapi buat saya rasanya itu jadi penyeimbang setelah makan berbagai hidangan pembuka dan utama. Untuk menetralisir rasa pahitnya kan ada creme brulle vanilla atau ice cream-nya.

Tomodachi Steak seafood cirebon
Kiri ke kanan: Strawberry Ice Tea, IDR15K, Mint Mojito, IDR17,5K, dan Taro Bubble Blend, IDR 17,5K.
Tomodachi Steak seafood cirebon
Strawberry Apple Sangria (tengah), IDR25K. Gelasnya cukup besar karena memang porsi untuk 2 orang.


Untuk minuman, memang enaknya pilih yang segar. Taro Bubble Blend pilihan Nai bikin kenyang perut. Tapi Nai senengnya minuman seperti itu. Ya gak apa-apa, lah. Dia juga makannya gak terlalu banyak. Jadi dikenyangin lewat minuman. Perhatikan juga porsinya, di sana ada yang untuk lebih dari 1 porsi. Seperti Strawberry Apple Sagria memang untuk 2 porsi.

Kalau meihat beberapa resep di internet, biasanya Strawberry Apple Sangria ini menggunakan wine sebagai salah satu bahannya. Tapi di Tomodachi Steak & Seafood hanya menggunakan soda dan potongan buah. Selain beberapa minuman 'berwarna' tadi, kami juga pesan air mineral.

Kami lumayan lama berada di sana. Kayaknya dari jam makan siang sampe agak sore hehehe. Abis semua makanan yang kami order rasanya enak. Jadi aja pesan beberapa menu lagi. Karena suka, makanya kunjungan kami yang kedua ke Cirebon wajib makan ke Tomodachi Steak & Seafood lagi.


Tomodachi Steak seafood cirebon
Sempat sedih karena gak diizinin berenang
Tomodachi Steak seafood cirebon
Foto-foto dulu sambil nunggu makanan selanjutnya


Nai sempat merengek minta dibolehin berenang. Ya, kami gak bawa baju renang. Gak tau juga bakal ke sini. Untuk menghiburnya, kami menyempatkan berjalan-jalan dulu di Cirebon Waterland dan menikmati beberapa wahana. Kapan-kapan saya cerita tentang wahana di sini. Tapi karena abis seseruan main di beberapa wahana, perut pun jadi laper lagi hehehe. Cari makanan di Lawangabang resto aja. Biar sekalian jalan pulang 😜

[Silakan baca: Wajib Makan Tahu Gejrot di Lawangabang Cirebon]

Oiya, pada saat pembayaran jangan lupa sertakan bukti deposit, ya. Biar bisa direfund atau tinggal dihitung selisihnya.


Tomodachi Steak seafood cirebon


Tomodachi Steak & Seafood (satu lokasi dengan Cirebon Waterland)


Jl. Ade Irma Suryani no.1
Cirebon 45111

Phone:



Open Hours: 11.00 s/d 23.00 wib

Free WiFi: Yes

Keterangan: Saya menggunakan alamat yang tertera di buku menu dan website Tomodachi. Tapi kalaupun Sahabat Jalan-Jalan KeNai menggunakan Google Maps dan bingung kenapa tertulis jalan Yos Sudarso, sebetulnya gak masalah, kok. Pakai Google Maps juga benar arahnya. *Waktu itu juga kami dibantu dengan Google Maps