Acara Perpisahan Sekolah di The Highland Park Resort & Hotel, Bogor

Masih tentang cerita di tahun 2016. Kali ini ceritanya tentang acara perpisahan di The Highland Park Resort & Hotel, Bogor. Padahal ya tahun ini Keke udah mau perpisahan SMP, tetapi saya malah baru mau cerita pengalamannya ikut perpisahan SD 😂

Acara Perpisahan di The Highland Park Resort and Hotel Bogor

Kayaknya penyebab kenapa ada beberapa jalan-jalan di tahun 2016 yang belum diceritakan di blog karena di tahun tersebut Keke sedang persiapan UN. Setiap malam mendampingi Keke belajar untuk persiapan UN. Siangnya, saya belajar sedikit supaya kalau ditanya Keke bisa menjawab. Makanya waktu untuk ngeblog dan blogwalking agak berkurang.

Seminggu menjelang UN, kami memilih mendaki gunung Prau. Kemudian langsung lanjut ke Sikunir. Ada yang bilang kalau kami nekat karena memilih mendaki gunung padahal ujian udah di depan mata. Tapi, berbulan-bulan mempersiapkan UN, bolehlah refreshing sejenak. 😄

[Silakan baca: Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng]

Gak lama setelah UN selesai, angkatan Keke mengadakan acara perpisahan di The Highland Park Bogor. Kayaknya cuma selisih beberapa hari setelah selesai UN, deh. Berangkat Jumat pagi, pulang Sabtu siang. Kami gak langsung pulang ke rumah, tetapi lanjut camping ke Tanakita.

Jadi mungkin karena kecapean dengan rentetan perjalanan itu, Keke pun kena typus selama 1 bulan. Untung ujiannya udah selesai. Alhamdulillah hasilnya pun bagus.

Ya jadi itulah kenapa di tahun 2016 masih ada beberapa cerita yang belum dipublish. Apalagi saat Keke sakit. Tetap ada tulisan yang dibuat setiap bulannya. Tetapi, jadi males-malesan gitu karena sedih melihat anak yang lagi sakit. Plus, ditambah lagi setahun pertama Keke masuk sekolah negeri banyak dramanya. Biasa sekolah di swasta, kemudian masuk negeri memang lumayan banget adaptasinya. 😓

Glamping ala Bangsa Mongolia dan Suku Apache

Sekarang lanjut ke cerita perpisahan. Sejak SD, saya gak pernah menemani anak-anak kalau ada field trip. Tadinya, saya juga gak berencana menemani Keke perpisahan angkatan. Tetapi, tanpa diduga suami mengajak ikut menginap di acara perpisahan. Alasannya pengen tahu kegiatan Keke dan teman-temannya.

Tetapi, kami gak menginap di The Highland Park Resort & Hotel. Keke masih punya kebiasaan 'nempel' sama bundanya. Misalnya nih kalau ada pentas seni di sekolah. Begitu bundanya datang untuk melihat, pasti deh dia langsung nempel. Padahal tadinya asik main dengan teman-temannya. Makanya saya keberatan menginap di sana. Khawatir Keke nempel melulu sama saya. Padahal di acara perpisahan itu kan seharusnya jadi momen untuk dia dan teman-temannya.

glamping di the highland park resort hotel bogor
Bentuknya seperti tenda, tetapi sebetulnya bangunan permanen
pilihan kamar di the highland park resort and hotel
Selain penginapan yang berbentuk camp, ada juga yang rumah kayu

The Highland Park Resort & Hotel ini konsepnya glamping (glamorous camping). Sebetulnya bangunannya permanen, tetapi berbentuk seperti tenda. Areanya lumayan luas dan ada berbagai permainan yang disediakan di sana.

Harga per malam untuk weekend dimulai dari IDR1.680K (apache camp) hingga IDR2.100K (Mongolian Superior). Ada juga kamar tipe barrack di sana. 1 kamar diisi kurang lebih 20-25 anak.

kamar barak the highland park resort hotel bogor
Barak siswa laki-laki
area permainan anak the highland park resort hotel bogor
Ada area bermain juga. Di belakan area bermain anak, ada mini zoo
permainan di highland park resort hotel bogor
Game setelah sholat Ashar. Kami motretnya dari saung terdekat. Enak buat istirahat kalau di saung.

Angkatan Keke booking 2 kamar barrack. 1 kamar untuk boys, 1 kamar lagi untuk girls. Angkatan Keke memang gak banyak, hanya ada 2 kelas. Jadi booking 2 kamar barrack juga sudah cukup. Sedangkan untuk panitia dan guru menginap di kamar Mongolian. Kalau yang tipe Apache lumayan jauh ke belakang.

Sayangnya pas kami ke sana, cuaca kurang bersahabat. Mendung terus menggelayut sejak Jumat sore. Padahal kalau cerah, cakep lho pemandangannya. Gunung Salak akan terlihat megah dan cantik dan penginapan ini.

[Silakan baca: Golden Sunrise di Sikunir]

Aktivitas di Acara Perpisahan

luas area highland park resort hotel bogor
Kalau dari foto ini, bangunan bagian depan adalah resto (pojok kiri bawah). Barak, penginapan para panitia serta guru, dan ruang serba guna ada di bagian depan (samping kolam renang). Camp apache paling jauh di belakang (pojok sebelah kanan yang terlihat putih kecil-kecil itu)

Area penginapan ini lumayan luas. Saya gak tau persis berapa luasnya. Tetapi, lumayan lah jalan kaki sampai ke camp Apache yang letaknya di ujung. Makanya seingat saya disediakan golf car untuk tamu yang menginap di camp apache.

Aktivitas para siswa di hari pertama lumayan padat. Begitu sampai, diadakan beberapa games. Kemudian makan siang dan sorenya lanjut game lagi. Setelah itu acara bebas sampai makan malam. Dilanjutkan dengan pentas seni di aula dan ditutup dengan acara di depan api unggun sambil makan (lagi). Tentu saja setiap waktu sholat dilakukan berjamaah.

gathering sekolah di the highland park resort
Salah satu game pertama. Kayaknya semacam estafet mengisi air gitu. Tapi, karena permainan ini jadinya group Keke memilih nyebur ke kolam renang 😂 (sumber foto: WAG Otm Angkatan Keke)
menginap bersama keluarga di the highland park resort
Dihukum pun tetap ceria 😂 (sumber foto: WAG Otm Angkatan Keke)

Di hari pertama kami datang agak siang, usai jumatan dan check in dulu di tempat kami menginap. Keke dan seluruh temannya sedang ada acara di dalam ruangan. Saya lupa acara apa. Tetapi, sejak pagi di WAG orang tua sudah bertebaran foto kegiatan anak-anak. Udah bisa ditebak kalau group Keke yang paling susah diatur. Lagi ada kegiatan, mereka malah pada nyebur ke kolam renang. Jadinya segrup dihukum. Ampun, deh! Udah mau lulus masih pada dihukum juga. 😂

aktivitas di the highland park resort and hotel
Ajakin Nai main drone, biar gak bosan
kolam renang highland park resort hotel bogor

Sore hari, mereka kembali melakukan berbagai game di luar ruangan. Setelah itu dilanjutkan dengan acara bebas. Beberapa anak memilih untuk berenang. Keke memilih berkeliling dengan teman-temannya. Nai tadinya pengen berenang. Tetapi, karena kakaknya gak mau berenang, Nai pun batal.

Sejak sore mendung mulai terlihat. Menjelang malam malah hujan mulai turun. Jadinya sejak sore hingga malam, kami memilih menunggu di resto. Paling sebentar aja saya melihat ke ruangan karena ada pentas seni. Nai dan ayahnya memilih tetap di resto karena Nai udah mulai lelah.

pentas seni di the highland park resort and hotel
The Paceters yang super duper heboh! (sumber foto: WAG Otm Angkatan Keke)

Group Keke tampil paling akhir dan udah diduga menjadi yang paling heboh juga. Nama goupnya Paceters. Ada cerita di balik nama group ini. Pada bulan Desember 2015, Keke mengundang beberapa temannya untuk camping di Tanakita. Salah satu kegiatan selama di sana adalah main ke air di sungai. Dari Tanakita, kami memilih trekking menyusuri sungai  daripada naik angkot.

Karena saat itu lagi musim hujan, beberapa teman Keke terkena pacet (lintah). Pastinya jadi pengalaman 'berkesan' hehehe. Untungnya gak hanya anak-anaknya yang asik. Para orang tuanya juga. Gak ada yang marah saat diceritakan anaknya kena pacet. Malah pada ketawa saat diceritakan. Dan ketika group ini dibentuk, ada salah satu orang tua yang menyarankan namanya Paceters aja. Bahkan kami sampai niat bikin kaos Paceters. 😂

acara sekolah di the highland park resort hotel

Keke gak ikutan pas acara api unggun, alasannya ngantuk. Keke memang gak biasa tidur larut malam. Pukul 9 dibiasakan harus tidur, paling telat pukul 10. Makanya meskipun sedang ada acara seru di depan api unggun, Keke memilih kembali ke barak untuk tidur. Karena Keke memilih tidur, kami pun pulang ke penginapan.

Kuliner di The Highland Park Resort & Hotel

Kuliner di The Highland Park Resort and Hotel
Sore hari terlalu berkabut. Padahal kalau cerah, terlihat gunung salak berdiri megah dari resto ini
bersantai di The Highland Park Resort and Hotel
Usai maghrib malah hujan turun

Saat makan malam, kami diajak makan bersama. Tetapi, gak enak ah. Kami kan datang karena inisiatif sendiri. Gak ikut dalam kepanitiaan. Untungnya suasana resto gak rame. Jadi kami nyaman aja berlama-lama di sana. Tentunya dengan beberapa kali pesan makan. Dari mulai cemilan hingga makanan berat.

lumpia highland park resort hotel bogor
steak highland park resort hotel bogor

Sayangnya saya gak punya banyak stok foto makanan/minuman yang dipesan. Kameranya dibawa Keke. Kami hanya mengandalkan kamera smartphone yang masih seadanya. Malah foto makan siang sebelum pulang gak ada, entah ke mana. Gak sengaja kehapus kayaknya.

aglio olio highland park resot hotel bogor
Rasa Agilo Olio nya juara. Tetapi, porsinya seuprit
nasi liwet highland park resort hotel bogor

Tetapi, pastinya saya masih cukup ingat kalau semua makanan yang kami pesan rasanya enak. Apalagi aglio olio. Enak banget! Sayangnya porsinya kurang nendang alias kurang banyak hehehe.

Jalan-Jalan ke Curug Nangka

jalan-jalan ke curug nangka
curug nangka bogor

Di hari kedua, usai sarapan, semua berkumpul di pinggir kolam renang. Semuanya bersiap-siap menuju curug nangka.

Dari penginapan ke curug nangka tidak terlalu jauh. Kurang lebih 1,5 km aja. Tetapi, bagi anak-anak yang tidak biasa jalan jauh, tentu melelahkan. Apalagi begitu masuk ke area tempat wisata kan jalanannya menanjak dan cukup licin. Beberapa anak mulai terlihat kelelahan meskipun saat main air terlihat senang.

jarak highland park resort ke curug nangka
bermain air di curug nangka
Keke dan sahabatnya. Kalau diperhatiin, kayaknya Keke satu-satunya anak yang pakai sepatu saat main air. Memang selalu kami biasakan seperti itu. Kan, gak tau di dasar air ada apa. Mendingan tetap pakai alas kaki. Kami lebih memilih pakai sepatu daripada sandal gunung.
bermain di air terjun curug nangka
jalan-jalan bersama keluarga ke curug nangka
Gak semua siswa bermain air

Seingat saya, di sana ada lebih dari 1 air terjun. Tetapi, curug nangka yang paling ramai. Kami juga gak berlama-lama di sana. Semua siswa harus segera kembali ke penginapan untuk beberes, makan siang, kemudian check out.

bersenang-senang di bogor
Jadi salah satu pemenang juga nih group Keke. Tetapi, saya lupa menang kategori apa. Mungkin group terheboh? 😅

Setelah check out, sebagian besar siswa pulang menggunakan bis menuju sekolah. Keke termasuk yang gak ikut rombongan karena kami akan lanjut ke Tanakita. Mumpung udah sampai Bogor. 😊

[Silakan baca: Rumamera Tanakita - Camping di Atas Awan]

IG: @thehighlandparkresortbogor

Post a Comment

36 Comments

1. Kirain aku aja yang perginya kapan, nulis postingannya setelah purnama yang kesekian. I'm not alone, then. TOSS dulu donk, Chi hihihi

ReplyDelete
  2. Wah seru banget acara perpisaham sekolahnya bisa sekalian liburan niy.

3. Acara perpisahan sekolah yang super banget ini, temanya dipikirin sangat-sangat > Glamping ala Bangsa Mongolia dan Suku Apache

4. Wah, baru tau aku di Bogor ada glamping keren gini! Kayaknya kalo dateng sama keluarga besar seru juga yaa

5. Wah seru juga ya jadi mupeng...pengen cepet-cepet liburan

6. Aku prnh nginep bareng keluarga besar di sini. Suasananya asik memang kl buat barengan banyak orang.

7. Aku belum pernah main2 ke sini. Bagus juga nih aku kan lagi cari tempat buat perpisahan anak2 tahun depan in sya allah cuma sekelas aja kls 9 gitu. Bisa pakai EO juga kali?

ReplyDelete
  8. Waw, tempatnya asik banget ya kak, lumayan deket ini sama sekolahan anakku. Mereka malah maunya ke Bandung. Nanti ah rekomendasikan ke pihak sekolah. Trims infonya ya

9. Ikutin Keke field trip mama dan papa sekalian juga piknik ya mbak Myr. Masa-masa Indah kalah anak-anak masi bisa diikuti. Kalau gedean dikit aja lagi pasti diprotes, ngapain sih ikut ikut? Hahaha aku jadi curhat nih

10. Ahhh saya paling suka wisata curug itu....seger banget kayanya yaa

ReplyDelete
  11. Asik banget nih perpisahannya. Keke seneng banget dong.
    Aku jadi inget pas SD dulu juga ada acara camping begini, tapi camping beneran di barak tentara. Jaman itu nggak ada glamping sih.

12. Perlu dijadwalin nih next liburan ke Bogor aja, nginapnya di Highland park resort hotel, trus sekalian main ke Curug Nangka. Bagus ya view di sana. Pengen euy. Lebih seru lagi kalau ajak keluarga besar nih.

ReplyDelete
  13. Wah, seru ya kegiatannya Keke.
    Trus aku senyum sendiri pas baca bagian penyesuaian pas masuk negeri dari swasta. Saya pun dulu susah banget adaptasinya. Dari TK di swasta, eh pas SMA masuk negeri yg semuanya itu jauh banget di bawah standar swasta :)

14. Dingin ga sih berenang di sana? Kok pada tenang-tenang aja. Brrrr. Seru juga yaa glamping. Camping engga serasa camping. Hehe...kebayangnya kaan camping ala Pramuka gitu. Terus nyalain api unggun...

ReplyDelete
  15. Mba Myraaa, aku pingin ngakak cerita soal dibalik nama Paceters itu... Hihihi... Ada-ada aja ngasih nama... :D Aku 2016 juga nginep semalem di sana mbaa... Pas ada acara family gathering kantor suami... Asyik banget, ya tempatnya. Anak-anak seneng banget bisa main di sana. :D

16. Acara perpisahan jd berkesan di tempat keren kayak gini :)

17. Aku pernah kesini, tempatnya seru banget. Sayangnya dulu aku hanya meeting saja disini, jadi pengen nyobain kapan-kapan staycation disini.

ReplyDelete
  18. area curug nangka emang banyak curugnya... dulu banget waktu kuliah pernah ke sana trs mampir ke curug luhur di deket situ... area curug nangka sekarang pasti lebih bagus ya... betewe acara perpisahannya seru banget

19. Acara perpisahab sekolah memang selalu seru dan akrab ya. Apalagi klo tempatnya seru begini.

20. Waaahh ada glamping di sana? btw kalau semacam "tenda" buat keluarga kecil ada jg gk mbak? penasaran sewa permalam brp skrng :D

Replies
    1. Pilih Apache camp aja, Pril. Harganya seperti yang saya tulis di sini. Saya ambil info dari webnya kalau untuk harga

Delete
  21. Asyik banget acaranya...pasti anak-anak berkesan. Masa sekolah memang menyenangkan ya..😍

ReplyDelete
  22. waaaaaa ada curuuuuug!!!! Kapan2 maen kemari aaaah. Makasih buat review nostalgianya :)

23. Asyik banget sih acara perpisahan di sekolah Keke. Meski masih SD ya waktu itu, tapi acaranya heboh pisan. Apalagi grup Keke pake dihukum segala ya hahaha... pasti pada lucu2 tuh teman satu grupnya. Malah nyemplung kolam. Anak2 keren loh ini klo menurutku.

24. Asyiknya mba, acara perpisahan sekolahnya menyenangkan banget nih.
    Jadi deg-degan kalau anak saya perpisahannya bakal kayak gimana ya? ya ampooonnn..
    Anak baru kelas 2 SD udah mikir perpisahan hahaha.

Seru mba, kalau saya juga bakalan ikut kalau anak perpisahan di tempat jauh hehee

ReplyDelete
  25. Aku pernah nih ke The higland park resort tapi belum pernah nginap. Kece buat foto2 ya apalagi yang Mongolia itu loh. Wah jadi pingin ke sana kalau liburan sekolah nanti nih.
    TErnyata lokasinya dekat ke Curug Nangka ya, wah mauuuu anak-anak belum pernah lihat air terjun :)

26. Hahaha... aku ketawa banget Mbak pas baca yang sejarah penamaan grupnya. Bisa gitu ya gegara pada kena pacet terus jadi inspirasi nama grup. Btw, anak-anak berenang di sana nggak dingin gitu kah Mbak?

27. Aku belum pernah ke Bogor
    widiw ini perpisahannya sempurna banget Mba hahaha
    tempatnya sejuk, semua rangkaian kegiatannya seru duh apalagi makanannya enak enak

ReplyDelete
  28. Wah keren banget ya tempatnya ini sih ga cukup sehari dua hari ya. Semoga bisa kesana sama anak-anak. Bener-bener perpisahan sekolah yang mmenyenangkan.

29. Tandanya harus balik sana lagi mbak buat amboil stok foto makanan dan minuman banyak2 haha. DUh jd pengen jg liburan di Higland Park Resort :D

30. Anakku baru kelas 2 SD, belum ngalami serunya camping bareng2 temannya. Baca tulisan mba ci malah jadi aku yg gak sabar bayangin keseruan anakku besok :))

ReplyDelete
  31. Wuih, cakep banget ya tempatnya. Betah deh liburan di sana seminggu juga. In door-nya syik, Out door-nya seru. Mahal ya kayaknya, Mak Chie? Ceki-ceki Gugel aaaah :D

32. Komen ulang untuk komen yang kemarin gagal tayang karena sebab tak terduga. Maaf. Acara perpisahannya seru juga. Tempatnya asyik dan anak-anak beroleh wahana bermain di sekitar hotel yang nyaman. Tempatnya memang pas banget untuk adain acara yang melibatkan anak dan keluarga. Bikin betah, mana pemandangannya indah. Kok saya jadi kangen Gunung Salak juga. Dulu pernah tinggal bentar di kaki gunungnya di wilayah Loji. Semoga anak-anak tetap solid usai berpisah karena ada momen untuk dikenang.

33. Wkkwk...kebayang yaa, kak...
    Anak-anak tetaplah anak-anak walopun sudah dewasa.
    Setelah liat mama, langsung deeh...nemplok.
    Alhamdulillah~
    Berarti kak Myr orangtua keshayangan anak-anak.

34. cerita jalan2 ke bali tahun lalu jg belum kuposting ampe skr :D
    btw ini dah lamaa bng pengen nginep di highland resort tp belum kesampean. kayak yg ngegampangin gitu, krna tiap 2 minggu sekali ke rumah kakeknya boyz di ciapus :)

35. Suasana Highland Park nya nyaman
    Unik juga bangunan berbentuk tenda gitu
    Memang pas banget untuk acara rame-rame kaya perpisahan sekolah

ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)