Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Sop Konro Mamink Daeng Tata' yang Melegenda

"Yah, kalau makan siang di Mamink Daeng Tata' dulu bagaimana?" ujar saya saat kami berada di sekitaran jalan Casablanca. Saya pengen menikmati semangkok sop konro yang hangat. Tetapi, terutama saya kangen dengan seporsi Tata' Ribs di rumah makan yang melegenda ini.

mamink daeng tata casablanca

Sop Konro Mamink Daeng Tata' yang Melegenda


Rasa Sop Konro dan Tata' Ribs yang Sama dengan Suasana Berbeda


Resto ini sudah ada sejak tahun 90-an. Kalau saya baca di beberapa artikel, awal mulanya malah dari kaki lima dulu. Pertama kali saya mengenalnya sejak masih kuliah sudah berbentuk rumah makan yang sederhana.

mamink daeng tata
Dari sejak saya masih kuliah hingga sekarang, nuansa bangunan lama gak berubah

Selama lebih dari 10 tahun kami gak ke Mamink Daeng Tata'. Bukan karena bosan dengan makanannya . Bukan pula karena gak tahan makan sambil kegerahan. Tetapi, gak tahan cari parkirnya. Restonya kecil, area parkirnya seuprit, tetapi yang mau makan di sana selalu ramai. Setelah agak lamaan cari parkiran, kami masih harus antre lagi kalau mau makan.

Waktu masih pacaran mah santai aja lah kalau antre begini hehehe. Tetapi, pernah sekali ajak anak-anak makan di sini saat mereka masih kecil. Akhirnya setelah dapat tempat duduk, mereka udah gak mood buat makan. Saya bersyukur anak-anak gak ngambek. Hanya jadi gak semangat aja buat makan. Sejak itu, saya memutuskan untuk gak makan di sini dulu selama beberapa waktu.

Sekian tahun kemudian, saya mengajak makan di sini. Mumpung ada di seputaran jalan Cablanca juga. Lagipula saya pikir anak-anak udah mulai besar. Sedikit ribet cari parkir dan antre buat dapat tempat duduk kayaknya udah gak masalah untuk mereka.

Sepertinya kami sedang beruntung. Siang itu langsung dapat parkiran dan tempat duduk. Bentuk rumah makan Mamink Daeng Tata' juga sepertinya tidak mengalami perubahan.

ruang ac mamink daentg tata
Bangunan baru lebih luas dan ber-AC

"Mau makan di sini atau di ruangan AC?" tanya pramusaji

Sekarang ada ruangan ber-AC? Wah, saya baru tau, nih! Tentu saja kami langsung mengiyakan tawaran tersebut. Panasnya Jakarta lagi 'lucu-lucunya'. Udah paling enak deh ngadem di ruang AC.

Dari tempat kami duduk ke ruangan AC dipisahkan oleh dapur. Setelah bertahun-tahun, jadi tau seperti apa bagian dalam resto ini. Ruangannya yang ber-AC lebih luas. Jarak antara meja satu dan lainnya juga terlalu berdempetan. Kami bisa lebih leluasa makan di sini. Pastinya juga lebih adem.

[Silakan baca: 7 Event Keren di Jakarta dan Sekitarnya yang Tidak Boleh Dilewatkan]

Mamink Daeng Tata', Menawarkan Berbagai Kuliner Khas Makassar


Ada banyak pilihan makanan dan minuman, terutama khas Makassar di sini. Tetapi, pilihan kami selalu Tata' Ribs dan Sop Konro. Gak pernah pilih makanan lain kalau ke sini.

tata ribs, iga bakar, iga bakar jakarta, kuliner makassar
Tata' Ribs, IDR58K

Paling suka dengan Tata' Ribs. Iga bakar bertekstur empuk yang rasanya digurih kemudian diberi saus kacang. Duh, saya jadi pengen lansung ke sana saat membuat tulisan ini. Konro alias sop iga khas Makassar biasanya kami pesan biasanya untuk pelengkap. Selesai makan, Nai memesan es pisang ijo. Favoritnya juga nih kuliner yang ini.

sop konro, sop khas makassar, mamink daeng tata
Konro, IDR58K

Ternyata di dekat ruang ber-AC ini juga ada area parkir yang cukup luas. Sahabat KeNai juga bisa langsung masuk ke ruang ini tanpa harus melewati ruangan yang lama. Ah, lain kali kami mending langsung saja. Jadi lebih betah makannya kalau begini. Gak pakai keringetan saat menyantap seporsi sop konro yang panas hehehe

es pisang ijo
Es Pisang Ijo, IDR22K


Kabarnya Mamink Daeng Tata' ini punya beberapa cabang. Tetapi, sama seperti pilihan kulinernya. Meskipun banyak, kami pesennya selalu Tata' Ribs dan Sop Konro terus. Begitupun dengan lokasinya. Meskipun selalu ramai, tetap aja pilih yang di Casablanca ini. Gak pernah cobain ke cabang lain.

[Silakan baca: 7 Hari Keliling Pulau Jawa]

Kapan Ya Bisa Kulineran Langsung di Makassar?


Kalau di Google Maps, bukanya dari pukul 9 pagi hingga 9 malam. Tetapi, di sini tertylis buka hingga pukul 2 dinihari

Enaknya tinggal di Jakarta itu pilihan kulinerannya lumayan komplit. Makanan Indonesia, Western, Jepang, Chinese, dan lain-lain juga ada. Untuk makanan tradisional Indonesia juga ada berbagai daerah. Salah satunya ya Mamink Daeng Tata' ini.

Tetapi, pengen juga suatu saat nanti bisa ke Makassar. Pengen menikmati tempat wisata, kulineran, sekaligus membeli minyak tawon tutup putih hahahaha! Favorit banget deh saya sama minyak tawon tutup putih.

Kepoin promo tiket pesawat di Pegipegi, ah. Kan lumayan banget tuh kalau bisa harga tiket murah. Soalnya kami kalau jalan-jalan, apalagi ke luar kota begitu selalu berempat. Jadi harga tiketnya juga dikali 4 untuk pulang pergi. 😂

Sahabat KeNai ada ide kulineran di mana aja yang recommended di Makassar?

[Silakan baca: Menikmati Skywalk Teras Cihampelas Bandung, Enaknya Sore Hari]

Mamink Daeng Tata Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Mamink Daeng Tata'


Jalan Casablanca No. 33
Bukit Duri, Tebet
Jakarta Selatan 12840

Phone:  (021) 8315555

Open hours: 09.00 s/d 02.00 wib

39 komentar:

  1. Sudah lama juga tidak ke Daeng Tata. Bener karena parkiran susah. Hahhaa. Kangen juga makan Tata Ribs. Gofood in aaaah

    BalasHapus
  2. Seger banget liat es pisang ijonya di siang hari.... basahi tenggorokan yang kering....

    BalasHapus
  3. Wah aku jatuh cinta dengan makanan maksaar sejak 2014 kesana, sop konro apalagi. Pengen nyoba deh yang disini, ada coto dan pallumara juga?

    BalasHapus
  4. Wuih,, resto legendaris yg sekarang jadi lebih nyaman.
    Rasa makanannya bisa sama terus dari tahun ke tahun gitu ya mbak. Keren deh buat yg mengelola.

    BalasHapus
  5. Kayaknya duluuu banget pas awal nikah pernah diajakin misua makan di sini. Tapi belum pernah cobain Tata Ribs. Kayaknya enak juga ya Mbak. Hmmm...jadi laper.

    BalasHapus
  6. Duh enak banget ya.. Sayangnya sop konro blm banyak warung atau restonya yg jual ya. Coba kalo bisa seperti masakan padang atau pecel lele yg bisa dijumpai di mana2

    BalasHapus
  7. Kuliner makasar yang paling aku suka dan paling nikmat di lidahku itu es pisang ijo 😋😋 hemmm apalagi kalau pas buka puasa 😋😋

    BalasHapus
  8. Ini salah satu konro terbaik di Ibukota. sering banget kemari. Saking seringnya, suka dapet bonus makanan dari Daeng Tatanya hahaha.

    BalasHapus
  9. Udah lama banget nggak makan di sini. Walau kata aku, masih lebih enak makan di Makasarnya langsung. Yaeyalaaahhh! ^_^

    BalasHapus
  10. Dulu jamna masih ngantor di Kuningan, Mamink Daeng Tata sering jadi pilihan tempat makan siang, lumayan buat obat kangen sama masakan sulawesi

    BalasHapus
  11. nyaaaammm sop konro dan kuliner Makassar memang menggugah selera. Pengin ke situ untuk bisa icip. Makasih mba.

    BalasHapus
  12. Jaman infotainment msh awal2 ada di tv, daeng tata selalu jd tempat wwc yg enak krn posisinya di tengah. Kalau lewat depannya wanginya sembriwinggg bikin pengennya mampir heheheh

    BalasHapus
  13. SOP ny mantul banget , es pisang ijo bikin ngeces ni

    BalasHapus
  14. Dulu aku sering makan di Mamink Daeng Tata ini. Iga bakarnya jadi favorit aku.
    Sekarang sudah pakai AC ya tempatnya, wah tambah nyaman kalau begitu.

    BalasHapus
  15. Mamink Daeng Tata ini yang terenak dulunya di lapangan ros itu, trus di kelapa gading juga ada yang enak sop konro-nya. Hanya karena bokap asli Bugis-Makassar jadi kalo makan di sana pasti ada aja komplainnya, kurang inilah itulah hahaha

    BalasHapus
  16. 10 tahun lebih nggak balik ke sini? Lama ya mbak. Tapi itu Tata Ribsnya menggoda iman eh selera banget ya. Apalagi es pisang ijo. Ah jadi kangen kulineran khas Makassar. Ntar abis ngantor ke ANging mamiri ah.

    BalasHapus
  17. waahwah...sekarang engga berani nih makan Sop Konro. Lemaknya nih gurih banget. Jadi menggoda kaaan

    BalasHapus
  18. Aku dari dulu pengen ke mamink daeng tata eh belum kesampaian. Karena dulu di Ambon sering makanan makanan Makassar, mba :) . Duh konronya manteep

    BalasHapus
  19. Wah, sudah berubah banget ya. Berubahnya ke arah yang semakin keren pula.
    Saya pernah juga melihat papan tulisan Mamink Daeng Tata ini, di sekitar Permata Hijau, saya sendiri sih belum pernah ke sana. Mungkin setelah baca ini, saya akan coba :)

    BalasHapus
  20. Wah ini sik legend.. awal ku ke sini karena penasaran sama review makanannya yg katanya enak.. akhirnya nyari nyari nih resto.. tapi gampang ditemui sik lokasinya.. di pinggir jalan soalnya.. dan kpnronya enak banget

    BalasHapus
  21. Yummy banget ini mah sop konronya mba. Duuh salah nih malemm-malem baca sop konro. Jadi pengen makan sop konro bareng keluarga. Pengen makan di tempat ini juga.

    BalasHapus
  22. sering dengar nama restonya tapi belum pernah mampir ke sini. Iganya begitu menggoda yaa. Udah disiapin pisau supaya makin khusyuk potong daging.

    BalasHapus
  23. Aku suka lewat tapi belum pernah nyobain Mamink Daeng Tata, nih.. Iya ya kalo lewat situ suka rame.. Baru pernahnya nyobain konro Daeng Naba yang di Ampera mba.. Keliatan enak banget itu ya.. Es oisang ijonya juga menggodaaa.. hehehe..

    BalasHapus
  24. wahh ini sih juara..pisang ijo nya juga legend banget ini !!!

    BalasHapus
  25. Nah ini dia yang selama ini saya cari, warung makanan Makasar yang ciamik gini di Jakarta, saya simpan ya postingannya, makasih mba

    BalasHapus
  26. Sayangnya aku ga pernah cocok sama makanan2 yang 'berat' kayak gini, kecuali es pisang ijo. ha2..

    BalasHapus
  27. Setiap ada yang jualan sop konro selalu ada es pisang ijo. Apa memang sudah standar dari Makassarnya seperti itu ya Mbak?

    BalasHapus
  28. Akh ini hitnya sampai sekarang, ada kali 3x makan disini, awal makan kaget juga kok berasa banyak dan gede hahaha

    BalasHapus
  29. Ini baru 2 bluan yg kalu kesana suka bngt sama sup konronya enaakkk sekarang tempatnya lbih nyaman jd betah lama2 makannya

    BalasHapus
  30. Wahh salut untuk kegigihanya mas dari cari parkiran hingga nunggu makanan yg agak lama tibannya tapi kalo sudah makan pasti terbayar aemua waktu yang terbuang ya.. Jadi ingin coba

    BalasHapus
  31. Waah..ini tempat makan yg menyajikan khas kuliner bgt ya
    duuh saya pun ingin bisa menjejak langsung di kota asalnya sana. Semoga ada rejeki dan kesempatan

    BalasHapus
  32. wah jd sekarang ada ruangan ber-AC ya. dan yang lama di pertahanin buat bernostalgia..moga bisa mampir kesana lagi buat cicipin Konronya

    BalasHapus
  33. Sop Konro Mamink Daeng Tata ini favorit banget untuk saya dan suami karena selain emang kami suka sop Konro dan memang paling demen kulineran juga sih. Jadi kepengen sop konro setelah lihat ulasan mbak Myra.

    BalasHapus
  34. Sop Konro Daeng Tata ini legend banget, pernah makan di satu acara, dagingnya empuuuk

    BalasHapus
  35. Ya ampun, ngiler bgt liat konro. Udah lama ga makan ini. Jadi kepingin! :D

    BalasHapus
  36. Duh duh enak banget euy jadi ngiler dan inget suasana di Makassar

    BalasHapus
  37. Baca artikel ini di waktu menjelang makan Siang bener2 bikin ngiler. Aku baru tau di Daeng Tata dah ada ruangan bagus plus AC jadi ga gerah lagi deh. Nyaman makannya.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.