Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Mendapatkan Uang dari Jalan-Jalan: 7 Tips ala Travel Blogger

Siapa sih yang nggak mau dapet uang dari hobi? Apalagi kalau hobinya suka traveling atau jalan-jalan. Harusnya ngeluarin uang, eh malah dapet uang. *bahagia*

Nah, dapetin uang dari blog bukan hal yang nggak mungkin, lho. Di artikel kali ini, saya mau jelasin tujuh cara dapatkan uang dari blog berdasarkan pengalaman pribadi dan cerita dari yang lain. Jadi, ini kabar baik ya buat Sahabat KeNai yang ingin dapat penghasilan dari jalan-jalan, menulis, dan foto-foto.

Tanpa berlama-lama, yuk kita bahas tips berikut satu per satu.

mendapatkan uang dari jalan-jalan, tips ala travel blogger

Mendapatkan Uang dari Jalan-Jalan: 7 Tips ala Travel Blogger


Cara Dapat Uang Jadi Travel Blogger


Jadi Freelance Writer

“Ngapain sih bikin blog? Kaya buang-buang waktu aja.”

*seketika seperti tersambar geledek*

Itu pertanyaan yang pernah saya dapat di awal menulis blog. Setelah bertahun-tahun nulis blog, akhirnya saya bisa jawab pertanyaan itu.

Lewat blog, saya dapat kesempatan untuk jadi penulis lepas atau freelance writer. Blog ini jadi semacam portofolio dan arsip tulisan-tulisan. Dengan begitu, saya jadi dapat kesempatan lebih besar untuk menulis dan dibayar siapa saja yang membutuhkan tulisan. Mereka juga merasa lebih teryakinkan dengan kualitas dan gaya menulis yang dipunyai oleh saya.

Jualan Foto

Buat blog traveling, foto adalah hal wajib. Dengan adanya foto, kita bisa memanjakan mata pengunjung blog. Sahabat KeNai pun tak harus sulit-sulit membayangkan keindahan tempat wisata. Karena kita bisa menghadirkan keindahan itu lewat foto.

Selain ditampilkan di blog, ternyata kita juga bisa menjual foto yang dihasilkan lho! Ada banyak platform online mau mewadahi foto kita untuk dijual. Di samping itu, kita juga bisa menjual foto lewat blog dan meminta komisi untuk setiap foto yang dipakai pihak lain.

Sekarang kan, foto jadi bentuk konten yang paling dinikmati netizen. Apalagi dengan adanya Instagram. Jadi, jangan sampai kelupaan ambil foto ya.

Bergabung Program Afiliasi

Sahabat KeNai juga bisa mendapat uang dengan bergabung ke program afiliasi. Program ini dapat memberikan komisi untuk setiap produk yang direkomendasikan. Lalu, Sahabat KeNai akan mendapatkan uang setiap ada orang yang membeli produk atau layanan lewat kode voucher atau link yang kita miliki.

Niagahoster memiliki program afiliasi yang sangat menguntungkan. Sahabat KeNai bisa mendapatkan komisi hingga 70 persen! Sejauh yang saya tahu, ini satu-satunya program afiliasi yang berani ngasih komisi sebesar itu.

Proses pencarian komisi juga nggak ribet. Dalam waktu 30 hari dari penjualan pertama, komisi yang Sahabat KeNai dapat sudah bisa dicairkan.

Denger-denger, Niagahoster yang merupakan penyedia web hosting unlimited ini sudah mencarikan lebih dari Rp 6,5 Milyar untuk 1500-an member afiliasinya. Widih widih, mantab juga!

Pasang Iklan

Memasang iklan adalah cara termudah untuk dapat uang dari blog. Apalagi jika blog Sahabat KeNai sudah punya pembaca setia dan trafik yang berlimpah. Tinggal buat konten yang berkualitas dan biarkan pundi-pundi uang masuk ke rekening secara berkala.

Sahabat KeNai bisa daftarkan diri dan blog yang dimiliki untuk bergabung dengan layanan iklan. Salah satu layanan iklan yang sangat populer adalah Google Adsene. Tapi selain itu, ada juga BuySellAds, Amazon Associates, Bidvertiser, Viglinks, dan sebagainya.

Partnership dengan Brand

Ini cara favorit blogger untuk mendapat tambahan penghasilan. Ketika blog sudah cukup ramai dan punya reputasi bagus, biasanya akan banyak brand yang menawarkan kerja sama. Dalam kasus travel blogger, brand ini bisa dalam bentuk tempat penginapan, restoran, dan tempat wisata. Biasanya mereka akan mengundang blogger untuk mereview atau menuliskan pengalaman berkunjungnya.

Asyik juga ya, jalan-jalan karena dibayar.

Tapi, jangan cemas kalau belum ada yang menawari Sahabat KeNai kerja sama. Kuncinya adalah konsisten dan selalu berikan kualitas konten yang terbaik. Ketika kita bisa memberikan keduanya, maka kemungkinan takkan lagi terlewat dari radar kerja sama brand ternama.

Menjadi Narasumber di Sebuah Acara

Diundang sebagai pembicara adalah cara lain untuk mendapatkan uang saku. Terkadang, nominalnya tak besar. Tapi, acara-acara sharing session atau diskusi justru sangat bermanfaat bagi blogger.

Lewat acara itu, Sahabat KeNai bisa memperkuat reputasi sebagai blogger profesional. Dengan begitu, kita bisa dipandang memiliki nilai lebih dan memiliki pengaruh dalam komunitas blogger. Belum lagi, menjadi pembicara bisa memperkenalkan kita dengan banyak orang. Siapa tahu ada orang-orang yang nantinya menawari bekerja sama project atau campaign.

Untuk sampai ke titik ini, ada tambahan langkah yang perlu dilakukan. Selain konsisten dan selalu menyajikan konten berkualitas, Sahabat KeNai juga perlu memberikan konten yang bervariasi. Apalagi konten-konten yang melibatkan audio-visual. Ini tak melulu harus YouTube. Sahabat KeNai bisa juga bereksperimen dengan membuat Instagram Story atau Podcast untuk unjuk gigi kemampuan public speaking. 

Monetasi Video YouTube

Kini, sudah banyak blogger yang merambah ke YouTube. Trend ini pun nampaknya muncul bukan tanpa alasan.

Semakin banyak orang yang mencari hiburannya lewat YouTube. Jika segmen blog Sahabat KeNai di rentang usia 17-35 tahun, YouTube jadi platform yang tepat untuk menguji coba konten. Sebab, sebanyak 75 persen pengguna YouTube adalah orang-orang dengan rentang usia 17-35 tahun.

Secara teknis, ada manfaat lain dari membuat konten YouTube dan memonetasinya. Jika Sahabat KeNai menaruh video itu di blog, session atau waktu berkunjung di blog akan semakin panjang. Tentu saja ini disebabkan karena pengunjung juga menonton video. Dalam jangka panjang, hal ini akan mendongkrak reputasi blog.

Sebab semakin lama waktu yang dihabiskan dalam sebuah blog, semakin relevan dan penting konten itu bagi Google.

Jadi, Cara Mana yang Paling Mudah buat Dapatkan Uang dari Blog?


Namanya cari uang, pasti ada usaha dan repotnya. Tak terkecuali untuk para blogger. Meski terbilang sudah enak karena jalan-jalan dapat uang, tapi tetap aja ada kewajiban yang harus dijalani. Apalagi kalau hubungannya dengan brand atau pihak lainnya.

Nah, maka dari itu, saya menyarankan 3 yang terfavorit untuk dapatkan uang dari blog dengan mudah. 

Pertama, dari jualan foto. Walaupun sebetulnya sulit, berjualan foto membuat Sahabat KeNai lebih semangat untuk hunting dan belajar mengedit foto. Ada banyak hal yang berharga di proses mengambil dan mengedit foto itu sendiri. Jadi, uang sebetulnya bonus aja.

Kedua, iklan. Rajin-rajinlah membuat blog update dan kontennya berkualitas. Kalau sudah begitu, iklan bisa didapatkan dengan cukup mudah. Pundi-pundi akan bertambah secara berkala.

Ketiga, gabung program afiliasi. Sama seperti cara kedua, cara ini pun kelihatannya cukup mudah. Tinggal pasang banner atau tampilkan kode voucher di blog. Akan lebih bagus lagi kalau Sahabat KeNai pintar memainkan strategi promosi. Nantinya ada banyak yang memakai referral Sahabat KeNai dan bisa dapatkan uang sambil santai-santai. Untuk yang tertarik, coba deh cek program afiliasi Niagahoster ya.

Jadi, itu tadi 7 cara tips dapetin uang ala travel blogger. Semoga artikel ini memberimu semangat untuk terus ngeblog ya. Ingat, pantang menyerah. Seperti orang bijak bilang, “Usaha takkan mengkhianati hasil”. Ciao!

2 komentar:

  1. Iya... mau cari duit dari blog, jualan, atau kerja kantoran, tetap harus pantang menyerah dan terus berusaha.

    BalasHapus
  2. wah... saya juga pengen dapat uang dari jalan-jalan,,, ntar dicobain satu" dah

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.