HP Hilang dan Firasat

HP Hilang dan Firasat. Alhamdulillah, masih bisa tersenyum :)
Salah satu foto terakhir yang di hari terakhir liburan kemarin. Untuk pakai aplikasi penyimpan data, jadi foto-foto aman.


Kemarin (16/05), HP saya baru saja hilang. Sedih? Tentu saja ada. Tapi, saya juga bersyukur, sih. Karena sebelum kejadian saya ada firasat gak enak yang bikin saya terus gelisah selama beberapa hari. Saya simpan sendiri kegelisahan tersebut karena khawatir gak ada yang percaya atau malah jadi kecewa dengan kegelisahan saya. Saya tulis saja disini, ya :)


Kereta dan Perasaan Gak Enak

Long wiken ini memang kami berencana mau liburan ke Tanakita dengan kereta. Gimana ya sebetulnya semangat, tapi ada rasa males yang gak bisa diungkapkan juga

Saya menganggap mungkin aja saya terlalu deg-degan karena ini kalau berjalan berarti akan jadi kali pertama mengajak anak-anak naik commuter line. Apalagi mengingat beberapa bulan sebelumnya ada kejadian kurang enak yang membuat kami batal naik commuter line

[Silakan baca: Jalan-Jalan KeNai Batal Naik Commuter Line]

Meminta membatalkan perjalanan, rasanya gak mungkin. Bisa jadi, suami cuma akan bilang kalau itu cuma kekhawatiran saya aja. Dan, yang pasti anak-anak akan kecewa, apalagi Nai. Dia udah lama banget pengen jalan-jalan, cuma tertunda terus.


Seragam Keke Ketinggalan di Sekolah

Ketika sedang packing, saya baru sadar kalau seragam sekolah Keke ketinggalan di sekolah. Hari terakhir sekolah sebelum long wiken memang anak-anak latihan taekwondo. Jadi seragamnya dibuka. Saya baru sadarnya malam hari. Sedangkan besok sudah harus berangkat. Gak mungkin untuk diambil. Tapi, gimana nanti Keke sekolah? Seragam di rumah tinggal 1 pasang. Iya, kalau masih ada di sekolah. Kalau hilang? Saya sempat puyeng, (lagi-lagi) pengen batalin liburan. Tapi, pasti bakal diprotes. Rencana jalan-jalan pun lanjut.


HP Mati!

Ini HP memang udah rada bermasalah. Beberapa kali saya mengeluh sama suami. Saya pun udah mulai terpikir buat ganti HP, cuma selalu aja ragu. Saya itu fans setia dari brand HP yang satu ini. Belum pernah ganti HP dengan merk lain. Tapi, basis windows nya kadang mulai bikin saya kesal ketika saya sedang membutuhkan beberapa aplikasi yang ternyata gak ada di windows *berasa dianaktirikan kalau udah begitu hehehe*

Saya sempat niatin kayaknya tunggu hadiah dari lomba blog aja. Kali aja menang HP. Tapi, kapaaaannn? Bisa-bisa gak ganti-ganti hehehe.



Minggu lalu, HP saya tiba-tiba error. Saya sempat kesal karena ada resiko harus di hard reset lagi untuk ketiga kalinya sejak saya miliki ini hp! Untunglah setelah tanya google, ada blog yang menjelaskan tanpa perlu dihard reset. Agak ribet, tapi gak perlu dihard reset. Etapi, belum juga ada seminggu, ini HP udah error lagi! Sampe-sampe saya kesal sekali dan ngetweet kalau ini hp harus di lem biru.

Malam hari sebelum berangkat, saya tidur dengan kondisi HP baru saja selesai dicharge. Masih full dong batterenya. Saya setting alarm, lalu tidur. Tapi, saya kesiangaaan! Alarmnya gak nyala sama sekali. Setelah cek hp, kondisi dalam mati dan betterenya abis banget. Kok, bisa?

Di Tanakita pun, saya gak mau terlalu sering pake hp. Abis kok jadi rada boros batterenya. Sehari bisa 2-3 kali dicharge. Perasaan kalau di rumah cuma sekali sehari. Itupun kalau lagi aktif pemakaiannya. Trus, sejak error, HPnya gak bisa dibiarkan sampe habis banget. Pasti SD Cardnya error. Butuh waktu untuk bener lagi. Semoga aja, tuh copet salah ngoprek, akhirnya error selamanya hehe :p


Supir The Flash yang Ngantuk Berat

Kami gak dapat tiket kereta Paledang - Sukabumi. Kata suami, jalan aja dulu sampe Bogor nanti kalau udah sampai sana terserah, deh. Beli tiket kereta langsung di sana atau naik the flash. Begitu tau ada kemungkinan mau naik the flash, anak-anak malah semangat banget. Mereka menolak keras naik kereta.

Tapi, harapan gak sesuai dengan kenyataan. Yang kami dapet malah 'kura-kura' hehehe. Apa itu the flash dan bagaimana bisa kami tidak dapat tiket kereta? Saya cerita di postingan berikutnya, ya.

Yang jelas itu supirnya ngantuk berat. Untungnya pas ngantuk berat udah dekat Cisaat. Jadi saya masih bisa rada pasrah. Kalau masih jauh, kayaknya saya lebih memilih turun di jalan dan ngeteng dari satu angkot ke angkot lainnya.

[Silakan baca: Kalau Roker The Flash ke Tanakita]


Sepatu Basah Karena Kehujanan

Malam kedua di Tanakita, sepatu kets saya basah kuyup kehujanan. Kata suami, saya membiarkan sepatu tergeletak di luar. Sedangkan sepatu anak-anak aman, karena berada di dalam tenda. Saya bingung (bahkan sampe sekarang). Seingat saya, sebelum makan malam, saya sudah masukkan semua ke dalam tenda. Cuaca yang masih kadang hujan, kadang enggak membuat saya berjaga-jaga. Saya masukkin semua ke dalam tenda supaya gak kehujanan. Kok, bisa sepatu anak-anak saya masukkan sementara sepatu sendiri enggak? Tapi, saya masih yakin aja kalau semua udah saya masukkan. Kalaupun memang saya yang lupa, saya tetap kesal karena lagi-lagi kejadian gak enak menimpa saya.


Barang Berharga Ada di Ransel Nai

Kalau berangkat, masing-masing ransel berisi barang pribadi. Ketika pulang, ada yang berubah. Isi ransel saya hanya berisi pakaian kotor. Barang pribadi berharga, ada di ransel dan beusaha diletakkan di tempat aman. Saya pikir, kalau ada kriminal rasanya kecil kemungkinan ada di tas anak. Biasanya tas anak kan isinya camilan. Entah kenapa saya tiba-tiba mikir begitu. Pokoknya semua yang berharga ada di tas Nai. Kecuali kamera dan HP yang saya simpan di kantong kiri-kanan celana panjang saya.

"Sini HPnya, nanti hilang"

Kereta semakin mendekati Paledang, artinya sebentar lagi kami akan turun. Nai masih aja asik buka instagram di HP saya. Padahal udah berkali-kali saya minta HPnya supaya pas turun nanti gak terburu-buru dan HP hilang. Eh, gak taunya malah hp saya yang ilang beneran hehehe.


Jembatan Stasiun Bogor

Bogor memang kota hujan, turun dari stasiun Paledang disambut dengan hujan yang sangat deras. Sempat mampir ke rumah makan di seberang untuk makan soto dan siapa tau hujan akan segera berhenti. Ternyata enggak juga. Terpaksa kami menerobos hujan deras sambil berlari ke stasiun bogor. Basah kuyub ini seluruh badan karena menerjang hujan dan air yang menggenang.

Sampe seberang stasiun Bogor, suami mengajak naik jembatan penyebrangan. Padahal pas berangkat suami malas naik jembatan penyebrangan, lebih memilih nyebrang jalan aja. Di jembatan ramainya minta ampuuuunn! Nyaris gak bisa bergerak sama sekali.

Disinilah kelalaian saya dimulai. Saya masih rada nyantai, jalan sambil motret keramaian di jembatan. Saya pikir, beberapa kali jalan di keramaian seperti ini bersama anak-anak dan suami sambil sesekali motret, salah satunya waktu ke kota tua, tapi aman-aman aja. Saya lupa dengan ucapan suami yang mengatakan kalau jalan malam harus hati-hati. Kriminalitas itu meningkat di malam hari. Saat itu di Bogor sudah pukul 7 malam.

Selain abai dengan ucapan suami, pikiran saya juga masih acak-kadut karena firasat gak enak itu. Saya sadar kalau HP ada di kantong kiri celana saya. Bahkan ketika sedang berlari-lari dengan kondisi sudah basah kuyup, saya sempat berkata dalam hati, "Yaa... rusak deh ini HP karena kebasahan." Tapi, saya gak bergerak juga untuk memindahkan ini HP ke bagian tas yang aman. Konsentrasi saya tetap ke keluarga.

Biasanya kalau jalan pun, otomatis Nai itu di gandeng ayahnya. Saya bersama Keke. Tapi, gak tau kenapa, ketika masuk jembatan formasi berubah. Nai jadi digandeng saya, sedangkan Keke sama ayahnya. Karena Nai masih kecil, melihat jembatan yang sangat penuh sesak begitu, konsentrasi saya full ke Nai yang berada di sebelah kanan. Kamera pun ada di saku kanan saya.


Curiga dengan Laki-Laki di Sebelah Kiri Saya

Lagi-lagi saya abai dengan pertanda. Ketika lagi berada di jembatan ada laki-laki yang mepet sebelah kiri saya. Tapi bukan mepetnya yang bikin saya curiga. Jembatan penuh sesak banget, wajar saja kalau saling mepet. Cuma yang bikin saya curiga, setiap kali saya nengok ke kiri, laki-laki tersebut beristighfar.

Saya sempat kesal, ngapain sih ini orang istighfar melulu setiap saya nengok ke arahnya? Padahal ngeliatin dia juga enggak! Saya rasa itu untuk mengalihkan perhatian saya. *Untuk yang berkomentar di poin ini jangan singgung agama, ya. Karena yang melakukan adalah oknum.*

Begitu keluar dari jembatan, saya langsung pegang kantong celana sebelah kiri. HP pun sudah raib. Dengan tenang saya bilang ke suami kalau HP saya hilang.

Saya memang tenang mengatakannya. Tenang karena perasaannya antara kaget dan pasrah hehehe. Ada rasa bersyuku juga karena yang hilang 'hanya' HP. Bukan kejadian gak enak terhadap fisik saya ataupun orang-orang tercinta. Lagian gak ada foto aneh-aneh di HP dan juga HPnya udah mulai rusak. Berarti memang harus beneran dilembiru :D

Jadi pelajaran aja, deh. Lain kali lebih berhati-hati. Banyak-banyak bersyukur juga. Alhamdulillah. Kalaupun kehilangan HP, ya itu gak sebanding kalau sampe yang mengalami adalah kecelakaan fisik.

Tapi, saya sempat menangis juga akhirnya. Menangis karena merasa agak disalahkan sama suami. Sebetulnya suami cuma bilang, "Makanya jalan di depan biar bisa diawasi sama Ayah." Keluar deh air mata saya.

Ya biar gimana namanya juga hilang, tetep aja ada rasa gimanaaa... Tetep aja rasa sensi itu ada walopun sudah berusaha tenang. Makanya, begitu merasa agak disalahkan, langsung keluar deh cengengnya hehe.

Saya bersyukur aja kali ini bisa menyikapi dengan tenang. Udah pernah kejadian soalnya yang nangis sesenggukan itu hehehe. Padahal HPnya cuma ketinggalan bukan hilang. Dan, terpaksa gak pake HP selama beberapa hari *saya memang lebay waktu itu hahaha*

Begitu hilang, saya langsung blokir nomor HP dan ganti semua password. Yang saya agak sesalkan adalah saya mematikan fitur Find My Phone (padahal tadinya aktif). Setidaknya dengan diaktifkan fitur tersebut saya bisa tau dimana HP saya sekarang walopun kecil kemungkinan untuk kembali.

Trus, beli HP baru, dong? Maunya sih hari ini. Ngurus nomor yang udah saya blokir juga katanya bisa sehari udah aktif lagi. Tapi kata suami nanti aja, waktunya gak memungkinkan untuk beli HP karena ada kegiatan lain paling tidak sampe seminggu ke depan. Untuk sementara saya pake HP jadul dulu dengan nomor lain.

Apaaaahh seminggu??

Saya sempet kaget, sih. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, beberapa minggu ini saya mulai berpikir untuk detox socmed. Sempet ngobrol juga sama suami, kalau saya sedang jenuh di socmed. Tapi mau detox socmed, gak jadi melulu hehehe. Adanya HP dengan koneksi internet yang lancar itu bikin saya jadi suka betah di socmed wkwkwkw. Jadi, saran untuk sementara pake HP jadul dulu kayaknya emang sebuah tantangan. Abis kalau gak begini, gak akan mulai-mulai kayaknya. Ya, saya mencoba mengambil hikmahnya saja dari setiap kejadian. Semoga ada kejadian baik kalau kita ikhlas. Atau paling tidak, saya mengambil pelajaran dari ini semua. :)

Trus, kapok jalan-jalan dengan kendaraan umum?

Ah, enggak sama sekali. Jalan-jalan kemarin itu seru banget. Apa yang saya alami semalam dan firasat-firasat sebelumnya, hanyalah ganjalan kecil. Lain kali harus lebih hati-hati. Tapi, bener kata suami, kalau memang harus terjadi ya terjadi. Tetep semangat jalan-jalan!


Tentang rasa malas-malasan yang gak jelas dan beberapa kejadian lain sebelum pergi ya saya anggap kebetulan aja, bukan firasat. Mungkin pelajaran supaya lebih berhati-hati. Karena kalau udah ada rasa gak enak, jadinya suka gak fokus. Dari kejadian kehilangan hp, saya punya beberapa tips:


  1. Selalu membiasakan back up. Untuk foto, back up otomatis di salah satu media penyimpanan online. Jadi, ketika HP hilang, foto-foto masih bisa saya miliki
  2. Jangan foto yang aneh-aneh biar gak disalah gunakan
  3. Back up data-data lainnya. Nah, ini yang akhir-akhir ini jarang saya lakukan. Tapi, setidaknya saya masih ingat beberapa nomor HP. Nanti saya hubungi saja, trus secara berantai minta nomor HP lainnya.
  4. Rutin clear data dan history. Tapi, pas hilang saya belum sempat lakukan, sih. Padahal biasanya rajin :(
  5. Sign out setiap kali selesai menggunakan socmed. Kalau gak sempat, segera ganti semua password.
  6. Saya langsung blokir nomor HP saya karena pake pasca bayar. Males banget kalau tuh copet enak-enakan pake HP saya trus saya bayar tagihan yang membengkak
  7. Bersihkan windows phone dulu. Nah, ini agak sedikit kesalah dari saya. Yang pertama kali saya lakukan setelah hilang adalah blokir nomor. Harusnya, saya ke web windows phone dulu dan meng-clear semua data pribadi saya. Sayangnya, saya gak keingetan. Baru inget setelah diblokir, itupun suami yang inget. Jelas aja udah gak bisa karena udah dianggap HP tersebut tanpa nomor telpon. Tapi, semoga aman-aman saja karena seingat saya gak ada data pribadi yang aneh dan penting.

Semoga kita selalu berhati-hati :)

      Post a Comment

      31 Comments

      1. sama. pernah punya firasat bakal ada kejadian ga enak, kayaknya dikasih pertanda kudu waspada, dan karena firasat tersebut jadinya selamat dr kejadian ga enaknya itu..

        ReplyDelete
        Replies
        1. iya, nih.Kadang kita gak boleh mengabaikan firasat :)

          Delete
      2. yang sabar ya mak.. aku juga pernah ngalamin kejadian yg sama nih :'D
        pasti hp yg hilang itu bakal digenti ama yang lebih bagus mak percaya sama Allah..

        Btw tipsnya oke bgt 😋

        ReplyDelete
      3. Situ memang kawasan "angker", walaupun dekat Rutan dan Kantor Polisi.

        ReplyDelete
        Replies
        1. justru malah angker, ya. Udah pada gak takut sm polisi apa, ya?

          Delete
      4. semoga kehilangan hp ini juga pertanda akan mendapatkan hp baru yg lebih canggih ya mak :)

        ReplyDelete
      5. Sabar yaa mak, itu hp emang jatahe kudu ganti ya mak.. Hehe..
        Mak myra keren, tenang banget

        ReplyDelete
      6. Waah, aku juga pernah mengalaminya, hiks....semoga segera diganti Allah yang lebih bagus Hp-nya ya, Mak.

        ReplyDelete
      7. Salut mak bisa tenang nyampein hp hilanh, coba saya udah nangis bombay.
        Gpp mak ikhlaskan saja, insya allah dapet hp baru yg lebih bagus. Hikmahnya dimana dan kapan pun harus waspada ya.

        ReplyDelete
        Replies
        1. mungkin karena udah ada firasat gak enak dulu sebelumnya kali, ya :)

          Delete
      8. Tiap kali keilangan barang, aku nganggabnya berarti itu ga rezekiku lagi mba :) Jd ga berat utk ikhlasinnya.. untung hp nya udh lama dan sering error ya... jd makin ga susah utk ikhlasin :D

        ReplyDelete
      9. Wah jadi kepikiran juga untuk ngelakuin tips-nya mbak Myra buat jaga-jaga. Pengalaman buat kita semoga agar hati-hati. Makasih sharing-nya mbak.

        ReplyDelete
      10. aku juga butuh hape yg baru nih mak, layar LCD kena, jadi tampilan layarnya garis-garism hehehe, #curcol..smg segera dpt hp baru mak..

        ReplyDelete
      11. Nggak apa2 lah a, Mak. HP udah rusak gini, hihihi. *komen nggak membantu* :D

        ReplyDelete
      12. berarti firasat selanjutnya dapat hapr yg lebih keceehhh

        ReplyDelete
      13. Senasib mbak sama suami, hapenya ilang juga kemarin pas piknik bareng serombongan. Salah dia juga sih, senengnya ngantongin hape di kantong celana, hihiiii

        Moga segera dapat ganti yang baru yaaa :D

        ReplyDelete
      14. Semoga terganti dengan yang lebih bagus ya mak :(

        ReplyDelete
      15. Akan ada rezeki yang lebih Berkah dan Melimpaaaah Mak
        :))

        ReplyDelete
      16. Semoga yg hilang itu dapat segera diganti ya mbak.

        ReplyDelete

      Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)