Asiknya Kumpul Keluarga di Villa Cempaka Ciater

Asiknya kumpul keluarga di Villa Cempaka, Ciater



Berkumpul Keluarga Saat Idulfitri Tahun 2013


Hampir basi ini postingan karena pertama kali jalan ke sana itu pertengahan Agustus 2013. Gak juga diposting jalan-jalannya karena banyak alasan hehehe. Tetapi, 2 minggu sebelum puasa tahun ini, keluarga besar saya kembali berkumpul di Villa Cempaka. Gak jadi basi deh tulisannya.

Villa sebelah kanan (bangunan kayu) yang kami pakai di tahun 2013
Namanya juga mendadak jalan-jalan, gak bawa makanan sama sekali. Untungnya ada tukang baso yang lewat

Pertama kali ke sana itu awal pertengahan Agustus 2013. Sama sekali gak direncanakan mau ke Villa Cempaka. Saat itu lagi kumpul keluarga karena Idulfitri. Kemudian dari ngobrol ngalor-ngidul langsung sepakat untuk main ke Villa Cempaka saat itu juga. Telpon ke sana dulu untuk menanyakan villa yang tersedia. Begitu dibilang masih ada, kami langsung berangkat gak pake mikir panjang lagi hehehe.

Mencari lokasi villa Cempaka gak sulit. Karena berada dekat pintu gerbang utama Sari Ater. Udah banyak yang tau pastinya kalau Sari Ater, ya. Jadi kalau bingung, tinggal tanya aja arah ke Sari Ater. Insya Allah gak nyasar, deh. Karena memang lokasinya sangat dekat dengan Sari Ater.

Yang mungkin agak sedikit membingungkan adalah di pintu masuk villa tertulisnya kampung wisata Pondok Cempaka. Padahal di beberapa akun medsosnya termasuk website tertulis Villa Cempaka. Tapi gak usah bingung, kalau udah ketemu tulisan Pondok Cempaka, masuk aja. Mau villa atau pondok, yang pasti penginapan yang namanya cempaka di sana cuma 1😁

Di deretan ini villanya gak ada halaman, langsung parkiran. Ada juga villa yang dekat dengan kebun teh. Macem-macem lah pokoknya.

Di villa Cempaka ada beberapa tipe villa dengan beragam ukuran. Ada yang 3 kamar bahkan yang cuma 1 kamar juga ada. Kami dapat villa dengan 3 kamar tidur. Lokasi villa yang kami tempati termasuk yang paling nyaman. Berada di lokasi terdepan, tapi agak tersembunyi sehingga lumayan sunyi kecuali suara keluarga besar saya yang memang selalu ramai hehehe. Di depan villa juga memiliki halaman rumput yang lumayan luas. Karena memang ada villa yang gak ada halamannya alias langsung parkiran di depan villa.

Ada kolam renang di villa ini yang terletak di 2 lokasi. Lokasi pertama ada di area atas. Di area ini terdapat kolam renangnya paling ramai. Berbeda dengan kolam renang kedua yang berada di area bawah. Mungkin karena kolam renang di area bawah cukup dalam untuk anak-anak, ya. Jadi lebih ramai kolam yang di atas. Tetapi, keduanya ada kolam air panas dan dingin.

Nai dan sepupunya lagi berendam. Saya juga lebih memilih berendam di kamar mandinya😄

Saya sebetulnya lebih suka berendam di kamar mandi. Kamar mandinya itu berupa bak besar untuk berendam air hangat yang mengandung belerang. Sayangnya kamar mandinya menyatu dengan toilet. Gak bisa lama-lama berendamnya. Karena ada aja yang kepengen ke toilet hahaha. Harusnya dipisah letaknya, ya.

3 dari 2 kolam renangnya adalah air hangat yang mengandung belerang. Di daerah Ciater kan memang terkenal dengan tempat berendam dengan air belerang. Karena dekat dengan gunung Tangkuban Perahu.

Ini kolam renang di area atas. Dekat dengan kebun teh. Kalau yang di area bawah, ada di foto yang paling atas dari postingan ini

Berendam dan berenang di air hangat memang menyenangkan. Yang harus diketahui adalah berendam di air belerang itu gak boleh lama-lama. Paling lama 15 menit udah cukup. Kalaupun mau berlama-lama, setiap 15 menit istirahat dulu. Baru berendam lagi. Tapi namanya juga anak-anak, mana betah kalau cuma sebentar main air. Akhirnya, Keke yang baru aja disunat nangis jejeritan kesakitan. Alat vitalnya nyeri banget katanya.

[Silakan baca: Keke Sunat di Rumah Sunatan]

Melihat Keke yang terus-terusan nangis, kami yang tadinya ingin menginap jadi mendadak memilih pulang di hari itu juga. Beginilah kalau apa-apa serba mendadak. Mendadak memutuskan jalan-jalan. Gak apa-apalah gak bawa baju ganti juga hehehe. Kamudian mendadak pengen pada menginap karena cukup nyaman. Etapi gak taunya Keke kesakitan. Selepas maghrib suhu udara di Villa Cempaka dingin banget. Banyak yang menggigil. Mana gak ada yang bawa baju hangat. Ya, memang udah tepat deh memutuskan pulang malam itu juga.

Kami sempatkan makan malam dulu di sekitar lembang. Dan untuk pertama kalinya saya mencoba sate kelinci hehehe.

[Silakan baca: Menyantap Sate Kelinci, Berani?]


Kalau gak ada yang nangis kesakitan kayaknya pengen mendadak nginep ajah :D



Kumpul Lagi di Bulan Ramadan tahun 2015


Keluarga besar saya kembali berkumpul di Villa Cempaka. Kalau kunjungan pertama serba spontan, tapi tidak dengan kunjungan kedua. Direncanakan dari jauh-jauh hari. Entah benar atau tidak, katanya kalau direncanakan jauh-jauh hari itu justru suka ada aja gagalnya. Untungnya kali ini jadi hehehe

Villa yang kami tempati beberapa minggu lalu. Ada 4 villa yang berjajar. 1 villa isinya 3 kamar. Kami pakai villa yang di tengah.
Karena direncanakan, rombongan keluarga yang dari Bandung udah siap masak untuk makan di sana. Nasi timbel plus lauk-pauknya yang khas Sunda banget 😋

Kami sekeluarga berangkat lewat jalur Subang. Kami pikir jaraknya lebih dekat kalau lewat Subang sehingga bisa sampe lebih cepat. Ternyata perkiraan kami salah. Di salah satu daerah *saya lupa namanya* jalannya banyak yang rusak, berdebu, dan banyak truk pula. Mana bisa jalan cepat kalau kayak gitu. Daerah yang kami lewati juga gersang banget dan susah cari resto. Padahal perut udah protes, terutama perut anak-anak. Ya saking senang mau jalan-jalan, mereka susah disuruh sarapan.

Untung akhirnya ketemu Indomaret. Bener-bener penyelamat di saat lapar ini Indomaret hahaha. Ya, paling enggak bisa beli roti dan berbagai camilan dulu, lah. Sampe akhirnya kami ketemu resto yang kelihatannya lumayan ramai. Tapi, saya gak tau nama restonya. Berkali-kali nyari gak kelihatan ada plang namanya. Ya sudahlah, yang penting makan :D


Ada kolam renang di area bawah

Restonya bersih, mungkin karena masih baru kayaknya. Makanannya prasmanan, tapi gak terlalu banyak pilihan.  Rasa makanannya, lumayan lah. Eh, gak taunya gak jauh dari lokasi ini berderet beberapa resto besar. Ah ya sudahlah. Setidaknya perut udah kenyang😆

Rencana awalnya, begitu sampe Ciater kami mau main ke Sari Ater dulu. Tapi, karena sampe Ciater udah agak sore *kalau gak salah sekitar pukul 14.30 wib*, saya dan suami tanya ke anak-anak mau lanjut ke Sari Ater atau langsung istirahat di villa? Anak-anak tetep pengen main di Sari Ater. Ya udah lanjut dulu deh ke Sari Ater. *Cerita tentang Sari Ater di postingan berikutnya, ya.

[Silakan baca: Main di Sari Ater Sebentar Saja]



Setelah puas main di Sari Ater, kami langsung ke villa. Gak sampe 10 menit, udah sampe di villa Cempaka. Melihat beberapa keluarga lagi pada berenang, Keke dan Nai langsung minta berenang. Gak ada capenya ini anak-anak. 😊

Kumpul keluarga memang selalu seru. Ada aja yang diobrolin dan dibecandain. Tapi, kayaknya gak ada yang kuat begadang, termasuk saya. Pukul 21.00 wib udah pada tidur semua hehehe. Ya, mungkin karena udara lumayan dingin, trus pada kecapean juga.


2 generasi yang berbeda. Generasi jadul asik makan sambil ngobrol-ngobrol. Yang ABG pada asik dengan gadgetnya :D
Generasi yang lebih kecil lagi, malah asik main kartu hehehe

Pagi-pagi, udah pada berenang lagi. Tapi, seperti yang saya bilang di awal kalau berenang di air belerang memang sebaiknya gak boleh terlalu lama. Pagi itu Keke gak berlama-lama berenangnya. Dia merasa agak perih dibagian paha. Berbeda dengan 2 tahun lalu dimana Keke nunggu sampe perih banget baru keluar dari air. Kali ini dia udah mulai bisa mengukur diri. Setelah mulai terasa agak perih, dia langsung naik, mandi, kemudian tidur (lagi).

Nai yang agak lama berenangnya. Baru berasa perih di tengkuk setelah puas berenang. Selama beberapa hari setelahnya, tengkuk Nai terlihat agak melepuh. Untungnya pas main inline skate di TMII udah mengering lukanya. Kebayang gak nyamannya, panas-panasan dengan tengkuk yang melepuh.


Foto-foto dulu di kebun teh

Ketika yang lain berenang, saya bersama para bibi jalan kaki ke parkiran Sari Ater. Cari nanas dan sayur. Tapi, tukang sayur belum jualan pas kami ke sana. Kata beberapa penjual nanas, tukang sayur jualannya rada siang. Itu pun belum tentu. Ya jadinya kami beli nanas aja, deh.

Pengalaman kami kalau beli nanas di sana, mending serahkan sama penjualnya. Tinggal bilang aja minta pilihin yang manis. Beneran dikasih yang manis. Kalau kami yang pilih sendiri suka dapet yang asem. Kayaknya emang pada gak punya bakat memilih nanas hahaha.



Di Villa Cempaka ini, berbagai tukang jualan bebas keluar-masuk. Dari tukang makanan sampe tukang jualan sendal juga ada hehe. Ada enak dan enggaknya, sih. Kalau laper, tinggal tungguin aja tukang bakso atau cuankie lewat. Gak enaknya adalah lokasi villa jadi kurang privasi. Siapapun bisa masuk. Sebaiknya jangan ninggalin villa dalam keadaan kosong tanpa dikunci. Bukan menuduh para pedagang tersebut, tapi gak ada salahnya kita berjaga-jaga, kan?

Kami semua pulang sebelum pukul 11.00 wib. Keke dan Nai ikut keluarga besar naik bis. Keluarga besar yang dari Bandung memang nyewa bis. Sedangkan saya dan suami ke undangan pernikahan dulu. Coba kalau gak ada acara undangan pernikahan, kayaknya baru pulang dari sana sore hari. Ya udahlah kapan-kapan lagi kumpul keluarga di sana. Mungkin setelah lebaran? 😘


Update (30/10)


Villa Cempaka Sariater


Jl Sariater No 10, Subang Jawa Barat

Telp:  0853-5689-3000

www.vilacempakasariater.com

Email: cs@villacempakasariater.com

Post a Comment

22 Comments

  1. satu2 nya yang saya tau tentang ciater ya... air panasnya itu loh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! itu salah satu yang bikin terkenal di ciater :)

      Delete
  2. bakso selalu jadi andalan ya kalau kemana-mana :)

    ReplyDelete
  3. adem ya mak di Ciater, saya lupa lebaran taun berapa ke daerah sini. suami saya orang Subang (kec.pamanukan)

    ReplyDelete
  4. Akhhh senangnya kumpul keluarga, itu adem banget villanya mak...

    ReplyDelete
  5. Makanannya enak2..jd laferr..
    Villanya asyik ya mak...cakep.

    ReplyDelete
  6. pengeeen ke sanaaa.. *mulai engap dirumah hihi

    ReplyDelete
  7. haduh cuankienya... *glek* :D
    pgn jg ih nyobain villa cempaka ini sama ortu dan adik :)

    ReplyDelete
  8. Makan bakso di tengah udara dingin seger banget ya mbak. Apalagi makan bareng2 keluarga, makin lahap deh :)

    ReplyDelete
  9. sewa per malam di sana berapa ya mba..?

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)