ennichisai, little tokyo, blok m

Ennichisai - Little Tokyo di Jakarta



Jakarta adalah kota yang tidak pernah mati. Ayam berkokok saja masih ada istirahatnya, agar esok pagi tetap melaksanakan tugasnya. Tapi, Jakarta adalah kota yang selalu penuh dengan keramaian. Dari mulai macet di jalan hingga berbagai entertainment di mall atau di jalanan yang akan semakin memeriahkan Jakarta.

Jakarta juga bukan lagi didominasi keturunan Betawi. Jakarta sudah menjadi kota dengan warganya yang berasal dari berbagai suku bahkan dari mancanegara. Event budayanya pun bermacam-macam. Gak hanya budaya Indonesia, yang mancanegara pun ada. Merasakan suasana India, bisa ke daerah Pasar Baru. Suasana China Town, bisa ke Mangga Dua dan sekitarnya. Event budaya tahunan pun banyak, salah satunya Ennichisai. Sebuah event tahunan tentang Jepang tradisional dan modern.


ennichisai, little tokyo, blok m 
ennichisai, little tokyo, blok m
Hampir setahun lalu, saya sempat terdiam ketika membaca berita bahwa Ennichisai tidak lagi diadakan. Alasannya (katanya) karena banyaknya pungli liar begitu, deh. Padahal event ini sejak tahun 2012 sudah masuk agenda tahunan untuk memperingati ulang tahun Jakarta, lho.
 
'Yah, belum juga sempat ke sana, udah bubar eventnya,' keluh saya dalam hati.

Sudah lama saya tertarik untuk datang ke Ennichisai. Tapi, masih ragu karena khawatir anak-anak gak betah. Beruntung, untuk tahun ini, justru mereka yang meminta.

Ennichisai yang diadakan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan ini banyak yang bilang seperti little Tokyo. Saya belum pernah ke Tokyo. Tapi, memang ketika ke sana, saya cukup merasakan seperti di Tokyo. Event yang berisikan segala hal tentang Jepang, mulai dari kuliner, seni tradisional budaya Jepang, hingga JPop.


ennichisai, little tokyo, blok m

Kunjungan kami yang pertama tidak terlalu sukses. Sudah terlalu lelah karena akses ke sana sangat macet dan sangat susah mencari parkir.  Karena salah strategi, harapan anak saya untuk bisa melihat berbagai cosplay nyaris pupus. Pada kocar-kacir ketika hujan turun semakin deras. Melindungi wignya dan kostumnya supaya gak kebasahan. Yah, gimana mau foto bersama kalau kayak gitu.

ennichisai, little tokyo, blok m
ennichisai, little tokyo, blok m

Tapi, ya itulah Jakarta. Gak ada event aja macet, apalagi pas ada event. Sepertinya tahun depan kalau ada rencana ke Ennichisai lagi mau naik taxi atau bis saja, deh. Berbanding terbalik dengan 1 minggu sebelum Ennichisai. Saat itu long wiken, Jakarta sangat lengang. Kami bahkan bisa ke berbagai tempat sekaligus dalam 1 hari. Sesuatu hal yang nyaris gak mungkin kalau Jakarta lagi normal, nih. Karena Jakarta yang sebetulnya adalah Jakarta yang penuh keramaian selama 7x24 jam :)

ennichisai, little tokyo, blok m
ennichisai, little tokyo, blok m
Ketemu komunitas keren. Namanya Jakarta Osoji Club. Komunitas yang bergerak langsung membantu menjaga kebersihan kota Jakarta. Bisa ke di fanpage Jakarta Osoji Club