Nikmatnya Hidangan Spesial Imlek di Ming Dining

Ming Dining, hidangan spesial imlek

Nikmatnya hidangan spesial imlek di Ming Dining - Walaupun saya bukanlah etnis Tionghoa, tapi saya punya keinginan suatu saat bisa ikut melihat kemeriahan imlek. Kalau sekadar melihat barongsai atau liong saja saya pernah. Tapi, saya ingin sesekali melihat vihara, pawai di jalan, dan lain sebagainya.

Saat imlek lalu, saya sempat menginap di Bogor. Eh, ternyata menurut pihak hotel, kalau melihat keramaiannya justru pada saat Cap Go Meh. Wah, gagal melihat kemeriahan imlek, deh. Tapi, ternyata saya masih beruntung. Saya mendapat undangan dari Open Rice untuk menikmati hidangan spesial imlek di Ming Dining pada tanggal 20 Februari 2016


Hidangan Spesial Imlek di Ming Dining


Appetizer

Yu Sheng
Yu Sheng, IDR438K


Yu Sheng (dibaca Ye Sang) adalah hidangan pertama yang kami cicipi. Hidangan yang hanya disajikan saat imlek ternyata sarat dengan filosofi. Untuk sejarah dan filosofinya sudah saya ceritakan di postinga beberapa waktu lalu. (Silakan baca di: Yu Sheng, Hidangan Spesial Imlek yang Sarat Harapan).

Yu Sheng sepertinya masih sesuatu yang asing di Indonesia. Setidaknya, saya baru mendengarnya. Dari beberapa Sahabat KeNai yang berkomentar di postingan sebelumnya juga mayoritas mengatakan baru tau menu satu ini. Mungkin lain ceritanya kalau di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapore. Sepertinya menu ini sudah lebih dikenal di sana.


Ming Dining, hidangan spesial imlek

Rasanya enak dan segar. Pengen nambah dan nambah lagi. Memang agak sedikit kemanisan bagi saya, mungkin dari saus plumnya. Tapi, tenang aja. Di meja sudah disediakan cabe rawit yang sudah dirajang halus, bawang putih cincang, hingga saus cabai. Buat saya, menambahkan cabe rawit membuat ingin nambah dan nambah lagi :D


Main Course

Nasi Goreng Beras Merah
Nasi Goreng Beras Merah, IDR156K


Ada 5 main course yang disajikan, yaitu Nasi Goreng Beras Merah, Ayam Cabe ala Ming, Sapo Tahu Jamur dan Sayur, Buncis Zaitun Ayam Cincang, dan Ikan Gurame Goreng Saus ala Thai. Baru kali ini saya mencicipi beras meras yang digoreng. Ternyata nasinya pulen juga. Ada udang di nasi gorengnya dan rasa manis dari jagung.

Sapo Tahu Jamur dan Sayur
Sapo Tahu Jamur dan Sayur, IDR136K


Karena saya suka beraneka menu jamur jadi suka, deh, dengan potongan jamur yang besar dari Sapo Tahu Jamur dan Sayur. Tekstur jamurnya kenyal dan berpadu dengan tahu sutra yang sangat lebut di lidah. Untuk sayurnya, diberi potongan wortel.

Ayam Cabe ala Ming
Ayam Cabe ala Ming, IDR176K


Ayam cabe ala Ming juga enak. Buat saya, tektur ayamnya agak keras. Dan saya memang tidak begitu menyukai ayam yang digoreng kering. Tapi perpaduan bumbunya saya suka. Ada rasa semburat manis dan asin di lidah. Walaupun dinamakan ayam cabe, ternyata rasanya gak pedas, kok.

Buncis Zaitun dan Ayam Cincang
Buncis Zaitun dan Ayam Cincang, IDR136K


Buncis Zaitun dan Ayam Cincang ini bikin saya terkejut. Tadinya saya pikir serbuk berwarna putih itu bawang putih goreng yang dicincang halus. Tapi, beberapa saya mencicipi, rasanya seperti bukan bawang putih. Memang enak, tapi itu bukan bawang putih. Karena penasaran, saya pun memanggil waiter dan bertanya. Ternyata serbuk coklat itu adalah cincangan ayam dan zaitun. Buncisnya masih berasa 'kres'nya. Jadi masih terasa segar ketika disantap.

Ikan Gurame Goreng Saus ala Thai
Ikan Gurame Goreng Saus ala Thai, IDR380K


Ternyata gak seluruhnya chinese food yang dihidangkan saat itu. Ada satu masakan ala Thai yang disajikan, yaitu Ikan Gurame Goreng Saus ala Thai. Salah satu ciri khas hidangan ala Thai adalah rasa segar. Untuk hidangan spesial ini, rasa segar ada di sausnya. Kesegaran berasal dari nanas, ditambah ada potongan nanas di sausnya.


Dessert

Xi Mi Lu
Xi Mi Lu, IDR29K


Xi Mi Lu terdiri dari potongan pepaya, semangka, melon, dan jelly yang diberi kuah susu. Rasanya manis dan dingin. Cukuplah untuk menutup santapan kami di hari itu.

Menu yang disajikan di atas (berikut harganya) memang harga per porsi. Tapi, tentu saja bukan untuk dimakan sendiri, kecuali untuk Xi Mi Lu. Apabila Sahabat KeNai, tertarik bisa ajak keluarga atau kerabat makan bersama di Ming Dining sekitar 10-12 orang.


Tentang Ming Dining



Salah satu ruangan di Ming Dining


Acara diawali dengan mendengar sambutan serta penjelasan dari pak Steven tentang Ming Dining. Ming Ding sudah ada di Senayan City sejak tahun 2008. Saat itu masih bernama Ming Village. Sejak melakukan renovasi secara besar-besaran di tahun 2014, namanya pun berubah menjadi Ming Dining. Renovasi besar-besaran juga merubah konsep dari restoran ini. Ada kata dining kata konsepnya adalah semi fine dining. Ming Dining menyajikan makanan Cantonese. Meskipun Chinese food tidak ada satupun makanan yang mengandung pork.

Tepat di samping Ming Dining, ada satu space kecil dengan nuansa yang lebih terang dan muda bernama Little Ming. Masih satu group juga tapi konsepnya berbeda. Dinamakan Little Ming karena targetnya adalah anak muda. Sedangkan konsep Ming Dining adalah untuk yang lebih formal. Makan bersama keluarga atau bisnis adalah konsep dari Ming Dining. Untuk menu, di Little Ming menyajikan menu fushion perpaduan antara Japanese dan Chinese Food.

Memang terlihat perbedaan yang cukup mencolok antara Ming Dining dan Little Ming. Little Ming terkesan lebih santai. Sedangkan Ming Dining lebih formal dengan dominasi warna merah. Di Ming Dining penataan meja semua round table. Dan ada ruang privat juga di sana.


Ming Dining


Senayan City, Lantai 3
Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta
Open Hours: 10.00 s/d 22.00 wib 

Post a Comment

14 Comments

  1. Waah ini resto fav keluargaku ;D.. makanan2nya emg juara mbak... kalo ada yg ultah ato cuma sekedar pgn kumpul2 keluarga, kita biasanya di sana.. krn nyaman juga tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, makanannya enak-enak. Tempatnya juga nyaman buat kumpul keluarga

      Delete
  2. Aku kok terasa asing ya mbak dengan makanan - makanan itu, hehehe... Tapi sepertinya dari ulasan mbak, makanannya menarik untuk di coba. Wokelah kapan - kapan tak nyoba chinese food :-)

    ReplyDelete
  3. Nasi goreng beras merah n sapo tahunya menggoda banget mak...
    Asyik ya mak bisa nyobain menu2 imlek jd nambah pengetahuan rasa yg baru ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata beras merah kalau dibikin nasgor rasanya enak juga :)

      Delete
  4. Asyik, wajib di coba nih restoran. 😃😃

    ReplyDelete
  5. Wow makanannya bikin ngiler semua, terutama Yu Sheng nya itu :)

    ReplyDelete
  6. Makanannya menggoda, tapi harganya bikin mewek xixixi. Tapi klo rasanya enak ya worth it lha :D

    ReplyDelete
  7. Wah cincangan ayamnya bs sampai kecil2 gitu ya...

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)