Melawan lupa bersama Meutia Mansur


Tentang Meutia Mansur


Blog dengan dasar putih dan hijau di beberapa bagian, menarik perhatian saya. Terlihat bersih dan terasa adem ketika saya blogwalking ke sana. Meutia Mansur adalah pemilik blog www.meutiarahmah.com. Perempuan bernama lengkap Meutia Rahmah Mansur in biasa dipanggi Tia atau Meutia.

Kegiatan sehari-hari Tia adalah menjadi pengajar di IAIN Langsa Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Serta menjadi supervisor Qatar Charity Aceh untuk anak-anak yatim khususnya dalam bidang pendidikan. Hobi menulisnya dimulai sejak mondok selama 6 tahun. Tia mengakui kalau lebih menyenangi belajar bahasa Arab dibandingkan bahasa Inggris. Itulah kenapa akhirnya memilih jurusan bahasa Arab saat kuliah. Menuangkan berbagai pengalaman di blognya, mungkin yang dimaksud dengan Melawan Lupa.


Postingan Favorit


Saya sempat galau memilih antara label traveling atau Culinary di blog Tia yang akan saya jadikan salah satu postingan terfavorit. Tahun 2009, Tia pernah mengambil program pascasarjana dengan kosentrasi pendidikan bahasa arab untuk non Arab di Khartoum. Di kategori Travelling, ada beberapa postingan perjalanan Tia selama di Khartoum dan Mesir. Sedangkan di kategori Culinary ada juga postingan tentang kuliner Timur Tengah. Tapi yang terbanyak adalah postingan kuliner Aceh.

"Tha'Miyah Gorengannya Timur Tengah" menjadi pilihan saya. Sebagai penggemar gorengan kelas berat, saya tertarik mengetahui camilan ala Timur Tengah ini.


Komposisi tha'miyah terdiri dari; kacang arab, lada hitam, bawang putih, backing powder, ketumbar, daun ketumbar dan sedikit garam. Semua bahan dihaluskan kemudian dibentuk bulatan kecil lalu digoreng dalam minyak panas. Tha'miyah ini sendiri disajikan di dalam roti pipih atau sering disebut lafa, atau isy roti yang terbuat dari gandum. Tha'miyah ini sendiri banyak dijual sebagai makanan cepat saji, dengan menambahkan slada, asinan, acar sayuran  serta saus dan mayones. 

Katanya kalau pakai isi biasanya ditambahkan telur mata sapi atau bisa juga kentang goreng. Hmmm... jadi semacam camilan berat kayaknya kalau lihat komposisinya, ya. Bisa-bisa saya gak makan utama lagi kalau ada kesempatan nyicipin Tha'miyah kayaknya hehehe.

Saran


Kali ini mau tanya aja. Kapan kategori tentang belajar bahasa Arab yang mudah dan cepat segera direalisasikan? Saya penasaran banget sama isinya karena teringat ma Keke dan Nai yang dapat pelajaran bahasa Arab di sekolah. Saya kibar bendera putih, deh. Gak ngertiiii ... Ya kali aja kalau ada yang kasih tutorial mudah dan cepat, saya jadi mengerti bahasa Arab. Paling enggak, saya jadi bisa mengajari Keke dan Nai pelajaran bahasa Arab :D

Ditunggu, ya :)


Meutia Mansur


www.meutiarahmah.com

Twitter : @meutimansur
Instagram : @meutiamansur
FB : Meutia mansur