Tumpah Ruah di Gudang Sarinah

Suami: "Bun, nanti awal bulan Ayah mau ikut bazaar di Gudang Sarinah."

Suami saya memang sudah sejak lama berjualan botol minum merk Nalgene dan Kor secara online. Sesekali saja ikut bazaar, termasuk yang di Gudang Sarinah.


Beberapa bulan lalu, kami berencana ke STC Senayan. Keke pengen beli kaset PS4. Setiap kali suami ikut bazaar di Gudang Sarinah, saya memilih di rumah saja. Mumpung berencana mau jalan ke STC, saya pun ajak suami untuk mampir ke Gudang Sarinah. Penasaran aja gitu ma tempatnya.


Tumpah Ruah di Gudang Sarinah

Sarinah mengingatkan saya pada nama sebuah department store yang pernah berjaya pada masanya. Kalau sekarang Jakarta udah dikepung mall di mana-mana, dulu pilihannya masih sedikit. Dan kalau belanja di Sarinah rasanya gaya banget, deh 😂

Sepertinya dulu saya jarang banget belanja di Sarinah. Tapi orang tua saya sering mengajak ke Sarinah kalau lagi ada karnaval bunga. Saya lupa apakah karnavalnya diadakan setiap hari kemerdekaan RI atau ulang tahun Jakarta. Tapi salah satu tempat terfavorit adalah dari Sarinah Thamrin. Makanya setiap kali melihat dna mengingat Sarinah, saya ingatnya selalu diajak nonton karnavalnya. Kalau belanjanya malah gak inget. Atau jangan-jangan dulu gak pernah belanja di sana? Hehehe.


Gudang Sarinah ini dulunya adalah tempat untuk menyimpan berbagai barang dagangan dari Sarinah Department Store. Seiring dengan meredupnya pertokoan Sarinah, gudangnya pun terbengkalai. Baru pada tahun 2015, Gudang Sarinah mulai terlihat 'hidup' lagi setelah enam komunitas/organisasi kesenian (ruangrupa, Forum Lenteng, Serrum, Grafis Huru Hara, Jakarta 32 Derajat C, dan OK) sepakat untuk bekerja sama mengadakan berbagai program kesenian di sana.


Tumpah Ruah yang Menarik


Tumpah Ruah adalah salah satu kegiatan rutin dari Gudang Sarinah yang diadakan setiap awal bulan. Di sana ada 3 gudang besar yaitu Hall A, Hall B, dan Hall C. Tumpah Ruah ada di Hall B. Tumpah Ruah itu semacam bazaar. Dan di dalamnya terbagi 2 yaitu pasar barang dan pasar kuliner.

bazaar pakaian tumpah ruah

Di pasar barang ada berbagai barang yang dijual. Fashion, buku, boneka, pernak-pernik, dan lain sebagainya. Ada beberapa tenant yang menjual barang-barang unik. Baju-baju yang dijual di sana juga lucu-lucu apalagi buat remaja. Saya sempat tertarik mau beliin celana buat Nai, sayangnya gak ada size buat dia dari barang yang udah dipilih. Kalau pasar kuliner tentu aja isinya makanan dan minuman. Tapi di area kuliner juga ada area untuk bikin craft gitu.

Masih leluasa untuk mencari tempat duduk karena masih pagi
kuliner tumpah ruah
Nasi goreng padang Masakan Rangkayo, IDR40K


Saat itu kami datang agak kepagian. Tenant makanan masih banyak yang menyiapkan dagangannya. Kalau di area pasar barang udah pada tertata. Kami pun langsung cari makan untuk sarapan. Keke dan ayahnya beli nasi goreng yang harganya lumayan mahal untuk porsi yang agak sedikit. Rasa nasi gorengnya enak tapi mau beli lagi agak mikir ma harganya. Kayaknya sesuai dengan namanya 'Masakan Rangkayo' 😂

mango sticky rice

Saya memilih Mango Sticky Rice yang ternyata rasanya belum berhasil memikat lidah saya. Beberapa kali nyobain menu asal Thailand ini belum juga berhasil bikin saya suka. Suami dan anak-anak juga gak suka. Bahkan bikinan salah seorang chef ternama sekalipun saat saya ikut cooking class tetap belum klik di lidah saya. Apa harus jalan-jalan ke Thailand dulu gitu ya supaya bisa suka ma kuliner yang satu ini? 😁

Trus, kenapa juga pilih mango sticky rice kalau memang gak suka? Karena saya suka mangga makanya saya masih penasaran dengan mango sticky rice. Tapi akhirnya selalu aja mangga dan ketannya dimakan terpisah. Kalau Nai, seingat saya dia beli dim sum.



Namanya juga gudang, jadi bentuk bangunannya pun memang seperti gudang. Kalau mau main ke Tumpah Ruah, mendingan pakai baju yang kasual, menyerap keringat, tapi gaya deh. Gudangnya tidak ber-AC jadi siap-siap aja kegerahan. Tapi banyak grafiti keren di area Street Dealin' yang bisa dijadiin spot buat foto-foto. Makin siang pun makin ramai dengan pengunjung.

Jakarta 32’c (baca: Jakarta 32 Derajat C) adalah perhelatan seni rupa dua tahunan yang menampilkan karya-karya visual terbaik mahasiswa se-Jakarta. OK. Video: Indonesia Media Arts Festival merupakan sebuah festival seni media internasional di Indonesia yang sejak 2003 diadakan setiap dua tahun sekali. ruangrupa adalah organisasi seni rupa kontemporer yang didirikan pada 2000 oleh sekelompok seniman di Jakarta. Grafis Huru Hara (GHH) berdiri sejak 2012, merupakan sebuah kelompok pegiat seni grafis yang berbasis di Jakarta. Forum Lenteng berdiri sejak 2003 adalah organisasi nirlaba egaliter yang didirikan sebagai sarana pengembangan studi sosial dan budaya. Serrum yang didirikan pada 2006 oleh beberapa mahasiswa pendidikan seni rupa Universitas Negeri Jakarta adalah perkumpulan studi seni rupa dan pendidikan.

Sumber: www.gudangsarinah.com

Masih banyak lagi kegiatan kesenian di Gudang Sarinah. Buat Sahabat KeNai yang tertarik dunia seni atau sekadar penasaran dengan aktivitas di Gudang Sarinah, bisa sesekali main ke sana. Bisa juga cek website Gudang Sarinah dulu untuk mengetahui aktivitas di sana. Beberapa kegiatan dari Gudang Sarinah juga pernah diadakan di RRREC Fest in The Valley. Salah duanya adalah Grafis Huru Hara dan Pasar Ilmu.

[Silakan baca: Piknik Lagi di RRREC Fest In The Valley 2017 - Hari Terakhir]

Kalau Sahabat KeNai tertarik jadi tenant, mending follow IG Tumpah Ruah atau Gudang Sarinah, deh. Pengalaman suami saya jadi tenant di sana, harus cepet-cepetan. Tempatnya terbatas dan banyak yang berminat jadi tenant.

(Update 2/1 '19) - Tumpah Ruah tidak lagi di Gudang Sarinah Pancoran. Bila Sahabat KeNai mau cari info tentang Tumpah Ruah, sebaiknya lihat IGnya.


Tumpah Ruah


Post a Comment

40 Comments

  1. Tumpah ruah menarik banget ya... Tp kalo gak ada ac nya kayaknya bakal jd gak nyaman hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama gak seharian, kayaknya nyaman-nyaman aja kalau buat saya hehehe

      Delete
  2. Dari dulu penasaran sama tempat ini, sayangnya minim info. Blog post kayak gini membantu banget. Tengkiyuuu!

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. lain kali ajak Mbak Tanti. Biar Mbak Tanti aja yang manak mango sticky rice hehehe

      Delete
  4. Mirip pasar kaget kalo di tempat saya, itu acara awal bulanan, sama sih ada kuliner, pasar barang, kesenian, yang gaada cuman Masakan Rangkayo haha adanya Masakan Rangdeso hihi

    ReplyDelete
  5. wah membaca ulasannya menarik nih, apalagi ada craft , wah tambah pingin

    ReplyDelete
  6. Harganya tumpah ruah juga gak ya? Hehe.
    Asik nih, aku malah baru tau ada gudang sarinah

    ReplyDelete
  7. OMG Seru banget ini mbaaa
    sangat artsy!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  8. udah tau ini udah lama, dulu nampaknya belum booming tp skarang udah makin ramai dan makin banyak yg tau. kapan-kapan mau mampir ah :)

    wwww.elisabethgultom.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  9. Kok saya dulu lama di Bekasi dan Jakarta gak pernah tahu ada ini ya 😂kayaknya nanti kalau pas ke Jakarta mau ajak suami ke sini deh... harus tahu dulu jadwalnya ya...?

    ReplyDelete
  10. Ya amppuuunnn kok aku baru tau ya ada acara beginii :D. 11 thn di jkt kemana ajaaa hahahaha.. Ihhsss yg begini biasanya yg srg bikin laper mata trus kalap belanja mba :D. Tp aku baru tau kalo sarinah itu dulu dept store.. Pas dtg ke jkt perasaan sarinah udh yg seperti skr, banyak tempat makan aja :). Trnyata dulu mall yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena baru dihidupkan lagi tahun 2015. Jadi relatif masih baru juga :D

      Delete
  11. Seru jugaaaa, coba kalo ada AC nya pasti akan lebih nyaman. Tapi banyak spot unik dan menarik ya buat foto2 :D

    ReplyDelete
  12. Tumpah Ruah beneran tiap awal bulan selalu ada nih? Seru banget kalau ada bazaar bukunya di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya begitu. Tapi mending cari info di akun IGnya aja. Kadang pernah juga gak digelar

      Delete
  13. Asik banget ya kalau kesitu, mupeng mesti.
    Btw, pengen nyobain deh nasi goreng padangnnya, enak sepertinya. Apalagi penikmat nasgor sepertiku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasgornya beneran enak rasanya. cuma ya itu porsinya sedikit hehehe

      Delete
  14. penasarannnn dengan mango sticky rice

    ReplyDelete
  15. Hahaha,,, setuju mbak kalau nasi gorengnya mahal, lawong segitu kok 40 ribu. Ah, kalau anak kos ala mahasiswa dengan 40 ribu bisa buat makan selama 3 hari mbak, hehehe. Dan satu lagi asyik kalau gudangnya tanpa AC, kalau dikasih AC ntar malah seperti ruang kerja kantor, hehehe Pizzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi sesekali gak apa-apa lah cobain nasgor segitu hehehe

      Delete
  16. Wakakakaka masakan rangkayo harfiah banged. 40k mahal lah kalo nasgor doang.
    Aku blom nyoba mango rice gitu. Kok kayanya janggal nasi sama buah gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat yang suka, rasanya enak. Tapi saya memang gak suka :D

      Delete
  17. Aku belum pernah ke sini nih mba.. liatnya seru dan asyik yaaa. Kegiatannya oke2 tuuh

    ReplyDelete
  18. Sedih ya ingat Sarinah. Aku baru sekali ke Sarinah dulu di lantai craft & batik. Btw, itu si abang udah lebih tinggi dari papanya ya. Time flies.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekarang juga maish konsisten jual produk Indonesia. Semua produknya bagus-bagus. Cuma ya itu sayangnya sepi. Kalaupun ada yang elanja kebanyakan wisatawan

      Delete
  19. Hwaaa deket rumah kakakku ternyata

    ReplyDelete
  20. jaraknya cukup dekat, melipir ah

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)