Nuansa China Klasik di Fook Yew Gandaria City - Bulan Ramadan tahun lalu, papah mengajak kami semua berkumpul untuk berbuka puasa bersama. Sebetulnya saya dan suami biasanya paling males buka puasa di resto. Kalaupun ada undangan berbuka puasa, biasanya lihat dulu siapa dan di mana undangannya. Kalau di resto dan sekiranya tempat tersebut ramai, biasanya kami menolak undangan tersebut dengan halus. Tetapi, karena kali ini papah yang ngundang, kami pun gak bisa menolak. Apalagi sehari sebelumnya papah berulang tahun. Jadi sekalian syukuran juga.

fook yew gandaria city

Papah termasuk tipe yang loyal kalau urusan milih resto. Paling cuma beberapa resto aja yang selalu papah datangi. Biasanya tuh Jun Njan, Bandar Djakarta, atau Penang Bistro. Diantara ketiganya, paling sering di Jun Njan Grand Indonesia (GI). Makanya kami sempet bingung, tumben-tumbenan ngajaknya ke Fook Yew Gandaria City (Gancit). Apalagi setahu saya, Fook Yew juga ada di GI.

Kata Adhi, adik saya, pilihan jatuh ke Gancit karena udah beberapa hari jalanan menuju GI tuh macet parah. Gak tau apa penyebabnya, tapi untuk sementara jadi malas ke mall di kawasan Jakarta Pusat itu. Pilihan pun jatuh ke Gancit, tetap karena gak ada Jun Njan, akhirnya memilih Fook Yew.


Dalam bahasa China, 'Fook' berarti keberuntungan. Sedangkan 'Yew' berarti pertemanan.

Bukan berarti jalan menuju Gancit lancar jaya. Kami sekeluarga terkena macet. Udah gitu cari parkirnya juga susah. Akhirnya kami baru sampai Fook Yew beberapa saat setelah berbuka puasa. Enaknya sih gak harus berlama-lama duduk di resto sambil menunggu waktu berbuka.

[Silakan baca: Nikmatnya Hidangan Spesial Imlek di Ming Dining]

Nyebelinnya kalau bukber di resto kan gitu. Buka puasanya jam berapa, tapi udah duduk di resto dari sore. Itulah kenapa kami suka males bukber di luar hehehe. Nah, gak enaknya datang terlambat adalah kami gak bisa ikut memilih makanan. Kalau lagi kumpul keluarga, kami seringnya makan tengah. Alias pilih beberapa menu untuk dikonsumsi bersama. Tapi, sebetulnya gak masalah siapapun yang memilih. Saya percaya dengan selera papah yang biasanya memang enak. Hanya gak bisa difoto aja makanannya karena kami terlambat πŸ˜‚


fook yew, menu berbuka puasa, gandaria city
Fook Yew Gandaria City

Semuanya udah pada mulai makan saat kami datang. Ya gak mungkin juga lah melarang untuk jangan makan dulu sebelum kami datang, kan? Apalagi ini suasana berbuka puasa. Pasti udah pada lapar.

Bahkan fotoin suasana di resto aja udah gak kepikiran. Rasa makanan yang semuanya enak dan lapar juga turut membuat semangat untuk foto-foto agak menguap. Untuk harga, saya gak juga tau karena udah gak buka buku menu lagi. Begitu datang langsung makan lah pokoknya.

Dari semua makanan, ada salah satu yang paling saya suka. Gak tau namanya apa, tapi kayak ayam ditim gitu. Ayam yang ditim memang kesukaan papah. Kalau pesan Chinese food di manapun pasti menu ini selalu dipilih duluan sama papah. Tapi, biasanya rasanya agak hambar. Nah yang di Fook Yew ini lebih berasa dan lebih enak.

[Silakan baca: Yu Sheng - Hidangan Spesial Imlek yang Sarat Harapan]


fook yew

Suasana di Fook Yew termasuk Instagramable. Biasanya resto Chinese food yang pernah saya datangi suasananya formal. Meja makan yang bundar dengan kursi yang tinggi. Kalau di sini suasananya mengingatkan saya dengan nuansa China klasik. Kayak kedai makanan yang ada di film-film kungfu. Tapi, ada sentuhan modern juga karena warna-warnanya yang eye catching. Saya malah pernah foto-foto di depan resto Fook Yew GI, padahal makannya di tempat lain. Abis dari luar aja udah terlihat photoable, sih! πŸ˜„

Beberapa kali lihat Fook Yew yang di GI, selalu ramai. Di Gancit juga sama ramainya. Selain di kedua mall ini, Fook Yew juga ada di beberapa mall lain. Tetapi, saya gak tau apakah sama ramainya atau tidak.


es shanghai fook yew
Kalau lihat kemasannya, es shanghai-nya kayak yang banyak, ya? Tapi, sebetulnya gak banyak juga. Gak sampai dasar kotak esnya.
Fook Yew Gandaria City

Selesai makan, para krucil dipesenin dessert es shanghai. Pastinya pada kesenengan, lah. Es shanghainya juga enak. Bakal balik lagi? Boleh juga, apalagi kalau dibayarin lagi 😜

Selesai makan, belanja sebentar di LOTTE mart. Trus, agak lama muter-muter mall. Lupa mobil parkir di mana! Memang agak ribet tempat parkir di Gancit. Tapi, ambil positifnya aja. Anggap aja bakar kalori setelah makan enak di Fook Yew πŸ˜‚

[Silakan baca: Batagor Riasari dan Selera Tionghoa]


Fook Yew Gandaria City
Udah males beberes meja dulu sebelum foto. Wajah-wajah kekenyangan πŸ˜‚


Fook Yew, Gandaria City Mall