Nuansa China Klasik di Fook Yew Gandaria City

Nuansa China Klasik di Fook Yew Gandaria City - Bulan Ramadan tahun lalu, papah mengajak kami semua berkumpul untuk berbuka puasa bersama. Sebetulnya saya dan suami biasanya paling males buka puasa di resto. Kalaupun ada undangan berbuka puasa, biasanya lihat dulu siapa dan di mana undangannya. Kalau di resto dan sekiranya tempat tersebut ramai, biasanya kami menolak undangan tersebut dengan halus. Tetapi, karena kali ini papah yang ngundang, kami pun gak bisa menolak. Apalagi sehari sebelumnya papah berulang tahun. Jadi sekalian syukuran juga.

Nuansa China Klasik di Fook Yew Gandaria City

Papah termasuk tipe yang loyal kalau urusan milih resto. Paling cuma beberapa resto aja yang selalu papah datangi. Biasanya tuh Jun Njan, Bandar Djakarta, atau Penang Bistro. Diantara ketiganya, paling sering di Jun Njan Grand Indonesia (GI). Makanya kami sempet bingung, tumben-tumbenan ngajaknya ke Fook Yew Gandaria City (Gancit). Apalagi setahu saya, Fook Yew juga ada di GI.

Kata Adhi, adik saya, pilihan jatuh ke Gancit karena udah beberapa hari jalanan menuju GI tuh macet parah. Gak tau apa penyebabnya, tapi untuk sementara jadi malas ke mall di kawasan Jakarta Pusat itu. Pilihan pun jatuh ke Gancit, tetap karena gak ada Jun Njan, akhirnya memilih Fook Yew.


Dalam bahasa China, 'Fook' berarti keberuntungan. Sedangkan 'Yew' berarti pertemanan.

Bukan berarti jalan menuju Gancit lancar jaya. Kami sekeluarga terkena macet. Udah gitu cari parkirnya juga susah. Akhirnya kami baru sampai Fook Yew beberapa saat setelah berbuka puasa. Enaknya sih gak harus berlama-lama duduk di resto sambil menunggu waktu berbuka.

[Silakan baca: Nikmatnya Hidangan Spesial Imlek di Ming Dining]

Nyebelinnya kalau bukber di resto kan gitu. Buka puasanya jam berapa, tapi udah duduk di resto dari sore. Itulah kenapa kami suka males bukber di luar hehehe. Nah, gak enaknya datang terlambat adalah kami gak bisa ikut memilih makanan. Kalau lagi kumpul keluarga, kami seringnya makan tengah. Alias pilih beberapa menu untuk dikonsumsi bersama. Tapi, sebetulnya gak masalah siapapun yang memilih. Saya percaya dengan selera papah yang biasanya memang enak. Hanya gak bisa difoto aja makanannya karena kami terlambat 😂


fook yew, menu berbuka puasa, gandaria city
Fook Yew Gandaria City

Semuanya udah pada mulai makan saat kami datang. Ya gak mungkin juga lah melarang untuk jangan makan dulu sebelum kami datang, kan? Apalagi ini suasana berbuka puasa. Pasti udah pada lapar.

Bahkan fotoin suasana di resto aja udah gak kepikiran. Rasa makanan yang semuanya enak dan lapar juga turut membuat semangat untuk foto-foto agak menguap. Untuk harga, saya gak juga tau karena udah gak buka buku menu lagi. Begitu datang langsung makan lah pokoknya.

Dari semua makanan, ada salah satu yang paling saya suka. Gak tau namanya apa, tapi kayak ayam ditim gitu. Ayam yang ditim memang kesukaan papah. Kalau pesan Chinese food di manapun pasti menu ini selalu dipilih duluan sama papah. Tapi, biasanya rasanya agak hambar. Nah yang di Fook Yew ini lebih berasa dan lebih enak.

[Silakan baca: Yu Sheng - Hidangan Spesial Imlek yang Sarat Harapan]


fook yew

Suasana di Fook Yew termasuk Instagramable. Biasanya resto Chinese food yang pernah saya datangi suasananya formal. Meja makan yang bundar dengan kursi yang tinggi. Kalau di sini suasananya mengingatkan saya dengan nuansa China klasik. Kayak kedai makanan yang ada di film-film kungfu. Tapi, ada sentuhan modern juga karena warna-warnanya yang eye catching. Saya malah pernah foto-foto di depan resto Fook Yew GI, padahal makannya di tempat lain. Abis dari luar aja udah terlihat photoable, sih! 😄

Beberapa kali lihat Fook Yew yang di GI, selalu ramai. Di Gancit juga sama ramainya. Selain di kedua mall ini, Fook Yew juga ada di beberapa mall lain. Tetapi, saya gak tau apakah sama ramainya atau tidak.


es shanghai fook yew
Kalau lihat kemasannya, es shanghai-nya kayak yang banyak, ya? Tapi, sebetulnya gak banyak juga. Gak sampai dasar kotak esnya.
Fook Yew Gandaria City

Selesai makan, para krucil dipesenin dessert es shanghai. Pastinya pada kesenengan, lah. Es shanghainya juga enak. Bakal balik lagi? Boleh juga, apalagi kalau dibayarin lagi 😜

Selesai makan, belanja sebentar di LOTTE mart. Trus, agak lama muter-muter mall. Lupa mobil parkir di mana! Memang agak ribet tempat parkir di Gancit. Tapi, ambil positifnya aja. Anggap aja bakar kalori setelah makan enak di Fook Yew 😂

[Silakan baca: Batagor Riasari dan Selera Tionghoa]


Fook Yew, Gandaria City Mall








Post a Comment

34 Comments

  1. wah bokap lu selera nya sama dah ama gua. resto2 fave nya penang bistro, bandar djakarta sama njun njan itu juga resto2 yang gua suka. hahaha.

    ReplyDelete
  2. Jadi kapan kita nongki2 di Gancit Chiii..Gpp kita nge es shanghai ajah, pasti ga ada cireng di sana mah..

    Eh, sabtu ke kuningan donk, kita kopdaaar..

    ReplyDelete
  3. Es shanghai nya menggoda bangeeeet *glek. Gambar di dindingnya lucu-lucu serem ya haha

    ReplyDelete
  4. Duh makanannya, jadi kangen masakan China
    Dulu tiap hari masak, mikir menu hmmm ... kangen.

    ReplyDelete
  5. Fook Yew termasuk oke rasa makanannya. Saya gak nyobain yg di sini sih, tp yg di Grand Indo... Itu es shanghai kemasannya seru banget :)

    ReplyDelete
  6. resto chinesee emang terkenal enak2 sajian kulinernya. pagi2 jadi ngileeer laper liat makanan yummy ini..wkkki

    ReplyDelete
  7. Aku senang deh kalau ke resto yang kesannya klasik dan agak kesan kuno kuno gitu. Kayak terkenang masa lalu. Eaaa. Hhehe. Mba, untuk harga gimana? Agak lumayan level ke atas ya? Selera papa oke juga ya. Doa selalu untuk kesehatan papa :). Aamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak tau harganya karena waktu itu terlambat datang dan malas lihat buku menu lagi :D

      Delete
  8. Nuansa China nya kental banget ya mba, ya iyalah chiness food. Pasti enak nih makanannya.

    ReplyDelete
  9. Senangnyaa.. bisa buka puasa bareng keluarga besar.
    Itu es shanghainya menggoda banget😊

    ReplyDelete
  10. Makanannya terlihat enak, es shanghainya pun segar, trus interiornya kekinian banget tanpa meninggalkan identitas restonya. Oh ya, Fook Yew ini no pork kan ya, Mbak?

    ReplyDelete
  11. aku suka sekali dg pernak pernik yg berhubungan dg negeri cina, selalu warnanya terang

    ReplyDelete
  12. Filosofi namanya bagus yaa, keberuntungan dan pertemanan. Daan, sama kayak komentator di atasku, aku terpanggil oleh es shanghai. Haha

    ReplyDelete
  13. Aku dulu ke resto ini yang di GI.. tertarik karena dekorasinya lucuuu. Makanannya juga oke :)

    ReplyDelete
  14. Wah senengnya keluarga besar kumpul2 makan2 bareng mbak. Aduh itu es Shanghainya menggoda.

    ReplyDelete
  15. Deket rumah nih.sering lewat kalo mau ke lotte..lihat es shanghai jadi ngiler :p~

    ReplyDelete
  16. nah kalo ini aku kemarin pas ke gandaria gak keliatan :D

    ReplyDelete
  17. Mupeng ama es krimnya mba, keliatan menggoda, tapi ternyata ga banyak ya isinya hahaha
    Ini mah Chinesse nya merasuk hingga ke piring ya, bahkan piringnya pun ada nuansa Chinanya.
    Saya belum pernah deh kayaknya ke resto China, eh pernah ding sekali ama pak bos, dan sampai depan restonya saya gak mau masuk dulu, pura2 nelpon gitu di pinggir jalan, padahal googling, ini resto halal ga ya, wakakakaak
    Norak bin eror.
    Padahal ya saya berjilbab, ga mungkin si bos ajak di resto yang ga halal :D

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)