Pengalaman Menginap di Clove Garden Hotel Bandung

Setelah outbound di Grafika Cikole, kami pun menuju Clove Garden Hotel. Kami semua akan menginap di sana.

Jarak tempuh dari tempat outbound ke hotel sekitar 20 km dengan kondisi jalan yang sempit dan naik turun. Kalau pakai mobil, masih memungkinkan untuk sedikit selap-selip selama dari arah berlawanan kosong. Tetapi, kalau bis sepertinya sulit. Mana menjelang akhir pekan jalanan lumayan ramai. Di beberapa titik, kami pun terkena macet.

pengalaman menginap di clove garden hotel bandung

Pengalaman Menginap di Clove Garden Hotel Bandung



Bis juga gak bisa masuk ke hotel. Jalannya kecil dan lumayan menanjak. Bus harus parkir di sekitar TPU Cikutra. Itu sekitar 3 km-an dari hotel. Membutuhkan waktu tempuh 15 menit. Rombongan pun diangkut sedikit demi sedikit dengan mobil dari hotel dan sewa mobil online.

Ya, memang jadinya agak ribet dan memakan waktu. Itu aja kami hanya 1 bis. Lumayan lama juga nungguin mobil online atau kendaraan hotel datang. Mana hujan mulai turun dan mereka gak menunggu di bis. Saya kepikiran banget sama Keke yang ikut rombongan terakhir menuju hotel.

Eugene The Goat


eugene the goat, coffee shop di bandung

Karena kami menggunakan mobil pribadi, tentu aja sampainya lebih dulu dari rombongan. Setelah proses check in selesai, kami nongkrong di Eugene The Goat. Ini tuh coffee shop yang ada di Clove Garden Hotel.

Coffee shop ini punya Cinnamon Roll yang enak bangeeeet! Saking sukanya kami sampai beli beberapa kali. Dari mulai check ini hingga dibawa pulang setelah check out hehehe.

cinnamon roll eugene the goat
Tergila-gila dengan Cinnamon Roll Eugene The Goat

Kopinya juga enak. Saya suka banget dengan Creme Brulee Coffee di sini. Ini kali kedua mencicipi creme brulee coffee. Pengalaman pertama di salah satu resto kecil di Jakarta. Gak sesuai ekpektasi banget. Hanya cappucino yang ditaburi gula dan rasanya kemanisan.

Kalau di Eugene The Goat ini sesuai ekpektasi. Cappucino bagian atasnya dikasih karamel, kemudian di-torch. Jadi karamelnya mengeras. Menyenangkan mendengar bunyi 'krak' ketika karamelnya diketuk.

Sengaja hanya saya pecahkan. Biarkan larut dengan sendiri di kopi. Dan sebagian ada juga yang langsung saya makan. Rasanya tidak hanya manis, tetapi juga ada sedikit pahit khas karamel.


Back to Content ⇧

Suasana di Clove Garden


rooftop clove garden hotel
Pemandangan dari rooftop

Kalau untuk akses memang gak bersahabat bisa menggunakan bis larena gak bisa dilewati. Tetapi, lokasinya yang berada di atas, membuat suasanya terasa tenang. Cukup jauh dari keramaian.

Di sekelilingnya juga gak ada resto atau tempat hiburan lain. Ketika Keke dan teman-temannya kelaparan tengah malam, mereka akhirnya order via ojek online.


clove garden hotel bandung
Spot foto di meja resepsionis. Nuansa jadul banget, ya hehehe

Kami booking kamar type Deluxe Twin. Kamar berukuran 21 m2 ini memang gak besar. Tetapi, masih nyaman ditempati kami bertiga.

[Silakan baca: Serunya Outbound di Grafika Cikole]


Back to Content ⇧

Batal Hawaiian Party


hawaiian party clove garden hotel bandung

Rencananya malam hari akan digelar acara dengan tema Hawaii. Nanti akan diisi dengan berbagai hiburan dari masing-masing anak. Lokasinya outdoor di pinggir kolam renang. Pihak hotel sudah membuat dekorasi di pinggir kolam dengan sangat cantik.

acara perpisahan di clove garden hotel bandung

Sayangnya saat itu intensitas hujan memang sedang tinggi-tingginya. Dari sore sudah mulai gerimis. Setelah maghrib, hujan turun dengan deras tanpa terlihat ada tanda-tanda berhenti. Pupus sudah rencana mengadakan Hawaiian Party di pinggir kolam renang.

clove garden hotel bandung
Keke jadi MC acara

Acara tetap diadakan, tetapi di salah satu ruangan. Karena pindah mendadak, ruangannya tidak ada dekorasi sama sekali. Anak-anak pun terlihat agak kurang semangat karena merasa tadinya udah bakal seru-seruan bikin pesta di pinggir kolam renang.

makan malam di clove garden hotel bandung
Area dessert, salad, dan pastry

Makan malam dari resto ini enak juga. Kami sekeluarga diajak makan bareng. Ya udah deh kali ini kami ikutan hahaha. Acara selesai sekitar pukul 10 malam. Sebelum kembali ke kamar masing-masing, semua diminta turun ke area pool dulu untuk foto bersama. Ya, meskipun saat itu hujan masih turun sedikit, tetapi sudah rintik-rintik.


Back to Content ⇧

Sarapan di Clove Garden Hotel


sarapan di clove garden hotel bandung
Ini udah agak siangan. Mulai ada kursi kosong

Resto pagi itu penuh banget. Bahkan kursinya sampai ditambah ke area coffee shop dan kolam renang. Kami juga sempat kesulitan mencari kursi yang kosong.

sarapan di hotel clove garden

Agak sedih pas lihat tulisan di pintu masuk. Wah, sampai lebih dari 9 kg makanan terbuang! Berarti itu artinya makanan yang diambil para tamu tetapi gak dihabiskan. Kalau seperti itu kan gak mungkin untuk dimakan lagi. Mubazir banget jadinya.

Lain cerita kalau masih ada sisa masakan. Masih ada kemungkinan untuk disumbangkan atau mungkin dibawa pulang oleh karyawan.

Memang harus bijak ya kalau untuk mengambil makanan. Apalagi kalau yang model all you can eat. Jangan segala diambil, tapi kemudian tidak dihabiskan.

Saking penuhnya saya malah jadi gak terlalu semangat makan. Apalagi di egg station tuh panjang banget antreannya. Saya udah kenyang makan yang lainnya. Menu telurnya gak belum juga dibuat.

menu sarapan di clove garden hotel bandung

Cukup unik kalau mau pesan menu di egg station. Tamu yang akan sarapan dikasih kertas untuk pesan menu. Tidak hanya menu telur, ada juga lainnya. Setiap tamu hanya dibatasi maksimal 2 menu saja. Setelah memilih, nanti kertasnya diberikan ke petugas di egg station.

[Silakan baca: Menginap di Rumah Hobbit, Grafika Cikole]


Back to Content ⇧

Foto Bersama Sebelum Pulang


foto bersama di clove garden hotel bandung

Setelah selesai sarapan, saya dan Nai memilih jalan-jalan sejenak keliling hotel. Kemarin sore saat tiba di sana kan mulai gerimis. Jadi kami lebih memilih mager di kamar sebelum acara pesta perpisahan dimulai.

Pagi itu halaman Clove Garden sudah didekorasi oleh banyak bunga. Saya bertanya ke salah seorang pekerja yang sedang mendekor. Katanya memang akan ada acara akad dan resepsi pernikahan di sana.

clove garden hotel bandung
kids area clove garden hotel bandung
Area anak ada di samping Eugene The Goat. Di belakangnya itu area taman hidroponik

Hmmm ... Mungkin ini juga yang bikin pagi itu banyak sekali tamu yang sarapan. Saat saya sedang melihat dekorasi di taman pun, beberapa tamu yang sepertinya keluarga dari calon pengantin terlihat ada di sana.

pesta taman clove garden hotel

Setelah berkeliling, saya dan Nai kembali ke kamar untuk mandi dan packing. Siap-siap untuk check out. Setelah itu, kembali ke pinggir kolam renang untuk sesi pemotretan Keke dan teman-temannya. Gak pakai lama motret-motretnya. Kemudian langsung disuruh beberes dan check out.


Rombongan bus langsung menuju Jakarta. Sedangkan kami rencananya masih akan tetap di Bandung untuk semalam lagi. Mau nyekar ke makam mamah mertua dulu sebelum Ramadan.

Awalnya, Keke akan ikut kami tetap di Bandung. Tetapi, last minute dia ngotot ingin pulang ke Jakarta. Karena kami tetap di Bandung, saya dan suami minta Keke untuk pulang ke rumah uwanya begitu sampai di Jakarta atau minta sepupunya nemenin dia di rumah.

Sebelum pulang, kami beli Cinnamon Roll lagi di Eugene The Goat. Bahkan kami sampai rela nungguin karena rotinya masih dalam perjalanan. Memang bener-bener suka banget, deh. 😋


Back to Content ⇧

Clove Garden Hotel


Jl. Awiligar Raya II, Cibeunying
Kec. Cimenyan, Bandung
Jawa Barat 40191

Ph: (022) 82526363

clovegardenhotelbandung.com

IG: @clovegardenhotelbandung



Back to Content ⇧

You Might Also Like

26 comments

  1. Cinnamon Roll nya bikin ngiler, jadi laper liatnya.

    BalasHapus
  2. Walah sampai 9 kilo sampah makanannya?

    Kadang saya juga bertanya-tanya ke mana sampah-sampah hotel itu dibuang. Saya pikir ada penadahnya gitu. Dipakai pakan ternak atau pupuk. Sayang kalau dibuang begitu saja. Walaupun sampah basah mudah terurai. Baunya itu yang gak nahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayang banget ya, Mbak. Sayangnya saya gak bertanya lebih lanjut apakah segitu banyak akan dibuang begitu saja atau ada cara lain

      Hapus
  3. Ternyata asik ya hotel ini. Waktu itu aku sdg nyari hotel mba. Ama sepupu di Bandung dia nyaranin nginep di sini. Tp pas aku baca reviewnya di beberapa OTA, ratingnya itu ga tinggi.dan testimoninya ada bbrp komplain. Aku lupa sih komplain apa, tp yg pasti bikin aku batal pilih hotel ini.

    Cuma kalo baca dr review mba, mungkin Krn aku liat sendiri foto2 dan ceritanyanya, jd tertarik lagi :D. Apalagi liat cinnamon rollnyaaaa. Hihihi, aku penyuka cinnamon roll bangetttt. Begitu siatuasi aman dan wabah reda, aku mau staycation di sana ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, ini masih recommended hotelnya. Suasana di dalamnya juga asik banget

      Hapus
  4. View hijaunya bikin adem. Paling suka lihat restonya, keren banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. restonya memang asik. Tapi, kalau ramai jadinya agak susah cari tempat duduk

      Hapus
  5. DUh sayang ya makanan yang terbuang banyak banget ya mba :(. SMoga smakin berkurang makanan yang terbuang. Aduh mbaa aku penasaran ama cinnamon rolnyaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sedih kalau lihat jumlah makanan terbuang. Mudah-mudahan kita semua bisa lebih bijak saat mengambil makanan, ya

      Hapus
  6. Ini acara perpisahan Keke saat SMP itu bukan sih mbak? Wah unik ada egg station. Btw aku skrng tu kalau bikin dadar suka niruin ala2 hotel itu aku bikin lembut mbak hehe dan anak suka, kdng aku campur susu plain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pas Keke perpisahaan SMP. Nai juga kalau bikin dadar suka pakai susu

      Hapus
  7. Waa..aku salah mbaca postingan yang mbuat lapar gini di malam hari. Mbikin kepengen...ha..ha.

    BalasHapus
  8. Jadi ingat hotel ini saat lihat foto bagian restorannya. Btw pihak manajemennya aware banget terhadap lingkungan ya sampai-sampai berat sampah makanan yang dibuang saja dituliskan. Salut. Penting banget nih memberitahu para tamu begini agar supaya nggak asal ambil makanan tanpa memikirkan akan habis nggak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sebagai reminder buat para tamu juga, ya

      Hapus
  9. Loh aku baru tahu ada yang keren begini di Bandung wkwkk padahal ya deket dari Cimahi malah Mba Chi yang dah ke sini hauahah

    BalasHapus
  10. tempatnya kereeen mba...ini si Bo anakku sedih karena mereka kan kelas 9 dan sejak awal sekolah sudah punya rencana banyak untuk perpisahan tapi semua batal karena COrona. Semoga bisa punya kenangan manis bersama teman - teman setelah Corona hilang nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, udah bisa ngebayangin sedihnya seperti apa, Mbak. Semoga Bo tabah, ya

      Hapus
  11. Nah kan jadi pengen cobain juga Cinnamon Roll-nya
    Perlu kerja cerdas selama pandemi agar pasca wabah berlalu bisa jalan jalan ke sana

    BalasHapus
  12. Cinnamon Roll Eugene The Goat nya bikin ngiler, saya pernah nyobain ini, rasanya enak banget dan ga cukup satu haha. Duh jadi rindu staycation.

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss, Mbak. Memang enak banget ya cinnamon roll Eugene The Goat

      Hapus
  13. saking sukanya sampai beli buat bekal pulang, hehe. btw keke hebat yaaa...bs jd MC. kirain dia pendiam loh... ternyata selain ketua fotografi jg pandai banyak hal

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena memang enak banget. Keke pendiam hanya kalau belum kenal ma orang :D

      Hapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)