Serunya Outbound di Grafika Cikole

Akhir April 2018 kelas Keke mengadakan acara perpisahan kelas. Saat itu Keke duduk di kelas 9. Panitia perpisahan memutuskan untuk mengadakan outbound di Grafika Cikole.

Kami berangkat dari Jakarta sekitar pukul 6 pagi. Agak ngaret sejam dari yang dijadwalkan. Padahal ya panitia udah woro-woro terus di WAG supaya jangan terlambat. Harus on time!

serunya outbound di grafika cikole

Serunya Outbound di Grafika Cikole



Perjalanan Jakarta-Lembang lagi gila-gilaan macetnya. Waktu itu kan jalan tol layang (elevated toll road) Cikampek masih dibangun. Makanya disarankan jalan pagi, supaya gak kena macet. Karena ngaret, kami pun akhirnya keburu kena macet parah.

Sebetulnya, saya bukan bagian dari panitia. Sejak dulu, saya malas ikut-ikutan aktif di kegiatan sekolah anak hehehee. Maksudnya malas aktif jadi pengurus gitu.

Tetapi, khusus perpisahan kelas atau sekolah, suami selalu ingin ikut. Iya, suami saya yang paling kepengen. Bahkan dia rela cuti demi bisa ikut ke acara anak-anak.

[Silakan baca: Hotel Grafika Gombong dan Pantai Suwuk]

Back to Content ⇧

Permainan Team Building


team building grafika cikole

Setelah menempuh perjalanan yang lumayan lama, akhirnya kami semua sampai di Terminal Wisata Grafika Cikole.  Kami tiba lebih dulu ke lokasi. Karena bawa kendaraan sendiri, tidak ikut bis, membuat kami lebih leluasa untuk lewat jalan alternatif.

terminal wisata grafika cikole

Suasana belum terlalu ramai. Terlihat dari parkiran bis yang masih sedikit. Begitu siangan udah banyak aja bis sampai parkiran pun penuh.
 
Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 9 hektar. Jadi meskipun banyak rombongan yang datang, tidak begitu terasa berdesakan juga.

grafika cikole birdpark

Kami semua langsung menuju ke area yang ada bird park dan Zip coaster. Gak pakai lama, anak-anak pun langsung beraktivitas. Di sesi pertama ini dilakukan permainan team. Pemandunya dari Grafika Cikole. Di dalam permain team tentu aja membutuhkan kekompakan dengan sesama teman. Seru deh lihatnya.

permainan karakter di grafika cikole

Tadinya, kami hanya ingin melihat saja. Tetapi, sama para ibu yang jadi panitia diminta menjadi fotografer untuk mendokumentasikan kegiatan karena kami membawa kamera. Sedangkan semua ibu yang ikut hanya membawa kamera smartphone. Kalau bapak-bapaknya hanya suami saya yang ikutan hehehe.

Back to Content ⇧

Makan Siang di Saung Lesehan


menu saung lesehan grafika cikole

Setelah permainan team, saatnya ishoma. Karena hari itu Jumat yang lelaki sholah Jumat dulu baru makan siang. Selesai sholat, semuanya makan siang di restoran Sangkuriang.

Di Grafika Cikole ini ada beberapa restoran. Kami memilih makan siang di Saung Lesehan. Sebetulnya ibu-ibu panitia mengajak kami makan bersama. Tetapi, kami kan sebetulnya bukan panitia. Agak merasa gak enak aja kalau ikut makan bareng tanpa bayar meskipun mereka rela hehehe.

terminal wisata grafika cikole
makan siang di saung lesehan lembang

Selain itu, kami lagi pengen makan sambil lesehan di saung. Dikelilingi banyak pohon. Dan bisa tidur-tiduran sejenak juga. Ngelurusin punggung yang pegal selama perjalanan. Di sini ada beberapa ukuran saung. Ada yang kecil, cukup untuk 4-6 orang. Hingga saung untuk rombongan. 

nais liwet komplit saung lesehan
nasi liwet komplit terminal wisata grafika cikole
Nasi liwet komplit (porsi untuk 2 orang), IDR90K
tongseng kambing grafika cikole
Tongseng Kambing, IDR55K
kol goreng
Kol Goreng

Menu yang kami pesan rasanya enak juga. Tongsengnya memang agak kemanisan. Tetapi, tetap lumayan, lah. Kekurangan 1 aja yaitu lumayan lama datangnya. Terutama untuk tongsengnya. Sampai saya harus nyamperin untuk menanyakan pesanan. Padahal yang makan saat itu kayaknya gak banyak.

menu saung lesehan grafika cikole
kulineran di terminal wisata grafika cikole
Tahu Isi

Untungnya kami memilih makan di Saung Lesehan. Tidur-tiduran dulu aja di saung sambil menunggu makanan datang. Malah sebetulnya pengen tidur beneran hehehe.

Back to Content ⇧

Acara Bebas dengan Outbound


area outbound grafika cikole

Setelah ishoma, dilanjutkan dengan acara bebas. Ada beberapa outbound yang bisa mereka ikuti. Terserah mau ikutan atau enggak.

Siang itu, suasana semakin ramai. Bahkan sangat ramai. Kebanyakan yang datang adalah rombongan sekolah. Ya bisa jadi kayak angkatan Keke. Untuk kelas 9 kan sudah tidak ada lagi kegiatan belajar mengajar. Jadi diisi dengan kegiatan jalan-jalan untuk perpisahan.

flying fox di grafika cikole

Banyak rombongan yang mengadakan team building game. Banyak juga yang outbound. Antrean mengular banget di semua tempat bermain outbound.

Menurut saya, kalau untuk team building game enakan di tempat kami. Di dekat area birdpark. Hanya ada rombongan kami di sana. Karena luas areanya memang gak bisa dalam jumlah yang besar banget. Paling banyak mungkin sekitar 50 orang. 

Kalau di dekat area outbound, areanya luas. Sehingga bisa menampung beberapa rombongan. Tetapi, jadinya lumayan riuh dengan suara toa dan peserta.

daftar permainan harga di terminal wisata grafika cikole

Di setiap game ada harganya. Tetapi, karena kami rombongan jadi tidak harus bayar lagi. Udah bayar paket di awal. Kecuali beberapa permainan lain seperti Zip Coaster memang harus bayar masing-masing.

Bisa dibilang untuk sesi kedua ini lebih banyak waktu terbuang untuk antre daripada bermainnya. Karena hari semakin sore, langit juga terlihat semakin mendung, panitia memutuskan untuk menyelesaikan acara outbound di Grafika Cikole.

Sebagian anak ada yang merasa kecewa karena masih pengen main. Sebagian lagi, termasuk Keke, malah senang. Pengen segera menuju hotel. 

Back to Content ⇧

Penginapan di Grafika Cikole


outbound terminal wisata cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole tidak hanya menawarkan berbagai macam permainan outdoor. Sahabat KeNai juga bisa menginap di sini. Ada camping area maupun pondokan.

Kami menginap di Clove Garden Makanya harus bergegas menuju hotel biar gak semakin kesorean. Saya gak bertanya kenapa gak sekalian aja menginap di Grafika Cikole. Tetapi, kami pribadi udah gak penasaran sih menginap di sini. Beberapa tahun sebelumnya sudah pernah.

[Silakan baca: Menginap di Rumah Hobbit Graika Cikole]

Back to Content ⇧

Terminal Wisata Grafika Cikole


www.grafikacikole.com
IG: @officialgrafika

Jl. Raya Tangkuban Perahu Km 8
Cikole Lembang, Jawa Barat

Email : info@grafikacikole.com

Telp:  (022) 8278 2441, 081 322 500 284, 0817 426 244


Back to Content ⇧

You Might Also Like

36 comments

  1. Tempatnya keren, kegiatannya seru dan menunya bikin ngiler, paket lengkap. 👍

    BalasHapus
  2. Jadi kangen keluar lihat pemandangan2 kayak gini. Kebayang acara family gatheting. Rame, bareng2. Ah, semoga keadaan ini cepat balik seperti semula.

    BalasHapus
  3. Duuh kalau baca artikel jalan jalan atau wisata kuliner, pengen segera berakhir saja deh ini pandemi Corona. Biar bisa bebas keluyuran lagi maksudnya hehehe... Kangen Piknik nih emak...

    BalasHapus
  4. Bandung ini banyak sekali tempat wisata menarik yang ramah untuk segala usia. Ini Outbound nya juga seru banget lagi. Paket seru dan lengkap jadi satu. Selesai Corona fix harus main-main ke sini, nih!

    Jajan di sana keknya lumayan ya harganya? Atau termasuk normal, Mba?

    BalasHapus
  5. Kalau melihat foto-foto outbound nya dan alur cerita daku berdoa semoga wabah yang sedang dihadapi cepat berlalu ya Kak, agar bisa lagi ke sana dan ramai lagi di sana bersilaturrahmi dan mengasah ketrampilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau corona berlalu, insya Allah jalan-jalan lagi

      Hapus
  6. Untungnya anak-anak juga gak keberatan ya mama papanya ikut. Baca cerita mbak Myra menarik juga tempat dan kulinernya, meski ya itu deh pake lama hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, malah mereka yang pengen ditemenin

      Hapus
  7. Enak bangt outbondnya
    Kerasa serunya
    Nanti kalau udah bisa keluar, pengen ajak anak main flying fox di sana ah
    Murah

    BalasHapus
  8. Huaaaa aku udah lama nggak outbound kayak gini. Terakhir pas tahun 2017 huhu. Kayaknya seru nih ya main ke Cikole. Mana belum pernah. Makasih mbak informasi lengkapnya. Mungkin ntar bakalan main kesana. Dah kangen main yang alam-alam gini huhu.

    BalasHapus
  9. Aih seru banget outbond di cikole nih. Alamnya indah dan seger banget. Aku pernah kesini tapi cuma ke hutan pinusnya aja. Nggak main outbond. Padahal seru ya

    BalasHapus
  10. Seru bangetnya bisa outbond denga peserta yang ramai, diudara yang sejuk, cikole. Belum lagi kulinernya, yaampun, auto bergetar perut ini. Haha. Duh, jadi rindu keluar dengan bebas, bisa main sana-sini jadinya.

    BalasHapus
  11. butuh liburan bangeeeet. semoga usai pandemi ini aku bisa segera main ke Grafika Cikole untuk Outbond!

    BalasHapus
  12. Bagian makan di saung lesehannya bikin mupeng banget nih. Udah lama gak menikmati suasana makan di tempat kayak gitu heu. Seru banget outboundnya, btw!

    BalasHapus
  13. Grafika Cikole ini memang cocok banget untuk acara outbond. Banyak permainan yang menantang dan udara yang segar :)

    BalasHapus
  14. Aku terdiam cukup lama memandangi Kol Goreng sepanjang membaca. Huwah, bikin kangen keluar rumah buat jalan jalan.

    Bandung memang ya, selalu punya tempat wisata menarik.

    BalasHapus
  15. Setelah pandemi berakhir, ini menjadi kegiatan outdoor yang akan sangat menyenangkan ya kak. abis capek2an outbond bisa mamam nasi liwet dan ayamnya, enak banget! Kemudian ditambah jusnya. Aaah bikin jiwa senang pasti :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Saya kangen banget outbound begini. Tetapi, harus sabar nunggunya hehehe

      Hapus
  16. aku punya pengalaman juga nih saat ke Grafika Cikole sambil mampir ke orchid nya juga mba, enaknya itu pas mam pisang goreng saat dinginnya Lembang merasuki kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAlau udha di Lembang memang pengennya makan terus :D

      Hapus
  17. Dekat tapi belum pernah kesini karena rantau buat pendidikan tapi ingin semoga soon, thanks sharingnya

    BalasHapus
  18. Kalau pandemik corona udah berakhir pokoknya aku mau jadwalkan ke sini! Seru banget kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak rencana traveling setelah pandemi, ya

      Hapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)