Pengalaman Menginap di Clove Garden Hotel Bandung

Pengalaman Menginap di Clove Garden Hotel Bandung - Setelah outbound di Grafika Cikole, kami pun menuju Clove Garden Hotel. Kami semua akan menginap di sana.

pengalaman menginap di clove garden hotel bandung

Jarak tempuh dari tempat outbound ke hotel sekitar 20 km dengan kondisi jalan yang sempit dan naik turun. Kalau pakai mobil, masih memungkinkan untuk sedikit selap-selip selama dari arah berlawanan kosong. Tetapi, kalau bis sepertinya sulit. Mana menjelang akhir pekan jalanan lumayan ramai. Di beberapa titik, kami pun terkena macet.

Bis juga gak bisa masuk ke hotel. Jalannya kecil dan lumayan menanjak. Bus harus parkir di sekitar TPU Cikutra. Itu sekitar 3 km-an dari hotel. Membutuhkan waktu tempuh 15 menit. Rombongan pun diangkut sedikit demi sedikit dengan mobil dari hotel dan sewa mobil online.

Ya, memang jadinya agak ribet dan memakan waktu. Itu aja kami hanya 1 bis. Lumayan lama juga nungguin mobil online atau kendaraan hotel datang. Mana hujan mulai turun dan mereka gak menunggu di bis. Saya kepikiran banget sama Keke yang ikut rombongan terakhir menuju hotel.

Eugene The Goat

eugene the goat coffee shop di bandung

Karena kami menggunakan mobil pribadi, tentu aja sampainya lebih dulu dari rombongan. Setelah proses check in selesai, kami nongkrong di Eugene The Goat. Ini tuh coffee shop yang ada di Clove Garden Hotel.

Coffee shop ini punya Cinnamon Roll yang enak bangeeeet! Saking sukanya kami sampai beli beberapa kali. Dari mulai check ini hingga dibawa pulang setelah check out hehehe.

cinnamon roll eugene the goat
Tergila-gila dengan Cinnamon Roll Eugene The Goat

Kopinya juga enak. Saya suka banget dengan Creme Brulee Coffee di sini. Ini kali kedua mencicipi creme brulee coffee. Pengalaman pertama di salah satu resto kecil di Jakarta. Gak sesuai ekpektasi banget. Hanya cappucino yang ditaburi gula dan rasanya kemanisan.

Kalau di Eugene The Goat ini sesuai ekpektasi. Cappucino bagian atasnya dikasih karamel, kemudian di-torch. Jadi karamelnya mengeras. Menyenangkan mendengar bunyi 'krak' ketika karamelnya diketuk.

Sengaja hanya saya pecahkan. Biarkan larut dengan sendiri di kopi. Dan sebagian ada juga yang langsung saya makan. Rasanya tidak hanya manis, tetapi juga ada sedikit pahit khas karamel.

Suasana di Clove Garden

rooftop clove garden hotel
Pemandangan dari rooftop

Kalau untuk akses memang gak bersahabat bisa menggunakan bis larena gak bisa dilewati. Tetapi, lokasinya yang berada di atas, membuat suasanya terasa tenang. Cukup jauh dari keramaian.

Di sekelilingnya juga gak ada resto atau tempat hiburan lain. Ketika Keke dan teman-temannya kelaparan tengah malam, mereka akhirnya order via ojek online.

clove garden hotel bandung
Spot foto di meja resepsionis. Nuansa jadul banget, ya hehehe

Kami booking kamar type Deluxe Twin. Kamar berukuran 21 m2 ini memang gak besar. Tetapi, masih nyaman ditempati kami bertiga.

[Silakan baca: Serunya Outbound di Grafika Cikole]

Batal Hawaiian Party

Rencananya malam hari akan digelar acara dengan tema Hawaii. Nanti akan diisi dengan berbagai hiburan dari masing-masing anak. Lokasinya outdoor di pinggir kolam renang. Pihak hotel sudah membuat dekorasi di pinggir kolam dengan sangat cantik.

acara perpisahan di clove garden hotel bandung

Sayangnya saat itu intensitas hujan memang sedang tinggi-tingginya. Dari sore sudah mulai gerimis. Setelah maghrib, hujan turun dengan deras tanpa terlihat ada tanda-tanda berhenti. Pupus sudah rencana mengadakan Hawaiian Party di pinggir kolam renang.

review clove garden hotel bandung
Keke jadi MC acara

Acara tetap diadakan, tetapi di salah satu ruangan. Karena pindah mendadak, ruangannya tidak ada dekorasi sama sekali. Anak-anak pun terlihat agak kurang semangat karena merasa tadinya udah bakal seru-seruan bikin pesta di pinggir kolam renang.

makan malam di clove garden hotel bandung
Area dessert, salad, dan pastry

Makan malam dari resto ini enak juga. Kami sekeluarga diajak makan bareng. Ya udah deh kali ini kami ikutan hahaha. Acara selesai sekitar pukul 10 malam. Sebelum kembali ke kamar masing-masing, semua diminta turun ke area pool dulu untuk foto bersama. Ya, meskipun saat itu hujan masih turun sedikit, tetapi sudah rintik-rintik.

Sarapan di Clove Garden Hotel

sarapan di clove garden hotel bandung
Ini udah agak siangan. Mulai ada kursi kosong

Resto pagi itu penuh banget. Bahkan kursinya sampai ditambah ke area coffee shop dan kolam renang. Kami juga sempat kesulitan mencari kursi yang kosong.

sisa sarapan di hotel clove garden

Lumayan sedih pas lihat tulisan di pintu masuk. Wah, sampai lebih dari 9 kg makanan terbuang! Sebanyak itu makanan yang diambil para tamu, tetapi gak dihabiskan. Sisa makanan yang sepertinya gak mungkin untuk dimakan lagi. Mubazir banget jadinya.

Lain cerita kalau masih ada sisa masakan yang memang belum tersentuh. Masih ada kemungkinan untuk disumbangkan atau mungkin dibawa pulang oleh karyawan.

Memang harus bijak ya kalau untuk mengambil makanan. Apalagi kalau yang model all you can eat. Jangan segala diambil, tapi kemudian tidak dihabiskan.

Saking penuhnya saya malah jadi gak terlalu semangat makan. Apalagi di egg station tuh panjang banget antreannya. Saya udah kenyang makan yang lainnya. Menu telurnya belum juga dibuat.

pilihan menu di clove garden hotel
menu sarapan di clove garden hotel bandung

Cukup unik kalau mau pesan menu di egg station. Tamu yang akan sarapan dikasih kertas untuk pesan menu. Tidak hanya menu telur, ada juga lainnya. Setiap tamu hanya dibatasi maksimal 2 menu saja. Setelah memilih, nanti kertasnya diberikan ke petugas di egg station.

[Silakan baca: Menginap di Rumah Hobbit, Grafika Cikole]

Foto Bersama Sebelum Pulang

Setelah selesai sarapan, saya dan Nai memilih jalan-jalan sejenak keliling hotel. Kemarin sore saat tiba di sana kan mulai gerimis. Jadi kami lebih memilih mager di kamar sebelum acara pesta perpisahan dimulai.

Pagi itu halaman Clove Garden sudah didekorasi oleh banyak bunga. Saya bertanya ke salah seorang pekerja yang sedang mendekor. Katanya memang akan ada acara akad dan resepsi pernikahan di sana.

green farm di clove garden hotel bandung
kids area clove garden hotel bandung
Area anak ada di samping Eugene The Goat. Di belakangnya itu area taman hidroponik

Hmmm ... Mungkin ini juga yang bikin pagi itu banyak sekali tamu yang sarapan. Saat saya sedang melihat dekorasi di taman pun, beberapa tamu yang sepertinya keluarga dari calon pengantin terlihat ada di sana.

pesta taman clove garden hotel

Setelah berkeliling, saya dan Nai kembali ke kamar untuk mandi dan packing. Siap-siap untuk check out. Setelah itu, kembali ke pinggir kolam renang untuk sesi pemotretan Keke dan teman-temannya. Gak pakai lama motret-motretnya. Kemudian langsung disuruh beberes dan check out.

Rombongan bus langsung menuju Jakarta. Sedangkan kami rencananya masih akan tetap di Bandung untuk semalam lagi. Mau nyekar ke makam mamah mertua dulu sebelum Ramadan.

Awalnya, Keke akan ikut kami tetap di Bandung. Tetapi, last minute dia ngotot ingin pulang ke Jakarta. Karena kami tetap di Bandung, saya dan suami minta Keke untuk pulang ke rumah uwanya begitu sampai di Jakarta atau minta sepupunya nemenin dia di rumah.

Sebelum pulang, kami beli Cinnamon Roll lagi di Eugene The Goat. Bahkan kami sampai rela nungguin karena rotinya masih dalam perjalanan. Memang bener-bener suka banget, deh. 😋

Clove Garden Hotel

IG: @clovegardenhotelbandung

Post a Comment

26 Comments

1. Cinnamon Roll nya bikin ngiler, jadi laper liatnya.

ReplyDelete
  2. Walah sampai 9 kilo sampah makanannya?

Kadang saya juga bertanya-tanya ke mana sampah-sampah hotel itu dibuang. Saya pikir ada penadahnya gitu. Dipakai pakan ternak atau pupuk. Sayang kalau dibuang begitu saja. Walaupun sampah basah mudah terurai. Baunya itu yang gak nahan

Replies
    1. Iya, sayang banget ya, Mbak. Sayangnya saya gak bertanya lebih lanjut apakah segitu banyak akan dibuang begitu saja atau ada cara lain

Delete
  3. Ternyata asik ya hotel ini. Waktu itu aku sdg nyari hotel mba. Ama sepupu di Bandung dia nyaranin nginep di sini. Tp pas aku baca reviewnya di beberapa OTA, ratingnya itu ga tinggi.dan testimoninya ada bbrp komplain. Aku lupa sih komplain apa, tp yg pasti bikin aku batal pilih hotel ini.

Cuma kalo baca dr review mba, mungkin Krn aku liat sendiri foto2 dan ceritanyanya, jd tertarik lagi :D. Apalagi liat cinnamon rollnyaaaa. Hihihi, aku penyuka cinnamon roll bangetttt. Begitu siatuasi aman dan wabah reda, aku mau staycation di sana ah

Replies
    1. Menurut saya, ini masih recommended hotelnya. Suasana di dalamnya juga asik banget

Delete
  4. View hijaunya bikin adem. Paling suka lihat restonya, keren banget!

1. restonya memang asik. Tapi, kalau ramai jadinya agak susah cari tempat duduk

Delete
  5. DUh sayang ya makanan yang terbuang banyak banget ya mba :(. SMoga smakin berkurang makanan yang terbuang. Aduh mbaa aku penasaran ama cinnamon rolnyaa :)

Replies
    1. Iya sedih kalau lihat jumlah makanan terbuang. Mudah-mudahan kita semua bisa lebih bijak saat mengambil makanan, ya

Delete
  6. Ini acara perpisahan Keke saat SMP itu bukan sih mbak? Wah unik ada egg station. Btw aku skrng tu kalau bikin dadar suka niruin ala2 hotel itu aku bikin lembut mbak hehe dan anak suka, kdng aku campur susu plain :D

1. Iya pas Keke perpisahaan SMP. Nai juga kalau bikin dadar suka pakai susu

Delete
  7. Waa..aku salah mbaca postingan yang mbuat lapar gini di malam hari. Mbikin kepengen...ha..ha.

ReplyDelete
  8. Jadi ingat hotel ini saat lihat foto bagian restorannya. Btw pihak manajemennya aware banget terhadap lingkungan ya sampai-sampai berat sampah makanan yang dibuang saja dituliskan. Salut. Penting banget nih memberitahu para tamu begini agar supaya nggak asal ambil makanan tanpa memikirkan akan habis nggak ya.

9. Loh aku baru tahu ada yang keren begini di Bandung wkwkk padahal ya deket dari Cimahi malah Mba Chi yang dah ke sini hauahah

10. tempatnya kereeen mba...ini si Bo anakku sedih karena mereka kan kelas 9 dan sejak awal sekolah sudah punya rencana banyak untuk perpisahan tapi semua batal karena COrona. Semoga bisa punya kenangan manis bersama teman - teman setelah Corona hilang nanti

1. Iya, udah bisa ngebayangin sedihnya seperti apa, Mbak. Semoga Bo tabah, ya

11. Nah kan jadi pengen cobain juga Cinnamon Roll-nya
    Perlu kerja cerdas selama pandemi agar pasca wabah berlalu bisa jalan jalan ke sana

ReplyDelete
  12. Cinnamon Roll Eugene The Goat nya bikin ngiler, saya pernah nyobain ini, rasanya enak banget dan ga cukup satu haha. Duh jadi rindu staycation.

1. toss, Mbak. Memang enak banget ya cinnamon roll Eugene The Goat

Delete
  13. saking sukanya sampai beli buat bekal pulang, hehe. btw keke hebat yaaa...bs jd MC. kirain dia pendiam loh... ternyata selain ketua fotografi jg pandai banyak hal

1. karena memang enak banget. Keke pendiam hanya kalau belum kenal ma orang :D

Delete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)