Bakmi Tasik Rawamangun Rasanya Bikin Ketagihan

Satu lagi bakmi yang legend di daerah Jakarta Timur. Namanya Bakmi Tasik Rawamangun. Kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1989.

bakmi tasik rawamangun

Pertama kali tau Bakmi Tasik waktu ngobrol di WAG dengan sesama blogger. Doel (IG @ceritabangdoel) dan Chichie (IG @akuchichie) yang merekomendasikan Bakmi Tasik. Saya pun langsung googling. Eh, ketemu tulisan kang Aip (ariefpokto.com) tentang resto ini. Oke, kalau gitu saya order!

Karena lagi malas keluar rumah (waktu itu belum ada pandemi), saya memilih order lewat Gofood. Saya pesan mie komplit (pake bakso, pangsit, dan babat). Saya penggemar jeroan. Tetapi, belum pernah cobain mie ayam dikasih babat. Ternyata rasanya memang beneran enak. Langsung bikin ketagihan!

Beberapa bulan setelah itu, saya dan suami ke sekolah Nai. Di sekolahnya sedang ada lomba paskibra antar sekolah se-jabodetabek. Nai jadi salah satu panitia. Makanya kami pengen melihat.

Pulang dari sekolah, kami mencari makan siang. Saya ajakin deh suami ke Bakmi Tasik. Udah kangen juga gak makan bakmi ini.

Bakmi Tasik Rawamangun memang gak buka sampai malam. Bukanya dari menjelang jam makan siang hingga maghrib. Malah kabarnya kalau agak sorean suka habis. Nah, kami tuh seringkali suka malas kulineran siang-siang. Gerah aja hahaha. Makanya jadi jarang banget makan di sini.

Malah pernahnya tuh makan mie kocok yang lokasinya persis di depan Bakmi Tasik. Tapi, ini jualannya kaki lima dan bukanya sampai malam. Kami memang sukanya kulineran malam. Kadang-kadang malam mingguan berdua sama suami hahaha.

Suasana warung Bakmi Tasik Rawamangun siang itu agak ramai. Ya mungkin karena pas dengan jam makan siang. Tapi, kami masih dapat tempat duduk.

bakmi tasik legend di jakarta

Kalau dari luar, gak begitu kelihatan area dalamnya. Apalagi ketutupan spanduk gede berwarna kuning bertuliskan Bakmi Tasik. Saya sempat menyangka kalau di dalamnya tuh sempit dan agak suram. Eh, ternyata tempatnya terang dan bersih. Jarak antar meja juga gak sempit. Membuat pelanggan leluasa untuk bergerak.

Begitu masuk, kami pesan makanan dulu di meja kasir. Saya udah pasti memilih Mie Babat. Kalau suami memilih Mie Baso Yamien Manis. Dia gak suka jeroan dan penggemar yamien manis.

[Silakan baca: Bakmi Golek yang Legendaris]

Mie babat bakmi tasik rawamangun
Mie Babat, IDR28K


Gak pakai lama, pesanan kami pun datang. Mienya berwarna putih dengan kekenyalan yang pas. Katanya mi di sini bikin sendiri dan tanpa pengawet. Makanya setiap hari bikin mie.

mie ayam di jakarta
Babatnya lumayan banyak


Buat Sahabat KeNai yang enggak makan jeroan karena bau, dijamin deh babat di sini bersih dan gak ada baunya. Dipotong kecil-kecil dan teksturnya renyah banget. Krenyes-krenyes gitu kalau digigit.

Harga mie ayam di sini bervariasi. Mulai dari IDR20K (mie ayam) hingga IDR38K (mie komplit). Memang agak mahal, apalagi kalau komplit. Tetapi, kalau lihat topping yang banyak, menurut saya sepadan banget sama harganya. Semua mie-nya dikasih topping ayam.

Polosan begini, tanpa dibumbuin lagi udah enak. Kuahnya pakai kaldu ayam. Rasanya udah enak. Paling saya tambahin sambal aja. Dan sambal bawang putihnya ini juga khas. Memang gak bikin sendiri. Tetapi, katanya didatangkan langsung dari Tasikmalaya.

 
Juice Jeruk, IDR12K



Untuk minumnya, saya pesan Juice Jeruk. Siang hari yang terik, rasanya segar banget minum jus jeruk. Tetapi, sepertinya saya agak kecewa. Rasanya kurang pas aja buat saya. Agak kemanisan gitu.


es buah Bakmi Tasik Rawamangun
Es Buah


Kalau suami pesan es buah dari penjual mie kocok yang ada di depan. Tentu aja kami tanya dulu boleh atau enggak pesan minuman dari tempat lain. Ini es buahnya yang ala jadul gitu. Bukan yang dikasih susu. Buahnya juga buah lokal seperti pepaya, nanas, dan bengkoang. Dikasih cincau hitam.

Es buahnya dikasih air gula dan buahnya berasa agak mengkal kayak dikasih air kapur. Mengingatkan sama masa kecil saya. Dulu mamah suka bikin es buah begini.

belanja oleh-oleh tasik di jakarta
Bisa beli oleh-oleh Tasik juga di sini


Saya jadi kangen banget ya makan Bakmi Tasik saat menuliskan ini. Tapi, masih agak malas dan khawatir kulineran di saat pandemi begini. Apalagi grafik positif Corona di Jakarta mulai naik lagi akhir-akhir ini. Padahal sebelumnya udah mulai bagus. Sedih, deh. Mulai banyak yang gak tertib, nih! Kayaknya pesan lewat GoFood dulu aja kali ya kalau udah kangen banget.

Bakmi Tasik Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato


Bakmi Tasik Rawamangun


Jl. Paus No.93
RT.1/RW.8, Rawamangun
Jakarta Timur 13220

Phone: +62214712531

Open Hours: 11.00 s/d 18.00 WIB

Post a Comment

94 Comments

  1. Sedaaaappp!
    Sebagai penggemar kuliner bakmi, aku pengiin bangettt cuss ke sini.
    Selama ini blum pernah makan bakmi topping babat. Pengin coba, euy!

    ReplyDelete
  2. Wah, mie ayamnya kelihatan menggoda selera. Mulai 20K ya yang basic hehehe. Biasanya aku kalau makan mie ayam pilih yang komplit ada bakso dan pangsitnya. Tempatnya terang ini jadi enak menikmati mie nya. Es buah dan es jeruknya pasti bikin segar tenggorokan hhmmm.... Btw aku ga doyan babat hahaha...pinggirin deh buat suami aja :) TFS mbak Myra.

    ReplyDelete
  3. Aku penyuka babat, duh jadi pengen nih. Di sini nggak ada yang jualan mie pakai babat gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ke Jakarta atau ke Tasik cobain ya, Mbak :)

      Delete
  4. Bakmi Tasik Rawamangun recommended ya Mbak ... noted ah. Siapa tahu suatu gari nanti bisa ke Jakarta ya. Ketika pandemi berakhir ...

    ReplyDelete
  5. Wah saya sepertinya belum pernah makan mie dengan topping babat. Tapi kalau bersih babatnya dijamin tenang dan makin mantap dimakan. Enak nih kalau sedia oleh-oleh khas Tasik juga. Pas kangen makan buah tangan dari sana bisa sekalian beli di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang agak jarang ya mie ayam dikasih topping babat

      Delete
  6. Aaaaaahhhhhhhhh... ini aku jadi kangen banget sama Bakmi Tasik, jaman ngantor sering banget kesini. Kalau sekarang sih solusinya kudu take away ini ya mak Chi, beneran ini bakmi babatnya sih juaraaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyeeess! Terima kasih banyak ya udah rekomendasiin mie ayam yang enak

      Delete
  7. Ini sih makanan kampungnya Kang Aip banget ya hehehe pantesan rekomendasiin. Aku penasaran pingin nyobain apalagi kuah bakminya ada babat, unik nih. Boleh delivery ke Bekasi ga? :)

    ReplyDelete
  8. Pernah juga baca tentang Mie Tasik ini di blognya Kang Aip. Ternyata emang mie legenda ya. Dan harga mie dan minumannya juga terjangkau. Enaknya datang ke sini, bisa sekalian beli oleh-oleh khas Tasik :)

    ReplyDelete
  9. Pas ke ramawangun nggak tahu ada bakmi tasik begini. Enak sih bisa nyobain langsung. Tapi kayaknya harus pendam bentar ya. Atau pesan online ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukanya memang cuma siang. Itu katanya sering udah habis sebelum sore

      Delete
  10. Babat itu salah satu makanan favorit saya waktu kecil hehe. Heran aja sih soalnya jarang kan ya anak-anak suka jeroan sapi begitu. Nah kalau disajikan dengan bakmi begini auto rakus saya makannya Mbak.

    ReplyDelete
  11. Kirain Mie Babat dicampur. Ternyata pisah ya. Penasaran gimana rasanya. Aku biasanya makan Bakso Babat sih. Kalau Mie, belum pernah coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dipisah, Mbak. Tetapi, tetap aja makannya dicampur hehehe

      Delete
  12. Kalau sekarang masih buka gak ya bakmi tasik ini? siapa tau lagi keluar ke daerah sana, maksudnya ke rumah Myra :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin udah buka. Saya udah lama juga gak kulineran

      Delete
  13. Ini kenapa aku baca tulisan mie ayam pas di tempatku lagi hujan. Kan jadi makin ngiler. Terus itu pakai babat pula. Belum pernah makan mie babat. Kayaknya Yummy banget deh.

    ReplyDelete
  14. Kalau lihat mie, walau udah malem jadi laper. Hehe.... Kangen kulineran deh.

    ReplyDelete
  15. Tasik terkenal bakso bakmie juga ya mbak?deket sini ada bakso tasik tapi bukan bakmie. Kangen ya kulineran lagi begini

    ReplyDelete
  16. Ngeces aku mba bakminya enak banget aku penyuka m akanan serba mie eheheh
    es cincaunya huooo segernya hmmm

    ReplyDelete
  17. unik ya bakminya pake babat. biasanya mi ayam tok. es buahnya kaya yang selalu buat takjil

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, agak jarang yang jual mie ayam dengan topping babat

      Delete
  18. Waah tambah lagi nih list makanan yang perlu dicoba. Kayaknya enak bangeet ya bakmi tasiknya nih. Jauh banget tapi ke Rawamangun dari Bekasi

    ReplyDelete
  19. Wadooohhh saya pencinta bakmi malah belum cobain yang satu ini. Wah gajian bulan ini kudu wajib order sih. Hehehe

    ReplyDelete
  20. Enak bgt Mbaa
    Bakminy es jerukkny jajan2ny
    Ya Allah jd ngilerrr
    Emng dah kuliner Indonesia endeuzzz

    ReplyDelete
  21. Tampilan bakmi Tasik ini enak banget mbak, btw aku salfok sama jajanan di steling nya. Jadi pengen cobain mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kangen dengan oleh-oleh Tasik, bis abeli di sini

      Delete
  22. Aku termasuk yg suka babat, tapi belum pernah nyoba sebagai pasangannya bakmi, jadi penasaran sama bakmi Tasik Rawamangun.
    Penasaran nyicipin rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru menemukan mie ayam pakai babat di sini

      Delete
  23. Bakmi Tasik aku fokus ke hasilnya mbak soalnya kota kelahiran hahah. Ngomong-ngomong ini bakminya ada kabarnya juga nih unik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Tasik mah banyak ya yang jual mie ayam begini

      Delete
  24. Duh mie babatnya bikin mupeng. Aku dulu pernah nyoba soto babat dan ternyata enak banget nah ini ada mie babat

    ReplyDelete
  25. Beda yang paling keliatan apa nih Chi antara mie tasik ini dengan mie ayam pada umumnya?
    Unik juga ya kuahnya ada babatnya gitu. Aku biasanya hanya doyan babat yg ada di nasi goreng. Harus nyoba nih yang di kuah mie ayam ya kayak gimana rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling kelihatan itu ya karena pakai jeroan. Selain itu, mie ayam ini gak terlalu banyak rempah

      Delete
  26. Kalau doyan babat di sini memang tempatnya bangeet ya mba. Aku juga sukaaaa

    ReplyDelete
  27. Waduududu.....ini enak banget sik...
    Bakmi Tasik dimakan pas jam makan siang.
    Endeeuuss!

    Rawamangun ini daerah perkantoran kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Campur-campur lah, Mbak. Perumahan ada, perkantoran pun ada

      Delete
  28. Aku kalau ke blog ini, kalau nggak kenyang pengetahuan, kenyang nata juga lihat informasi kuliner
    Kemecer deh jadinya

    ReplyDelete
  29. Daerah Rawamangun banyak juga spot kulinernya ya. Saya pernah lewat di Bakmi Tasik ini, cuma belum coba saja. Favorit kami itu makan seafood tenda di depan Terminal Rawamangun. Kapan-kapan perlu dicoba nih. Tapi bener sementara GoFood aja.

    ReplyDelete
  30. I do like the food and it’s very unique as well. My only complaint is that it is very hot down there because it has no air conditioner

    ReplyDelete
  31. Saya penggemar mie ayam banget, apalagi pas jam-jam makan siang, ajiibbbnb. Minumnya sih saya setia dengan es teh manis jumbo, haha

    Kalau saya suka mie ayamnya ditaburi kulit pangsiy goreng. Sensasi kriuknya mantappp

    Emang beda sih ya kalau mie ayam mienya bikinan sendiri. Lebih enak aja gitu..

    ReplyDelete
  32. baca baca review kuliner seperti ini rasanya jadi pengen hunting hunting dan keluar nyobain aneka kuliner lagi

    ReplyDelete
  33. Masyaa Allah babatnya itu loh bikin pengin langsung pesen!
    Nambah jajaran kuliner Tasik yang makin beragam dan enak selain Tutug Oncom :)

    ReplyDelete
  34. ini mirip mie ayam pada umumnya ya mb, selain ada babat itu ada lagi g yg bedain dengan mie pada umumnya khususnya mie ayam wonogiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya beda-beda. Mie ayam yang biasa abang-abang jualan atau mie ayam bangka aja bisa beda :)

      Delete
  35. wiiih enaknya Mak Chi...
    Klo bakso tasik akutuh udah hapal dan suka dengan khasnya tapi klo yang bakmi blom pernah tahu dan belum pernah nyoba ...
    looks yummy... mau ah kapan2 nyoba

    ReplyDelete
  36. Aku salah satu pecinta Bakmi juga nih mba, tapi tanpa jeroan hehe. Anw ini aku baru tau lho mba, karena jarang ke daerah sana juga kali yah jd nggak tau ada Bakmi Tasik ini. Kapan2 wajib cobain ah ;)

    ReplyDelete
  37. Wah makanan enak ini. Udah lama juga gak kesana. bapak yg jualan semoga masih sehat ya. Jadi kepengen Yamin As in Komplitnya deh hahaha

    ReplyDelete
  38. Aku baca tulisan ini pas magrib dan perut lapar. Aaah kak, jadi kepengen kan aku. :(

    ReplyDelete
  39. Ya Allah baca artikel malem-malem bikin mupeng parahh:( sebagai pecinta bakmi aku sangat ingin mencicipi bakmi ini

    ReplyDelete
  40. Masih bisa beli secara online ya kalau di kota. Jadi mudah. Kalau di tempat saya, mau ga mau, beli bakso aja kita harus datang langsung. Hehehe...
    Baru denger ada bakmi atau mie ayam, ada campurannya babat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bakmi tasik kayaknya ciri khasnya memang begini

      Delete
  41. laperrrrrr..... hehehe
    di Bandung juga banyak mbak Mira, rasanya lekker pisan
    Konon ciri khas mie tasik adalah mie-nya yang home made, bukan beli jadi di pasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Bandung lebih dekat ma Tasik. Makanya banyak ya, Mbak. Iya ini juga kienya homemade

      Delete
  42. Wah menggoda sekali itu bakmi dan babatnya, kalau di Tasik nya sendiri apakah buka cabang juga ya ? Atau pusatnya malah di Tasik ? Soalnya aku lebih dekat ke Tasik daripada ke Rawamangun hehe..

    ReplyDelete
  43. Huaaah ngomongin Rawamangun jadu ingat kampusku tapi selama ngampus aku lebih sering kulineran yg dessert gitu atau paling mentok warpas haha. Makasiiih rekomendasi nya Mbak Myra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warung Pasta yang di Bapus? Di sekitaran sana juga banyak kuliner enak :)

      Delete
  44. Wahhh.. Rawamangun banyak opsi kuliner yang nikmat. Bisa jadi refrensi nih kalau lagi ingin menjelajahi area timur Jakarta ini.
    Bakminya cukup khas ya..karena dilengkapi babat yang jarang sekali ada ditempat lain

    ReplyDelete
  45. Saya pun bukan penggemar jeroan, tapi kalau lihat fotonya menggoda begini, jadi ikutan penasaran

    Aku sebenarnya lebih suka mie ayam manis sih Teh. Duh ini dimakan siang siang, asik banget ini mah.

    ReplyDelete
  46. Wah aku pikir mie ayam mbak soalnya mirip banget mie ayam ketimbang bakmie hehe. Tapi boleh juga nih dicoba apalagi masih di Rawamangun, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. topping ayamnya tetap ada. Tetapi, ini ditambah lagi dengan babat

      Delete
  47. Di Rawamangun ini kenapa banyak banget tempat makan yaaa??
    Segala yang aku mau ada di sono masa haha.
    Aku kalau makan mie ayam di sini pasti bakal milih kayak suami mu mbak,
    Ga akan makan jeroan haha.
    Aku lebih suka mie yamin yang manis :)))

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)