Bakmi Golek yang Legendaris di Jakarta - Bakmi sepertinya salah satu kuliner yang selalu banyak penggemarnya sampai kapan pun. Di Jakarta Timur dan sekitarnya, ada salah satu bakmi yang legendaris dan halal yaitu Bakmi Golek.

bakmi golek yang legendaris di jakarta

Bakmi Golek berdiri sejak tahun 1984. Waktu saya kecil, lumayan sering melewati jalan otista dan melihat resto ini. Iya cuma lewat dan lihat doang karena orang tua saya jarang banget ajak anak-anaknya makan bakmi. Papah penggemar Chinese food. Tetapi, mamah saya gak suka bakmi. Makanya jarang banget makan bakmi kalau bersama keluarga.


Suasana di Bakmi Golek Rawamangun


Bulan Juli 2019, adik saya mengajak ketemuan untuk membahas rencana pernikahannya, Saya langsung menyarankan ketemuan di Bakmi Golek cabang Rawamangun. Lokasinya persis di sebelah Arion Mall kalau yang disisi jalan Paus, bukan jalan Pemuda. Udah lama banget saya penasaran dengan rasa bakmi di sini. Kenapa bisa sampai bertahan sekian lama.

suasana resto bakmi golek

Saya dan suami datang saat bertepatan dengan jam makan siang. Parkiran sudah penuh. Resto Bakmi Golek di jalan Paus, Rawamangun, Jakarta Timur lumayan bisa menampung banyak pelanggan. Apalagi ada lantai 2 juga. Tetapi, parkirannya memang kecil.

Sambil menunggu adik, saya mengamati pengunjung yang datang. Kebanyakan pengunjung yang datang adalah keluarga. Pasangan muda dengan anak-anak yang masih berusia SD atau lebih kecil. Memang suasana dan makanannya cocok sebagai resto keluarga.

Ada juga beberapa rombongan ibu-ibu atau pelanggan yang sudah sepuh. Kalau tebakan saya, ini sepertinya para pelanggan lama yang memang sudah mengenal citarasa masakan di resto ini. Saya agak jarang melihat anak-anak muda makan di sini saat itu. Paling hanya sekitar 1-2 pengunjung muda. Entah ya kalau di hari lain atau di cabang Bakmi Golek lainnya.

bakmi legendaris di jakarta

Bakmi Golek atau Bagol yang konsisten dengan ciri khas warna kuningnya memang konsep resto keluarga banget. Suasana jadul juga cukup berasa. Tidak terkesan kekinian suasananya.


Menu di Bakmi Golek


bakmi golek bagol, mie ayam enak di jakarta

Meskipun nama restonya ada kata bakmi, tetapi gak hanya bakmi yang ditawarkan di Bagol. Ada nasi, bubur, bihun, kwetiau, dan berbagai menu lauk serta sayur.

pangsit goreng bakmi golek
Pangsit Goreng/Rebus, IDR21K


Kami pesan pangsit goreng dulu sebelum adik saya datang. 1 porsi isinya 5. Lumayan renyah kulit pangsitnya.

bakmi ayam golek spesial
Bakmi Ayam Golek Special, IDR28K


Suami memilih Bakmi Ayam Golek Spesial. Kalau yang spesial dikasih telur puyuh. Mie ayamnya polosan gitu alias kuahnya terpisah. Tapi, rasanya udah enak. Ya model mie ayam bangka, deh. Paling yang saya kurang suka adalah karena dikasih seledri. Kayaknya kalau saya yang pesan harus minta jangan kasih seledri.

Tadinya saya juga pengen mie ayam, tapi begitu lihat di daftar menu ada Bakmi Ayam Kangkung malah berubah pikiran. Udah lama banget saya gak makan mie ayam kangkung.

Waktu masih ngantor, suka makan siang di Supermall Karawaci. Di foodcourt-nya ada yang jual mie ayam kangkung. Saya lupa nama restonya. Tapi, mie ayam kangkungnya enak banget. Makanya pas di Bagol ada Bakmi Ayam Kangkung, langsung aja saya order.

bakmi ayam kangkung
Bakmi Ayam Kangkung, IDR26K


Gak salah deh saya pesen Bakmi Ayam Kangkung di sini. Mienya disiram kuah tauco yang kental dan banyak. Rasanya enak banget. Jangan lupa dikucuri dengan jeruk sambal supaya ada rasa segarnya.

Adik saya pesan Bakmi Goreng Seafood. Adik saya memang penggemar mie goreng. Itu aja dia abis sarapan sama mie goreng. Siangnya makan mie goreng lagi di Bakmi Golek. Saya gak cobain dan lupa buat difotoin. Kalau dari aromanya sih kayaknya enak.

es cincau hijau, jus sirsak bakmi golek
Es Cingcau Hijau, IDR17K
Juice Sirsak, IDR23K
es teh, es jeruk bakmi golek
Es Teh, IDR5K
Es Jeruk, IDR17K


Yang saya suka lagi, di Bakmi Golek ada cincau hijau. Saya suka banget minuman ini. Cuma memang agak susah, ya. Kalaupun ada yang jual, suka dicampur sama jelly. Jelas agak beda teksturnya. Kalau di sini tebakan saya masih murni pakai daun cincau. Soalnya gak kenyal-kenyal banget kayak jelly.

Sambil makan, kami membahas rencana pernikahan. Ya karena papah baru saja wafat, keluarga besar juga gak ada yang tinggal di Jakarta, jadi kami mengurus acara pernikahan sendiri. Tidak terlalu melibatkan mamah karena masih berduka. Memang ada wedding organizer yang menghandle, tetapi kan gak bisa begitu saja kami lepas tangan.

bakmi legendaris di jakarta timur

Karena kapasitas ruangan lumayan besar, meskipun parkiran sempit, kami jadi tidak terburu-buru untuk ngobrol. Lumayan nyaman sih kalau mau ajak keluarga atau teman-teman kumpul di sini. Makanan juga enak.


Bakmi Golek Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato


Bakmi Golek


Jalan Paus Raya No.12 C 1, RT.1/RW.7
Rawamangun, Kec. Pulo Gadung
Jakarta Timur 13220

Telp: +62214713521

Open hours: 10.00 s/d 22.00 wib