Ticker

6/recent/ticker-posts

Bakmi Golek yang Legendaris di Jakarta

Bakmi sepertinya salah satu kuliner yang selalu banyak penggemarnya sampai kapan pun. Di Jakarta Timur dan sekitarnya, ada salah satu bakmi yang legendaris dan halal yaitu Bakmi Golek.

bakmi golek yang legendaris di jakarta

Bakmi Golek yang Legendaris di Jakarta


Bakmi Golek berdiri sejak tahun 1984. Waktu saya kecil, lumayan sering melewati jalan otista dan melihat resto ini. Iya cuma lewat dan lihat doang karena orang tua saya jarang banget ajak anak-anaknya makan bakmi. Papah penggemar Chinese food. Tetapi, mamah saya gak suka bakmi. Makanya jarang banget makan bakmi kalau bersama keluarga.



Suasana di Bakmi Golek Rawamangun


Bulan Juli 2019, adik saya mengajak ketemuan untuk membahas rencana pernikahannya, Saya langsung menyarankan ketemuan di Bakmi Golek cabang Rawamangun. Lokasinya persis di sebelah Arion Mall kalau yang disisi jalan Paus, bukan jalan Pemuda. Udah lama banget saya penasaran dengan rasa bakmi di sini. Kenapa bisa sampai bertahan sekian lama.

suasana resto bakmi golek

Saya dan suami datang saat bertepatan dengan jam makan siang. Parkiran sudah penuh. Resto Bakmi Golek di jalan Paus, Rawamangun, Jakarta Timur lumayan bisa menampung banyak pelanggan. Apalagi ada lantai 2 juga. Tetapi, parkirannya memang kecil.

Sambil menunggu adik, saya mengamati pengunjung yang datang. Kebanyakan pengunjung yang datang adalah keluarga. Pasangan muda dengan anak-anak yang masih berusia SD atau lebih kecil. Memang suasana dan makanannya cocok sebagai resto keluarga.

Ada juga beberapa rombongan ibu-ibu atau pelanggan yang sudah sepuh. Kalau tebakan saya, ini sepertinya para pelanggan lama yang memang sudah mengenal citarasa masakan di resto ini. Saya agak jarang melihat anak-anak muda makan di sini saat itu. Paling hanya sekitar 1-2 pengunjung muda. Entah ya kalau di hari lain atau di cabang Bakmi Golek lainnya.

bakmi legendaris di jakarta

Bakmi Golek atau Bagol yang konsisten dengan ciri khas warna kuningnya memang konsep resto keluarga banget. Suasana jadul juga cukup berasa. Tidak terkesan kekinian suasananya.



Menu di Bakmi Golek


bakmi golek bagol, mie ayam enak di jakarta

Meskipun nama restonya ada kata bakmi, tetapi gak hanya bakmi yang ditawarkan di Bagol. Ada nasi, bubur, bihun, kwetiau, dan berbagai menu lauk serta sayur.

pangsit goreng bakmi golek
Pangsit Goreng/Rebus, IDR21K

Kami pesan pangsit goreng dulu sebelum adik saya datang. 1 porsi isinya 5. Lumayan renyah kulit pangsitnya.

bakmi ayam golek spesial
Bakmi Ayam Golek Special, IDR28K

Suami memilih Bakmi Ayam Golek Spesial. Kalau yang spesial dikasih telur puyuh. Mie ayamnya polosan gitu alias kuahnya terpisah. Tapi, rasanya udah enak. Ya model mie ayam bangka, deh. Paling yang saya kurang suka adalah karena dikasih seledri. Kayaknya kalau saya yang pesan harus minta jangan kasih seledri.

Tadinya saya juga pengen mie ayam, tapi begitu lihat di daftar menu ada Bakmi Ayam Kangkung malah berubah pikiran. Udah lama banget saya gak makan mie ayam kangkung.

Waktu masih ngantor, suka makan siang di Supermall Karawaci. Di foodcourt-nya ada yang jual mie ayam kangkung. Saya lupa nama restonya. Tapi, mie ayam kangkungnya enak banget. Makanya pas di Bagol ada Bakmi Ayam Kangkung, langsung aja saya order.

bakmi ayam kangkung
Bakmi Ayam Kangkung, IDR26K

Gak salah deh saya pesen Bakmi Ayam Kangkung di sini. Mienya disiram kuah tauco yang kental dan banyak. Rasanya enak banget. Jangan lupa dikucuri dengan jeruk sambal supaya ada rasa segarnya.

Adik saya pesan Bakmi Goreng Seafood. Adik saya memang penggemar mie goreng. Itu aja dia abis sarapan sama mie goreng. Siangnya makan mie goreng lagi di Bakmi Golek. Saya gak cobain dan lupa buat difotoin. Kalau dari aromanya sih kayaknya enak.

es cincau hijau, jus sirsak bakmi golek
Es Cingcau Hijau, IDR17K
Juice Sirsak, IDR23K
es teh, es jeruk bakmi golek
Es Teh, IDR5K
Es Jeruk, IDR17K

Yang saya suka lagi, di Bakmi Golek ada cincau hijau. Saya suka banget minuman ini. Cuma memang agak susah, ya. Kalaupun ada yang jual, suka dicampur sama jelly. Jelas agak beda teksturnya. Kalau di sini tebakan saya masih murni pakai daun cincau. Soalnya gak kenyal-kenyal banget kayak jelly.

Sambil makan, kami membahas rencana pernikahan. Ya karena papah baru saja wafat, keluarga besar juga gak ada yang tinggal di Jakarta, jadi kami mengurus acara pernikahan sendiri. Tidak terlalu melibatkan mamah karena masih berduka. Memang ada wedding organizer yang menghandle, tetapi kan gak bisa begitu saja kami lepas tangan.

bakmi legendaris di jakarta timur

Karena kapasitas ruangan lumayan besar, meskipun parkiran sempit, kami jadi tidak terburu-buru untuk ngobrol. Lumayan nyaman sih kalau mau ajak keluarga atau teman-teman kumpul di sini. Makanan juga enak.


Bakmi Golek Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato



Bakmi Golek


Jalan Paus Raya No.12 C 1, RT.1/RW.7
Rawamangun, Kec. Pulo Gadung
Jakarta Timur 13220

Telp: +62214713521

Open hours: 10.00 s/d 22.00 wib

Posting Komentar

30 Komentar

  1. Belum pernah nyobain bakmi golek saya Mba. Waktu kecil, sepulang kerja, papa juga suka bawain pulang bakmi buat kami sekeluarga. Waktu itu enak rasanya. Gak tau sekarang kok saya gak gitu doyan bakmi ya, haha maksudnya biasa aja gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin udah berubah selerangya. Atau mungkin karena waktu kecil udah puas makan bakmi hehehe

      Hapus
  2. Mie ayam kangkung sama mie ayam biasa bedanya apa Mbak? Sebab ada kangkungnya gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain ada kangkung, juga disiram kuah tauco dan dikasih jeruk sambal. Kalau mie ayam biasa kan pakai kuah kaldu

      Hapus
  3. Penasaran sama Bakmi Ayam Kangkung. Aku belum pernah makan mie campur kangkung. Kayanya sedep gitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suka bumbu tauco mungkin bakal suka juga mie kangkung

      Hapus
  4. Waduh buka malam2 jadi lapar mendadak. Alamat masak mie instan nih. AKu suka bakmi model begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enak, Mbak. Makanya bertahan lama ini restonya

      Hapus
  5. Pernah dengar Bakmi Golek mbak tapi sampai sekarang belum pernah cobain. Btw aku penasaran karena tampilannya enak banget jadi laper tengah malam nih hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke Jakarta mampir ke Bakmi Golek, ya :)

      Hapus
  6. Chiiiiiee..kapan kita janjian di sini yuuuk. hehehehhe..aku pecinta bakmi Golek, minta ngga pakai MSG pokoknya. semua makanannya enak yaaa. fave aku yang bakmi ayam jamur..kangkung juga okeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuukk! Pengennya setelah pandemi, ya. Kita janjian gak berhasil melulu hahaha

      Hapus
  7. Pas bukanya pas makan siang juga
    Jadi kan pengen order tapi jauh huhuhu
    Semoga segera ada cabang banyak di Surabaya, soalnya penasaran sama tambahan kangkung

    BalasHapus
  8. Bakmi Ayam pakai kangkung. Belum kebayang gimana rasanya... Btw, rindu review resto dan makanan lagiii euy...

    BalasHapus
  9. Aku pikir awalnya Jalan Otista, Bandung...kak.
    Ternyata JakTim yaa..
    Suasananya gak terllau private yaa...jadi kesannya humble.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di Jakarta Timur. Suasana rada jadul, ya :D

      Hapus
  10. Wah lengkap nih. Makan bakmi enak, plus ada es cincau hijaunya gini. Kalau di Semarang banyak yang jual Chi, asli pulak tanpa dicampur jelly. Seger gitu kalau diminum siang-siang, terasa klenyeeer di tenggorokan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tinggal di Semarang, saya bisa puas banget nih menikmati cincau hijau. Soalnya suka banget

      Hapus
  11. Baru tau ada mie ayam kangkung. Biasanya mie itu temannya sawi. Jadi unik gitu dong sayurnya mbak..

    Aku kalau ke Jakarta yang saya cari selalu mie ayam, sayang mainnya gak sampai ke Jalan Otista. Soalnya di sekitaran Pondok Bambu udah banyak penjual mie ayam

    Kapan2 kalau mudik coba ah makan ke sini. Semoga ingat namanya, Bakmi Golek😁

    BalasHapus
  12. Ho saya baru tahu kalo rumah makan bakmi golek ini rumah makan legendaris. Saya pernah makan di bakmi golek cabang cibubur. Tempatnya luas banget..ada liftnya segala..trus yang berkesan selain makanannya juga kolam ikannya yang besar😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dari sejak saya kecil, udah ada resto ini

      Hapus
  13. Bakmi Golek ini dari namanya saja sudah unik. Menarik. Itu menu yang dicoba dengan pangsit sepintas mirip2 dengan mie ayam yah :-)

    BalasHapus
  14. Kalau udah boleh liburan mau mampir ah mau icipin hehe, ditempatku belum ada hehe barangkali bisa minta resepnya nanti :D Makasih infonya bun

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)