Cara Memilih Powerbank yang Tepat untuk Traveling - Melakukan traveling akan sangat nyaman bila membawa gadget yang diinginkan. Kehadiran daya baterai gadget yang tetap ada dan stabil ini tidak lepas dari kehadiran sebuah perangkat yang bernama powerbank.

cara memilih powerbank yang tepat untuk traveling


Selain digunakan untuk mengisi daya, powerbank memiliki manfaat lain. Beberapa diantaranya mampu menyalakan lampu darurat, menghidupkan alat elektronik, dan mencharger laptop di kala krisis sumber listrik. Kehadiran powerbank benar-benar sangat dibutuhkan khususnya saat traveling. Sahabat KeNai juga bisa melihat artikel dari BestSpy untuk mendapatkan rekomendasi powerbank terbaik.

Hal yang menjadi masalah banyak orang adalah banyak yang tidak tahu tentang cara memilih powerbank yang tepat saat traveling. Akibatnya seringkali terjadi kekurangan daya baterai. Bisa juga powerbank Sahabat KeNai ditarik oleh perusahaan maskapai lantaran tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Supaya Sahabat KeNai dapat memilih powerbank yang tepat saat traveling. Berikut disimak ulasannya.


Pilih Kapasitas Powerbank yang Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang yang bisa Sahabat KeNai lakukan adalah dengan pilih powerbank sesuai kapasitas yang dibutuhkan.

Biasanya kapasitas powerbank yang memadai untuk traveller berkisar minimal antara 3000-5000 mAh. Daya ini sudah cukup untuk mengisi daya berbagai gadget.

Sahabat KeNai juga bisa membeli daya yang lebih besar dari yang sudah disebutkan. Namun hal yang mesti diperhatikan adalah bahwa semakin besar kapasitas powerbank, maka akan semakin mahal pula harganya. Maka dari itu siapkah dana yang cukup agar Sahabat KeNai bisa menggunakan powerbank saat traveling dalam waktu yang lama.


Pastikan Powerbank Memiliki Spesifikasi yang Tepat

Ukuran juga berpengaruh besar jika dibawa saat traveling. Terutama bila Sahabat KeNai ingin bepergian menggunakan pesawat. Maka, harus mematuhi aturan dengan melihat spesifikasi atau ukuran powerbank yang layak untuk dibawa.

Spesifikasi powerbank yang bisa masuk dalam pesawat biasanya berkisar sebesar 100 watt-hour (Wh). Jika dikonversikan dalam satuan mAh, maka daya kapasitas powerbank ini bisa mencapai 27.000 mAh. Selain itu pastikan juga voltase powerbank berada di kisaran 3,6 - 3,85 Volt.

Sahabat KeNai masih bisa membawa powerbank dengan kapasitas 100-160 Wh, namun powerbank ini harus mendapat persetujuan terlebih dahulu oleh maskapai penerbangan. Dan bila Sahabat KeNai membawa powerbank di atas 160 Wh, maka tidak bisa dimasukkan ke dalam pesawat.


Beli Powerbank dengan Fitur yang Menguntungkan

Sebelum memilih powerbank, Spatut mendapatkan fitur yang menguntungkan agar pengalaman traveling Sahabat KeNai menjadi lebih menyenangkan.

Setidaknya ada 2 fitur yang harus Sahabat KeNai dapatkan dalam powerbank, seperti fitur anti overcharging dan fast charging.

Fitur anti overcharging menjadi fitur yang berguna saat traveling. Hal ini karena fitur tersebut memungkinkan powerbank Sahabat KeNai akan berhenti secara otomatis setelah baterai gadget atau smartphone sudah terisi penuh. Fitur anti overcharging juga berguna untuk mencegah hubungan arus pendek atau meledaknya baterai akibat overcharging.

Kedua adalah fitur fast charging. Fitur ini menjadi pelengkap yang sangat berguna dalam sebuah powerbank karena mampu mengisi daya baterai atau gadget menjadi lebih cepat dari biasanya. Powerbank dengan fitur anti overcharging dan fast charging menjadikan Sahabat KeNai semakin mudah dan efektif dalam mengisi daya untuk keperluan traveling


Beli Powerbank yang Asli

Hal terakhir yang bisa Sahabat KeNai lakukan untuk memilih powerbank adalah dengan membeli produk yang asli. Produk KW atau yang palsu bisa berbahaya bagi si pemakai. Sahabat KeNai harus memastikan untuk membeli powerbank dengan barang yang asli.

Salah satu cara membedakan antara powebank asli dengan yang tidak adalah dengan melihat logonya. Biasanya logo powerbank yang palsu lebih buram dan gelap dibandingkan yang asli.

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan membeli powerbank yang bersertifikat. Biasanya powerbank asli memiliki sertifikat pengujian kualitas baik sertifikat CE (European Standard) dan FCC atau US federal communications commission.
Penutup

Bila sudah sudah tau tentang cara memilih powerbank yang baik untuk dibawa saat traveling, maka Sahabat KeNai juga harus mengetahui berbagai tips yang harus dilakukan saat packing ke suatu tempat wisata. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah dengan membuat list barang yang harus dibawa, pilih koper atau tas yang nyaman dan sesuai kebutuhan, bawa pakaian secukupnya dan bisa multifungsi, dan letakan barang yang paling penting di atas koper.

Dengan melakukan hal tersebut, setidaknya dapat membawa barang dengan mudah saat liburan. Hal ini akan membuat perjalanan Sahabat KeNai lancar baik saat berangkat atau sudah berada di tempat wisata.

Demikian artikel tentang cara memilih powerbank yang tepat untuk traveling, semoga Sahabat KeNai bisa terbantu dengan ciri-ciri powerbank yang layak untuk dibawa. Selamat mencoba!