RuangBelajar by RuangGuru, Solusi Belajar Online Tanpa Batas Ruang dan Waktu

RuangBelajar by RuangGuru, Solusi Belajar Online Tanpa Batas Ruang dan Waktu - “Bunda, Keke nginep di mamah, ya.”
“Memangnya udah gak belajar?”
“Kan, udah PAT. Udah selesai, lah, belajarnya.”
“Tapi, kan, masih ada bimbel.”
“Gampang, lah. Bisa belajar di mana aja.”


ruangbelajar by ruangguru solusi belajar online

Begitu, lah, enaknya kalau ikut bimbel online. Bebas belajar di mana pun. Kalau PJJ meskipun online masih suka ada batasannya. Harus foto pakai aplikasi timestamp supaya bisa ketahuan lokasinya hehehe.

Setelah selesai ujian akhir semester, Keke pun langsung cuzz liburan. Enggak, ding, dia nginep di tempat omnya. Kebetulan neneknya alias mamah saya lagi ada di sana. Dia menginap selama beberapa minggu. Sampai menjelang masuk sekolah tahun ajaran baru.

Sekarang semua memang serba online, termasuk belajar online. Tetapi, tentunya ada beberapa alasan lebih memilih RuangGuru sebagai aplikasi belajar online terbaik.


alasan memilih ruang belajar by ruangguru

Alasan pertama saya tentunya karena RuangGuru sudah terbukti sebagai tempat bimbingan belajar online sejak lama. Jauh sebelum pandemi hadir. Reputasi RuangGuru sudah diakui.

Ada puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal. Gak perlu khawatir dengan kuota karena bisa tetap hemat. Download aja biar bisa belajar secara offline juga.

Harga paket per semesternya pun murah. Apalagi kalau langsung langganan 1 tahun. Diskonnya lumayan gede.

Saya melihat beberapa video beranimasinya. Durasi per video tidak terlalu panjang. Gak lebih dari 15 menit. Menurut saya ini termasuk bagus. Karena masih dalam batas konsentrasi. Kalau kepanjangan nanti keburu gak fokus ke mana-mana. Selain itu dengan durasi yang gak terlalu panjang juga membuat setiap materi dibahas satu per satu. Memudah para siswa untuk belajar dengan cara menyenangkan.

Banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh RuangGuru untuk bimbel RuangBelajar. Buat Keke dan Nai yang sudah pada SMA, saya tertarik dengan tes minat bakat dalam bentuk RIASEC.


RIASEC Test adalah tes psikologi yang digunakan untuk mengenal diri serta memperkirakan karier yang cocok di masa depan. Tes ini dikembangkan oleh John Holland, seorang psikolog di AS, berdasarkan kepribadian.

Menurut Holland, dari berbagai tipe kepribadian yang dimiliki tiap individu biasanya akan ada yang dominan. Tipe yang dominan ini yang akan menentukan seperti apa pekerjaan dan lingkungan yang cocok untuk kita.


Membahas tentang karir, saya sudah sering membicarakan dengan anak. Bahkan sejak mereka masih SMP. Saya gak ingin mereka salah ambil jurusan. Sekarang udah bukan zamannya stigma IPS adalah pilihan yang buruk, sedangkan IPA itu keren. Jurusan apapun bisa bagus kalau kita memang sudah tau apa yang mau dipilih.

Setelah mereka berdua mantap dengan pilihannya, kemudian bahasa selanjutnya tentang pilihan kuliah. Kami sering berdiskusi tentang hal ini. Tetapi, kalau ada tes tentunya semakin membantu. Keke pernah melakukan tes minat dan bakat di sekolah.

belajar seru di ruangguru

RuangBelajar dari RuangGuru cocok untuk jenjang SD hingga SMA. Membantu para siswa yang belajar dengan cara yang menyenangkan. Bisa mengurangi drama saat belajar di rumah juga. Setidaknya anak gak terlalu tergantung sama orangtua. Kalau bingung bisa tanya master teacher di RuangGuru.

Orangtua juga tetap ikut mengontrol. Ada rapor juga di bimbingan belajar online ini, lho. Jadi bisa ketahuan progress anaknya seperti apa. Kalau memang bagus kan bisa dilanjutin kursusnya ke jenjang berikutnya. Tinggal ketik aja “Rapor Anak” dan kirim ke WA RuangGuru di 081578200000. Keluar, deh, laporan hasil belajar anak secara komperhensif.

Post a Comment

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Previous Post Next Post