Jalan-Jalan KeNai

Tips Olahraga di Bulan Ramadan dengan Internet Cepat

Olahraga di bulan Ramadan tuh suka bikin galau, ya. Pengen tetap berolahraga, tapi khawatir gak kuat menahan haus. Gak olahraga dulu, khawatir badan jadi kurang bugar. Khawatir jadi malas untuk memulai lagi kalau kelamaan berhentinya.

Langsung deh googling. Cari tips olahraga di bulan Ramadan. Dengan koneksi internet cepat, berbagai informasi yang dibutuhkan pun langsung didapat.


tips olahraga di bulan ramadan dengan internet cepat

Waktu, Durasi, dan Intensitasi Olahraga yang Tepat Saat Ramadan


Waktu untuk Berolahraga

Di saat bulan Ramadan, banyak aktivitas yang mengalami pergeseran waktu. Jam pelajaran sekolah biasanya masuk sedikit agak siang atau pulang lebih cepat. Waktu memasak saya pun berubah. Biasanya menjelang makan siang, berubah ke sore hari setelah shalat Ashar.

Begitu juga dengan olahraga. Biasanya saya berolahraga sekitar pukul 4 sore. Tetapi, di bulan Ramadan harus bergeser karena masih agak lama ke waktu berbuka puasa. Bisa-bisa menahan haus lebih lama. Lagipula berbarengan waktunya dengan persiapan memasak untuk buka puasa.

Dari beberapa artikel yang saya baca, ada 3 waktu berolahraga yang dianggap paling pas pada saat bulan Ramadan yaitu menjelang berbuka puasa, setelah makan malam, atau menjelang sahur.

Bila memungkinkan, saya memilih berolahraga menjelang berbuka puasa. Bisa saya siasati dengan mengatur menu makanan. Kan, saya tidak tiap hari berolahraga. Paling seminggu 3x udah cukup.

Ketika waktunya berolahraga, saya akan membuat menu yang butuh proses memasak lebih lama, misalnya membuat ayam gulai. Sambil menunggu masakan matang, saya bisa sambil berolahraga.


Durasi Olahraga

Saya jarang olahraga dengan durasi yang lama. Bagi saya 45 menit sudah cukup asalkan dilakukan konsisten. Pada saat Ramadan, saya pun akan melakukan hal yang sama. Cukup berolahraga selama 30-45 menit saja.

Olahraganya gak harus setiap hari. Biasanya saya 3-4x dalam seminggu. Saya memberikan waktu untuk beristirahat sehari. Meskipun durasi olahraganya gak pernah lama, tapi sudah cukup membuat badan lebih bugar.


Intensitas Olahraga

Sebaiknya memilih olahraga dengan intensitas ringan atau sedang saat berpuasa. Ada salah satu cara termudah yang saya dapat dari provider internet cepat untuk mengetahui apakah intensitas olahraga yang dilakukan termasuk ringan, sedang, atau berat. Semakin terengah-engah, kemungkinan olahraga yang dilakukan intensitasnya berat.

Bila tetap ingin melakukan olahraga dengan intensitas berat, disarankan dilakukan saat malam hari sesudah makan malam. Agar cairan tubuh yang keluar lebih banyak saat berolahraga bisa langsung tergantikan. Tubuh pun menjadi tidak lemas.


Jenis Olahraga yang Tepat Saat Ramadan


Berjalan kaki, yoga, bersepeda, pilates, dan senam termasuk olahraga yang disarankan saat bulan Ramadan. Yang penting adalah harus perhatikan kondisi tubuh.

Saat berpuasa kondisi tubuh kita bisa saja berbeda dengan bulan lainnya. Jadi, gak apa-apa kalau harus menurunkan intensitas atau durasi dari olahraga yang bisa dilakukan. Jangan memaksakan diri harus tetap sama. Karena olahraga seharusnya menjaga tubuh tetap bugar, bukan malah jadi sakit.


Internet Cepat Membuat Olahraga di Rumah Lancar



Saya menyukai olahraga berenang dan jalan kaki. Tetapi, gak mungkin saya berenang ketika sedang berpuasa. Sedangkan melakukannya ketika sudah berbuka puasa pun jadinya kemalaman.

Selain itu, saat beolahraga di luar rumah, saya lebih suka bila ada teman. Biasanya bersama suami. Seminggu sekali, kami berolahraga di lapangan dekat rumah.

Kalau gak ada yang menemani, saya lebih suka berolahraga di rumah. Di YouTube ada banyak sekali channel olahraga yang bisa diikuti. Bahkan di beberapa layanan streaming pun ada, misalnya diNetflix.

Tentu membutuhkan koneksi internet cepat supaya aktivitas olahraganya lancar. Gak asik banget, sedang semangat berolahraga, trus terputus karena provider internetnya ngadat. Bisa-bisa mood langsung turun dan gak semangat lagi berolahraga.

IndiHome dari Telkom Indonesia punya jaringan internet terluas. Di mana-mana ada IndiHome karena penggunanya sangat banyak. Tentu dengan kelebihan internet cepat yang ditawarkan.

Yup! Berolahraga di saat bulan Ramadan gak bikin galau lagi. Berkat internet cepat, saya bisa mencari tips olahraga hingga melakukannya tanpa harus keluar rumah. Badan pun tetap terjaga kebugarannya selama bulan Ramadan.

Post a Comment

70 Comments

  1. Kalau bulan ramadan gini mau olahraga diluar tuh suka mager. Memang paling bener olahraga tipis-tipis di rumah sih, karena bisa lewat internet olahraganya. Biasanya kalau aku mejelang buka puasa lebih sering olahraganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi kalau olahraga nya di rumah, gak harus jilbabab ya. Secara semua muhrim aja adanya. Lebih leluasa dong kita jadinya

      Delete
  2. Ramadan ini sebenarnya aku nggak sempat kepikiran buat olahraga sih Teh, kecuali kalau lagi berniat untuk beli aja menu berbuka puasanya, ya ... sekadar disempatkan untuk nge-dance tipis tipis tapi nggak bisa lama. Hihihi ternyata bisa disiasati ya, bahkan bisa juga dilakukan jelang waktu sahur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beli menu berbuka sambil jalan kaki, naik turun tangga angkat jemuran di loteng, itu udah bisa jadi olahraga sebenarnya ya

      Delete
  3. Bulan puasa bukan berarti mager akut ya. Aktivitas tetap berjalan termasuk olahraga. Ya tentunya menyesuaikan dengan kondisi dan kesehatan. Melalui internet banyak emang pilihan olahraga yg bisa ikuti. Di rumah saja tapi asyik banget jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adanya internet di rumah maka olahraga di rumah pun gak masalah, jadi lebih mudah

      Delete
  4. saya jujur nih jarang olahraga di bulan ramadan padahal bagusnya tetap dijalankan ya, mbak olahraganya asal pilih yang tidak terlalu berat

    ReplyDelete
  5. Saya olahraga di rumah aja, hehe dari youtube. Tentunya koneksi internet harus oke juga yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga mbak kalau misal mau olahraga senam gitu nyarinya ke youtube banyak banget referensi

      Delete
  6. Walaupun berpuasa tapi tetap bugar ya mba, karena masih rutin olahraga. Saya mulai kendor nih, untung mampir sini dapat motivasi

    ReplyDelete
  7. dengan koneksi internet rumah yang cepat memampukan semua orang untuk bisa berolahraga meski dari rumah

    ReplyDelete
  8. kalau saya biasanya habis sahur stretching tipis² ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  9. Meski sedang berpuasa jangan sampai malas berolahraga ya kak. Kudu bergerak tubuhnya biar gak tambah lemas

    ReplyDelete
  10. kalau udah rutin olahraga, berhenti olahraga malah jadi kayak ada yang hilang ya Mbak, untuk memulainya lagi juga bakalan butuh usaha ekstra tuh padahal saat Ramadan kita juga bisa tetap berolahraga sih ya, tinggal disesuaikan aja waktunya.

    ReplyDelete
  11. Meskipun sedang shaum, kudu aktif bergerak.
    Melakukan sesuai dengan kemampuan apalagi dilakukan di waktu-waktu dekat berbuka. Alhamdulillah, badan tetap fit selama bulan Ramadan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menjaga kebugaran ini yang penting ya Teh, sehingga tubuh tetap bugar karena terbiasa aktif bergerak

      Delete
  12. Puasa tidak menghalangi untuk tetap aktif olahraga rutin. Bisa dilakukan di rumah dengan mengikuti instruktur yang bisa ditonton via youtube. Internet lancar, aktivitas olahraga jalan, badan selama puasa makin fit.

    ReplyDelete
  13. Olahraga di rumah terbantu banget kalo ada internet yaa.. Bisa nonton chanel olahraga favorit lewat youtube. Jadi ga ada alasan gak fit, meski sedang puasa yaaa

    ReplyDelete
  14. Di Netflix ada tayangan olahraga apakah, kak Chie?
    Rasanya aku uda lama banget gak beneran olahraga. Kalau sekedar jalan di threadmil, biasanya suka bikin challenge sama anak-anak.

    Enaknya kalau ada internet cepat tuh bisa olga di rumah dengan nyaman.

    ReplyDelete
  15. Selama ramadan olahraganya selain main bulu tangkis, juga aku kadang senam sendirian di rumah dengan menonton video di YouTube, tinggal disesuaikan dengan waktunya dan intensitasnya hehee

    ReplyDelete
  16. Olahraga penting nih walau sedang berpuasa.
    Agar badan tetap bugar. Olahraga ternyata ga harus diluar rumah. Karena ada internet yang bisa membimbing kita dengan gerak2 yg bisa dilakukan dirumah.

    ReplyDelete
  17. kalau pas ramadan kemarin saya nyaris nggak olahraga selama sebulan. paling hanya home workout aja di rumah dengan modal youtube hehehe

    ReplyDelete
  18. dulu saking pengennya pake indihome karena selain itu susah sinyal kudu narik kabel dan bayar 2 juta mba di desa suamiku

    ReplyDelete
  19. Ibu ku juga suka senam di rumah dengan memanfaatkan internet, Mbak. Ngandelin buka YouTube aja semua beres. Tetap bisa olahraga ringan mesti sedang berpuasa.

    ReplyDelete
  20. Kalau bulan puasa, olahraganya di dapur aja deh. Kalau olahraganya di luar ntar ga kuat. Ga kuat sama isi kantong yg bisa jebol hahaha...Tentunya sambil sesekali lihat drakor pakai IndiHome hehehe...

    ReplyDelete
  21. Hiks telat baca tulisan mbak Chi. Next insyaAllah tips ini aku praktekin pas ramadan berikutnya, InsyaAllah. Semoga masih ada kesempatan untuk bertemu ramadan tahun depan aamiin

    ReplyDelete
  22. Buat yang malas olahraga bisa banget ya terapkan tips ini dan andalkan internet cepat^^

    ReplyDelete
  23. Kemarin saya sempat browsing waktu yang tepat untuk berolahraga saat bulan puasa, ternyata 2 jam sebelum berbuka puasa adalah waktu yang tepat

    ReplyDelete
  24. Aku juga suka ngikutn konten olahraga di YouTube dan reels. Berguna banget buat "nemenin" olahraga..Biar aman, tinggal pilih coach yang memang kompeten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju..
      Kalo lagi pengen seneng-seneng, suka banget ngikutin dance practise Kpop gitu... Enak banget ada jaringan internet di rumah.

      Delete
  25. Saya lebih suka olahraga di rumah meskipun bukan bulan puasa, bahkan sekadar jalan pagi, lebih suka mutarin rumah aja hahaha.
    Lebih praktis ikut olahraga ringan dari Youtube :D

    ReplyDelete
  26. Sama, berkat internet cepat dari IndiHome saya bisa mencari alternatif olahraga yang tepat dan sesuai
    Karena saya pernah olahraga jalan kaki eh malah tempurung lutut sakit selama berbulan bulan

    ReplyDelete
  27. Kemarin Ramadan olahraga ringannya aja sih, senam-senam di rumah. Ngilangin ngantuk juga loh...Siang-siang tuh ngantuk banget pas puasa kemarin...

    ReplyDelete
  28. Indihome itu bagus. Salah satu provider internet kencang punya Indonesia.

    ReplyDelete
  29. Bulan puasa bukan hambatan untuk olahraga ya mbak
    Kita bisa tetap Olahraga dengan bantuan interenet cepat dari IndiHome ini

    ReplyDelete
  30. Kalau saya olahraga andalannya senam, tapi gak diluar rumah. Cukup dalam rumah aja dengan internet mah ya, nonton youtube bisaa

    ReplyDelete
  31. Kemarin tuh pas puasa aku dikasih sakit terus, jadinya kan setiap sahur minum obat batuk, akibatnya tidur saja sepanjang hari. Pernah sekali malas minum obat karena takut teler, eh malah kayak berat banget puasanya karena hidung tersumbat plus batuk parah. Padahal pengen sambil olahraga juga kayak tahun-tahun sebelumnya.

    ReplyDelete
  32. Pas Ramadan kemarin aku cuma olahraga tipis doang di pagi sih karena sekalian ngajakin si kecil jalan-jalan pagi. Jadi nggak terlalu menguras tenaga. Sekarang bulan puasanya sudah lewat, aku mau mulai olahraga lebih intens lagi.

    ReplyDelete
  33. Sebenarnya bisa tetap olahraga selama berpuasa ya, menyesuaikan kondisi diri juga tapi jujur aku skip olahraga sebulan.
    Baru sekarang ini mulai lagi buat olahraga pagi.

    ReplyDelete
  34. Saya suka ogah2an nih liat video olahraga di Youtube. Padahal asyik ya. Bisa zumba or aerobik sesuka hati. Tapi masih harus melawan mager. Trus klo ada anak-anak, yang ada mereka minta ganti channel lain hihi

    ReplyDelete
  35. Semangat berolahraga dan menjadikannya rutinitas ini bagus banget.
    Seringkali ujian datang saat masuk ke minggu kedua. Rasanya ada aja halangannya. Kudu punya partner olahraga yang setia nih.. hehehe~

    ReplyDelete
  36. Aku kurang olahraga pas puasa mbaaa malah anakku puasa kena DB rawat inap hiks. Makasih tipsnya ya mba

    ReplyDelete
  37. Bener banget ya sekarang olahraga bisa mudah bgt karena ada internet cepat dari IndiHome. Bisa liat instruksi olahraga lewat youtube jadi mudah

    ReplyDelete
  38. Aku pas ramadan kucutiin member gym-nya dan pilih olahraga di rumah mengingat kalau di tempat gym trus lihat yang nggak puasa takut tergoda bagian dahaganya itu lho, hahaha.

    ReplyDelete
  39. Duh selama ramadan kemarin aku ga olahraga wkwk. Harusnya sih tetep olahraga ringan ya. Tapi bawaannya ngantuk mulu.

    ReplyDelete
  40. Aku kalau olahraga juga ikutin yang di youtube, dengan internet kencang semua jadi mudah. Mau yoga, aerobic, dll semua ada di internet

    ReplyDelete
  41. kalau selama Ramadan tuh memang baiknya ada aktivitas work out nya juga ya biar stamina tubuh tetap terjaga, noted banget di 30-40 menit harus disempatkan

    ReplyDelete
  42. Emang kerasa banget bedanya ketika kita rutin berolah raga dibandingkan dengan saat kita jarang berolah raga. Kalau ritin berolah raga badan jadi lebih bugar

    ReplyDelete
  43. Kalau puasa olahraga di rumah bisa jadi pilihan ya kak. Jadi enggak terlalu lelah dan menghndari kepanasan. Bisa pake internet untuk lihat video yoga atau senam

    ReplyDelete
  44. Aku olahraga di rumah pakai panduan dr aplikasi, mak. Enak sih ada timernya jg trus bisa bikin jadwal dan dikasi alarm melalui aplikasinya juga.

    ReplyDelete
  45. Toss mbak, olah raga kesukaanku juga renang dan jalan kaki. Tapi selama puasa cuma jalan kaki yang kulakukan.

    Nah iya sih, soal waktunya ini yang jadi pertimbangan. Soalnya kalo sore itu malah sibuk menyiapkan menu buka ya. Tapi demi tetap olahraga, rutinitas masak buat buka digantikan dulu dengan beli jadi ke restoran :)) Kan ga tiap hari ini.

    Kalau malam aku ngantuk, udah ga semangat olahraga hihi

    Internet kencang dan stabil adalah kunci. Biar rutinitas olahraga juga kencang dan stabil :D

    ReplyDelete
  46. ah bener banget mba, jadi bisa olahraga rutin dari rumah selama bulan puasa kemarin karena adanya konten olahraga yang bisa diakses dengan adanya internet cepat ya

    ReplyDelete
  47. Ramadhan bukan halangan buat olahraga, bisa banget workout di kamar aja tanpa kena panas nya matahari, tinggal klik aja di youtube untuk instruktur workout nya, pokoknya mah internet nya stabil aja workout dirumah jadi aman deh.

    ReplyDelete
  48. Hidup sehat ini memang kudu banget dibiasakan.
    Dan Ramadan ataupun aktivitas sedang berpuasa, tidak menyurutkan niat untuk tetap berolahraga. Dengan panduan dari internet cepat, kita bisa olahraga dengan porsi yang tepat dan pas.

    ReplyDelete
  49. Samaaa aku jg kalau di luar paling sminggu sekali sama suami. Jalan santai. Biasanya lewat yucup jg, enak pas sore udah nggak terlalu riweh anak2๐Ÿ˜ karena anak2 aku masi kicik jadi sore agak reda #ehh emangnya ujan ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  50. Mba, memang kebantu sekali denganadanya internet sehingga bisa olahraga di rumah saja. Apalagi ada channel youtube yang ngebantu kita buat olahraga ya

    ReplyDelete
  51. Nah, ini nih yang suka dibingungin, waktu olahraga saat bulan puasa. Aku pernah baca habis sahur juga bisa. Tapi kalau kayak gitu apa gak kehausan lama ya, karena harus nahan sampai sore? hee.

    Kayanya olahraga sambil nunggu buka puasa dan masak gini oke juga ya mbak :D

    ReplyDelete
  52. Jadi inget kapan hari diajakin senam Ibu-ibu yang suka joget. Ya jelas aku nolak. Sekarang lihat video YouTube juga bisa kan. Jadi gak sedrama itu kalau mau olahraga dan mengeluarkan keringat

    ReplyDelete
  53. Aku juga memanfaatkan inet dari smart TV buat nonton yoga, jadi bisa olahraga sambil santai di rumah. emang butuh koneksi inet yang kencang

    ReplyDelete
  54. Betul sekali dengan adanya internet dirumah jangankan olah raga, sekolah atau les atau kerja bisa dilakukan di rumah asal tidak lemot. Benar2 internet sangat membantu sekali dijaman Now.

    ReplyDelete
  55. Saat puasa memang perlu olahraga, terpenting jangan terlalu over biar enggak kecapekan dan batal.

    ReplyDelete
  56. Puasa buka halangan untuk tidak berolahraga ya mbak
    Apalagi sekarang ada internet, membuat kita lebih mudah akses chanel olahraga di rumah

    ReplyDelete
  57. Pas ramadan kemarin otomatos memang olga dirumah aja mba.. dan lumayan banget ngikutin tutorial di youtube bikin keringetan juga apalg internetnya lancar krena pake IndiHome

    ReplyDelete
  58. Dengan adanya rajin olahraga badan menjadi semakin sehat dan terkontrol apalagi saat Ramadan ya Nah setelah Ramadan pun tetap harus menjaga kesehatan apalagi biasanya kalau sudah lebaran itu berat badan naik banget

    ReplyDelete
  59. Khusus saat puasa memang kita harus bisa menyesuaikan jenis olahraga apa yang hendak kita lakukan. Saat Ramadan kemarin, aku full libur olahraga, Chi. Mau senam jelang buka puasa, duuh pasti rempong nyiapin makanan berbuka hehehee...

    ReplyDelete
  60. Sama aku juga suka cari
    Cara olahraga , tips olahraga dan koleksi biar perut rata di internet tinggal prakteknya ini yang masih mood2an

    ReplyDelete
  61. aku kok penasaran olahraga apa ya menjelang sahur. Itu kan dini hari, kalau di luar ruangan ya adeeem. Apa semacam lari di treadmill gitu ya?

    ReplyDelete
  62. Baru bisa paham cara kita bisa tetap berolahraga dengan internet cepat IndiHome
    Keren juga ya tetap sehat dengan bantuan internet yang sudah banyak digunakan

    ReplyDelete
  63. Aku pun di rumah udah sejak 2019 akhir pake IndiHome. So far jarang banget maintenance yang sampe berhari-hari dan makin ke sini makin jarang ada kendala. Sesuai sama harga yang harus dibayar setiap bulannya. Itu kenapa aku jadi males nongkrong karena di rumah udah sekenceng itu internetnya wkwk

    ReplyDelete
  64. Ih aku juga suka olahraga di rumah, dengan cara nonton senam di YouTube. Hihihihi. Tentunya butuh unternet cepat kaya internet IndiHome, kan bete ya kalo di tengah senam, eh videonya buffering.. huhuhuu

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)