SEKAI, Rice Cooker Termurah dengan Fitur Nasi Anti Basi dan Tahan Hingga 48 Jam

'Belum makan kalau belum ketemu nasi'. Apakah Sahabat KeNai termasuk yang punya pendapat seperti ini? Dulu saya seperti itu. Meskipun udah makan roti, mie goreng, atau karbo lainnya, tetap aja berasa kurang kalau belum makan nasi. Sekarang, sih, udah enggak. Tapi, tetap aja nasi menjadi asupan karbo yang paling sering saya makan.

nasi liwet solo

Nasi memang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Tetapi, di beberapa daerah ada juga makanan pokok selain nasi, misalnya jagung, singkong, sagu, atau ubi. Nasi yang dikonsumsi pun ada banyak ragamnya. Tidah hanya nasi putih dengan lauknya.

Indonesia, dengan kekayaan budaya dan kulinernya, memiliki berbagai varian menu nasi yang menggugah selera. Ada nasi goreng, nasi uduk, nasi ulam, nasi kuning, dan masih banyak lagi.

Salah satu kuliner yang kami sukai adalah Nasi Uduk. Bahkan saya sudah membuat beberapa ulasan tentang tempat makan kaki lima yang menjual nasi uduk enak di blog ini. Nasi ini dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti serai, daun salam, dan daun jeruk, memberikan aroma dan rasa yang gurih.

Nasi Uduk biasanya disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, semur jengkol, tahu, tempe, dan sambal kacang. Kombinasi nasi yang gurih dengan lauk-pauk yang beragam menjadikan Nasi Uduk sebagai salah satu menu favorit masyarakat Indonesia, terutama untuk sarapan.

Dengan keberagaman menu nasi yang ada, Indonesia menawarkan pengalaman kuliner yang kaya dan beragam, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi dari berbagai daerah. Setiap menu nasi tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga membawa cerita dan warisan dari daerah asalnya.


Tips Memasak Nasi di Rice Cooker Anti Basi


Saya suka kulineran, saya juga hobi memasak. Biasanya kalau ada kuliner yang enak, saya coba juga membuat di rumah. Seneng kalau rasanya bisa mirip.Tentu menunya ada nasinya. Baik itu nasi putih biasa atau diolah lagi dengan berbagai bumbu. Tapi, sebel banget kan ya kalau nasinya jadi cepat basi.

Memasak dan menyimpan nasi di rice cooker agar tidak cepat basi memerlukan beberapa langkah dan perawatan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:


  1. Pilih Beras Berkualitas. Pilih beras yang berkualitas baik karena beras yang lebih segar dan baik kualitasnya cenderung menghasilkan nasi yang lebih awet.
  2. Bersihkan Rice Cooker Secara Teratur. Pastikan rice cooker selalu bersih sebelum digunakan. Bersihkan bagian dalam rice cooker, termasuk tutup dan lubang uap, untuk menghindari penumpukan sisa nasi atau kotoran yang bisa menyebabkan nasi cepat basi.
  3. Gunakan Air yang Tepat. Gunakan air bersih dan dalam jumlah yang tepat. Kelebihan atau kekurangan air bisa mempengaruhi tekstur dan keawetan nasi.
  4. Tambahkan Sedikit Asam. Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis atau cuka ke dalam air saat memasak nasi. Asam ini bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan menjaga nasi tetap segar lebih lama.
  5. Tambahkan Daun Pandan atau Daun Salam. Menambahkan daun pandan atau daun salam saat memasak nasi bisa memberikan aroma yang wangi dan alami, serta membantu menjaga nasi tetap awet.
  6. Gunakan Mode Keep Warm dengan Bijak. Jangan biarkan nasi terlalu lama dalam mode "keep warm" di rice cooker. Jika tidak akan segera dikonsumsi, lebih baik simpan nasi di dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam kulkas.
  7. Aduk Nasi Setelah Matang. Setelah nasi matang, aduk nasi agar uap air yang terperangkap bisa keluar. Ini akan mengurangi kelembapan berlebih yang bisa menyebabkan nasi cepat basi.
  8. Jangan Biarkan Rice Cooker Terbuka. Setelah memasak nasi, jangan biarkan tutup rice cooker terbuka terlalu lama. Udara luar bisa membawa bakteri yang menyebabkan nasi cepat basi.
  9. Simpan Sisa Nasi di Kulkas. Jika ada sisa nasi yang tidak akan dikonsumsi dalam beberapa jam, segera pindahkan ke wadah tertutup dan simpan di kulkas. Nasi yang disimpan di kulkas bisa tahan lebih lama dan bisa dipanaskan kembali saat akan dikonsumsi.
  10. Perhatikan Waktu Penyimpanan. Jangan biarkan nasi terlalu lama di dalam rice cooker, meskipun dalam mode "keep warm". Idealnya, nasi yang sudah matang sebaiknya dikonsumsi dalam waktu 4-6 jam.


SEKAI Rice Cooker Anti Basi, Nasi Tahan Hingga 48 Jam


Kalau melihat tips di atas memang agak sedikit ribet ya membuat nasi bertahan lama. Gimana kalau di rumah lagi gak ada jeruk nipis atau cuka? Gimana kalau lupa memasukkan ke kulkas? Nasi bakal jadi basi, dong!

Tenaaaang ... Belum tentu basi, kok. Sebagai pecinta kepraktisan, saya akan selalu mencari cara supaya lebih praktis. Ternyata memilih rice cooker berkualitas adalah kunci jawabannya.

Setelah mencari tau, saya kepincut dengan SEKAI Rice Cooker CMW 515 dan SEKAI Rice Cooker CMW 520. Berikut spesifikasi dari keduanya, yaitu


SEKAI Rice Cooker CMW 515

sekai rice cooker cmw 515
fitur rice cooker sekai 515

Merupakan inovasi terbaru rice cooker series dari SEKAI. Keunggulan Sekai Rice Cooker CMW 515 adalah mampu membuat nasi anti basi hingga 48 jam. Memiliki desain yang mewah dengan 2 warna pilihan. Rice cooker ini dilengkapi dengan magic cap dan 3D heating element. Sehingga memasak nasi jadi lebih mudah, rasanya enak, dan tetap pulen. Kapasitas memasak 1,8 liter dengan konsumsi daya yang hemat yaitu 395 Watt.


SEKAI Rice Cooker CMW 520

sekai rice cooker cmw 520
spesifikasi sekai rice cooker 520

SEKAI Rice Cooker CMW 520 juga inovasi rice cooker terbaru yang membuat nasi anti basi dan tahan 48 jam. Kurang lebih memiliki fitur dan kapasitas yang sama dengan SEKAI Rice Cooker 515. Tetapi, bodynya stainless membuat terlihat lebih elegan dan mewah. Memiliki 2 warna pilihan yaitu Rose Gold dan Bronze.

Menurut saya, SEKAI rice cooker harganya termurah (ada harga promo juga), tetapi fiturnya bagus banget. Cukup masak sekali, #Ricecookerantibasi48Jam. Karena inovasi SEKAI membuat nasi yang dimasak tahan lama dan tetap pulen. Produknya juga tahan lama dan free service seumur hidup, kecuali biaya penggantian spare part

Untuk tau info lebih jelas termasuk harganya, Sahabat KeNai bisa klik link berikut https://bit.ly/3V7PEkj

Post a Comment

17 Comments

  1. Sebagai pencinta nasi, memiliki rice cooker yang berkualitas dan tahan lama tentu menjadi idaman. Baru nih menemukan rice cooker merek SEKAI yang diklaim sebagai rice cooker termurah dengan fitur nasi anti basi dan tahan hingga 48 jam. Mendengar klaim tersebut, tentu saja saya penasaran dan ingin membuktikannya sendiri.

    ReplyDelete
  2. Punya rice cooker memang membantu banget untuk menyiapkan makanan buat keluarga, apalagi saat pagi hari. Saat harus berkejaran dengan waktu anak berangkat sekolah, masak harus serba cepet. SEKAI Rice Cooker ini bisa jadi solusinya, produknya berkualitas harga ramah dikantong dan free service seumur hidup

    ReplyDelete
  3. Wah sama kak Aku juga pakai SEKAI rice Cookernya, nasi jadi ga cepat basi dan lebih pulen dimasaknya ,..satu lagi awet ya SEKAI ini

    ReplyDelete
  4. Apapun jenis olahan beras menjadi nasi yang dimasak, kalau pakai rice cookernya yang tepat, hasilnya pun juga enak ya pas disantap karena pulen dan sehat

    ReplyDelete
  5. baru tau nih Mbak, kalau pakai asam bisa buat menghambat pertumbuhan jamur, jadi nasi bisa lebih awet gitu ya Mbak, noted nih, nanti mau coba juga nih tipsnya.
    secara saya banget nih Mbak, merasa belum makan ya kalau belum makan nasi :D

    ReplyDelete
  6. Hmm Jadi pengen membelinya kak, karena nggak ada nasi rasanya makan kurang lengkap

    ReplyDelete
  7. Ooh pake dikasih perasan jeruk nipis yah. Aku belum pernah praktik. Suka ku kasih daun pandan biar wangiii gitu, malah nambah nafsu makan, hahaha.

    Btw rice cooker Sekai desainnya cantik deh dan kapasitas 1,8L itu cocok buat kebutuhanku di rumah

    ReplyDelete
  8. Tampilan rice cooker Sekai elegan sekali. Tampak grande. Yang lebih afdhol bisa tahan basi sampai 48 jam lagi, ya. Mantap nih, pasti banyak yang suka

    ReplyDelete
  9. Wah bermanfaat banget tipsnya agar nasinya nggak mudah basi. Oke, Mbak, akan aku tambahkan salam atau pandan saat memasak nasi, Nah, iya, sering banget ini kelamaan pakai mode warm. Kalau misal, rice cooker dimatikan setelah nasi masak, tapi tetap disimpan di dalam rice cooker kira-kira gimana ya Mbak?

    ReplyDelete
  10. Tipsnya bermanfaat banget mbak. Sayang banget memang kan jadi banyak kenyang kalo nasinya basi. Sekai jadi solusi rice cooker yang tepat ya bakal bantu banget menjaga nasi tetap aman no basi-basi lagi

    ReplyDelete
  11. "Belum makan kalo belum ketemu nasi" bener banget lagi. Meskipun udah ngemil macem-macem tetep bilangnya belumn makan karena belum ketemu nasi hehe..

    ReplyDelete
  12. Mau banget rice cooker yang tahan lama, tapi nasi tidak basi. Kebetulan lagi butuh banget, coba beli Sekai Rice Cooker ini aja, ya.

    ReplyDelete
  13. Sekai ini merk terkenal..produknya bagus..awet. termasuk rice cooker Sekai yang juga sehat dan berkualitas nasi yang dimasak. Cocok nih buat jaga kesehatan keluarga.supadilah/padil

    ReplyDelete
  14. Sekai memang terkenal dengan produk inovatif di segmen peralatan rumah tangga. Awet pula lho, nah ini dia ada penanak nasi yang bikin nasi enak disantap, aduh duh duh bisa checkout ini mah

    ReplyDelete
  15. Wah bukan nikita willy yah hehehe. Betul nih, akhir-akhir ini saya sering kena masalah nasi basi yang dimasak rice cooker. Kebanyakan air atau lupa membiarkannha terbuka dan tidak disimpan di Kulkas. Alhasil jadi dibuang deh. Sayang. Berasa dosa bangets. Sekai jadi referensi nih kalo beli rice cooker baru

    ReplyDelete
  16. Yang hobi makan nasi, momok banget soal nasi basi. Btw aku punya trik anti nasi basi, simply abis mateng langsung dimatiin rice cookernya. Nanti mau makan dihidupin lagi. Aku suka banget sama Sekai yang hitam. Gagah!

    ReplyDelete
  17. Yang hobi makan nasi, momok banget soal nasi basi. Btw aku punya trik anti nasi basi, simply abis mateng langsung dimatiin rice cookernya. Nanti mau makan dihidupin lagi. Aku suka banget sama Sekai yang hitam. Gagah!

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)