Shalat di Mushola Plaza Senayan

Pernah gak Sahabat KeNai jalan-jalan ke mall trus musholanya berasa kurang layak? Saya pernah. Tempat shalatnya di area parkir. Ya gak apa-apa kalau dibikin nyaman. Tapi, ini hanya sekat yang terkesan seadanya. Berasa sumuk dan berisik. Entah sekarang udah lebih bagus atau belum. Karena itu kejadian sekian tahun lalu.

musholla plaza senayan

Mushola di Plaza Senayan menurut saya termasuk yang layak banget. Bikin betah shalat di sini. Setahu  saya ada beberapa mushala di mall ini. Saya cukup yakin fasilitasnya kurang lebih sama. Tapi, yang akan saya ceritakan adalah mushola di area foodcourt, dekat XXI.
 
Area shalat laki-laki dan perempuan dipisah. Seingat saya, tidak hanya dipisah dengan sekat kain. Kayaknya memang bener-bener terpisah (pakai tembok), meskipun di area yang sama.


Tempat Wudhu yang Tertutup

 
tempat wudhu mushola plaza senayan
Kursi untuk melepas alas kaki sebelum ke tempat wudhu


Perhatian pertama saya ke kursi di depan tempat wudhu. Semi tertutup, diberi sekat yang cukup tinggi. Sehingga para perempuan tidak perlu khawatir auratnya (telapak kaki) terlihat pada saat melepas alas kaki.

Kemudian, Sahabat KeNai akan melewati tempat wudhu. Kesan saya, tempatnya bersih dan tertutup. Memang ada pintu lain yang langsung masuk ke area shalat. Tapi, biasanya kan wudhunya juga di tempat yang sama.


kebersihan mushola plaza senayan
tempat penyimpanan barang mushalla plaza senayan

Terkadang, ada tempat wudhu yang agak terbuka. Jadi, buat perempuan serba salah. Khawatir aurat terlihat oleh yang bukan muhrim. Tapi, di musala Plaza Senayan tempat wudhu tidak hanya dipisah untuk perempuan dan laki. Areanya tertutup, sehingga leluasa bagi perempuan juga akan membuka hijab dan menyingsikan lengan pakaian.


Tempat Rias dengan Kaca yang Besar


ruang rias mushala plaza senayan

Biasanya, perempuan setelah berwudhu akan merapikan jilbabnya. Begitu pun setelah shalat. Bahkan mungkin ditambah sedikit berdandan.

Ada 2 kaca di musala Plaza Senayan. Satu kaca panjang, satunya lagi kaca sebesar tembok. Bakalan leluasa berkaca di sini. Apalagi cahaya lampunya juga terang benderang.


Mukena yang Bersih dan Wangi


mukena musala plaza senayan

Saya selalu membawa mukena. Kalau lagi pakai abaya, biasanya langsung shalat. Gak lagi pakai mukena.

Tapi, jangan khawatir bila Sahabat KeNai lupa membawa alat shalat. Di sini disediakan beberapa mukena yang bersih dan juga wangi. Agak terkejut juga saya karena mukenanya pada wangi. Biasanya kan di mana-mana bersih aja. Wanginya lembut, masih enak kalau buat saya.

Yang menjadi nilai plus lagi, mukenanya digantung. Tidak dilipat dan disimpan dalam rak. Menurut saya, kalau digantung begini memudahkan bagi yang ingin memakai. Seringkali saya melihat kalau dilipat, ada yang kurang rapi lipatannya. Berantakan juga di rak ketika ditumpuk. Malah terkadang jadi gak ada pasangannya.


Area Shalat yang Cukup Luas


sholat di mushola plaza senayan
rak al quran

Saya datang ke mushola Plaza Senayan beberapa menit sebelum adzan. Ruangannya masih sepi. Belum ada satu orang pun di dalam. Area shalatnya cukup luas. Di pojokan ada rak berisi Al Qur'an. Karpetnya juga bersih. Ruangannya pun dingin. Nyaman banget.


Disediakan Kursi untuk Shalat


kursi untuk sholat mushola plaza senayan

Dulu, saya gak pernah kepikiran pentingnya musholla atau masjid menyediakan kursi kecil. Tapi, sejak kaki saya mengalami masalah kesehatan, saya baru menyadari pentingnya properti ini.
 
Saat itu, memang udah bisa berjalan tanpa menggunakan tongkat. Tapi, tetap harus pakai deker. Shalat pun masih dilakukan sambil duduk. Belum mampu shalat seperti biasa. Saya jadi selalu bawa kursi lipat kecil yang bisa dimasukkan ke ransel. Supaya memudahkan shalat di mana pun saat gak di rumah.

Alhamdulillah, saya udah bisa shalat seperti biasa lagi. Udah gak bawa kursi lipat ke mana pun. Tapi, saya akan tetap mengapresiasi masjid atau mushala yang menyediakan kursi. Karena sangat membantu bagi yang membutuhkan.

Shalat di mushola Plaza Senayan termasuk yang nyaman banget. Mallnya juga dari dulu selalu jadi salah satu favorit saya, sih.


Plaza Senayan


Jl. Asia Afrika
Jakarta Pusat


Post a Comment

18 Comments

  1. mushola di beberapa mall di sini kadang bagus banget nyaman, kadang biasa aja, yang aku suka tuh ada lokernya, jadi ngebantu untuk tempat sepatu, dan mukena yang bersih ini paling penting

    ReplyDelete
  2. Seneng ya kalau area Musholanya luas dan bersih gini, dan lokasinya bukan di basement sebelahan sama area parkir. Fasilitasnya juga lengkap. Lokernya banyak pula. Mukena yang wangi juga jadi nilai plus nih.

    ReplyDelete
  3. Terlihat bersih dan nyaman, fasilitasnya lengkap dan kacanya lega banget. Senang kalau mendapatkan tempat sholat yang memang diniatkan sebagai tempat ibadah begini, nggak sekedar ngasih tempat aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di atas kran air tempat wudhunya juga ada tempat buat naruh barang-barang. Jadi kacamata, hp, dompet aman lah ya di taruh di situ saat berwudhu

      Delete
  4. musholla di plaza senayan sih memang nyaman, jadi gak ada alasan untuk skip ibadah kalo lagi jalan-jalan di mall ya, plus mukenanya bersih dan wangi

    ReplyDelete
  5. Wah cakep nih mushola di PS.. Aku tuh kadang suka lupa bawa mukena kalo ngemall, suka deh sama mushola yang nyediain mukena bersih terus wangiiiiii.. hihihi

    ReplyDelete
  6. saya acung jempol nih sama mal yang nyediain layanan mushola yg luas, nyaman dan bersih kayak musholanya plaza Senayan ini. Sebagai customer kita merasa dihargai dan jadi betah kalo mau menghabiskan waktu agak lama di mal.

    ReplyDelete
  7. Masyaallah itu mah udah lebih dari nyaman sih. Kalau disini, boro - boro nyaman kek gitu. Yang ada apek, gerah, berisik dan sudah pasti mukenanya itu lho. Heuheuheu

    ReplyDelete
  8. Saat ini fasilitas publik terkhusus musolah sebagian besar udah layak dan bersih ya mbak. Meski adaaa aja satu2 yang kurang perhatian.
    Tapi di Plaza Senayan ini istimewa nih, salfok sama ruang dandan yang gede banget. Kalah toilet umum kayanya ya.
    difoto kelihatan bersih karpet dan dinding2nya terutama.
    Manajemen gedungnya keren, nih...

    ReplyDelete
  9. Ih bener banget. Saya juga beberapa kali pernah salat di sini. Yang paling saya sreg adalah pemisahan tempat wudhu. Kita, para wanita, jadi bisa benar-benar bisa berwudhu dengan sempurna. Bisa buka kerudung karena memang area wudhunya tertutup sekali. Karpetnya juga empuk dan bersih ya. Salat jadi khusyuk.

    ReplyDelete
  10. Mushala di Plaza Senayan cukup nyaman ya, Mba. Ada fasilitas tempat duduk juga. Jarang-jarang soalnya. Mukenanya bersih dan wangi juga jadi nilai plus

    ReplyDelete
  11. Salut sama pengelolanya yang menyediakan mushola senyaman ini. Sekilas lihat kayak fasilitas di bandara sekelas Changi. Bersih, luas, terang dan nyaman. Soalnya kebanyakan mal mushola seadanya. Harus di area parkir, sempit, dan gak bersih :(

    ReplyDelete
  12. Wah setuju, mushola Plaza Senayan nyaman banget, bersih dan komplit
    Mungkin bandingannya mushola PVJ Bandung yang pakai konsep rooftop
    Gak banyak yang tahu sih, kebanyakan pengunjung memilih sholat di lantai LG

    ReplyDelete
  13. Mushollanya cakep bersih ya mak.. Mall-mall sekarang kayaknya emang dah pada bagus-bagus mushollanya..Tempat wudunya juga bagus2..

    ReplyDelete
  14. Wuih Alhamdulillah, senangnya melihat ada mushola sebersih dan selengkap ini fasilitasnya. Yang mampir untuk ibadah pasti betah dan senang nih kalau suasananya seperti itu

    ReplyDelete
  15. Wah musholla yang luas, Mukena bersih dan harum, salut banget sama pengelolanya yang nyediain ruang musholla yang nyaman, bukan hanya musholla sekedar ada tanpa memikirkan kenyamanan

    ReplyDelete
  16. Musolanya terlihat nyaman banget dan bersih Mbak. Samma...aku pun apresiasi Mushola/Masjid yang menyediakan kursi buat jamaah yang sulit shalat seperti biasa. Aku pun sekarang lagi bermasalah dengan lutut, jadi gembira banget kalau ada mushola dilengkapi kursi.

    ReplyDelete
  17. Mantab ya fasilitas mushollahnya. Lengkap beneran. Kalah deh yang di MAG. Selama ini saya baru nemu mushollah yang nyaman di MAG. Semoga semua mall menyediakan mushollah yang layak bagi pengunjungnya

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)