Shalat di Mushola Plaza Senayan

Pernah gak Sahabat KeNai jalan-jalan ke mall trus musholanya berasa kurang layak? Saya pernah. Tempat shalatnya di area parkir. Ya gak apa-apa kalau dibikin nyaman. Tapi, ini hanya sekat yang terkesan seadanya. Berasa sumuk dan berisik. Entah sekarang udah lebih bagus atau belum. Karena itu kejadian sekian tahun lalu.

musholla plaza senayan

Mushola di Plaza Senayan menurut saya termasuk yang layak banget. Bikin betah shalat di sini. Setahu  saya ada beberapa mushala di mall ini. Saya cukup yakin fasilitasnya kurang lebih sama. Tapi, yang akan saya ceritakan adalah mushola di area foodcourt, dekat XXI.
 
Area shalat laki-laki dan perempuan dipisah. Seingat saya, tidak hanya dipisah dengan sekat kain. Kayaknya memang bener-bener terpisah (pakai tembok), meskipun di area yang sama.


Tempat Wudhu yang Tertutup

 
tempat wudhu mushola plaza senayan
Kursi untuk melepas alas kaki sebelum ke tempat wudhu


Perhatian pertama saya ke kursi di depan tempat wudhu. Semi tertutup, diberi sekat yang cukup tinggi. Sehingga para perempuan tidak perlu khawatir auratnya (telapak kaki) terlihat pada saat melepas alas kaki.

Kemudian, Sahabat KeNai akan melewati tempat wudhu. Kesan saya, tempatnya bersih dan tertutup. Memang ada pintu lain yang langsung masuk ke area shalat. Tapi, biasanya kan wudhunya juga di tempat yang sama.


kebersihan mushola plaza senayan
tempat penyimpanan barang mushalla plaza senayan

Terkadang, ada tempat wudhu yang agak terbuka. Jadi, buat perempuan serba salah. Khawatir aurat terlihat oleh yang bukan muhrim. Tapi, di musala Plaza Senayan tempat wudhu tidak hanya dipisah untuk perempuan dan laki. Areanya tertutup, sehingga leluasa bagi perempuan juga akan membuka hijab dan menyingsikan lengan pakaian.


Tempat Rias dengan Kaca yang Besar


ruang rias mushala plaza senayan

Biasanya, perempuan setelah berwudhu akan merapikan jilbabnya. Begitu pun setelah shalat. Bahkan mungkin ditambah sedikit berdandan.

Ada 2 kaca di musala Plaza Senayan. Satu kaca panjang, satunya lagi kaca sebesar tembok. Bakalan leluasa berkaca di sini. Apalagi cahaya lampunya juga terang benderang.


Mukena yang Bersih dan Wangi


mukena musala plaza senayan

Saya selalu membawa mukena. Kalau lagi pakai abaya, biasanya langsung shalat. Gak lagi pakai mukena.

Tapi, jangan khawatir bila Sahabat KeNai lupa membawa alat shalat. Di sini disediakan beberapa mukena yang bersih dan juga wangi. Agak terkejut juga saya karena mukenanya pada wangi. Biasanya kan di mana-mana bersih aja. Wanginya lembut, masih enak kalau buat saya.

Yang menjadi nilai plus lagi, mukenanya digantung. Tidak dilipat dan disimpan dalam rak. Menurut saya, kalau digantung begini memudahkan bagi yang ingin memakai. Seringkali saya melihat kalau dilipat, ada yang kurang rapi lipatannya. Berantakan juga di rak ketika ditumpuk. Malah terkadang jadi gak ada pasangannya.


Area Shalat yang Cukup Luas


sholat di mushola plaza senayan
rak al quran

Saya datang ke mushola Plaza Senayan beberapa menit sebelum adzan. Ruangannya masih sepi. Belum ada satu orang pun di dalam. Area shalatnya cukup luas. Di pojokan ada rak berisi Al Qur'an. Karpetnya juga bersih. Ruangannya pun dingin. Nyaman banget.


Disediakan Kursi untuk Shalat


kursi untuk sholat mushola plaza senayan

Dulu, saya gak pernah kepikiran pentingnya musholla atau masjid menyediakan kursi kecil. Tapi, sejak kaki saya mengalami masalah kesehatan, saya baru menyadari pentingnya properti ini.
 
Saat itu, memang udah bisa berjalan tanpa menggunakan tongkat. Tapi, tetap harus pakai deker. Shalat pun masih dilakukan sambil duduk. Belum mampu shalat seperti biasa. Saya jadi selalu bawa kursi lipat kecil yang bisa dimasukkan ke ransel. Supaya memudahkan shalat di mana pun saat gak di rumah.

Alhamdulillah, saya udah bisa shalat seperti biasa lagi. Udah gak bawa kursi lipat ke mana pun. Tapi, saya akan tetap mengapresiasi masjid atau mushala yang menyediakan kursi. Karena sangat membantu bagi yang membutuhkan.

Shalat di mushola Plaza Senayan termasuk yang nyaman banget. Mallnya juga dari dulu selalu jadi salah satu favorit saya, sih.


Plaza Senayan


Jl. Asia Afrika
Jakarta Pusat


Post a Comment

55 Comments

  1. mushola di beberapa mall di sini kadang bagus banget nyaman, kadang biasa aja, yang aku suka tuh ada lokernya, jadi ngebantu untuk tempat sepatu, dan mukena yang bersih ini paling penting

    ReplyDelete
  2. Seneng ya kalau area Musholanya luas dan bersih gini, dan lokasinya bukan di basement sebelahan sama area parkir. Fasilitasnya juga lengkap. Lokernya banyak pula. Mukena yang wangi juga jadi nilai plus nih.

    ReplyDelete
  3. Terlihat bersih dan nyaman, fasilitasnya lengkap dan kacanya lega banget. Senang kalau mendapatkan tempat sholat yang memang diniatkan sebagai tempat ibadah begini, nggak sekedar ngasih tempat aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di atas kran air tempat wudhunya juga ada tempat buat naruh barang-barang. Jadi kacamata, hp, dompet aman lah ya di taruh di situ saat berwudhu

      Delete
  4. musholla di plaza senayan sih memang nyaman, jadi gak ada alasan untuk skip ibadah kalo lagi jalan-jalan di mall ya, plus mukenanya bersih dan wangi

    ReplyDelete
  5. Wah cakep nih mushola di PS.. Aku tuh kadang suka lupa bawa mukena kalo ngemall, suka deh sama mushola yang nyediain mukena bersih terus wangiiiiii.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga suka lupa bawa mukena buat salat. Kalau di mushala udah disediakan yang bersih dan wangi pasti seneng banget. Mushala di Plaza Senayan terhitung nyaman banget

      Delete
  6. saya acung jempol nih sama mal yang nyediain layanan mushola yg luas, nyaman dan bersih kayak musholanya plaza Senayan ini. Sebagai customer kita merasa dihargai dan jadi betah kalo mau menghabiskan waktu agak lama di mal.

    ReplyDelete
  7. Masyaallah itu mah udah lebih dari nyaman sih. Kalau disini, boro - boro nyaman kek gitu. Yang ada apek, gerah, berisik dan sudah pasti mukenanya itu lho. Heuheuheu

    ReplyDelete
  8. Saat ini fasilitas publik terkhusus musolah sebagian besar udah layak dan bersih ya mbak. Meski adaaa aja satu2 yang kurang perhatian.
    Tapi di Plaza Senayan ini istimewa nih, salfok sama ruang dandan yang gede banget. Kalah toilet umum kayanya ya.
    difoto kelihatan bersih karpet dan dinding2nya terutama.
    Manajemen gedungnya keren, nih...

    ReplyDelete
  9. Ih bener banget. Saya juga beberapa kali pernah salat di sini. Yang paling saya sreg adalah pemisahan tempat wudhu. Kita, para wanita, jadi bisa benar-benar bisa berwudhu dengan sempurna. Bisa buka kerudung karena memang area wudhunya tertutup sekali. Karpetnya juga empuk dan bersih ya. Salat jadi khusyuk.

    ReplyDelete
  10. Mushala di Plaza Senayan cukup nyaman ya, Mba. Ada fasilitas tempat duduk juga. Jarang-jarang soalnya. Mukenanya bersih dan wangi juga jadi nilai plus

    ReplyDelete
  11. Salut sama pengelolanya yang menyediakan mushola senyaman ini. Sekilas lihat kayak fasilitas di bandara sekelas Changi. Bersih, luas, terang dan nyaman. Soalnya kebanyakan mal mushola seadanya. Harus di area parkir, sempit, dan gak bersih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sudah setaraf internasional ya berarti soal penataan dan kebersihannya
      Hmm jadi penasaran mau salat di sini juga
      Kapan kapan ah kalau ke Senayan mau mampir ke Plaza Senayan

      Delete
  12. Wah setuju, mushola Plaza Senayan nyaman banget, bersih dan komplit
    Mungkin bandingannya mushola PVJ Bandung yang pakai konsep rooftop
    Gak banyak yang tahu sih, kebanyakan pengunjung memilih sholat di lantai LG

    ReplyDelete
  13. Mushollanya cakep bersih ya mak.. Mall-mall sekarang kayaknya emang dah pada bagus-bagus mushollanya..Tempat wudunya juga bagus2..

    ReplyDelete
  14. Wuih Alhamdulillah, senangnya melihat ada mushola sebersih dan selengkap ini fasilitasnya. Yang mampir untuk ibadah pasti betah dan senang nih kalau suasananya seperti itu

    ReplyDelete
  15. Wah musholla yang luas, Mukena bersih dan harum, salut banget sama pengelolanya yang nyediain ruang musholla yang nyaman, bukan hanya musholla sekedar ada tanpa memikirkan kenyamanan

    ReplyDelete
  16. Musolanya terlihat nyaman banget dan bersih Mbak. Samma...aku pun apresiasi Mushola/Masjid yang menyediakan kursi buat jamaah yang sulit shalat seperti biasa. Aku pun sekarang lagi bermasalah dengan lutut, jadi gembira banget kalau ada mushola dilengkapi kursi.

    ReplyDelete
  17. Mantab ya fasilitas mushollahnya. Lengkap beneran. Kalah deh yang di MAG. Selama ini saya baru nemu mushollah yang nyaman di MAG. Semoga semua mall menyediakan mushollah yang layak bagi pengunjungnya

    ReplyDelete
  18. Keren banget sih ini pengelola nya. Segala aspek diperhatikan sampai nyediain kursi, yg mana, ini jarang banget ada di mushola Mall. Suka banget. Jd ga ada alasan buat ninggalin sholat ya

    ReplyDelete
  19. Wah beneran bersih ya musholanya. Seneng kalau ketemu tempat ibadah umum yang kaya gini. Soalnya sering ketemu yang gak bersih daripada bersihnya. Bahkan ada mushola kampung yang kotor, air gak ada. Sampai terdiam pas ke sana

    ReplyDelete
  20. Si paling happy kalo ketemu mushola atau mesjid yang bersih - rapi dan nyaman seperti ini!

    Aku juga sering menemui mushola yang tak layak, sampe mikir, beneran ini mushola? Loh kok kotor dan bau ... hiks :((( karena menurutku kan di situ ada yang digaji yaaah buat membersihkan mushola, dan selain itu tempat ibadah jadi kan ya harus rada sedikit "effort sukarela" gitu loooh

    ReplyDelete
  21. MasyaAllah, musala di Plaza Senayan keliatan nyaman dan bersih, ya. Paling suka kalau ada musala sebagus itu di mall. Kadang suka nemu musala yang dibuat seadanya, kondisinya pengap, bau asap knalpot dan panas.

    ReplyDelete
  22. Cakeepp yaa, bikin nyaman banget buat sholat.

    Seneng deh sekarang mushola mall udah cakep2 kayak gini. Udah mulai dipikirkan dan membuat pengunjung nyaman.

    ReplyDelete
  23. paling suka dengan musola di mall yang tempatnya itu bukan di basement. karena lebih nyaman dan terasa sejuk. Apalagi kayak musolanya Plaza Senayan ini, nyaman ya seperti musolanya GI

    ReplyDelete
  24. Aku selalu kagum sama mall yang merhatiin banget sama mushalla ini. Soalnya mayoritas orang Indonesia kan muslim yaa.. jadi kudu banget menghargai waktu sholar, kebersiham dan kenyamanannya.

    ReplyDelete
  25. Plaza Senayan yang termasuk bagus juga mushollanya, enak kalau sholat terus mushollanya nyaman ya mak. Ada juga yang bagus mushollanya, Gandaria City ini termasuk yang bagus kataku kalau untuk mall. Tapi ku pernah juga sih sholat yang bersebelahan dengan area parkir. Semoga semakin banyak juga tempat umum yang menyediakan musholla yang layak dan bagus seperti PS ya.

    ReplyDelete
  26. Plaza Senayan menjadi salah satu mall yang memberikan fasilitas mushola terbaik bahkan sebelum mall lain, selain nyaman, alat shalat yang disediakan juga wangi2

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kalo pas bulan puasa lalu mau bukber bareng keluarga di mall maka Plaza Senayan masuk dalam list karena musholanya sungguhlah bersih, nyaman, wangi, dan alat shalat juga tempat wudhunya pun proper banget

      Delete
  27. Wah ruangan shalatnya bersih banget ya auto khusuk nih menjalankan sholatnya soalnya di sini bersih luas dan tertata rapi

    ReplyDelete
  28. Masyaallah fasilitas mushalanya menyenangkan banget. Di jakarta dan kota2 besar lain mulai banyak mushala yg nyaman gini ya. Kan oengunjung seneng dan nyaman ibadahnya udah laling sedih kalo ke mall to mushalanya nyemlil di parkiran bau apek dan kotor

    ReplyDelete
  29. Fasilitas mushalanya menyenangkan sekali ya jadi nyaman ibadahnya. Di semarang belum banyak mall yg punya fasilitas mushala keren beginj

    ReplyDelete
  30. Wah, nyamannya ya mushola plaza senayan ini. Bersih, luas, dan waw, mukenanya bersih-bersih. Harusnya tiap tempat umum kayak begini juga. Jadinya orang-orang pada suka ikut shalat di musholanya.

    ReplyDelete
  31. Jika suatu hari ke Plaza Senayan tampaknya saya tak perlu khawatir lagi jika waktu shalat telah tiba, ya, Mak. Tempatnya sudah mewakili suara hati banyak perempuan nih.

    ReplyDelete
  32. jika tempat untuk menjalankan ibadahnya nyaman, jadi tenang untuk menjalankan ibadah sholat. Ini perlu diperhatikan bagi pengelola mall supaya pengunjung bisa merasa nyaman dan memilih tempat tersebut menjadi lokasi berkunjung kembali

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah, selain rukun dalam shalat yang harus diperhatikan, ternyata ada faktor kenyamanan juga yang bisa menambah dari kekhusu'an dalam shalat. Salah satunya adalah musholla di plaza Senayan ini.

    ReplyDelete
  34. Plasa senayan yang keren ternyata memiliki musholla yang keren dan sangat bagus untuk ibadah shalat.

    ReplyDelete
  35. Saya pernah juga mengalami salat di mushala mall yang kurang layak. Adanya di parkiran dan sangat kecil sehingga jadi berdesakan. Tapi itu dulu, Alhamdulillah sekarang sudah direnovasi jadi lebih baik.
    Memang sejatinya tempat seperti mall menyediakan tempat ibadah yang layak agar kita pun nyaman baik nyaman saat berbelanja maupun nyaman saat salat

    ReplyDelete
  36. Belakangan aku mengunjungi beberapa mall di Jakarta dan menemukan adanya kursi kecil di mushola, pernah bertanya-tanya, itu kursi buat apa ya? Kenapa bisa ada di sini ya? Lewat postingan dari Teteh nih, aku jadi bisa memahami betapa keberadaan kursi kecil di lingkup mushula mall begini tuh penting sekali.

    Suka banget aku merhatiin area wudhu-nya yang bersih dan pemilihan warnanya yang terang jadi memberi kesan makin bersih lagi. Selain itu kaca besar yang disediakan buat berdandan (apalagi kan di kawasan perempuan ya) bikin makin senang. Maklum, kebutuhan merapikan penampilan selepas shalat itu termasuk penting juga buatku.

    Nyaman sekali nih mushola di Plaza Senayan.

    ReplyDelete
  37. Musholah di mal-mal sekarang sudah bagus-bagus dan terjaga kebersihannya ya kak, justru di hotel-hotel masih ada musholah yang nyempil di parkiran basement, mana lembab banget lagi....

    ReplyDelete
  38. Masya Allah, mantap itu Kak kalau nemu Mall yang tempat salatnya asik dan nyaman. Bakalan betah sendiri hehe.

    Kalau di Pontianak itu ada Mega Mall, di atapnya sekaligus tempat parkir mobil ada Masjid, bagus dan enak untuk salat. Kurang lebih seperti pengalaman Kakak ini hehe. Alhamdulillah ya, jadi nyaman sambil jalan-jalan nggak lupa untuk ibadah juga.

    Terima kasih ya Kak.

    ReplyDelete
  39. Paling hepi memang klo nemu musola di fasilitas publik dan musalanya bersih plus tempat wudu dan kamar mandi terpisah antara pria wanita, juga ramah wanita kekgini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Bahkan ya habis dari sana, jadi meninggalkan kesan menyenangkan saja di hati. Walhasil kan, tempatnya juga jadi ingin dikunjungi lagi. Nilai plus banget kalau mall punya mushola nyaman tuh.

      Delete
  40. Saya pribadi sih langsung illfeel kalau ke mal tapi mereka gak bisa perhatikan kelayakan tempat ibadah alias mushala. Bagi saya, mushola yang luas (layak), bersih, rapi, dan wangi itu punya nilai PLUS PLUS PLUS yang bisa buat pengunjung balik lagi ke sana.

    ReplyDelete
  41. Tempatnya nyaman buat beribadah. Jadi lebih khusyuk dan tenang deh!

    ReplyDelete
  42. Tempat sholat yang benar-benar nyaman. Tidak semua tempat sholat di tempat hiburan punya desain interior seperti ini. Memiliki lemari dan tempat duduk untuk melepas sepatu. Semoga sukses selalu plaza senayan.

    ReplyDelete
  43. Kalau ke Plaza Senayan saya juga sering shalat di mushola Plaza Senayan ini, tempatnya bersih dan nyaman ..terbaik deh

    ReplyDelete
  44. Musholla nya bersih dan rapih banget ya, Mbak.. Pasti pengunjung pada nyaman dan gak perlu ragu kalau mau sholat di sana..

    ReplyDelete
  45. Masya Allah, setuju sih aku kalau ini mushola bersih, rapi dan estetik. Jadi makin betah ibadah di sini ya mak ☺

    ReplyDelete
  46. Wah, aku bukan muslim, tapi mushola di Plaza Senayan ini keren banget ya!

    Dari gambaran yang diberikan tempat wudhunya yang tertutup dan terpisah antara laki-laki dan perempuan pasti membuat lebih nyaman dan aman buat wudhu.

    Ruang shalatnya juga luas, bersih, dan ber-AC. Ada juga mukena yang disediakan, wangi dan digantung rapi. Keren sih ...

    ReplyDelete
  47. Alhamdulillah, ada musholla cakep...Mushola di Plaza Senayan.
    Aku kagum sama yang mendesain dengan teliti begini. Sekat bagi area akhwat dan ikhwan ini penting. Agar wudlu bisa beneran buka jilbab tanpa ragu dan khawatir terlihat auratnya.

    ReplyDelete
  48. Kursi buat sholat itu sekarang jadi penting buatku sejak ibu sudah tidak bisa sholat berdiri lagi. Itu sebabnya saya suka bawa kursi lipat kemana-mana.

    Mushola di Plaza Senayan ini oke banget nih tempatnya, bersih dan luas, jadi meski jalan-jalan ke Mall pun bisa tetap menunaikan kewajiban sholat.

    ReplyDelete
  49. jadi ingat waktu ke Jakarta tahun lalu saya sempat salat di musola di mall neo soho kalau nggak salah dan bagus banget musolanya. di mal sini juga mbak musolanya sekarang lebih bagus dan lebih luas dibanding beberapa tahun yang lalu alhamdulillah banget jadinya mau salat jadi lebih nyaman juga

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)