Peraturan Jalan-Jalan ke Ancol dan DUFAN Saat Pandemi - Mulai tanggal 5 Juni 2020, DKI Jakarta resmi masuk fase PSBB transisi. Artinya beberapa sektor mulai boleh beraktivitas lagi.

peraturan jalan-jalan ke ancol dan dufan saat pandemi

Tetapi, sepertinya terjadi salah kaprah di sini. Disangkanya masa PSBB transisi atau masyarakat lebih menganggapnya new normal berarti bisa keluar sebebas-bebasnya. Padahal ya di DKI Jakarta sendiri bertahap dibukanya. Memang iya fase transisi dimulai dari tanggal 8 Juni, tetapi gak semua mulai di tanggal yang sama.

Untuk lebih jelasnya memang sebaiknya lihat akun resmi pemprov DKI. Tetapi, sedikit gambaran, mall di DKI baru boleh beroperasi mulai tanggal 15 Juni.

Oiya, postingan ini BUKAN untuk mengajak berdebat tentang setuju atau enggak jalan-jalan di saat virus corona masih ada. Saya pribadi tetap memilih sebisa mungkin di rumah aja. Tetapi, faktanya adalah semua sektor perlahan mulai dibuka ketika PSBB transisi mulai berjalan, termasuk tempat wisata.

Jadi tujuan postingan ini adalah untuk membantu menginfokan 'do's and don'ts' kalau memang ingin jalan-jalan, khususnya ke Ancol. Jangan sampai begitu sudah di sana, kunjungan Sahabat KeNai ditolak. Nanti jadi kesel. Padahal kan mungkin karena kita belum tau peraturannya.


Kapan Ancol dan DUFAN dibuka?


Hmmm ... udah pada kangen jalan-jalan, ya? Kabar gembira nih buat yang mau jalan-jalan ke Ancol. Insya Allah, sebentar lagi semua tempat wisata di sana, termasuk DUFAN, akan kembali dibuka.

Saya gak tau kapan dibukanya karena di akun medsos Ancol dan DUFAN serta situs resminya belum ada keterangan tanggal. Hanya menginfokan akan segera dibuka. Tetapi, kalau mengikuti jadwal pemprov DKI Jakarta, tempat wisata baru bisa beroperasi mulai tanggal 18 Juni 2020.

Sebelum jalan-jalan ke sana, mendingan cari tau dulu peraturan seperti apa yang akan diberlakukan oleh pengelola Ancol selama pandemi COVID-19 masih ada. Tentunya ini untuk kesehatan dan keselamatan bersama


Pembelian Tiket


Selama fase PSBB transisi, pembelian tiket dilakukan secara online di www.ancol.com. TIDAK melayani pembelian tiket di lokasi.

Pembelian tiket juga bisa dilakukan di beberapa mitra resmi Ancol yaitu Traveloka, Tokopedia, JDID, Tiket.com, Gotix, Blibli.com, dan Shopee. Tetapi, setelah melakukan transaksi di mitra tersebut, tetap harus reservasi di situs Ancol. Bagi Sahabat KeNai yang sudah memiliki kartu Annual Pass, harus melakukan reservasi di situs Ancol minimal H-2.

Reservasi di www.ancol.com tetap harus dilakukan supaya para pengunjung mendapatkan barcode (1 orang 1 barcode) Nantinya barcode tersebut akan discan sebagai akses masuk. Sahabat KeNai juga harus menentukan tanggal kunjungan saat reservasi. Kalau tidak datang di tanggal tersebut, tiket akan dianggap hangus.


Kategori Pengunjung yang Dilarang ke Ancol


Anak-anak (usia 6 tahun ke bawah), lansia (usia 50 tahun ke atas), ibu hamil, sedang tidak enak badan, dan memiliki penyakit (darah tinggi, diabetes, dll) DILARANG ke Ancol

Sepertinya ini gak perlu dijelaskan panjang lebar, ya. Karena kategori pengunjung di atas 'kan memang rentan terkena virus corona.

Di lokasi juga semua pengunjung akan dicek suhu tubuhnya. Bila suhunya 37,3 C ke atas maka akan dilarang masuk Ancol. Bahkan pendampingnya pun akan disuruh pulang juga. Makanya bagusnya dari rumah dicek dulu suhu tubuhnya.


Barang yang Harus Dibawa Dari Rumah


ke ancol dan dufan saat pandemi
tata tertib ancol dan dufan di masa psbb transisi

Kalau melihat infografis di atas, ada beberapa barang yang harus dibawa dari rumah. Masker jangan hanya yang dipakai, tetapi juga bawa cadangannya. Masker kain kan hanya efektif 4 jam. Sedangkan main di Ancol biasanya bisa seharian. Bawa juga kantong plastik untuk menyimpan masker bekas pakai.

Selama masa PSBB transisi, mushola di Ancol tidak menyediakan perlengkapan ibadah. Jadi bawa masing-masing dari rumah. Begitupun peralatan makan, bawa aja sendiri. Tetapi, untuk makanan tetap bisa beli di sana. Hanya saja semua transaksi pembelian dilakukan cashless.

Akan ada penambahan tempat cuci tangan dan pembersih tangan di beberapa lokasi. Tetapi, memang sebaiknya bawa hand sanitizer sendiri. Siapa tau terjadi antrean saat mencuci tangan.


Pembatasan Jam Operasional


Akan ada penyesuaian jam operasional. Gerbang utama Ancol dan pantai dibuka mulai pukul 06.00-20.00 wib. DUFAN mulai pukul 08.00-18.00 wib. Ocean Dream Samudra dan Seaworld mulai pukul 09.00-17.00 wib. Saya gak tau tuh jam operasional Atlantis Water Adventure.

berenang di atlantis ancol saat pandemi

Saya memang agak bertanya tentang Atlantis ini. Gimana caranya berenang di saat pandemi? Kalau saya baca komen di akun fanpage Atlantis, jawabannya seperti itu. Tetapi, tetap aja saya gak bisa membayangkan physical distancing di kolam renang. Selain itu, apakah saat berenang masih harus mengenakan masker?

Memang akan ada pembatasan jumlah pengunjung. Maksimal hanya menerima 50% dari kapasitas maksimum. Kalau lihat info dari IG Ancol Taman Impian, beberapa wahana mungkin akan tutup. Tapi, saya gak tau mana aja yang tutup.

Harapan saya, semoga pada disiplin. Peraturan sudah dibuat. Pengunjung harus patuh dengan aturan. Sedangkan pengelola harus tegas bila ada pengunjung yang menaati aturan.


Berita Terbaru Tentang Pembaruan Peraturan Berwisata di Ancol


persiapan traveling agar perjalanan aman dan menyenangkan

New normal tentu tidak diharapkan terjadi selamanya. Semua ingin bisa kembali ke masa new normal, kan?

Sejumlah peraturan dibuat untuk meminimalkan risiko. Tetapi, setiap saat bisa saja terjadi perubahan peraturan. Salah satunya adalah peraturan minimal usia.

Peraturan terbaru memungkinkan usia 60 tahun ke atas untuk berwisata ke Ancol. Tetapi, hanya boleh di kawasan pantai, Allianz Ecopark, dan Pasar Seni. Waktunya pun dibatasi dari pukul 06.00 - 10.00 WIB

Melihat aturan terbaru tentang usia, memungkinkan lah ya bagi para lansia untuk berolahraga di Ancol. Tetapi, setelah itu pulang karena hanya boleh sampai pukul 10 pagi.

persiapan traveling agar perjalanan aman dan menyenangkan

Selain, perubahan batasan usia, pertanyaan saya tentang berenang di Atlantis Water Adventures pun terjawab. Waterpark di Ancol ini baru buka pada tahap kedua.

Kapan tahap kedua dimulai?

Kalau mengacunya sama dengan fase PSBB transisi, berarti belum tau kapan fase kedua dimulai. Fase pertama di tahap transisi aja belum dievaluasi. Artinya kalau di fase pertama gagal, maka bersiap-siaplah warga Jakarta kembali ke PSBB.


Info peraturan lengkapnya silakan lihat situs dan medsos resmi Ancol, ya.


Ancol


www.ancol.com

IG: @ancoltamanimpian