Peraturan Jalan-Jalan ke Ancol dan DUFAN Saat Pandemi

Peraturan Jalan-Jalan ke Ancol dan DUFAN Saat Pandemi - Mulai tanggal 5 Juni 2020, DKI Jakarta resmi masuk fase PSBB transisi. Artinya beberapa sektor mulai boleh beraktivitas lagi.

peraturan jalan-jalan ke ancol dan dufan saat pandemi

Tetapi, sepertinya terjadi salah kaprah di sini. Disangkanya masa PSBB transisi atau masyarakat lebih menganggapnya new normal berarti bisa keluar sebebas-bebasnya. Padahal ya di DKI Jakarta sendiri bertahap dibukanya. Memang iya fase transisi dimulai dari tanggal 8 Juni, tetapi gak semua mulai di tanggal yang sama.

Untuk lebih jelasnya memang sebaiknya lihat akun resmi pemprov DKI. Tetapi, sedikit gambaran, mall di DKI baru boleh beroperasi mulai tanggal 15 Juni.

Oiya, postingan ini BUKAN untuk mengajak berdebat tentang setuju atau enggak jalan-jalan di saat virus corona masih ada. Saya pribadi tetap memilih sebisa mungkin di rumah aja. Tetapi, faktanya adalah semua sektor perlahan mulai dibuka ketika PSBB transisi mulai berjalan, termasuk tempat wisata.

Jadi tujuan postingan ini adalah untuk membantu menginfokan 'do's and don'ts' kalau memang ingin jalan-jalan, khususnya ke Ancol. Jangan sampai begitu sudah di sana, kunjungan Sahabat KeNai ditolak. Nanti jadi kesel. Padahal kan mungkin karena kita belum tau peraturannya.


Kapan Ancol dan DUFAN dibuka?


Hmmm ... udah pada kangen jalan-jalan, ya? Kabar gembira nih buat yang mau jalan-jalan ke Ancol. Insya Allah, sebentar lagi semua tempat wisata di sana, termasuk DUFAN, akan kembali dibuka.

Saya gak tau kapan dibukanya karena di akun medsos Ancol dan DUFAN serta situs resminya belum ada keterangan tanggal. Hanya menginfokan akan segera dibuka. Tetapi, kalau mengikuti jadwal pemprov DKI Jakarta, tempat wisata baru bisa beroperasi mulai tanggal 18 Juni 2020.

Sebelum jalan-jalan ke sana, mendingan cari tau dulu peraturan seperti apa yang akan diberlakukan oleh pengelola Ancol selama pandemi COVID-19 masih ada. Tentunya ini untuk kesehatan dan keselamatan bersama


Pembelian Tiket


Selama fase PSBB transisi, pembelian tiket dilakukan secara online di www.ancol.com. TIDAK melayani pembelian tiket di lokasi.

Pembelian tiket juga bisa dilakukan di beberapa mitra resmi Ancol yaitu Traveloka, Tokopedia, JDID, Tiket.com, Gotix, Blibli.com, dan Shopee. Tetapi, setelah melakukan transaksi di mitra tersebut, tetap harus reservasi di situs Ancol. Bagi Sahabat KeNai yang sudah memiliki kartu Annual Pass, harus melakukan reservasi di situs Ancol minimal H-2.

Reservasi di www.ancol.com tetap harus dilakukan supaya para pengunjung mendapatkan barcode (1 orang 1 barcode) Nantinya barcode tersebut akan discan sebagai akses masuk. Sahabat KeNai juga harus menentukan tanggal kunjungan saat reservasi. Kalau tidak datang di tanggal tersebut, tiket akan dianggap hangus.


Kategori Pengunjung yang Dilarang ke Ancol


Anak-anak (usia 6 tahun ke bawah), lansia (usia 50 tahun ke atas), ibu hamil, sedang tidak enak badan, dan memiliki penyakit (darah tinggi, diabetes, dll) DILARANG ke Ancol

Sepertinya ini gak perlu dijelaskan panjang lebar, ya. Karena kategori pengunjung di atas 'kan memang rentan terkena virus corona.

Di lokasi juga semua pengunjung akan dicek suhu tubuhnya. Bila suhunya 37,3 C ke atas maka akan dilarang masuk Ancol. Bahkan pendampingnya pun akan disuruh pulang juga. Makanya bagusnya dari rumah dicek dulu suhu tubuhnya.


Barang yang Harus Dibawa Dari Rumah


ke ancol dan dufan saat pandemi
tata tertib ancol dan dufan di masa psbb transisi

Kalau melihat infografis di atas, ada beberapa barang yang harus dibawa dari rumah. Masker jangan hanya yang dipakai, tetapi juga bawa cadangannya. Masker kain kan hanya efektif 4 jam. Sedangkan main di Ancol biasanya bisa seharian. Bawa juga kantong plastik untuk menyimpan masker bekas pakai.

Selama masa PSBB transisi, mushola di Ancol tidak menyediakan perlengkapan ibadah. Jadi bawa masing-masing dari rumah. Begitupun peralatan makan, bawa aja sendiri. Tetapi, untuk makanan tetap bisa beli di sana. Hanya saja semua transaksi pembelian dilakukan cashless.

Akan ada penambahan tempat cuci tangan dan pembersih tangan di beberapa lokasi. Tetapi, memang sebaiknya bawa hand sanitizer sendiri. Siapa tau terjadi antrean saat mencuci tangan.


Pembatasan Jam Operasional


Akan ada penyesuaian jam operasional. Gerbang utama Ancol dan pantai dibuka mulai pukul 06.00-20.00 wib. DUFAN mulai pukul 08.00-18.00 wib. Ocean Dream Samudra dan Seaworld mulai pukul 09.00-17.00 wib. Saya gak tau tuh jam operasional Atlantis Water Adventure.

berenang di atlantis ancol saat pandemi

Saya memang agak bertanya tentang Atlantis ini. Gimana caranya berenang di saat pandemi? Kalau saya baca komen di akun fanpage Atlantis, jawabannya seperti itu. Tetapi, tetap aja saya gak bisa membayangkan physical distancing di kolam renang. Selain itu, apakah saat berenang masih harus mengenakan masker?

Memang akan ada pembatasan jumlah pengunjung. Maksimal hanya menerima 50% dari kapasitas maksimum. Kalau lihat info dari IG Ancol Taman Impian, beberapa wahana mungkin akan tutup. Tapi, saya gak tau mana aja yang tutup.

Harapan saya, semoga pada disiplin. Peraturan sudah dibuat. Pengunjung harus patuh dengan aturan. Sedangkan pengelola harus tegas bila ada pengunjung yang menaati aturan.


Berita Terbaru Tentang Pembaruan Peraturan Berwisata di Ancol


persiapan traveling agar perjalanan aman dan menyenangkan

New normal tentu tidak diharapkan terjadi selamanya. Semua ingin bisa kembali ke masa new normal, kan?

Sejumlah peraturan dibuat untuk meminimalkan risiko. Tetapi, setiap saat bisa saja terjadi perubahan peraturan. Salah satunya adalah peraturan minimal usia.

Peraturan terbaru memungkinkan usia 60 tahun ke atas untuk berwisata ke Ancol. Tetapi, hanya boleh di kawasan pantai, Allianz Ecopark, dan Pasar Seni. Waktunya pun dibatasi dari pukul 06.00 - 10.00 WIB

Melihat aturan terbaru tentang usia, memungkinkan lah ya bagi para lansia untuk berolahraga di Ancol. Tetapi, setelah itu pulang karena hanya boleh sampai pukul 10 pagi.

berenang di atlantis ancol saat pandemi

Selain, perubahan batasan usia, pertanyaan saya tentang berenang di Atlantis Water Adventures pun terjawab. Waterpark di Ancol ini baru buka pada tahap kedua.

Kapan tahap kedua dimulai?

Kalau mengacunya sama dengan fase PSBB transisi, berarti belum tau kapan fase kedua dimulai. Fase pertama di tahap transisi aja belum dievaluasi. Artinya kalau di fase pertama gagal, maka bersiap-siaplah warga Jakarta kembali ke PSBB.


Info peraturan lengkapnya silakan lihat situs dan medsos resmi Ancol, ya.


Ancol


www.ancol.com

IG: @ancoltamanimpian

Post a Comment

84 Comments

  1. Semoga pengunjungnya taat taat ya mbak.. Biar kehidupan bisa normal kembali tanpa corona. Saya pengen banget liat Jakarta hihi.. corona gak selamanya, kan? Biar pikiran juga bebas mau kemana mana.

    ReplyDelete
  2. di bandung juga sama mbak, semua pada keluar begitu saja, bahkan beberapa orang keluar rumah tanpa protokol kesehatan seperti masker dan sarung tangan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih banget saya kalau melihat masih banyak yang ignorant

      Delete
  3. nah betul ini , setiap wisata hrs punya aturan yang ketat banget ya jd masarakat gak sembarangan. misal di pasar, aturannya gak ketat jd saja amburadul. kalau ketat gini juga orang2 akan mikri dulu sebelum pergi

    ReplyDelete
  4. Udah kangen banget jalan-jalan :( Beberapa urusan juga jadi ketunda nih karena corona. Tapi syukurlah ya kak perlahan kita mulai bangkit walau tetep harus ikutin protokol kesehatan yang ada. Thankyou infonya kak

    ReplyDelete
  5. Tiket Ancol bisa beli diTraveloka, Tokopedia, JDID, Tiket.com, Gotix, Blibli.com, dan Shopee secara online, saya lega mengetahui ini. Ada upaya untum mencegah kerumunan. Semoga tempat wisata lainnya pun begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencegah sentuhan fisik. Jadi sekarang serba cashless

      Delete
  6. Kalau di dalam air ya pake masker juga percuma kan Chi. Air kan selalu bisa masuk ke hidung dan mulut saat berenang. Riskan juga yaa... Aku pengin berenang di kolam renang biasa yang ga terlalu ramai aja udah kutahan-tahan bangeeeet ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itulah kenapa saya masih mempertanyakan bagaimana caranya berenang dalam keadaan seperti ini

      Delete
  7. Udah lama banget aku nggak ke Ancol mba. Smoga ada kesempatan deh biar datang ke Ancol kelak. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  8. bener banget nih soal aturan baru banyak orang yg alah kaprah boleh kumpul2 lagi kaya dulu. Kebayang ya ancol sepi gak kaya biasanya ramai. Anak-anak di bawah umur 6 tahun gak boleh dibawa ke Ancol ya sekarang demi keselamatan mereka juga sih ya soalnya rentan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mendingan cari selamat deh ya untuk saat ini

      Delete
  9. Aku sudah lama banget ga ke Dufan
    Pertama kali kesana aku cuma bisa melongo aja hahaha
    Kebayang mahal dan semua serba wah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi, kan sekarang ada annual pass. Setahun bisa bebas bolak-balik :D

      Delete
    2. Wah semoga Covid cepat berlalu supaya saya bisa kembali ke sana
      Kalau dulu pas masih single, sekarang bareng anak anak
      #mamakkudunabung

      Delete
  10. makasi infonya mba...aku ada tiket masuk ancol yang hangus. padahal rencana mau ke dufan. udah keburu pandemi, jadi gagal deh.

    ReplyDelete
  11. Waah...
    Senangnya mulai bisa rekreasi lagi.
    Dan mungkin belum banyak orang yang tau yaa...sosialisasi yang bagus banget, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, biar yang mau berwisata pun tetap berhati-hati

      Delete
    2. Tapi di Bandung pun beberapa tempat makan sudah beroperasi seperti biasa.
      Hanya tempat wisata seperti Tangkuban Perahu masih tutup.
      Kangen yaa...sama Dufan.

      Delete
  12. Pertanyaan Mbak yang jadi menggelitik saya untuk mengomentari. Apakah di saat berenang harus memakai masker juga? Haha duuh aku ngebayanginnya kalau terjadi begitu gimana ya, nggak bisa nafas dalam air dong. Atau ada nggak ya tekniknya? Kepo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mana saya tau. Makanya saya nanya. Hihihi

      Delete
    2. wkwkwk itulah makanya saya juga jadi sama-sama bertanya. Tapi memang nggak butuh jawaban ini mah haha.

      Delete
  13. Sudah lama tidak main ke Dufan, dan rencananya mau dibuka ya mbak. Hal ini memang dibutuhkan karena banyak pekerja yang harus digaji dan harus mendapatkan kembali pekerjaan. Semoga tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk setiap pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Semoga baik pengelola maupun pengunjung bisa disiplin dengan protokol kesehatan

      Delete
  14. Seumur hidup aku ke ancol cuma sekali mba wkwkkw
    pengen ke sana lagi kapan-kapan kalau ada kesempatan dan rejeki
    Ke Dufan juga sekali jaman piknik SMA dulu soalnya kan dari Jawa jauh
    lebih suka Dufan sih

    ReplyDelete
  15. Wah iya nih, udah baca deh beberapa tempat wisata sudah mulai akan dibuka lgi untuk umum. Semoga semua pengunjung yang ke sana taat dengan protocol yang sudah ditetapkan ya. Demi pemutusan rantai penularan covid19.

    ReplyDelete
  16. Everybody cannot wait to go to this lovely place. But I think we have to fully observe and implement the new normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama belum kembali ke kondisi normal, memang harus membiasakan dengan segala peraturan new normal

      Delete
  17. Di sini beberapa tempat wisata juga udah mulai dibuka, Tehh. Termasuk waterpark. Semoga para pengunjung bisa menaati protokol kesehatan covid-19, yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kayak gimana tuh peraturan waterpark di sana?

      Delete
  18. Semoga obyek wisata di Gunungkidul bisa belajar dari standar yang diterapkan oleh Dufan yah. kalau begini kan obwis dan pelaku pariwisata bisa menjadi hidup namun tetap aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! Harusnya semua punya peraturan yang lebih ketat saat berwisata di tengah pandemi

      Delete
  19. aku ga bakal komentar soal setuju ato tidaknya, tp jujur, aku pribadi masih blm berani untuk datang ke tempat2 wisata dalam waktu deket ini mba.. masih serem sih... :( mungkin sampe 2 th kedepan, kayaknya kalopun datang ke ancol, aku lbh prefer jogging di sana drpd masuk ke dufan :D. itupun ngeliat dulu tamannya sepi ato rame hahaha.. jadi parnoan selama masa pandemi ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan ini juga bukan untuk mengajak pembaca berkomentar setuju atau enggak kok, Mbak. Karena mau ita setuju atau enggak, sepertinya Ancol akan tetap dibuka kembali.

      Jadi memang tujuannya untuk menginfokan peraturan apa saja yang wajib dipatuhi. Karena faktanya masih banyak masyarakat kita yang cuek banget sama peraturan. Entah karena gak tau atau gak peduli

      Delete
  20. Berarti mending aku tahan dulu deh, ya, ga usah ke ancol sama dufan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Tunggu sampai keadaan benar-benar aman, ya

      Delete
  21. Padahal terkadang yang pengen main dan jalan-jalan itu anak-anak ya? Hihi ini anak-anak di bawah 6 tahun tidak boleh memasuki ANCOL. Tapi ya demi keamanan dan kesehatan anak-anak juga, aku sih umpama Ancol buka pun, tidak akan bilang ke anak-anak 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pertimbangannya kesehatan anak-anak yang umumnya lebih rentan

      Delete
  22. menyambut new normal ini Ancol dan Dufan tetap buka ya?? segala protokol kesehatan juga wajib diperhatikan.. seperti kemarin aku ke Ikea Sentul, segala protokol kesehatan diterapkan dengan disiplin baik dari karyawan juga pengunjung. sama-sama jaga diri demi orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengikuti peraturan Pemprov DKI, tempat wisata sudah boleh buka per 18 Juni 2020. Tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku

      Delete
  23. Pembayaran nontunai sekarang ini sangat membantu dalam mengurangi kontak. Alhamdulillah ANcol mengakomodasinya ya

    ReplyDelete
  24. Wha, mantap sudah buka lagi tempat wisata begini yes, bisa beramai-ramai hore new normal hore.

    semoga pada patuh yak, semoga patuh, pasti patuh sama protokal kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada batasan jumlah maksimal pengunjung. Kabarnya hanya boleh 50% dari kapasitas tempat wisata. Ya semoga aja penerapannya nanti benar

      Delete
  25. aturan ini bagus kok mbak, jadinya walaupun ancol dan dufan dibuka tetap harus mengikuti aturan yang ada. tapi lebih baik memang di rumah aja... aku kalau jalan-jalan cuma lihat view lewat jendela mobil aja dan baru turun kalau ga ada orangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Sebisa mungkin di rumah aja. Kalaupun tetap mau jalan-jalan ya harus patuh pada protokol keamanan dan kesehatan

      Delete
  26. Thanks infonya mbak Myra. Aku rencana kepengen banget beli annual pass buat berempat nih. Nunggu benar2 super aman baru berani, mungkin tahun depan. Bagus ini tulisannya, biarin aja orang mau kontra hahaha :D Kita kan jadi tahu ohh mesti begini oooh begitu. Sip :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau annual pass mendingan tunggu aman aja. Khawatir gosong tiketnya hihihi

      Delete
  27. Anak aku udah nanya. Bun kapan kita jalan-jalan ke Ancol lagi? Dede kangen pengen jalan-jalan ke ancol lagi. Aduh meni sedih aku denger pertanyaannya. Aku bilang aja, sabar ya tunggu coronanya pergi dulu. Gitu kataku. Soalnya usia masih dibawah 6 tahun juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya suka sedih kalau anak-anak nanya begitu. Tetapi, jadi tugas orang tua supaya bisa membuat anak senang kembali tanpa mengabaikan risiko

      Delete
  28. Wah saya langsung tertolak sebab faktor umur ha-ha-ha

    Semoga pandemi ini benar-benar hilang dan tak ada lagi pembatasan umur masuk ke Ancol, saya pingin deh jalan-jalan ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Memang mengurangi kenyamanan traveling di saat pandemi

      Delete
  29. Lumayan ribet juga ya, padahal kan tujuannya mau bersantay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan, sedang dalam kondisi pandemi. Gak ada pandemi aja, semua punya aturan. Apalagi saat pandemi. Kalau gak mau ribet, bersantai di rumah aja :)

      Delete
  30. pihak pariwisata udah mengusahakan.
    sekarang tinggal balik lagi ke pengunjung. bisa tertib atau nggak.
    tapi saya juga setuju, masih di rumah saja ketimbang keluar dengan resiko yang masih besar seperti sekarang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak. Ekonomi, termasuk sektor pariwisata, perlahan mulai jalan lagi. Tentu ada sejumlah pesyaratan tambahan di saat new normal

      Delete
  31. iya aku juga bingung kalau physical distancing di kolam renang kaya apa ya? soalnya kan nyampur semua jadinya. Waktu awal2 covid masuk aku sempat bertanya2 mau berenang aman gak ya. Satu persatu tempat hiburan mulai dibuka ya termasuk Dufan & Ancol

    ReplyDelete
  32. Iyaa, orang pada kayak kalap ya setelah new normal diberlakukan seolah Corona sudah hilang padahal kita tetap waspada dan taat aturan..kangen Dufan bangeet..

    ReplyDelete
  33. aku kayaknya balum mau ke sana deh mba...masih takuuut. Padahal kangen bangeeet main ke theme park dan seseruaaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Tentu ini kembali ke pilihan masing-masing

      Delete
  34. Tempat wisata sudah buka lagi ya, harus banyak dishare edukasi bagaimana tata prosdurnya biar aman dan terkendali dari paparan Covid-19 ya.

    ReplyDelete
  35. Banyak yang protes ya pada kebijaksanaan ini dengar2? Tapi mau gimana lagi yaaa... kondisi memang sedang memaksa kita untuk taat. Demi kesehatan bersama ya kudu patuh pada protokol kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gak ngerti deh saya sama yang protes. Kan demi kesehatan semua

      Delete
  36. wah.. udah pada mulai buka ya.. Kuncinya memang di kedisiplinan masing2 sih ya... mau diketatin atau dilonggarin kitanya yang harus disiplin biar penularannya terhenti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Kalau mau pandemi ini segera selesai ya harus patuh

      Delete
  37. Kemarin masuk berita ya ancol, sudah mulai ada pengunjung walau oun masih sedikit. Setidaknya yang jenuh di rumah beberapa bulan terakhir bisa mulai refreshing meskipun sedikit ribet stepnya. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Memamg dikurangi juga kapasitas pengunjungnya

      Delete
  38. Mudah2an pada taat protokol kesehatan yang diterapkan yah, biar yang berwisata pun enak dan tetap sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengelola wisatanya pun diharapkan bisa tegas dengan peraturan yang sudah dibuat

      Delete
  39. Replies
    1. Setahu saya kalau Ancol boleh bawa makanan. Tetapi, gak tau ya kalau ada perubahan peraturan. Udah lama juga saya gak ke sana

      Delete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)