Rabu, 02 April 2014

Kantor Google Indonesia

http://jalanjalankenai.blogspot.com/2014/04/kantor-google-indonesia.html
 Ruang depan Google Indonesia

Masih dalam rangka Srikandi Blogger 2014 yang baru saja berlalu, para makpan dan ke-50 finalis berkesempatan untuk mengunjungi kantor Google Indonesia yang berlokasi di Senayan, Jakarta. Kunjungan dibagi menjadi 2 sesi, dan saya kebagian sesi pertama.

Kunjungan dijadwalkan pukul 10.00 wib. Berangkat pagi dari rumah, biar gak kena macet. Dan, ternyata lancar jaya. Ngumpul sejenak di Starbuck sama beberapa emak KEB, trus lanjut jalan kaki ke kantor Google.

Ngumpul sejenak di Starbuck

Ternyata, sedikit mundur dari waktu yang diperkirakan. Gak apa-apa, sih, yang penting bisa berkunjung ke kantor Google karena buat saya ini kesempatan langka :)


Sampai di kantor Google, kami diharuskan sign in.  Trus diberi selembaran kertas sign in oleh Mbak Keke. Dan, karena hari sudah siang, yang pertama kami lakukan adalah makan siang dulu di Warung Mbah Google.

Warung Mbah Google

Walopun judulnya warung, tapi tidak ada penjual makanan di sana. Warung Mbah Google adalah dapur modern Google Indonesia, dimana karyawannya bisa makan disana. Makanannya tentu aja disediakan oleh kantor. Tapi, berhubung kami adalah tamu, maka makanan dan minumpun bawa sendiri. Di sana cuma numpang makan aja :)

 
Mbak Keke sedang menjelaskan tentang Google+

Setelah itu, kami masuk ke sebuah ruangan untuk mendengar penjelasan tentang google+ dari Mbak Keke. Sebelumnya diawali dengan sesi perkenalan dari para emak KEB. Biar suasana semakin cair. Mbak Keke lalu memberikan penjelasan tentang google+ yang ternayat asik buat berkomunitas. Terutama google hangoutnya kelihatannya menarik. Dan, karena berkunjung ke kantor Google pula saya sekarang rajin mantengin Google+ dengan hashtag #IndonesiaOnly. Banyak foto-foto tentang keindahan Indonesia di sana.

http://jalanjalankenai.blogspot.com/2014/04/kantor-google-indonesia.html

Acara berlanjut dengan mengelilingi kantor Google. Tidak seperti kantor pada umumnya yang terlihat formal. Kantor Google terlihat seperti rumah dengan banyak area bermain di dalamnya.

Saya sempat bertanya kepada Mbak Keke tentang jadwal kerja. Katanya, sih gak mengikat. Maksudnya, bukan 8 to 5 gitu. Buat Google yang penting kerjaan beres. Oiya, mereka juga gak mengizinkan karyawannya lembur, lho. Paling lambat pukul 7 malam sudah harus pulang. Duh, padahal kantor kayak Google malah bikin karyawan betah berlama-lama, ya.


Pertanyaan selanjutnya adalah dengan segala kenikmatan tersebut apakah akan membuat karyawan Google menjadi malas? Karena setahu saya, seluruh kantor Google dimanapun konsepnya seperti itu. Ternyata fasilitas tersebut tidak membuat karyawan menjadi malas.

Untuk bisa menjadi karyawan Google itu tidak mudah. Fasilitas yang diberikan oleh Google justru malah membuat karyawan menjadi tambah semangat. Seharusnya memang begitu, sih. Imbal baliknya pas. Karyawan memberikan yang terbaik bagi perusahaan, begitu pun perusahaan memberikan yang terbaik bagi karyawannya :)


Puas berkeliling, sebetulnya masih pengen berlama-lama sih, kami pun harus sign out. Lembaran kertas yang diberikan di awal, harus dikembalikan. Rasanya, hari itu saya masih pengen ngumpul sama emak KEB, tapi kasihan suami dan anak sudah menunggu. Jadi, saya pun pamit sambil sebelumnya foto-foto dulu :)

 Saya, Mbak Keke dan para emak KEB

Keterangan: Foto yang tanpa watermark, seluruhnya adalah milik Kang Adi. Terimakasih banyak, Kang :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...