Nasi Jamblang Mang Dul Yang Legendaris

Nasi Jamblang Mang Dul Yang Legendaris - Setelah check in dan beristirahat sejenak di kamar hotel, kami memutuskan untuk makan siang. Tujuan utama kami jalan-jalan ke Cirebon memang untuk wisata kuliner. Dan salah satu tujuan wisata kuliner adalah ingin mencicipi nasi jamblang.

Nasi Jamblang Mang Dul Yang Legendaris

Sebetulnya kami masih bingung mau coba nasi jamblang yang mana. Kalau cari info lewat Google, ada 2 tempat makan yang direkomendasikan, yaitu Nasi Jamblang Mang Dul dan Nasi Jamblang Bu Nur. Pilih mana, ya? Sempat bingung juga.

Akhirnya, kami memutuskan memilih Nasi Jamblang Mang Dul. Alasannya, paling dekat dengan hotel. Yang Bu Nur juga gak jauh lokasinya, tapi tetap yang terdekat itu Mang Dul. Dari usia rumah makan, warung nasi Mang Dul ini sudah lebih dulu ada. Kaatanya sih sejak tahun 1970-an. Sedangkan yang Bu Nur sejak tahun 2000-an. Jadi kami pilih yang lebih senior dulu aja, lah 😂

[Silakan baca: Batiqa Hotel, Penginapan Sangat Strategis di Cirebon]

Kalau lihat Google Maps, jarak dari hotel ke Nasi Jamblang Mang Dul cuma sekitar 25 menit berjalan kaki. Cukup dekat, kan? Tapi begini deh kalau yang membaca peta bukan ahlinya. Saya salah baca peta!


Dari hotel, kami berjalan ke arah kanan. Udah gitu, suami nurut aja lagi. Biasanya kan dia juga bantuin baca peta. Setelah berjalan sekian lama dan merasa maps nya re-routing melulu, saya pun mulai curiga. Setelah dilihat ma suami baru ketahuan kalau seharusnya dari hotel ke arah kiri. 😂


Nasi Jamblang Mang Dul Yang Legendaris

Anak-anak udah mutung gak mau jalan kaki lagi hahaha. Kami pun memutuskan lanjut naik angkot aja. Emang beneran deket. Kalau dari hotel kami tinggal jalan ke arah kiri dan lurus terus tanpa ada belokan sekalipun. Nanti juga ketemu rumah makannya.

antre di nasi jamblang mang dul cirebon

Sesampainya di sana, antrean lumayan panjang. Hampir semua kursi terisi penuh. Begitu giliran kami sampai barisan depan, nasinya habis. Jadi kami agak menunggu sebentar sampai nasi datang. Sayangnya nasi yang datang adalah nasi putih biasa yang ditaruh di tempat nasi. Padahal ciri khas nasi jamblang kan nasinya dibungkus dengan daun jati sehingga membuat rasa dan wanginya khas. Begitu kata beberapa review yang pernah saya baca tentang nasi yang dibungkus daun jati.

Saya perhatikan beberapa pengunjung yang sedang makan nasinya juga dibungkus dengan kertas coklat kayak kita beli nasi uduk atau nasi kuning. Saya agak kecewa, sih. Masih masuk jam makan siang tapi stok nasi sudah habis dan membuat kami agak menunggu sampai nasi datang. Beberapa lauk juga terlihat mulai habis. Padahal katanya rumah makan ini buka hingga lewat tengah malam. Tapi yang paling bikin saya kecewa karena gagal merasakan nasi yang dibungkus dengan daun jati. Padahal saya penasaran banget ma rasa dan wanginya karena belum pernah coba. Apa udah susah mencari daun jati?


nasi jamblang mang dul jawa barat

Setelah memilih lauk masing-masing, kami pun menghampiri seorang bapak yang berdiri di bawah tanggal untuk dihitung. Kemudian kami naik ke atas. Ini juga bikin saya heran. Yang antre duduk di area bawah itu lumayan banyak. Sedangkan di lantai atas gak rame malah ada beberapa meja kosong. Di lantai atas juga lebih bersih dan ber-AC pula. Jadi lebih nyaman makannya. Tapi kok kayaknya banyak pengunjung yang lebih memilih antre di bawah. Entah mereka gak tau atau ada alasan lain?

menu nasi jamblang mang dul cirebon jawa barat
makan di nasi jamblang mang dul

Untuk rasa makanannya menurut kami biasa aja. Enak, tapi bukan sesuatu yang bikin kami harus kembali karena kangen dengan rasanya. Mungkin karena makanan yang kami pilih memang citarasa rumahan dan lumayan sering bikin di rumah. Rasanya pun mirip-mirip, lah. Dari semuanya yang jadi favorit saya dan Keke adalah kerang yang ditaro di pincuk.

harga menu nasi jamblang mang dul jawa barat
Harga makanan per porsi paling mahal IDR38K. Yang IDR6K dan IDR21K seingat saya itu harga kerupuk kulit dan minuman
mang dul cirebon jawa barat

Untuk harga pastinya murah banget. Lihat kan foto kertas yang di atas? Menurut kami harga segitu termasuk murah, lah. Pilihan lauknya banyak dna perut pun kenyang. Di sekitar rumah makan Mang Dul juga banyak pilihan kuliner lain. Ada resto, kaki lima pun banyak. Kami sempat makan es duren dulu. Mau beli tahu gejrot, perut udah kekenyangan.

Selesai makan, kami memilih naik becak. Jarang banget kan kami naik becak. Lagipula tujuan kami selanjutnya adalah goa Sunyaragi. Jalan kaki ke Sunyaragi kayaknya gak sanggup, deh. Mending naik becak. Perut kenyang trus kena angin rasanya bikin ngantuk hehehe. Kapan-kapan saya cerita tentang goa Sunyaragi, ya 😊

[Silakan baca: Jalan-Jalan Sore ke Goa Sunyaragi Cirebon]


mang dul jawa barat


Nasi Jamblang Mang Dul






Post a Comment

12 Comments

  1. Ini emang nggak ada yang pake daun jati atau emang udah habis mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah, Mas. Kalau baca beberapa review katanya pakai daun jati. Tetapi, saat kami ke sana, nasinya habis dan harus menunggu. Itu pun yang datang gak dingkus dengan daun jati

      Delete
  2. Weisshhh...foto-fotonya cakep mbak Myra, itu pasti kameranya mantap banget ya heheh..

    Iya sih ya kalau kita sudah sampai di suatu tempat dan ingin kulineran yang khas, pasti agak kecewa ternyata ada hal yang mengganjal, misalnya yang nasi tanpa dibungkus daun jati tadi..

    Tapi yang namanya jalan-jalan selalu mengasyikkan kan yaa.. :)

    ReplyDelete
  3. Selaim nasi jamblang yg di pelabuhan nasi jamblang mang dul ini juga favorit aku mak

    ReplyDelete
  4. Krn aku blm prnh nyicipin yg mang dul, jd ga bisa komen dulu ngebandingin rasanya ama bu nur :D. Ntr ya mbak kalo aku k cirebon lg, aku cicip yg ini deh biar bs tau enak yg mana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebalikan ma saya. Kalau saya malah belum pernah yang bu Nur

      Delete
  5. Ini yg di seberang Grage Mal itu ya mba? Klo iya aku pernah jg makan di sana tp pas ke sana lg gak rame.. Lauknya jg banyak yg udah abis gitu.. Laria bgt ya berarti.. Sayang bgt ya mba gak dpt nasi bungkus daun jati, keunikannya memang di situ ya dan rasa nasinya perasaanku jd lebih sedap gitu..

    ReplyDelete
  6. Biasanya kalau udah legendaris begitu, rasanya udah sampai mulut ke mulut ya ...

    wah anaknya udah jago pegang kamera DSLR aja nih hehe

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)