Selasa, 21 Februari 2017

Yuk, Berpartisipasi Bersih-Bersih Istiqlal

Bersih-Bersih Istiqlal

Keterangan: Postingan ini pinned post sampai tanggal 21 Februari 2017

Setiap tanggal 22 Februari ditetapkan sebagai Hari Istiqlal. Untuk menyambut milad Istiqlal akan digelar serangkaian acara bernama "Merayakan Milad Istiqlal". Rangkaian acara ini sudah dimulai sejak tanggal 11 Februari 2017.

Diawali dengan kegiatan bersih-bersih Istiqlal yang digagas oleh gabungan berbagai elemen pecinta alam. Seharusnya kegiatan ini selesai pada tanggal 15 Februari 2017. Namun mengingat luasnya masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara, maka kegiatan bersih-bersih diperpanjang hingga tanggal 21 Februari 2017.

Bersih-Bersih Istiqlal 
Untuk yang akan manjat-manjat, diberi briefing singkat terlebih dahulu. Safety first dan bagaimana cara membersihkan bagian masjid.

Aktivitas yang dimulai pukul 07.00 s/d 17.00 wib ini rata-rata diikuti sebanyak 100-200 orang partisipan setiap harinya. Yang tadinya para pecinta alam, lama-kelamaan masyarakat umum pun atas nama pribadi mulai banyak yang antusias. Berbagai bantuan diberikan dari mulai tenaga hingga berbagai kebutuhan logistik lain.

Kegiatan ini memang terbuka bagi siapapun. Masyarakat umum juga dipersilakan bila ingin ikut bergotong-royong. Dari kelompok dan agama manapun dipersilakan untuk bergabung. Bahkan anak-anak pun bisa ikut membantu.Berbagai peralatan bersih-bersih, alat keamanan, dan lain sebagainya sudah disediakan. Tapi bila ingin membawa sendiri juga dipersilakan yang penting konfirmasi saja saat hadir bila bawa peralatan sendiri.

 
Sumber foto: Group WA Bersih-Bersih Istiqlal

Sumber foto: Group WA Bersih-Bersih Istiqlal

 
Ibu Trisna Willy, istri Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin ikut terjun langsung dalam aksi bersih-bersih Istiqlal
Suber foto: group WA Bersih-Bersih Istiqlal

Kegiatan bersih-bersih disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Untuk membersihkan menara, tentu saja harus dilakukan oleh para profesional pecinta alam. Itupun mereka masih harus ditraining dulu selama 3 hari sebelum terjun bersih-bersih menara dan kubah masjid Istiqlal.

Tidak juga harus setiap hari datang ke lokasi. Dan gak perlu juga dari pagi hingga sore. Pokoknya semampu dan sesempatnya aja. Yang penting kita bergotong-royong dengan suasana yang gembira. Seperti saya dan anak-anak tidak memungkin untuk setiap hari datang bantu bersih-bersih. Tetapi saat libur Pilkada kemarin, dari pagi hingga sore kami seharian ada di sana ikut bantu bersih-bersih.

Bersih-Bersih Istiqlal 
Sebelum bersih-bersih. Keke bantu ayah pasang steger (scaffolding) dulu 

Bersih-Bersih Istiqlal
 Yang akur di atas, ya 😜

Bersih-Bersih Istiqlal 
Bisa bantu anter minuman dingin untuk yang sedang bersih-bersih daripada mereka turun-naik buat ambil minum

Karena ini pengalaman pertama bagi Keke dan Nai, semangat mereka sempat naik-turun. Awalnya semangat, trus karena kecapean sempat agak cemberut. Menjelang sore mereka semangat lagi. Tapi paling tidak ini pengalaman berharga bagi mereka. Mengajarkan untuk bergotong royong dan semakin mencintai mesjid.

Bersih-Bersih Istiqlal 
Seharian di sana, alhamdulillah bisa beberapa kali sholat di Istiqlal

Bersih-Bersih Istiqlal 
Total tinggi menara Istiqlal adalah 96,66 meter. 66,66 meter (melambangkan jumlah ayat Al-Qur'an) adalah bagian struktur menara. Sedangkan 30 meter (melambangkan jumlam juz Al-Qur'an) adalah puncak menara. Semuanya sedang dibersihkan

 
Foto milik: FB Cyprianus Rowaleta

Bersih-Bersih Istiqlal
 Seorang ayah sedang mengajarkan putranya cara membersihkan masjid

Bersih-Bersih Istiqlal
 Kalau ini, seorang anak sedang membantu ayahnya membersihkan ember usai dipakai bebersih

Selain sebagai tempat beribadah, masjid Istiqlal juga banyak dikunjungi para turis mancanegara yang ingin berwisata rohani. Yuk! Sahabat Jalan-Jalan KeNai ikutan bantu bersih-bersih masjid Istiqlal. Silakan menghubungi Setyo Ramadi di 081221727280 bilan ingin berpartisipasi atau info lebih lanjut.

Keterangan: Beberapa foto yang tidak ada keterangan sumbernya adalah milik pribadi penulis. Karena banyaknya foto, beberapa akan saya share di akun IG @ke2nai dengan hashtag #BersihBersihIstiqlal dan #MiladIstiqlal


Masjid Istiqlal

Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru
Jakarta Pusat

26 komentar:

  1. waaah keren ya. Pgn jg tp jauh bgt euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon do'anya semoga acara terus lancar ya, Mbak :)

      Hapus
  2. Subhanallah semoga saya bisa ikut berpartisipasi bersih-bersih masjid Istiqlal bersama anak dan saudara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu partisipasinya. Terima kasih :)

      Hapus
  3. Aku baru tau ada kegiatan ini loh. Wah keren juga ya, jadi bisa semua orang yang mau :))

    BalasHapus
  4. salut banget Keke Nai ikut bantu2 bebersih
    baru tau dari sini ada kegiatan bersih2 Istiqlal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak sudah dilakukan sejak tanggal 11. Ayo ikutan, Mbak :)

      Hapus
  5. wah jadi pengen ikutan juga dan bawa anak2. Makasih infonya ya mba Mirrr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Ditunggu kehadirannya ya, Mbak :)

      Hapus
  6. Wah keren euy mba bantu bersih2 masjid, jadi inget saya 2x ke Istiqal nemenin temen yang pingin banget mengunjungi masjid keempat terbesar di dunia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di istiqlal juga banyak turis yang ingin melihat masjid ini

      Hapus
  7. keren nih, ayng menagtur ini teman SMAku keren dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dateng yuk, Mbak. Kali aja bisa sekalian reuni ma temannya :)

      Hapus
  8. Keke Nai kereeen.. Semoga lancar2 ya Myra.. Seneng bgt n terharuuu liat semua bahu membahu bersihin Masjid Istiqlal.. :D

    BalasHapus
  9. kegiatan yang menginspirasi dan mendidik. meski anak-anak, juga harus dilatih untuk membersihkan tempat-tempat ibadah :)
    semangat ya, Nai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Pengalaman berharga buat mereka :)

      Hapus
  10. Baru tahu kalau ada acara ini. Sayang lagi nggak enak badan. Kalo ikut kan bisa nambah kenalan. Aku suka lihat foto dan cerita anak yang diajak bersih-bersih sama keluarganya. Kelihatan kalau mereka punya waktu bersama.

    BalasHapus
  11. Masya Allah istiqlal adalah masjid kebanggaan umat Islam. Senang dengan kegiatan di istiqlal saat ini.

    BalasHapus
  12. mbakkk keren sekali, beruntung sekali dirimu bisa tergabung untuk membersihkan masjid istiqal

    BalasHapus
  13. Aku baru tau ada acara seperti ini.. Keren banget.. Ini bukan cuma dapet pahala karena membersihkan mesjid, tapi juga bisa menyambung tali silaturahmi ya Mbak.. :)

    BalasHapus
  14. whaaa...ini menarik banget mba.
    dan aku baru tahu Istiqlal ada miladnya...nice info

    BalasHapus
  15. Salut sama kegiatan ini, Insya Allah berkah ya

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...