Bersih-Bersih Istiqlal

Yuk, Berpartisipasi Bersih-Bersih Istiqlal - Setiap tanggal 22 Februari ditetapkan sebagai Hari Istiqlal. Untuk menyambut milad Istiqlal akan digelar serangkaian acara bernama "Merayakan Milad Istiqlal". Rangkaian acara ini sudah dimulai sejak tanggal 11 Februari 2017.

Diawali dengan kegiatan bersih-bersih Istiqlal yang digagas oleh gabungan berbagai elemen pecinta alam. Seharusnya kegiatan ini selesai pada tanggal 15 Februari 2017. Namun mengingat luasnya masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara, maka kegiatan bersih-bersih diperpanjang hingga tanggal 21 Februari 2017.

Aktivitas yang dimulai pukul 07.00 s/d 17.00 wib ini rata-rata diikuti sebanyak 100-200 orang partisipan setiap harinya. Yang tadinya para pecinta alam, lama-kelamaan masyarakat umum pun atas nama pribadi mulai banyak yang antusias. Berbagai bantuan diberikan dari mulai tenaga hingga berbagai kebutuhan logistik lain.

Kegiatan ini memang terbuka bagi siapapun. Masyarakat umum juga dipersilakan bila ingin ikut bergotong-royong. Dari kelompok dan agama manapun dipersilakan untuk bergabung. Bahkan anak-anak pun bisa ikut membantu.Berbagai peralatan bersih-bersih, alat keamanan, dan lain sebagainya sudah disediakan. Tapi bila ingin membawa sendiri juga dipersilakan yang penting konfirmasi saja saat hadir bila bawa peralatan sendiri.


 
Sumber foto: Group WA Bersih-Bersih Istiqlal
 
Ibu Trisna Willy, istri Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin ikut terjun langsung dalam aksi bersih-bersih Istiqlal
Suber foto: group WA Bersih-Bersih Istiqlal

Kegiatan bersih-bersih disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Untuk membersihkan menara, tentu saja harus dilakukan oleh para profesional pecinta alam. Itupun mereka masih harus ditraining dulu selama 3 hari sebelum terjun bersih-bersih menara dan kubah masjid Istiqlal.

Tidak juga harus setiap hari datang ke lokasi. Dan gak perlu juga dari pagi hingga sore. Pokoknya semampu dan sesempatnya aja. Yang penting kita bergotong-royong dengan suasana yang gembira. Seperti saya dan anak-anak tidak memungkin untuk setiap hari datang bantu bersih-bersih. Tetapi saat libur Pilkada kemarin, dari pagi hingga sore kami seharian ada di sana ikut bantu bersih-bersih.


Bersih-Bersih Istiqlal 
Sebelum bersih-bersih. Keke bantu ayah pasang steger (scaffolding) dulu 
Bersih-Bersih Istiqlal
Yang akur di atas, ya 😜
Bersih-Bersih Istiqlal 
Bisa bantu anter minuman dingin untuk yang sedang bersih-bersih daripada mereka turun-naik buat ambil minum


Karena ini pengalaman pertama bagi Keke dan Nai, semangat mereka sempat naik-turun. Awalnya semangat, trus karena kecapean sempat agak cemberut. Menjelang sore mereka semangat lagi. Tapi paling tidak ini pengalaman berharga bagi mereka. Mengajarkan untuk bergotong royong dan semakin mencintai mesjid.

Bersih-Bersih Istiqlal 
Seharian di sana, alhamdulillah bisa beberapa kali sholat di Istiqlal
Bersih-Bersih Istiqlal 
Total tinggi menara Istiqlal adalah 96,66 meter. 66,66 meter (melambangkan jumlah ayat Al-Qur'an) adalah bagian struktur menara. Sedangkan 30 meter (melambangkan jumlam juz Al-Qur'an) adalah puncak menara. Semuanya sedang dibersihkan
 
Foto milik: FB Cyprianus Rowaleta
Bersih-Bersih Istiqlal
Seorang ayah sedang mengajarkan putranya cara membersihkan masjid
Bersih-Bersih Istiqlal
Kalau ini, seorang anak sedang membantu ayahnya membersihkan ember usai dipakai bebersih

Selain sebagai tempat beribadah, masjid Istiqlal juga banyak dikunjungi para turis mancanegara yang ingin berwisata rohani. Yuk! Sahabat Jalan-Jalan KeNai ikutan bantu bersih-bersih masjid Istiqlal. Silakan menghubungi Setyo Ramadi di 081221727280 bilan ingin berpartisipasi atau info lebih lanjut.

Keterangan: Beberapa foto yang tidak ada keterangan sumbernya adalah milik pribadi penulis. Karena banyaknya foto, beberapa akan saya share di akun IG @ke2nai dengan hashtag #BersihBersihIstiqlal dan #MiladIstiqlal


Masjid Istiqlal


Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru
Jakarta Pusat