Barang yang Wajib Dibawa Saat Traveling Bersama Anak


Barang yang wajib dibawa saat traveling bersama anak itu apa aja, sih? Apakah akan merepotkan? Justru lebih merepotkan lagi kalau sampai gak dibawa.
Gambar di atas adalah karya Nai


Traveling bersama anak memang lebih banyak seninya. Apa yang akan dituju hingga apa yang akan dibawa harus memikirkan bahkan mengutamakan faktor anak. Misalnya bicara tentang destinasi, sebaiknya jangan pilih destinasi dimana anak-anak tidak akan suka sekalipun tempat tersebut lagi kekinian alias ngehitz. Jangan pula pilih destinasi yang belum cocok untuk anak. Bahkan ke bioskop sekalipun, orang tua harus melihat apakah film yang ditonton sesuai atau tidak dengan umur mereka.

Barang bawaan juga harus diperhatikan. Barang bawaan untuk dewasa seringkali lebih ringkas dibandingkan kalau bawa anak-anak. Beberapa anggota keluarga saya malah pernah bilang kalau keluarga kami yang traveling udah kayak orang pindahan karena segala barang bisa masuk mobil wkwkwkwk. Memang banyak yang kami bawa, sih. Kebanyakan barang untuk anak-anak supaya mereka nyaman selama di perjalanan.

Tapi, sekarang ini kami gak selalu traveling dengan kendaraan pribadi. Ada kalanya kami memilih menggunakan public transportation ketika traveling. Tentunya barang yang kami bawa harus semakin dipwrtimbangkan. Jumlah barang bawaan harus dikurangi tapi tanpa mengurangi aspek kenyamanan untuk anak selama di perjalanan.

Di blog ini saya pernah menulis tentang 5 Benda ini Wajib Dibawa Saat Traveling. Tapi kayaknya kalau bepergian bersama anak, kelima benda yang sudah disebutkan harus ditambah lagi, deh.


Inilah barang yang wajib dibawa saat traveling bersama anak


Pakaian ganti

Tantu aja kalau traveling apalagi lebih dari sehari, pakaian ganti wajib dibawa. Tapi kalau anak-anak mungkin bisa membawa lebih banyak dibandingkan pakaian ganti orang dewasa. Ketika traveling dengan kendaraan pribadi, biasanya jumlah pakaian ganti yang saya bawa lebih banyak. Malah kadang bersisa, masih bawa baju bersih. Ketika bepergian dengan kendaraan umum, mulai atur strategi, deh. Biasanya selama kotornya cuma sedikit, dipakai aja terus kalau perlu sampe 2 hari. Paling kalau mau tidur aja ganti baju bersih. Cara ini lumayan bikin irit jumlah barang bawaan, lho


Camilan dan air minum

Wajib bawa camilan kesukaan mereka. Apalagi anak-anak saya mah suka pada ngemil. Suami juga suka ngemil, sih. Jadinya kalau diperjalanan harus bawa camilan. Kalau bawa camilan, tentunya wajib bawa air minum, dong.


Mainan Anak

Nah, ini juga gak boleh ketinggalan, yaitu bawa mainan anak. Dulu, waktu Keke suka main die cast, kami sellau bawa die castnya kemanapun. Sekarang paling dia bawa buku. Nai biasanya bawa buku juga atau berbagai peralatan menggambar. Kalau ini sih lebih ke benda hobi ketimbang mainan, ya. Pokoknya bawa deh beberapa mainan anak kesukaan mereka. Gak perlu semua, bawa aja beberapa yang memungkinan. Ajak anak-anak untuk memilih barang yang akan dibawanya sebelum berangkat.


Obat-obatan


Siapa sih yang ingin sakit ketika sedang melakukan perjalanan? Tentu aja gak ada. Tapi, bawa obat-obatan selama perjalanan itu penting. Gak cukup bawa minyak angin aja, lho. Traveling bersama anak juga harus lengkap obatnya. Biasanya saya bawa obat penurun demam, plester, betadine, dan beberapa perlengkapan P3K lainnya.

Bawa juga buku catatan kesehatan anak. Pernah suatu hari ketika mudik lebaran, salah seorang anak saya saki dan harus dibawa ke dokter. Lebih lega kalau ada buku catatan kesehatan karena dokter yang menangani bisa melihat catatan medis sebelumnya. Ya, walopun ana-anak saya gak ada catatan khusus tentang kesehatan mereka. Tapi, rasanya bawa catatan kesehatan itu lebih melegakan.

Sepertinya hanya 4 barang itu aja yang wajib dibawa saat bersama anak-anak ketika traveling saat ini. Tapi, itu karena anak-anak saya sudah agak gede, udah usia SD. Dulu waktu masih balita lebih banyak lagi. Bawa diapers hingga peralatan masa pun harus diangkut semua kalau jalan-jalan hehehe.

Post a Comment

14 Comments

  1. Bantal dan gulingnya anak2 juga mesti kebawa klo saya mbak...

    ReplyDelete
  2. Mainan itu pemting banget mak pa lg klo roadtrip biar ga bete di jalan trs bantal jg mak hehehe...

    ReplyDelete
  3. setuju... mainan dan cemilan, wajib ada hehehe

    ReplyDelete
  4. Camilan dan minum. Isi tas berat dengan camilan dan minum aja biasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau memang doyan ngemil, ya. Wajib banget bawa camilan :)

      Delete
  5. Obat-obatan bagi anakku ya jajanan.
    Hehee...

    ReplyDelete
  6. Kalo ponakan saya segala bantal guling selimut boneka semua hrs dibawa. Kalo gak ya gak bisa tidur hehe... untung anak2 sy gak serempong itu. Mereka sepertinya sih bs tidur di mana saja dan dlm keadaan apa saja. Jd cukup bawa yg penting2 sajs seperti baju dan obat obatan

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)