Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-73

Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-73


"Belum disebut makan kalau belum ketemu nasi."

Sahabat KeNai pernah bahkan sering mendengar ungkapan tersebut? Saya sering, bahkan dulu termasuk yang memiliki prinsip seperti itu. Padahal udah makan mie, pasta, kentang, roti, atau aneka jenis karbohidrat lainnya. Tetapi tetap aja berasa kurang lengkap kalau belum ketemu nasi. πŸ˜‚

Salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi. Sawah membentang di mana-mana, terutama di pulau Jawa. Jadi nasi memang sudah identik dengan Indonesia banget. Apalagi sekarang bulan Agustus, di mana Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan. Oleh karena itu hotel Ambhara yang berlokasi di Blok M, Jakarta Selatan menggelar Rice Festival selama tanggal 13 - 26 Agustus 2018.

Nasi Bundo by Hotel Ambhara, Jakarta



Rabu (14/8) saya sudah berada di Dapur Pelangi, Hotel Ambhara untuk makan siang. Beraneka kuliner Indonesia dalam bentuk buffet sudah tersaji. Satu per satu para tamu pun mulai berdatangan untuk menikmati makan siang.

Menu yang pertama kali saya nikmati adalah nasi padang. Pas banget, nih! Saya udah lama kangen dengan nasi padang karena memang sedang cut carbo. Bukan berarti pantang nasi padang. Tetapi, kalau makan nasi padang kan gak mantap kalau hanya makan sedikit πŸ˜‚

Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Di Melawai, ada rumah makan padang namanya Nasi Bundo. Tepatnya di Pasaraya Grande, lantai lower ground. Nasi Bundo ini yang mengelola adalah hotel Ambhara. Nah, pada saat Rice Festival, juga ada nasi padang dari Nasi Bundo. Pilihan menunya ada ayam gulai, terong cabe ijo, telur balado, dan ikan balado. Semuanya enak, tetapi di antara 4 menu itu saya paling suka teong cabe ijo.

Berbagai Kuliner Berbahan Dasar Nasi di Rice Festival


Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Tentunya tidak hanya nasi padang. Saya melanjutkan makan ikan tenggiri rica-rica dengan 4 macam nasi goreng. Ikan rica-rica ini juga paling direkomendasikan sebagai salah satu menu andalan hotel Ambhara. Ikan tenggiri dibakar, kemudian dikasih bumbu rica-rica di atasnya. Kelezatan dari ikan rica-rica ini ada di bumbunya. Rasa pedasnya pas. Tidak bikin saya sampai kepedasan banget, tetapi tetap berasa.


Ada 4 macam nasi goreng di dekat ikan rica-rica yaitu nasi goreng kambing, nasi goreng Ambhara, nasi goreng seafood, dan nasi goreng hijau. Sepintas nasi goreng kambing dan nasi goreng Ambhara memiliki tampilan yang sama. Tetapi, dari segi rasa nasi goreng Ambhara ini lebih mirip nasi goreng Jawa. Sedangkan nasi goreng kambing ada rasa kari di dalamnya. Menurut saya, padanan yang pas untuk menemani ikan rica-rica adalah nasi goreng kambing.

Tentu saja Sahabat KeNai bisa memilih selera yang berbeda. Tamu juga bisa request nasi goreng sesuai selera, misalnya ingin nasi goreng kari yang dikasih ikan teri dan toge bukan daging kambing. Nanti akan langsung dibuatkan. Ada beberapa pilihan pelengkap nasi goreng yang bisa Sahabat KeNai pilih.

Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Kemudian saya mencoba rawon, tetapi tanpa nasi. Perut mulai kenyang. Bisa-bisa saya gak sanggup menikmati dessert kalau nambah nasi lagi. Dagingnya empuk dan kuah rawonnya enak. Di sisi lain, ada beras meras dengan 4 macam tumis sayur. Dan jangan lupakan juga menu buffet.

Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Kuliner berbahan dasar nasi tidak hanya ada di menu utama. Sahabat KeNai juga bisa menikmati lupis dan bubur merah-putih sebagai makanan pembuka. Hanya di area dessert saja yang tidak kuliner berbahan nasi.

Bila Sahabat KeNai sedang tidak ingin menikmati menu buffet, bisa memesan a la carte. Katanya Nasi Ulam di sini recommended banget. Nasi Ulam Ayam ini menjadi salah satu menu andalan yang paling banyak diorder olah tamu.

Setiap Bulan Ada Festival di Hotel Ambhara


Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Rice Festival ini berlangsung selama 2 minggu di bulan Agustus. Bulan sebelumnya ada Javanese Festival yang juga berlangsung 2 minggu. Kabarnya bulan berikutnya akan ada Western Festival. Setiap bulan memang selalu ada festival makanan di sini.

Mengingat banyaknya pilihan makanan dan semuanya enak, memang sebaiknya tidak terburu-buru ketika bersantap di Dapur Pelangi pada saat festival berlangsung. Ajak keluarga atau teman untuk bersantai di sana. Waktu makan siang berlangsung dari pukul 12.00 s/d 15.00 wib. Sedangkan makan malam berlangsung dari pukul 18.00 s/d 21.30 wib.

Harga makanan di festival ini adalah Rp350.000,00/orang. Bila Sahabat KeNai menginap di hotel Ambhara, harganya menjadi Rp185.00000/orang. Masih ingin promo lagi? Bisa. Hotel Ambhara memiliki promo bernama Ladies Day dan Gentleman's Day. Sahabat KeNai bisa mendapatkan diskon 50% untuk Food and Beverage. Promo Ladies Day berlaku setiap hari Sabtu. Sedangkan promo Gentleman's Day berlaku setiap hari Minggu.

Tentang Hotel Ambhara


Walaupun saya belum pernah menginap di sini, tetapi namanya sudah tidak asing. Ambhara memang merupakan pemain lama di dunia perhotelan. Lokasinya pun sangat strategis. Tepat di depan terminal Blok M.

Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI
Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Sebagai hotel berbintang 4, hotel Ambhara memiliki berbagai fasilitas seperti gym dan kolam renang. Nuansa klasik ala hotel jadul masih cukup terasa ketika saya melewati lorong hotel. Sebetulnya saya tertarik untuk melihat kamarnya, tetapi saat itu tingkat hunian sedang penuh. Dengan lokasi yang snagat strategis dan dekat pula dengan berbagai perkantoran memang membuat hotel ini banyak didatangi tamu dari kalangan bisnis.

Walaupun belum melihat kamarnya, saya sudah cukup yakin kalau di kamar mandinya akan ada bathtub. Salah satu ciri khas hotel lama memang biasanya ukuran tempat tidurnya lebih besar dan kamar mandinya ada bathtub.

Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Selain Dapur Pelangi juga ada satu resto lain di sana yaitu Seruni. Di sini suasananya lebih modern. Makanan yang ditawarkan juga lebih simple. Buat ngopi-ngopi cantik bakalan nyaman di sini. Perbedaan lainnya adalah di Seruni buka 24 jam. Sedangkan Dapur Pelangi hanya sampai pukul 23.00 wib.

Hotel Ambhara













Pelangi Cafe - Ambhara Hotel Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

34 komentar:

  1. Puas deh nyicipin menu promo kemarin itu..paling suka sama rawon dan nasi goreng ijonya mbak. Duuh jadi pengen balik lagi deh.

    BalasHapus
  2. whuaa boleh nih buat staycation, kayanya tempatnya asik dan gak jauh jugaak dari rumah, mayan ngirit ongkos transportasi...

    BalasHapus
  3. Haduh mom, sy lagi puasa lihat beginian jd mupeng. Maunya incip2 semua yg ada di foto wkwkkw...

    BalasHapus
  4. Aku kok malah fokus nya ke foto-foto makanan nya ya πŸ˜…πŸ˜πŸ˜ #gagalfokus
    Foto nya bagus deh mba

    BalasHapus
  5. wah keren ya acaranay, banyak kraetifitas dari bahan nasi jd masakan yg enak

    BalasHapus
  6. Waw makanannya enak-enak ya bun hahaha. Bikin ngiler. Hotelnya juga mewah ya. Semoga bisa berkesempatan ke sana juga

    BalasHapus
  7. Wow mbak, keren banget nih festivalnya. BTW, kulinernya boleh juga nih buat icip2.
    Tempatnya instagrammable nih mbak buat foto2

    BalasHapus
  8. Itu 350K per org utk all you can eat ya, mba myra? Semua serba nasi. Minumannya juga pakai nasi ga ya?

    BalasHapus
  9. wuaaa desainnya mwah ya mbk. kyknta cozy bgt y tmpat nya

    BalasHapus
  10. ya ampun jd ngiler sama makanan-makanannya qiqiiqiqiq pasti puas banget deh makan disana. terima kasih infonya mbak

    BalasHapus
  11. Kakak iparku dlu kerja di hotel Ambhara ini, mba. Dan memang makanannya enak enak banget. Hotel ini mah wajib dikunjungi karena kulinernya sangat menggugah selera ya mba

    BalasHapus
  12. Hotel kalau sudah ngadain semacam perayaan atau apa gitu, makanannya gila-gilaan banget yaaaak :D

    BalasHapus
  13. Makanannya enak2 gk nyesel untuk coba makan disini

    BalasHapus
  14. Aaahhhh, mupeng ama ikan bakar rica-rica nya.
    Jadi pengen bikin sendiri, gegara baca postingan ini.
    Enak-enak banget ya mba makanannya, dari foto aja udah menggoda :)

    BalasHapus
  15. Lucu juga ada festival rice begini di hotel. Enak-enak lagi menunya. Coba datang bulan depan ah, ada festival apa lagi ya?

    BalasHapus
  16. Festival yang bener2 memanjakan penyuka nasi ya mba... Dan ini Indonesia bangetπŸ˜€

    Suamiku klo blm makan nasi juga definisinya blm makan...,

    BalasHapus
  17. wah menarik banget. thx infonya :)

    BalasHapus
  18. waduh, seru banget festivalnya mbak >.<
    banyak pilihan lauk buat temen nasinya. aku kalo di sana bisa2 udah kalap hihi
    terima kasih udah sahring, salam kenal :)

    BalasHapus
  19. Mantab ini menunya, cucok di lidah kita ya

    BalasHapus
  20. Enak banget nih hotel. Baru tau ada hotel yg nyediain nasi padang. Bisa makan banyak deh.

    BalasHapus
  21. Wah mau donk nasi goreng kambing, Itu menu makanan favoritku soale aku darah rendah :D
    Ooo jd festivalnya dalam rangka kemerdekaan to :D

    BalasHapus
  22. Enakk ni kuliner nusantara tersaji dengan sangat menarik perhatian mata

    BalasHapus
  23. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    BalasHapus
  24. Jadi ingat temenku dulu, biar pun udah makan aneka macam makanan, tapi kalo belum nasi itu artinya belum makan. Jadi? Yaaa.. makan lagiiii :)
    #eh malah ngomongin nasi :D

    BalasHapus
  25. Yuhuuu ke Singapur pun pesennya nasi biryani, haha... Saya kalau nggak makan nasi, mungkin enggak berasa lapar karena udah makan yang lainnya, tapi badan bisa gemeteran dan berasa mau pingsan kadang. Mantep banget lah ada rice festival gini. Banyangan saya ini festival beras loh, haha... Ternyata aneka kuliner nasi ya.

    BalasHapus
  26. Enak2.siiihh,tapi koook tampak amaat mengenyangkan semuaa...hihi...

    BalasHapus
  27. Wahhh jadi puas banget yah makannya dgn membayar 185rb-an kalau nginep..
    Lihat makanannya jadi lap iler. Heheww

    BalasHapus
  28. Bikin laper ya, penasaran sm nasi ulamnya

    BalasHapus
  29. WAaah puas banget ya Mbak nyicipin brerbagai macam makanan berbahan dasar beras. Ada lupis jugaa....Saya suka lupis. Mengingatkan saya tentang kampung halaman.

    BalasHapus
  30. Nasiii belum makan kalau belum makan nasi, Indonesia banget ahaha. Lihat foto2nya jadi ngiler nih

    BalasHapus
  31. Hotel paling strategis kata saya. Pernah bermalam disana dan makan di resto pelanginya. Memang enak2..dan sering ada tema2 khusus di bulan tertentu

    BalasHapus
  32. Menunya bikin ngiler, asli pasti uenak banget tuh..he
    Save, secara gak langsung dapet info hotel ambhara nih :)

    BalasHapus
  33. wah ini, hotel dengan kolam renang bisa jadi tempat staycation asyik. Istirahat dari kerjaan dan bisa main air sepuasnya di kolam renang. M

    BalasHapus
  34. Makanan di hotel ini Ambhara selalu mengundang selera ya mba. Aku udah pernah nyoba juga pas ada acara. Dan kayaknya jadi pengen balik lagi :P

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)