Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-73


"Belum disebut makan kalau belum ketemu nasi."

Sahabat KeNai pernah bahkan sering mendengar ungkapan tersebut? Saya sering, bahkan dulu termasuk yang memiliki prinsip seperti itu. Padahal udah makan mie, pasta, kentang, roti, atau aneka jenis karbohidrat lainnya. Tetapi tetap aja berasa kurang lengkap kalau belum ketemu nasi. πŸ˜‚

Salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi. Sawah membentang di mana-mana, terutama di pulau Jawa. Jadi nasi memang sudah identik dengan Indonesia banget. Apalagi sekarang bulan Agustus, di mana Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan. Oleh karena itu hotel Ambhara yang berlokasi di Blok M, Jakarta Selatan menggelar Rice Festival selama tanggal 13 - 26 Agustus 2018.



Nasi Bundo by Hotel Ambhara, Jakarta



Rabu (14/8) saya sudah berada di Dapur Pelangi, Hotel Ambhara untuk makan siang. Beraneka kuliner Indonesia dalam bentuk buffet sudah tersaji. Satu per satu para tamu pun mulai berdatangan untuk menikmati makan siang.

Menu yang pertama kali saya nikmati adalah nasi padang. Pas banget, nih! Saya udah lama kangen dengan nasi padang karena memang sedang cut carbo. Bukan berarti pantang nasi padang. Tetapi, kalau makan nasi padang kan gak mantap kalau hanya makan sedikit πŸ˜‚


Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Di Melawai, ada rumah makan padang namanya Nasi Bundo. Tepatnya di Pasaraya Grande, lantai lower ground. Nasi Bundo ini yang mengelola adalah hotel Ambhara. Nah, pada saat Rice Festival, juga ada nasi padang dari Nasi Bundo. Pilihan menunya ada ayam gulai, terong cabe ijo, telur balado, dan ikan balado. Semuanya enak, tetapi di antara 4 menu itu saya paling suka teong cabe ijo.


Berbagai Kuliner Berbahan Dasar Nasi di Rice Festival


Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Tentunya tidak hanya nasi padang. Saya melanjutkan makan ikan tenggiri rica-rica dengan 4 macam nasi goreng. Ikan rica-rica ini juga paling direkomendasikan sebagai salah satu menu andalan hotel Ambhara. Ikan tenggiri dibakar, kemudian dikasih bumbu rica-rica di atasnya. Kelezatan dari ikan rica-rica ini ada di bumbunya. Rasa pedasnya pas. Tidak bikin saya sampai kepedasan banget, tetapi tetap berasa.


Ada 4 macam nasi goreng di dekat ikan rica-rica yaitu nasi goreng kambing, nasi goreng Ambhara, nasi goreng seafood, dan nasi goreng hijau. Sepintas nasi goreng kambing dan nasi goreng Ambhara memiliki tampilan yang sama. Tetapi, dari segi rasa nasi goreng Ambhara ini lebih mirip nasi goreng Jawa. Sedangkan nasi goreng kambing ada rasa kari di dalamnya. Menurut saya, padanan yang pas untuk menemani ikan rica-rica adalah nasi goreng kambing.

Tentu saja Sahabat KeNai bisa memilih selera yang berbeda. Tamu juga bisa request nasi goreng sesuai selera, misalnya ingin nasi goreng kari yang dikasih ikan teri dan toge bukan daging kambing. Nanti akan langsung dibuatkan. Ada beberapa pilihan pelengkap nasi goreng yang bisa Sahabat KeNai pilih.


Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Kemudian saya mencoba rawon, tetapi tanpa nasi. Perut mulai kenyang. Bisa-bisa saya gak sanggup menikmati dessert kalau nambah nasi lagi. Dagingnya empuk dan kuah rawonnya enak. Di sisi lain, ada beras meras dengan 4 macam tumis sayur. Dan jangan lupakan juga menu buffet.

Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Kuliner berbahan dasar nasi tidak hanya ada di menu utama. Sahabat KeNai juga bisa menikmati lupis dan bubur merah-putih sebagai makanan pembuka. Hanya di area dessert saja yang tidak kuliner berbahan nasi.

Bila Sahabat KeNai sedang tidak ingin menikmati menu buffet, bisa memesan a la carte. Katanya Nasi Ulam di sini recommended banget. Nasi Ulam Ayam ini menjadi salah satu menu andalan yang paling banyak diorder olah tamu.



Setiap Bulan Ada Festival di Hotel Ambhara


Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Rice Festival ini berlangsung selama 2 minggu di bulan Agustus. Bulan sebelumnya ada Javanese Festival yang juga berlangsung 2 minggu. Kabarnya bulan berikutnya akan ada Western Festival. Setiap bulan memang selalu ada festival makanan di sini.

Mengingat banyaknya pilihan makanan dan semuanya enak, memang sebaiknya tidak terburu-buru ketika bersantap di Dapur Pelangi pada saat festival berlangsung. Ajak keluarga atau teman untuk bersantai di sana. Waktu makan siang berlangsung dari pukul 12.00 s/d 15.00 wib. Sedangkan makan malam berlangsung dari pukul 18.00 s/d 21.30 wib.

Harga makanan di festival ini adalah Rp350.000,00/orang. Bila Sahabat KeNai menginap di hotel Ambhara, harganya menjadi Rp185.00000/orang. Masih ingin promo lagi? Bisa. Hotel Ambhara memiliki promo bernama Ladies Day dan Gentleman's Day. Sahabat KeNai bisa mendapatkan diskon 50% untuk Food and Beverage. Promo Ladies Day berlaku setiap hari Sabtu. Sedangkan promo Gentleman's Day berlaku setiap hari Minggu.



Tentang Hotel Ambhara


Walaupun saya belum pernah menginap di sini, tetapi namanya sudah tidak asing. Ambhara memang merupakan pemain lama di dunia perhotelan. Lokasinya pun sangat strategis. Tepat di depan terminal Blok M.

Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI
Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Sebagai hotel berbintang 4, hotel Ambhara memiliki berbagai fasilitas seperti gym dan kolam renang. Nuansa klasik ala hotel jadul masih cukup terasa ketika saya melewati lorong hotel. Sebetulnya saya tertarik untuk melihat kamarnya, tetapi saat itu tingkat hunian sedang penuh. Dengan lokasi yang snagat strategis dan dekat pula dengan berbagai perkantoran memang membuat hotel ini banyak didatangi tamu dari kalangan bisnis.

Walaupun belum melihat kamarnya, saya sudah cukup yakin kalau di kamar mandinya akan ada bathtub. Salah satu ciri khas hotel lama memang biasanya ukuran tempat tidurnya lebih besar dan kamar mandinya ada bathtub.


Hotel Ambhara Menggelar Rice Festival untuk Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Selain Dapur Pelangi juga ada satu resto lain di sana yaitu Seruni. Di sini suasananya lebih modern. Makanan yang ditawarkan juga lebih simple. Buat ngopi-ngopi cantik bakalan nyaman di sini. Perbedaan lainnya adalah di Seruni buka 24 jam. Sedangkan Dapur Pelangi hanya sampai pukul 23.00 wib.


Hotel Ambhara













Pelangi Cafe - Ambhara Hotel Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato