Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Pepes Ikan Mas Lembur Sarerea dan Kenangan tentang Almarhumah Mamah Mertua

lembur sarerea, pepes ikan mas

Pepes Ikan Mas Lembur Sarerea dan Kenangan tentang Almarhumah Mamah Mertua


Sore itu, saya bersama Keke dan Nai dengan naik salah satu mobil online menuju rumah makan Lembur Sarerea yang berlokasi di Halim. Saya sedang malas menyetir mobil, makanya lebih memilih order kendaraan. Pilihan yang tepat rupanya karena sore itu jalanan cukup macet. Mana sopirnya sempat salam masuk ke bandara Halim Perdankusuma. Akhirnya, kami harus sedikit menikmati macet, sekadar bisa keluar dari bandara tersebut.

Sampai juga kami di Lembur Sarerea. Lokasinya tidak jauh dari bandara. Suasana sangat ramai di sana karena resto ini baru saja diresmikan. Ya, kami ke sana pada bulan September 2016. Sudah pernah saya posting juga tentang resto ini saat diresmikan di akun instagram @ke2nai.

Sebetulnya, resto ini gak bisa dibilang baru berdiri juga. Hanya membuat konsep baru. Rumah makan ini sudah sejak tahun 1989. Dulu namanya Rumah Makan Pasundan. Dari namanya aja udah ketebak ya menjual kuliner dari daerah mana?

Yup! Resto ini menyajikan berbagai macam kuliner tradisional Jawa Barat. Lembur Sarerea juga masih berasal dari bahasa Sunda yang berarti Kampung Halaman Bersama. Perbedaan dari konsep lama adalah dengan nama baru juga menyajikan kuliner Indonesia dari daerah lain. Tetapi, tentu saja andalannya tetap kuliner Sunda yang merupakan resep turun temurun dari keluarga pemilik resto. Interior di Lembur Sarerea juga berubah konsep menjadi lebih nyaman dan lebih besar.

[Silakan baca: Makan di Bakoel Ussy, Cukup Rp50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang]

Pepes Ikan Mas dan Almarhumah Mamah Mertua


pepes ikan mas lembur sarerea, kuliner jakarta, halim perdanakusuma

Saya senang banget melihat beraneka makanan yang disajikan. Semua terlihat enak. Memang benar kalau tidak hanya masakan Sunda. Ada juga masakan Padang berupa rending.

Saya menulis review tentang rumah makan ini di blog karena lagi teringat dengan almarhumah mamah mertua. Pepes ikan mas buatan mamah tuh paling enak!

Tidak hanya rasanya yang nikmat. Tetapi, durinya juga lunak. Makanya nikmatnya sampai ke seluruh bagian ikan. Kami pun gak khawatir akan keselek duri saat menyantapnya.

Untuk membuat pepes ikan mas dengan duri yang lunak begitu butuh proses yang sangat lama. Makanya, sekali memasak bisa untuk beberapa kilogram ikan. Boros gas dan capek tenaga kalau cuma masak 1-2 ekor aja. Sebelum memasak mamah akan nawarin dulu ke tetangga atau lainnya.

Saat saya mencoba pepes ikan mas di Lembur Sarerea, langsung teringat sama almarhumah mamah. Persis deh rasanya. Durinya juga lunak.. Saya langsung mikir, kalau mamah lagi gak masak pepes, mending order di sini aja. Soalnya saya suka agak malas kalau masak pepes. Suka gak telaten ngebungkusnya.

[Silakan baca: Gubug Makan Mang Engking, Kopo, Bandung -  Kumpul Keluarga untuk Syukuran Ulang Tahun Papah]

sop buntut, kuliner jakarta

Menu lainnya juga enak-enak, lho. Sop buntutnya lembut dan kuahnya gurih. Sayangnya pakai seledri. Jadi, saya harus menyingkirkan pelan-pelan seledrinya sebelum menikmati makanannya. Lain kali, saya order tanpa pakai seledri.

menu prasmanan lembur sarerea, makanan sunda
jeroan, kuliner halim perdanakusuma

Menu prasmanannya juga enak-enak. Saya memang gak cobain semua. Tapi, sempat icip-icip punya anak-anak juga. Penggemar jeroan kayak saya bisa bersorak-sorak gembira. Jadi segala pengen kalau kayak begini hehehe.

[Silakan baca: Nikmatnya Nasi Bancakan Abah Barna]


Tentang Nusatrip


Seperti yang sudah ditulis di awal, lokasi resto ini dekat banget dengan bandara Halim Perdanakusuma. Jadi buat Sahabat KeNai yang baru aja mendarat, trus perutnya udah menuntut minta diisi, bisa banget mampir dulu buat makan di sini. Atau pengen bawa kuliner Sunda sebagai oleh-oleh? Resto ini juga siap untuk menyiapkan makanan yang sudah dikemas dengan baik. Jadi, sebelum terbang, Sahabat KeNai bisa mampir dulu ke sini. Order by phone dulu juga bisa. Sampai resto tinggal ambil, deh.

Namanya juga traveling, biasanya sudah direncanakan sebelumnya. Kalau mau praktis, Sahabat KeNai bisa menggunakan salah satu jasa dari portal pejalanan, yaitu Nusatrip.

Coba deh Sahabat KeNai cek dulu tentang pengalaman pelanggan Indonesia menggunakan Nusatrip supaya lebih yakin. Melihat review memang penting bagi saya. Ya siapa juga yang pengen ada drama saat liburan ya, kan? Apalagi kalau dramanya karena salah memilih online travel agent.

Lembur Sarerea










7 komentar:

  1. Pepes ikan juga salah satu makanan fav aku, pokoknya sih masakan Indonesia hampir semua aku suka hahaahha... asik ni dpt rekomendasi makanan enak dkt bandara, soalnya aku ngerasa makanan di bandara atau dkt2 bandara jarang nemu yg pas enaknya, selain harganya juga lumayan mahal :D

    BalasHapus
  2. Teringat akan mertua saat makan pepes, dalem juga ya mba. Berkesan sangat pasti pepes buatan beliau :')

    Btw, saya kok kurang begitu suka pepes ya. Kadang ngga tahan sama rasa daun pembungkusnya yang sekilas terasa :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena pepes ikan mas buatan mamah mertua saya sangat enak, Mas. Kalau masalah suka dan tidak itu urusan selera. Ada yang justru makin lahap makannya bila mencium wangi daun pisang yang dibakar. Dan namanya selera gak bisa didebat. Setiap orang bisa berbeda :)

      Hapus
  3. nah, jadi penasaran nyobain pepesnya.. aku suka pepes.., tetapi selama ini lebih sering makan pepes dengan bumbu merah yang banyak cabe sama bawangnya...,
    ala mertua juga

    BalasHapus
  4. Gak cuma manusia pekerja saja ya yang suka lembur. Ini ikan mas juga lembur...wkwk
    Btw, top deh referensinya...

    BalasHapus
  5. Pepes ikan emang mantul sih, salah satu favorit aku juga :D

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)