Nasi Bancakan Abah Barna


bancak, bancakan/ban·cak, ban·cak·an/ n 1 selamatan; kenduri; 2 hidangan yang disediakan dalam selamatan; 3 selamatan bagi anak-anak dalam merayakan ulang tahun atau memperingati hari kelahiran disertai pembagian makanan atau kue-kue

Sejujurnya, saya gak tau persis arti bancakan. Walaupun orang sunda tapi kemampuan berbahasa sunda saya pas-pasan. Dan saya gak pernah bertanya pula ke orang tua ataupun keluarga lainnya tentang arti bancakan. Dengan sok taunya, saya menyimpulkan kalau bancakan artinya makan bersama 😁.

Di Bandung, tepatnya di jalan Trunojoyo ada rumah makan bernama Nasi Bancakan Abah Barna. Tapi biasanya kalau bilang makan di Bancakan juga udah tau, kok. Saya udah tau warung nasi ini lumayan lama dan langsung jatuh cinta dengan rasa masakannya.


Nasi Bancakan Abah Barna

Warung nasi Bancakan memiliki berbagai menu rumahan tradisional dengan suasana warung nasi yang terasa sederhana. Peralatan makan dan minumnya pun terbuat dari enamel. Terkesan jadul, kan?

Nasi Bancakan Abah Barna

Masakannya disajikan prasmanan. Rasanya pengen cobain semua, deh. Bener-bener menggiurkan, euy. Tapi biasanya saya pilih jeroan. *Gak usah inget kolesterol dulu deh kalau lagi menikmati jeroan 😜*, sambal, dan juga lalapan.

Nasi Bancakan Abah Barna
Nasi Bancakan Abah Barna
Nasi Bancakan Abah Barna

Ada juga makanan yang harus pesan dulu, seperti lotek, karedok, gado-gado, sop buntut, sop gurame, dan beberapa menu lainnya. Cara memasaknya pun masih tradisional. Masih menggunakan hawu alias tungku dengan kayu bakar.

Nasi Bancakan Abah Barna
Nasi Bancakan Abah Barna

Yang juga bikin saya senang adalah di sini ada es cincau hijau. Saya penggemar berat es cincau. Sayangnya, sekarang minuman yang satu ini udah susah dicari. Dulu pernah ada tetangga yang punya pohonnya dan kami bebas memetik daunnya kapanpun. Tapi sekarang tetangganya udah gak tinggal di sana. Pohonnya pun udah gak ada.

[Silakan baca:  Gubug Makan Mang Engking, Kopo, Bandung - Kumpul Keluarga untuk Syukuran Ulang Tahun Papah]


Tidak Bisa Reservasi di Nasi Bancakan


Salah satu bukti kalau kami sekeluarga suka banget dengan menu di warung nasi Bancakan adalah rela antre supaya bisa makan di sini. Kami sekeluarga memang termasuk yang paling malas antre untuk makan. Mending cari rumah makan lain deh daripada antre. Tapi kalau di warung nasi Bancakan berbeda. Kami bersedia antre supaya bisa makan di sana. Bahkan saya pernah lihat saat jam makan, sebagian area parkir juga dijadikan tempat untuk bersantap secara lesehan.

Tips: Kalau malas banget antre, Sahabat KeNai bisa datang bukan di saat jam makan. Paling tidak antreannya jadi lebih pendek

Nasi Bancakan Abah Barna
Nasi Bancakan Abah Barna
Pilih dulu makanan dan minumannya, bawa ke kasir, baru deh setelah itu cari tempat duduk


Kalau Sahabat KeNai datang ke sana dan melihat ada meja yang sudah dikasih tanda, sebetulnya meja tersebut belum ada yang menempati. Tapi kalau mau makan di sana memang harus antre memilih makanan dan minuman dulu. Kemudian bawa makanan dan minumannya ke kasir untuk dibayar. Setelah itu baru deh cari tempat duduk.

Dulu sih di sini memang gak menerima reservasi. Saya tau persis karena keluarga suami pernah berencana mau booking warung nasi Bancakan untuk acara keluarga besar. Setiap tahun, saat hari raya Idul Fitri, keluarga besar suami bergantian menjadi tuan rumah.

Sekitar 6-7 tahun lalu, giliran keluarga suami yang menjadi tuan rumah. Tempat berkumpul diserahkan sepenuhnya ma yang kena giliran. Boleh di rumah makan atau di rumah. Nah, tadinya kami memutuskan untuk berkumpul di Bancakan aja. Yakin deh semua keluarga pasti suka karena hampir semuanya orang Sunda. Dan kumpul keluarganya juga sellau di Bandung. Lagipula kumpul keluarga di rumah makan tuh praktis karena gak perlu masak dan beberes. Paling kendalanya waktu berkumpul jadi lebih terbatas waktunya.

Tapi ternyata warung nasi Bancakan gak terima reservasi. Alasannya kasihan tamu lainnya kalau mau makan di sana. Akhirnya solusi yang kami ambil adalah tetap order masakan dari Bancakan tapi acaranya di rumah. Jadi dari rumah, kami sudah membawa berbagai panci dan wadah yang besar untuk menyimpan masakan.

Alhamdulillah, acara silaturahmi berjalan dengan lancar. Kami gak repot harus memasak. Malah silaturahmi jaid bisa lebih santai dan lama karena diadakan di rumah.


Nasi Bancakan Abah Barna

Udah lama aja kami belum ke Bandung lagi. Kangen dengan suasana Bandung. Kangen juga makan di warung nasi Bancakan. 😋

[Silakan baca: Ulang Tahun Mamah di Kedai Boboko dan The Valley]

Keterangan:

Semua foto yang ada di sini adalah foto tahun 2014. Berarti udah sekitar 3 tahun kami belum ke sini lagi 😊


Nasi Bancakan Abah Barna


Nasi Bancakan


Jl. Trunojoyo no 62
Citarum, Bandung Wetan
Jawa Barat 40115

Telp: 022-4203650

Open hours: 10.00 - 22.00 wib