Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang

Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang

Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang


Tadi pagi (26/9), setelah anak-anak berangkat ke sekolah, saya bergegas dandan. Jarang banget nih saya dandan di pagi hari. Biasanya saya memilih untuk melanjutkan tidur lagi sekitar 2-3 jam, mumpung suasana rumah mulai sepi. Maklumlah, sehari-hari saya yang bangun paling pagi untuk menyiapkan bekal sekolah. Padahal tidur masih suka larut malam banget.

Pagi ini, saya dan beberapa teman blogger lainnya memang akan hadir di acara Grand Launching Bakoel Ussy. Restoran terbaru milik Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama. Dari lihat foto-foto kulinernya di IG @bakoelussy aja, saya udah semangat. Menggiurkan semua, deh.

Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang

Acara yang diawali dengan khatam alquran dari yayasan pengajian Halimatus Sa'diyah, Depok ini dilanjut dengan pemotongan tumpeng. Setelah itu pemotongan pita sebagai tanda Bakoel Ussy resmi dibuka.

Bakoel Ussy Berbeda Dengan Lurik Coffee and Kitchen



Pasangan Ussy dan Andhika sepertinya semakin serius menekuni bisnis kuliner. Ussy bahkan mengatakan kalau dirinya sudah sangat selektif dengan dunia keartisan. Lebih fokus kepada bidang kuliner. Meskipun begitu, Ussy tidak menampik kalau dunia artis yang sudah melambungkan namanya ini ikut membantu mengenalkan bisnis kuliner yang sedang dibangun.

Bagi Sahabat KeNai yang tau atau sudah pernah makan di Lurik Coffee and Kitchen mungkin akan bertanya tentang perbedaan resto yang baru launching sekitar 2 bulan lalu ini dengan Bakoel Ussy. Tidak hanya memiliki owner yang sama. Makanan yang ditawarkan pun sama-sama kuliner Indonesia.

Sebetulnya saya belum pernah makan di Lurik. Jadi belum bisa menilai sendiri perbedaan rasa dan suasana. Tetapi, kalau saya lihat di Zomato, lumayan juga nilainya *Biasanya saya suka lihat berbagai review di Zomato dan Tripadvisor dulu kalau mau datang ke tempat yang belum pernah dikunjungi, termasuk restoran.

Baik Ussy maupun Andhika menjelaskan meskipun sama-sama menawarkan kuliner Indonesia, tetapi berbeda konsep. Kalau Lurik memang lebih eksklusif, lokasinya di mall (Kemang Village), dan harganya pun lebih tinggi daripada Bakoel Ussy. Sedangkan Bakoel Ussy memiliki konsep Warteg Kekinian.

Warteg Kekinian ala Bakoel Ussy


Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang

Bakoel Ussy sebetulnya menawarkan beragam kuliner masakan khas Sunda. Tetapi, kenapa juga disebut warteg alias warung Tegal?

Sejarahnya memang warteg berasal dari Tegal. Tetapi, saat ini warteg secara umum juga bisa diartikan sebagai tempat makan dengan menu rumahan, rasa yang enak, dan harga yang murah. Sehingga bisa menjangkau banyak kalangan khususnya kelas menengah ke bawah.

Bakoel Ussy juga memiliki filosofi yang sederhana. Kalau zaman dulu kan nasi biasanya disimpan di bakul. Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Harapannya orang-orang akan ke Bakoel Ussy memang untuk makan.

Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang

Konsepnya memang warteg, tetapi suasana rumah makannya nyaman. Ruangan ber-AC, free Wi-Fi, area parkir cukup luas, dan ada spot foto di sana. Zaman now alias kekinian banget, kan? Di sini juga ada ruang VIP. Kalau Sahabat KeNai ingin makan bersama keluarga dengan suasana privat atau meeting dengan klien dan  gak ingin terganggu suasananya, bisa pakai ruang VIP.

Makan Siang di Bakoel Ussy Cukup 50 Ribu Saja


Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang

50 ribu bisa dapat apa? Enggak. Saya gak akan pernah ikut-ikutan share belanjaan di pasar dengan total 50 ribu, kok. Malesin ah kayak gitu. Tapi, di Bakoel Ussy ini memang Sahabat KeNai bisa makan enak dan kenyang seharga 50 ribu. Itupun masih bisa dapat kembalian.

Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang

Di Bakoel Ussy ini ada 2 pilihan sajian yaitu a la carte atau prasmanan. Untuk 1 porsi nasi, 1 macam lauk, 1 macam sayur, 1 macam gorengan, dan sambal tidak lebih dari 50 ribu. Sahabat KeNai sudah bisa makan enak dan kenyang. Bila tidak ingin antre prasmanan, Sahabat KeNai bisa memilih a la carte. Menurut saya, kalau hanya makan sendiri atau berdua enaknya pilih prasmanan. Tetapi, bila beramai-ramai a ala carte lebih menarik. Biar makan tengah gitu.

Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang

Makan siang kali ini saya memilih paru bacem, gabus pete jelolotan, udang pete, bakwan jagung, sambal bawang, dan nasi oncom. Porsi segini sebetulnya agak membuyarkan program diet saya hehehe. Tapi, karena ingin mereview beberapa makanan yang menjadi pilihan saya, jadi baiklah diet dimulai besok lagi aja 😂

Saya suka jeroan, makanya yang udah saya incar dari awal memang paru bacem. Melihat potongannya yang cukup tipis, saya sempat ragu dengan testurnya. Khawatir keras gitu. Eh, ternyata empuk dan rasanya pun enak.

Sebetulnya saya selalu menghindar makan pete kalau di luar rumah. Tetapi, penasaran juga dengan udang pete. Rasanya enak juga. Dimasak balado, tetapi tidak pedas. Buat Sahabat KeNai yang gak kuat pedas, tetapi ingin ada cabenya bisa deh cobain ini.

Gabus pete jelolotan saya pilih karena terpengaruh cerita Ussy. Katanya menu ini jadi favorit banyak temannya. Rasanya pun sangat pedas, makanya dinamakan jelolotan. Sebagai penggemar makanan pedas, saya jadi langsung tertarik banget pengen tau sepedas apa rasa makanan ini. Buat Sahabat KeNai yang tidak terlalu kuat pedas ya siap-siap aja kepedesan, nih. Atau sebaiknya jangan ambil sambal lagi karena menu ini udah pedas.

Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang

"Ini sambalnya pedas banget ya, Bu."

Seorang pelayan dengan ramah memberi tahu ketika saya meminta sambal bawang. Selain sambalnya memang pedas, mungkin pelayan tadi juga melihat pilihan menu saya yang ada gabus pete jelolotan. Memang iya jadi dobel pedes alias pedes banget. Tetapi, juga rasanya jadi seimbang. Saya merasakan ada sedikit rasa manis dari sambal bawangnya yang pedas itu. Nah rasa manis ini yang menjadi penyeimbang apalagi ikan gabusnya kan asin.

Sebetulnya saya mengharapkan sambal kencur. Saya memang menyukai rasa bumbu dapur yang satu ini. Tetapi, tadi lagi gak ada. Untungnya rasa nasi oncom yang saya pilih ada kencurnya Seneng deh saya. Menu makan siang saya semakin komplit dengan bakwan jagung yang cukup besar dan tebal.

Makanan Favorit Keluarga


Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang

Almarhumah mamah mertua saya pernah jualan kue semasa hidupnya. Setiap hari bikin kue dan didrop di salah satu supermarket. Kuenya pun dipilih yang menjadi favorit keluarga. Kata almarhumah, kalau menjadi favorit setidaknya keluarga senang memakannya. Kalaupun mau dibagi-bagikan ke keluarga atau teman pun kitanya lebih senang.

Saya memang jadi sedikit mengingat almarhumah ketika Ussy bilang kalau makanan yang ditawarkan di sini adalah menu favorit. Setiap ada acara pengajian rutin di rumahnya, sebagian besar dari menu inilah yang selalu dimasak. Ussy pintar memasak juga, lho.

Ya memang gak semua menjadi favorit Ussy dan Andhika. Seperti menu pete dan jengkol, mereka tidak makan. Tetapi, banyak orang yang terlihat sangat menikmati makan pete dan jengkol. Makanya menu ini pun dihadirkan di Bakoel Ussy. Saya pun bertanya ke beberapa teman bloogger yang memilih jengkol, katanya rasanya enak.

Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang
Para blogger dengan dress code merah sesuai dengan ciri khas Bakoel Ussy (doc: @bakoelussy)

Gak hanya menawarkan makanan utama, kok. Mau camilan atau ngopi juga ada. Di arena depan ada Kopi Tingwe yang juga milik Ussy dan Andhika.

Bakoel Ussy berada di kawasan ramai jalan Dewi Sartika. Lokasinya dekat kantor Pajak Jakarta Timut, tepatnya di samping Shop&Drive. Lokasi yang cukup strategis. Selain perkantoran, di area sekitarnya juga ada beberapa sekolah dan rumah sakit Budi Asih.

Bakoel Ussy


Jl. Dewi Sartika no 192
Jakarta Timur

Open hours: 11.00 s/d 22.00 wib

Instagram dan Twitter: @bakoelussy

63 komentar:

  1. Wah aku ga kebagian bakwan jagungnya :))

    BalasHapus
  2. Bakoel ussy kapan ya mba buka cabang di Jogja? Eh..tapi aku suka liat pasangan ini...sekarang bisnis kulineran juga rupanya

    BalasHapus
  3. Keren idenya. Lagi ngetren kue artis, tapi yang ini beda...

    BalasHapus
  4. Makanannya ala rumahan banget.. penasaran.. apalagi saya orang sunda,, cocok pasti di lidah saya hihi..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  5. Yauuuuwww makanannya ituuuu. Asyik ya diajak ikutan launching Bakoel Ussy. Sukses terus usahanya, sukses juga buat yang nge-review :)

    BalasHapus
  6. Yg lurik aja blm coba, udh ada yg bakoel huaaaa. .. :p makin penasaran kan jadinyaaa. Tp kalo baca review2, sepertinya aku lbh tertarik yg bakoel ini mba.. Menunya lbh cocok k aku yg doyan pedes :).

    BalasHapus
  7. diversifikasinya mbak ussy mantap juga ya. harganya lumayan juga ya, terjangkau dan bikin kenyang.

    BalasHapus
  8. Duh, paru, jengkol, pepes, bikin ngiler... Asyik ya wartegnya nyaman :D

    BalasHapus
  9. Waaah, boleh juga neh... suatu saat kalo ke Jaktim. Makasih ya, Teh, infonya yang maknyuss ini.

    BalasHapus
  10. Baru sadar ketika memerhatikan foto dengan seksama, ada si Salman :D

    BalasHapus
  11. Menarik dan cukup sering lewat situ... perlu dicoba nich....

    BalasHapus
  12. Menarik dan cukup sering lewat situ... perlu dicoba nich....

    BalasHapus
  13. Waah harga terjangkau dan bikin kenyang ya Mbak. Belum ada ya di seputaran Bekasi. Masih di Jaktim.

    BalasHapus
  14. Duuuh... Pingin cobain. Sambelnya menggiurkan. >.<

    BalasHapus
  15. warteg kekinian ga sampe 50k, wahhhh jujur sih mbak kalau dibandingkan sama warteg biasa mahalan Bakoel Ussy, karena warteg biasa bsia dapat belasan ribu.

    Tapi kalau soal rasa dan kualitas pasti dijamin oleh bakoel ussy, yahh ada rasa ada harga, haha

    saya mau tuh jengkolnya

    BalasHapus
  16. Tosss saya juga suka jeroan. apalagi dimakan sama sambel petai, ngabisin nasi dah.

    haaa sukses buat bakul Ussy...dan jalan jalan kenai tentunya.

    BalasHapus
  17. Bagus ya tempatnya kaya ada nuansa tradisional gitu. Murah sih kalo 50ribu sepuasnya mah. Buka cabang d Semarang ga nih? 😁😁

    BalasHapus
  18. Warteg kekinian, aduh, jd penasaran, bawa keluarga kesini gk bikin kantong bolong lah yaaa

    BalasHapus
  19. kalau aku masih stay di jakarta aku bakal kesana niiiihhh segera haha soalnya deket dari pondok bambu ya , mbak Ussy keren udah bikin brand makeup sekarang restoran , murah meriah enak kenyang pula

    BalasHapus
  20. JAadi penasaran sama Gabus pete jelolotan mba :) duh pete n gabus dipadu padan uda kebyaang endesnya

    BalasHapus
  21. Pasangan cantik n ganteng maxih kayak penganten baru aja.ini acaranya KEB apa grup lain, Chi. Menunya bunda banget tuh. Kapan ya diajak anak2 ke sini.

    BalasHapus
  22. OMG! Murah banget ya harga menunya...
    Kalo saya ke Jakarta nanti, pengen coba makan di sini aah!

    BalasHapus
  23. Gemas banget dengan pasangan satu ini, mesranya reeek ke mana-mana pasang senyum manis selalu ya. Ussy dan Andika ini kreatif dan giat banget mencari bisnis yang sedang digemari ya, jadi pingin icip bakwan udangnya ituuh

    BalasHapus
  24. menunya semua indonesia banget, dan pasti disuka banyak orang termasuk akuuuh. tapi sayang jauh, semoga ntar kapan buka di semarang

    BalasHapus
  25. Beneran 50 rb, mba chi? Wuh asyik dong ya makan di resto artis nggak usah merogoh kocek dalem, hehehe..kayaknya menunya enak-enak, deh,

    BalasHapus
  26. Kini artis mulai merambah ke dunia usaha karena tampil di layar televisi belum bisa di jadikan patokan

    BalasHapus
  27. Wah ini mah mmg menu makanan rumahan ya mbk. Bakwannya gede2. Tp yg paling bikin penasaran ya itu, pete jelolotan.... duuuhhh kebayang endesnya

    BalasHapus
  28. waaaah semua menunya menggugah selera semua ya ini <3

    BalasHapus
  29. Warteg tapi kekinian yaah. Mantap banget makanannya bikin ngiler aja

    BalasHapus
  30. Kenapa jadi kebayang bayang paru bacem yak? Haduuuu

    BalasHapus
  31. Banyak yang review ini jadi makin penasaran deh, kalau deket udah langsung cuss. Gabus pete jelolotan koq ya bikin mupeng dehh

    BalasHapus
  32. Keren nih, artis-artis pada bikin toko kue mereka bikin warteg. Dan warteg lebih banyak fansnya malahan menurutku. Semoga sukses ya wartegnya si Ussy dan Andika. Aku suka lihat pasangan ini. Semacam true love dunia nyata :)

    BalasHapus
  33. harga makanannya ramah kantong ya kalau 50rb bisa makan enak dan kenyang.
    Kalau rame-rame pilih ala carte jadi bisa saling mencicipi ya.
    Wah jalannya sering aku lewati padahal nih gak ngeh, nanti kalau lewat lagi mampir ah

    BalasHapus
  34. Wou, Amazing! Baru kali ini lihat warteg dengan konsep yang super kreatif, Indonesia banget!

    BalasHapus
  35. Ussy lebih milih bisnis kuliner ya. Dan setiap tempatnya memiliki ciri yang berbeda disetiap resto

    BalasHapus
  36. Duh pengen ikut mamam juga di bakul Usy.
    50 ribu udah kenyang mantep, semoga di Pekalongan juga akan dibuka cabangnya biar bisa mampir

    BalasHapus
  37. Saya tunggu cabangnya di Surabaya. Sepertinya menu yang disajikan terasa pas di lidah. Wajib beneran dicoba.

    BalasHapus
  38. Mau paru bacemnya.. sayang nggak buka di jogja juga yaa hiiks.. padahal baca banyak banget reviewnya jadi mupeng pingin nyoba

    BalasHapus
  39. Tempatnya asyik, makanannya juga pas di lidah kyknya, murce jugaa..

    BalasHapus
  40. Aku selalu terkenang jengkol dan petenya Bakoel Ussy. Bener2 memanjakan lidah nih menu2nya.

    BalasHapus
  41. Mupeng banget sama menu rumahnya bakoel Ussy. Jadi.pengen nyicip

    BalasHapus
  42. Hyuk kapan kita ke sana lagi? Aku blm ada kesempatan nyobain kopinya pas itu krn buru2 pulang hhehehe

    BalasHapus
  43. Murah meriah ya menu-menu di situ. Aku jadi ngiler nih liat menu a la Sunda gini.
    Itu Ussy kenapa sih ga pernah tambah tua hahahaa... cling dan cantik banget yaaa *galfok

    BalasHapus
  44. Lucu yah konsepnya. Mirip2 RM Ampera kalo di Bandung, tapi ini versi Jawanya ya. Kalau untuk ukuran resto, harga 50rb bisa bikin kenyang sih standar. Tapi kalau untuk ukuran warteg, ya ini terlalu mewah rasanya. Kapan2 aku mau ke sana biar tahu rasanya.

    BalasHapus
  45. Mba Chieee...aku jadi penasaran bangeet pengen makan di sini. Itu menunya juaraaa dan harganya juga oke banget di kantong. Pas buat bawa keluarga dan teman-teman

    BalasHapus
  46. Saya suka sama pasangan ini jauh dari gosip dan sukses sama bisnisnya . Btw itu murah banget ya 50 ribu udah kenyang dan kayaknya enak-enak.

    BalasHapus
  47. Aku langsung lapar lihat tampilan menunya. Tampak menggiurkan semua
    Ini namanya makan ala warteg, tapi tampilan resto

    BalasHapus
  48. Usaha kuliner memang tidak ada matinya. Selama kita manusia masih suka makan, hehehe... 50 ribu kalau buat biaya hidup di kota sekali makan ya?
    Kalau di kampung saya, buat 5 kali makan di warteg. Tapi bukan warteg kekinian pastinya...

    BalasHapus
  49. aku langsung ngeliatin alamatnya.. dewi sartika kan deket ama rumahku tuh. ya ampun ternyata bener deket. di belakang apartemen berarti ya lokasinya, dekat kantor suara pembaharuan. ke sana ah. enak kayaknya. eh.. ada di gofood nggak ya?

    BalasHapus
  50. Bakwan jagungnya, makjang, menggoda banget!
    Kayaknya aku order bakwan jagung saja, HAHAHA.
    "Mba, tolong bungkuskan ya!" ^^

    BalasHapus
  51. Duh, ini mah selera urang sunda pisan. Jadi ter-glek2 aku mba membayangkannya aja, pankapan ke sana ah, dengan harga yg murah bisa makan enak sam keluarga, asiiik

    BalasHapus
  52. Beneran deh ini rasa makanan di Bakoel Ussy cocok banget di lidah ku dan bikin kangen masakan ibu serasa pulang kampung, apalagi sambal udang pete nya masakan rumahan banget :)

    BalasHapus
  53. Ketika warteg naik kelas. Ditambah dengan embel-embel artis dari ownernya. Sukses selalu buat Bakoel Ussy. 👍🏼

    BalasHapus
  54. Ye lihat makanan gini pagi-pagi rasanya laper..he
    Jadi pengen makan yang seperti di postingan ini :D

    Selain menarik akan menunya tempatnya juga bagus ya, Teh.
    Pasti banyak yang foto kalau makan disitu :)

    BalasHapus
  55. Wah, Mbak Chi ini pintar bercerita.
    Sebetulnya saya ini nggak tertarik ke restoran kalau latar belakang pemiliknya aja sudah berupa artis gitu. Tapi kalau melihat reviewnya Mbak Chi ini, langsung mengingatkan saya kepada jaringan rumah makan Ampera di Bandung. Saya kok jadi tertarik yaa. Wah, orang Jakarta beruntung nih bisa ke sini tiap hari.

    BalasHapus
  56. Saya kagum nih sama suami.istri ini kompak dan semangat berbisnis....jd pengen nyoba nih restoran sunda di jkt hehe..

    BalasHapus
  57. jadi pingin nyoba juga ke bakul ussy ... sepertinya menunya enak tuh ...

    BalasHapus
  58. Duuuh bikin ngiler yaa
    Tim pecinta kuliner langsung menyerbu nih hihi

    BalasHapus
  59. wah dengan 50ribu sudah bisa kenyang dan dapat paket lengkap??
    mau banget!!!!

    BalasHapus
  60. Yuk kapan2 nongkrong makan di sana bareng2 lagi mbak hehe. Kali menunya udah nambah lagi :D

    BalasHapus
  61. HAyu ah kapan kita makan bareng di tempat ini mba

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)