Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Persiapan Traveling Agar Perjalanan Aman dan Menyenangkan

Menyempatkan diri untuk dapat bepergian ke berbagai tempat yang diinginkan tentu sangat menyenangkan. Ketika berlibur, sebenarnya Sahabat KeNai tengah membebaskan diri dari kesuntukan pekerjaan maupun rutinitas lainnya yang terkadang membuat bosan. Oleh karena itu, berlibur sekali-sekali tentu dibutuhkan untuk menyegarkan pikiran.

persiapan traveling agar perjalanan aman dan menyenangkan

Persiapan Traveling Agar Perjalanan Aman dan Menyenangkan


Untuk dapat memaksimalkan momen liburan, ada baiknya Sahabat KeNai merencanakan traveling dengan matang. Jangan sampai teledor sehingga membuat liburan justru jadi menyebalkan dan membuat Sahabat KeNai semakin suntuk. Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam menyiapkan traveling yang menyenangkan. Berikut panduannya.

Riset Tempat yang Akan Dikunjungi


Sebelum bepergian untuk liburan, sebaiknya lakukan riset dengan matang mengenai daerah yang akan dikunjungi. Jangan sampai rencana liburan Sahabat KeNai hancur berantakan hanya karena tidak mempersiapkan beberapa hal yang ternyata sangat dibutuhkan ketika liburan.

Misalnya ketika Sahabat KeNai memutuskan berlibur naik pesawat terbang, cek mengenai fasilitas yang ditawarkan pesawat terbang seperti bagasi dan sebagainya. Jangan sampai teledor mengecek fasilitas sehingga terkena biaya lebih karena harus membayar bagasi yang ternyata tidak ditanggung maskapai.

Selain transportasi, sebaiknya Sahabat KeNai juga riset tempat yang akan dikunjungi. Bagaimana tempat tersebut, transportasi apa saja yang tersedia di sana, dan tempat makan terdekat. Misalnya jika Sahabat KeNai menginap di hotel A, maka harus memperkirakan jarak hotel tersebut ke tempat wisata yang ingin dikunjungi. Selain itu, pertimbangkan pula transportasi apa yang tersedia di sana.

Menabung Sebelum Berlibur


Sebaiknya jangan berlibur dari uang hutang karena tentu tidak menyenangkan. Sahabat KeNai mungkin akan terus terbayang-bayang mengenai hutang yang harus segera dibayar. Oleh sebab itu, rencanakan momen liburan Sahabat KeNai sejak dini. Kemudian sisihkan uang setiap bulannya untuk pembiayaan liburan.

Sebaiknya, Sahabat KeNai memperkirakan berapa total biaya yang dibutuhkan. Kemudian tambahkan dengan biaya yang tidak diduga. Selanjutnya, bisa mulai menabung sejak dini. Sahabat KeNai bisa memperkirakan kapan waktu keberangkatan. Sehingga bisa memperkirakan berapa jumlah tabungan harian atau bulanan yang perlu disisihkan.

Periksa Dokumen Selengkap Mungkin


Ketika perjalanan, apalagi liburan ke luar negeri, tentu membutuhkan kelengkapan dokumen ketimbang hanya perjalanan di dalam negeri. Jika di dalam negeri Sahabat KeNai hanya memerlukan dokumen seperti KTP atau bSIM (jika perlu), maka di luar negeri Sahabat KeNai harus mempersiapkan paspor dan visa (untuk di beberapa negara).

Tidak perlu khawatir ribet mengurus paspor dan sebagainya. Kini mengurus paspor kini telah semakin dimudahkan dari pihak imigrasi. Sahabat KeNai pun hanya perlu menunggu paspor jadi dalam beberapa hari saja. 

Alternatif Wisata ke Tempat Sepi


Berwisata ke tempat yang relatif sepi kini telah menjadi salah satu opsi wisata kekinian yang lebih menyenangkan. Dengan berwisata di daerah yang sepi, Sahabat KeNai akan lebih bebas menikmati hal yang disajikan dari tempat wisata. Sahabat KeNai juga tidak akan terganggu oleh penuh sesaknya orang-orang di daerah yang dikunjungi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya merencanakan wisata di tempat yang mungkin belum terlalu dikenal. Ada beberapa lokasi yang bisa Sahabat KeNai kunjungi seperti Pulau Bair Maluku Tenggara atau lokasi lainnya. 

Daftarkan Diri dalam Asuransi Perjalanan


Selain mengecek kelengkapan dokumen perjalanan, pastikan bahwa Sahabat KeNai telah mengikutsertakan diri dalam asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan penting mengingat ada banyak hal tak terduga yang mungkin akan terjadi ketika di perjalanan. Misalnya pesawat yang tidak jadi berangkat ataupun kecelakaan.

Dengan mengikutsertakan diri sebagai peserta asuransi, Sahabat KeNai telah mendapatkan cukup jaminan dalam perjalanan. Peran asuransi perjalanan mirip dengan asuransi biasa yaitu sangat terasa ketika keadaan darurat. Ketika pesawat gagal berangkat, maka Anda bisa memperoleh penggantian kerugian dari pihak asuransi. Selain itu, apabila terjadi kecelakaan, pihak asuransi juga memberikan uang santunan karena kecelakaan tersebut.

Pendeknya, bagi penyuka traveling tidak ada ruginya memiliki asuransi perjalanan. Justru membuat perjalanan semakin terasa aman dan menyenangkan

Sahabat KeNai bisa mendaftarkan diri dalam asuransi perjalanan yang ada di Lifepal. Lifepal menawarkan beragam paket asuransi perjalanan yang disediakan oleh berbagai perusahaan asuransi terpercaya di negeri ini. Sehingga, Sahabat KeNai dapat menikmati perjalanan dengan lebih aman dan menyenangkan.

Tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk berwisata bersama teman dan keluarga. Namun, pastikan bahwa Sahabat KeNai mematuhi panduan yang dijelaskan di atas agar liburan Anda semakin aman dan menyenangkan. Dengan mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini, harapannya traveling bakal berjalan lebih tenang, aman, dan menyenangkan.

6 komentar:

  1. sebelum traveling, aku tuh paling hati2 prepare segalanya. makanya aku sering bikinnplan jalan2 itu bahkan bisa 1 thn sebelumnya mba. krn aku hrs bener2 perhitungin , budget, apa aja yg dibawa, apa aja yg hrs dibuat ulang seperti perpanjangan pasport bikin bisa ato apapun. trus akh pikirin kostum. kalo udh terlalu sering dipake, wajib beli baru hahahaha.

    aku jg hrs perhitungin siapa penggantiku kalo cuti nanti, dan itu hrs jauh2 hr dipersiapin. di kantorku, cuti utk thn 2020 itu hrs disubmit dr november 2019. makanya kenapa aku beli tiket pesawat jauh2 hari banget.

    asuransi perjalanan jg ptg. tp walo printilannya kliatan rempong, ntah napa aku slalu seneng bikin persiapan jalan2 ini. mungkin krn dasarnya aku cinta banget ama traveling kali yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Fanny sering traveling. Kelihatan persiapannya mateng banget

      Hapus
  2. betul,, alangkah baiknya liburan bareng keluarga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalau saya memang senangnya dnegan keluarga

      Hapus
  3. Detail yaa persiapannya ada asuransi juga. Jadi berliburnya nyaman bahagia juga berkesan. Selamat berlibur Kakak.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.