Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Kong Djie Coffee, BSD - Tentang Es Kopi Susu dan Mie Ayam Khas Belitung

"Nanti mampir dulu ke Kong Djie Coffee, Yah."
"Di mana, tuh?"
"Pasar Modern BSD."
"Gak makan aja di rumah Inong? Pasti udah masak di sana."

kong djie coffee, kedai kopi di pasar modern bsd

Kong Djie Coffee, Pasar Modern BSD - Tentang Es Kopi Susu dan Mie Ayam Khas Belitung


Masih lanjutan dari cerita pernikahan sepupu saya kurang lebih setahun yang lalu. Sebelum berangkat ke BSD, sempat terjadi perbedaan pendapat di keluarga kami. Saya pengen mampir dulu ke sana untuk menikmati segelas kopi susu yang legendaris asal Belitung itu. Alasan saya, mumpung lagi di BSD. Kopi Kong Djie terdekat dengan rumah tante saya ada di Pasar Modern BSD. Kalau disengajain mampir suka malas karena lumayan jauh.

Sedangkan suami berpikir kalau nanti mampir dulu, bisa-bisa gak makan lagi di rumah tante saya. Padahal sebagai yang punya hajat pasti udah masak. Gak enak 'kan kalau menolak.

Anak-anak malah kepengennnya lain lagi. Mereka pengennya check ini dulu begitu sampai BSD. Alasannya supaya bisa beli McDonald's yang lokasinya memang persis di samping hotel POP.

Permintaan saya yang dikabulkan karena paling ngotot hehehe. Saya bilang kalau di Kong Djie Coffee paling sekadar ngopi dan cemal-cemil. Yakin deh bakal tetap makan di rumah om dan tante. Saya juga bilang ke anak-anak tetap bisa makan McDonald's kapan pun.

[Silakan baca: Table Service di McDonald's Bukit Bintang, Malaysia]

Rencananya berangkat sebelum makan siang. Tetapi, ada beberapa hal yang harus diurus membuat keberangkatan jadi mundur. Udah gitu tiap kali mau ke BSD, kami suka salah keluar pintu tol terus. Suka gak kepikiran juga buat minta bantuan Google maps kalau belum salah jalan hahaha.

Lagi-lagi kami salah keluar pintu tol. Saya jadi agak gak enak hati. Tapi, tetap keukeuh mau ke Kong Djie Coffee. Padahal ya kalau gak salah keluar tol, gak ribet cari lokasi Pasar Modern BSD ini.

kedai kopi susu, warung kopi kong djie

Kedai kopi ini berukuran kecil dan terlihat sepi. Mungkin karena kami ke sana sudah cukup sore. Seperti kedai kopi sederhana dan tanpa AC.

es kopi susu kong djie, badak sarsaparilla, warung kopi kong djie
Es Kopi Susu, IDR18K
Badak (Sarsaparilla), IDR12K

Pilihan pertama saya tentu saya es kopi susu. Kami sempat agak bingung saat memilih makanan. Pukul 3 sore, agak nanggung kalau mau makan berat. Tetapi, mau pilih camilan juga perut rasanya lapar karena belum makan siang.

Warung Kopi Kong Djie Belitung sudah ada sejak tahun 1943. Berarti dari sebelum zaman kemerdekaan, ya. Saat ini cabangnya sudah banyak tersebar di Indonesia. Tetapi, sistem usahanya waralaba.

kong djie coffee menu
Kong Djie Coffee Menu

Kong Djie Coffee menu di BSD ini cukup beragam. Tetapi, kayaknya gak semua sama persis kayak di tempat asalnya. Misalnya, cireng crispy. Kayaknya di warkop Kong Djie Belitung gak ada menu ini. Etapi, gak tau juga, ding. Saya hanya menerka-nerka.

kopi kong djie belitung

Nai dan ayahnya memilih mie ayam. Keke hanya pesan minuman karena dia sudah makan dulu sebelum berangkat. Hanya saya yang memilih mie udang belitung. Sambil menunggu pesanan kami datang, saya melihat ke sekeliling. Teko-teko besar untuk merebus kopi yang menjadi ciri khas Kong Djie terlihat di depan.

Ada nuansa lain yang berasa. Saya merasakan nuansa Sunda di sini. Sepertinya, semua karyawannya berdarah Sunda. Terdengar dari obrolan mereka yang cukup meramaikan suasana kedai kopi. Saat itu, pembelinya hanya kami sekeluarga. Saya mengerti apa yang mereka omongin. Hanya obrolan dan candaan biasa aja sesama teman.

mie ayam khas belitung
Mie Ayam Belitung, IDR20K

Makanan dan minuman pesanan kami pun tiba. Tetapi, makanannya yang datang hanya 2. Mie ayamnya kurang 1. Ketika saya menanyakan mie ayamnya, mbak yang mengantarkan makanan kayak kebingungan. Malah nanya balik ke saya pesannya apa aja. Padahal udah jelas ditulis pesan 2 porsi mie ayam.

Katanya akan segera dibuatkan 1 porsi lagi. Tetapi, ternyata memakan waktu cukup lama juga. Saya dan Nai hampir selesai makan, belum juga datang makanannya. Duh, saya jadi tambah gak enak hati sama suami. Udahlah dia maunya makan di rumah yang punya hajat, salah keluar tol, dan malah dia yang terakhir makan.

Saya sampai harus manggil pramusaji lagi untuk menanyakan makanan yang belum datang. Soalnya lumayan lama nunggunya. Padahal makanan dan minuman yang duluan datang gak selama itu. Lagi-lagi kayak yang bingung gitu ekspresinya. Pengennya saya batalin aja. Tapi, berarti suami gak makan. Nanti dia jadi mangkel ma saya. 😅

Terlepas dari drama mie ayam yang kelamaan itu. Rasa makanannya enak juga. Mie ayam khas Belitung gitu, deh. Kalau saya sih mikirnya mirip mie ayam Bangka. Ya memang mirip-mirip, kan. Minimalis rasanya, tetapi enak dan gurih.

mie udang belitung
Mie Udang Belitung, IDR25K

Kalau mie udang Belitung baru kali ini saya cobain. Kalau kata suami saya, segala makanan yang ada udangnya seharusnya enak. Ya, memang enak rasanya. Kuahnya gurih dan cukup berasa udangnya. Porsinya kelihatan sedikit, tetapi buat saya mengenyangkan. Mungkin karena ada potongan kentang juga selain mie. Jangan lupa kucurin jeruk sambal biar ada rasa segar.

warung kopi kong djie, pasar modern bsd

Saya pesan es kopi susu. Sengaja pilih yang dingin karena cuaca lagi berasa gerah bener. Memang enak kopinya. Masih terasa pahit di lidah dan tidak terlalu manis. Pas lah kalau buat saya.

Kami gak berlama-lama di sini. Papah juga menelpon minta kami check ini duluan ke hotel POP sebelum ke rumah tante. Lagian memang udah kesorean juga. Gak pengen kekenyangan juga. Tetap menyediakan sedikit ruang buat makan lagi di rumah tante hehehe.

[Silakan baca: Drama Kamar Mandi di Hotel POP, BSD City]

Setidaknya udah tuntas rasa penasaran saya untuk mencicipi kopi legendaris ini. Mudah-mudahan aja suatu saat bisa mencicipi langsung di Kong Djie Coffee Belitung. Aamiin.

Kong Djie Coffee Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Kong Djie Coffee BSD


Pasar Modern BSD City
Jl. Letnan Sutopo, Blok R no 23
Serpong, Tangerang Selatan 15310

Open hours: 07.00 - 21.30 wib

44 komentar:

  1. mie udangnya enak ya mba? krn yg dibelitung sana aku ga terlalu doyan, cendrung manis soalnya. ga cocok ama lidahku. tp kalo yg di bsd udh di modif jd gurih, sepertinya aku bakal suka :). 2 minggu lagi akj mau staycation daerah tangerang soalnya. kalo sempet aku datangin deh, sekalian ngopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manisnya masih ada. Tapi, cukup ketutup lah kalau dikasih kucuran jeruk dan sambal. Saya masih bisa makan. Kalau cenderung manis juga saya gak bakal suka

      Hapus
  2. Suaminya baik Dan sabar ya Mbaaak. Wkwkwkw. Btw Kong djie ini banyak cabangnya lho. Ada yg disekitaran Tanah Abang. Rasanya sama kok. Lebih dekat lagi

    BalasHapus
  3. Kepo sama mie udangnya, dikasih sambel seger pedesnya pasti ya mbak.

    BalasHapus
  4. Belum pernah nyobain mie belitung. Liat kuah ya kayak gitu kayaknya enak buat disantap.

    BalasHapus
  5. Penasaran sama mie ayamnya hehehe :) Mie udangnya kelihatan banyak porsinya, tapi udangnya ga begitu nampak :D Belum pernah ke Pasmod. Kapan2 boleh juga nyobain ke Kong Djie ah.

    BalasHapus
  6. Saya makan mie udang belitung di Belitung. Emang enak rasanya. Kong Djie memang terkenal banget di Belitung, tapi pas saya ke Belitung ngopi-ngopinya di warung pinggiran di Manggar. Jadi malah belum nyobain kopi Kong Djie. Jadi penasaran nih. Tapi BSD jauh dari rumah ya...

    BalasHapus
  7. Wahhh legend nih, udah dari sejak 1943... Gokil... Apa mungkin dulu kompeni pernah nongkrong disini sebelum Indonesia merdeka ya?

    BalasHapus
  8. Aku belum pernah mampir ke sini, tapi kalau Kong Djie yang di Alam Sutera, aku sering.
    Yang membedakan, di Kong Djie Alam Sutera itu tidak ada teko-teko yang besar seperti di sini :)

    BalasHapus
  9. Setuju sih,makanan yang ada udangnya itu emang enak. :D

    BalasHapus
  10. Aku suka ke kedai-kedai kopi sederhana kayak gini asal waktunya pagi atau sore-sore. Ada
    suasana dan kenikmatan tersendiri yang nggak bisa ditemukan di cafe atau coffee shop modern. Warna es kopi susunya kok nyaris hitam gitu ya, mbak? Kayak es kopi hitam.

    Hm, kalau stafnya Sunda semua jadi agak merusak "ambience" ya, kecuali kalau mereka bisa menyembunyikan kesundaannya. Karena ada embel-embel Belitung di namanya, aku harap suasana melayu yang kuat bisa didapat di sini :)

    BalasHapus
  11. Aih aku tuh pencita mie loh kak, makanya pas baca ini aku langsung laper wkwk. Es Kopi Susunya juga kayaknya enak yaa kak dan harganya sangat bersahabat~

    BalasHapus
  12. Mbak, aku saved ya. Karena beberapa kali ke BSD malah bingung mau makan apa hihihi. Kebetulan aku penasaran banget sama mie belitung

    BalasHapus
  13. Wah ntar cobain ah saat ke BSD. Biasanya main ke mal mulu sih gw hehe..

    BalasHapus
  14. Penampakan mie-nya enak menggoda Mba jadi pengen nyobain juga. Mau nyobain ah next time main-main ke BSD :D Makasih reviewnya Mba!

    BalasHapus
  15. Aku pernah diajakin ke sini sama Mbak Oren, jadi nostalgia Belitung ya, enak kopi susunya..di Ungaran juga baru buka, penasaran..

    BalasHapus
  16. Warna masakan mienya pucat ya mbak, walau begitu rasanya pasti enak. Pernah ada teman buatin karena dapat kiriman dari ortunya, khas rasa udangnya terasa :). Moga bisa nyoba yang langsung di Belitung

    BalasHapus
  17. belum pernah nyobain makanan Belitung,
    bisa membiasakan diri di sini dulu ya sebelum jajal beneran di tempat asalnya
    penasaran mi udangnya itu apa mirip dengan mi rebus keling dari Medan

    BalasHapus
  18. Mie Ayam Belitung, terlihat mirip Cwi Mie Malang...ahaay...
    Kopi Belitung apalagi yg pakai es, huuuf...enak banget lhah...

    BalasHapus
  19. Es kopi susunya segar sekali, dan mie ayam belitung nya memang bikin ngiler, pasti aslinya enak banget.

    BalasHapus
  20. Oooo ada juga to disini. Waktu ke belitung, aku blm pernah nih nyoba kopinya. Klo sekarang pengen nyoba, tinggal kw BSD aja ya...

    BalasHapus
  21. saya pernah nyobain nih Kong djie coffee yang di depok. tapi belum sempat nyobain mie ayam Belitungnya soalnya pas kesana sedang dalam kondisi kenyang jadi cuma ngopi-ngopi cantik sama camilan singkong goreng dehh..

    tapi kata teman kong djie bsd punya menu lain yang gak ada di depok sihh.. mungkin kapan2 mesti kesana nih biar tahu bedanya..

    BalasHapus
  22. Black coffee gitu ada gak ya.. udh sering denger kopi belitung tapi belom nemu di coffeeshop lain.. keknya kudu nyoba di sini

    BalasHapus
  23. wahh menggoda ya menunya...meskipun tempatnya kalo menurutku kurang nyaman. Aku pengen cobain sarsaparilanya ey...minuman kuno ya...jadi berasa nostalgia gituh ..

    BalasHapus
  24. YAAAAHHH MAK MYYYRRR.. salah nih bacanya aku pas makan siang. Bikin laperrrrrr dan sekarang belom masak. Wkwkwkw. Eniwei aku dulu kalau ke pasmod BSD selalu ngincer asinannya. Seger banget. Pankapan aku cobain aah Kong Dije Coffee buat ganti suasana

    BalasHapus
  25. Kudu ke sini ah kalau ke BSD. Udah nggak bener ini cuma baca doang sambil lap iler saking pengennya. Mie Ayam Belitung itu menurutku enak banget sik.

    BalasHapus
  26. Mi udangnya tampak enak deh..jadi pengen nyicip juga..hehe..

    BalasHapus
  27. Liat penampakan mie udang auto lapar Mba hahaha...mudah2an jd warning nih kalau diyakininya jgn kelamaan... Bikin bete deh..

    BalasHapus
  28. Ini sih makanan dan minuman favorit aku banget teh oia nanti ada juga festival mie di February harus coba mampir deh

    BalasHapus
  29. Emang kenapa pingin banget ke sini? Ternyata beneran enak, ya. Ga sia2 deh, ngototnya

    BalasHapus
  30. aku ya suka ngomel mba kalau kelamaan gitu apalagi kalau perut kosong bawaannya esmosay hahahaha :D

    BalasHapus
  31. Sebagai pevinta mie ayam. Aku ngiler ini.

    Tapi klo pelayanannya lama bisa bikin bete buat lanjutun makan. Bikin esmosiii

    BalasHapus
  32. KEmarin ini aku lewat samping MM baca ada Kong Dije juga nih jadi penasaran, mau mampir udahkelewatan gak bisa mundur lagi muternya jauh :) Baca postingan Myra jadi penasaran, eh tapi minggu depan aku mau nyobain Kong DIje di Belitung

    BalasHapus
  33. Aku jadi ingat minum di Kong Dji COffe di Belitung itu pengalaman yang menarik bagiku mba. Tempatnya masih sederhana tapi rapi dan bersih. lalu pas pulang, suamiku suka ama coklatnya jadi beli beberapa kali

    BalasHapus
  34. Berarti sudah lama banget ya Kong Djie Coffee ini kalau sudah ada sejak tahun 1943, pantasan kopinya jadi legendaris. Apalagi cabangnya juga sudah tersebar di berbagai daerah, cuma gak tahu ya kalau di daerah saya sepertinya gak ada kafe ini.

    BalasHapus
  35. ada sarsaparillaaa ya mba...minuman masa kecil yang penuh kenangan hehehehe. Yang pasti tempatnya memang oke yaaa

    BalasHapus
  36. Ini kopinya legendaris banget ya mak chi. Banyak fansnya ini kopi

    BalasHapus
  37. Pengen cobain kopinya huhuhu. Sayangnya jauh di BSD, kalo di Bekasi kusamperin deh siang ini juga. Mudah mudahan bisa buka cabang di banyak tempat ya kak

    BalasHapus
  38. Aduh jadi pengen ngopi liat ini, btw aku penasaran sama Badak ( Saparila ) itu pasti seger ya kalau pakai es.

    BalasHapus
  39. kedai kopinya kayak di tempatku, disini juga pake teko yang corongnya panjang itu. tapi seru jadi berasa vintage

    BalasHapus
  40. Mie Ayamnya mbak buat lapar banget, jadi pengen merasakan mie ayam ini dan es kopi nya. Tempatnya juga asik mbak.

    BalasHapus
  41. Makin penasaran dengan kopi Kong Djie ini. Ternyata ada cabangnya di BSD Tangerang ya.

    BalasHapus
  42. Chi, kok aku malah tertarik sama Badak-nya ya. Minuman sarsaparila gitu aku seneng banget, kayak minum AW gitu ya hehehe... Penasaran nih sama mie ayam khas Belitung, kayak apa siy rasanya.

    BalasHapus
  43. Aduh nggak kopinya nggak mie ayamnya bikin ngiler semua mba.
    semoga kapan-kapan bisa main ke mari, nyobain langsung kenikmatannya.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.