"Nanti mampir dulu ke Kong Djie Coffee, Yah."
"Di mana, tuh?"
"Pasar Modern BSD."
"Gak makan aja di rumah Inong? Pasti udah masak di sana."

kong djie coffee, kedai kopi di pasar modern bsd

Kong Djie Coffee, Pasar Modern BSD - Tentang Es Kopi Susu dan Mie Ayam Khas Belitung



Masih lanjutan dari cerita pernikahan sepupu saya kurang lebih setahun yang lalu. Sebelum berangkat ke BSD, sempat terjadi perbedaan pendapat di keluarga kami. Saya pengen mampir dulu ke sana untuk menikmati segelas kopi susu yang legendaris asal Belitung itu. Alasan saya, mumpung lagi di BSD. Kopi Kong Djie terdekat dengan rumah tante saya ada di Pasar Modern BSD. Kalau disengajain mampir suka malas karena lumayan jauh.

Sedangkan suami berpikir kalau nanti mampir dulu, bisa-bisa gak makan lagi di rumah tante saya. Padahal sebagai yang punya hajat pasti udah masak. Gak enak 'kan kalau menolak.

Anak-anak malah kepengennnya lain lagi. Mereka pengennya check ini dulu begitu sampai BSD. Alasannya supaya bisa beli McDonald's yang lokasinya memang persis di samping hotel POP.

Permintaan saya yang dikabulkan karena paling ngotot hehehe. Saya bilang kalau di Kong Djie Coffee paling sekadar ngopi dan cemal-cemil. Yakin deh bakal tetap makan di rumah om dan tante. Saya juga bilang ke anak-anak tetap bisa makan McDonald's kapan pun.

[Silakan baca: Table Service di McDonald's Bukit Bintang, Malaysia]

Rencananya berangkat sebelum makan siang. Tetapi, ada beberapa hal yang harus diurus membuat keberangkatan jadi mundur. Udah gitu tiap kali mau ke BSD, kami suka salah keluar pintu tol terus. Suka gak kepikiran juga buat minta bantuan Google maps kalau belum salah jalan hahaha.

Lagi-lagi kami salah keluar pintu tol. Saya jadi agak gak enak hati. Tapi, tetap keukeuh mau ke Kong Djie Coffee. Padahal ya kalau gak salah keluar tol, gak ribet cari lokasi Pasar Modern BSD ini.

kedai kopi susu, warung kopi kong djie

Kedai kopi ini berukuran kecil dan terlihat sepi. Mungkin karena kami ke sana sudah cukup sore. Seperti kedai kopi sederhana dan tanpa AC.

es kopi susu kong djie, badak sarsaparilla, warung kopi kong djie
es kopi susu kong djie, badak sarsaparilla, warung kopi kong djie
Es Kopi Susu, IDR18K
Badak (Sarsaparilla), IDR12K


Pilihan pertama saya tentu saya es kopi susu. Kami sempat agak bingung saat memilih makanan. Pukul 3 sore, agak nanggung kalau mau makan berat. Tetapi, mau pilih camilan juga perut rasanya lapar karena belum makan siang.

Warung Kopi Kong Djie Belitung sudah ada sejak tahun 1943. Berarti dari sebelum zaman kemerdekaan, ya. Saat ini cabangnya sudah banyak tersebar di Indonesia. Tetapi, sistem usahanya waralaba.

kong djie coffee menu
Kong Djie Coffee Menu


Kong Djie Coffee menu di BSD ini cukup beragam. Tetapi, kayaknya gak semua sama persis kayak di tempat asalnya. Misalnya, cireng crispy. Kayaknya di warkop Kong Djie Belitung gak ada menu ini. Etapi, gak tau juga, ding. Saya hanya menerka-nerka.

kopi kong djie belitung

Nai dan ayahnya memilih mie ayam. Keke hanya pesan minuman karena dia sudah makan dulu sebelum berangkat. Hanya saya yang memilih mie udang belitung. Sambil menunggu pesanan kami datang, saya melihat ke sekeliling. Teko-teko besar untuk merebus kopi yang menjadi ciri khas Kong Djie terlihat di depan.

Ada nuansa lain yang berasa. Saya merasakan nuansa Sunda di sini. Sepertinya, semua karyawannya berdarah Sunda. Terdengar dari obrolan mereka yang cukup meramaikan suasana kedai kopi. Saat itu, pembelinya hanya kami sekeluarga. Saya mengerti apa yang mereka omongin. Hanya obrolan dan candaan biasa aja sesama teman.


Mie Ayam Belitung, IDR20K


Makanan dan minuman pesanan kami pun tiba. Tetapi, makanannya yang datang hanya 2. Mie ayamnya kurang 1. Ketika saya menanyakan mie ayamnya, mbak yang mengantarkan makanan kayak kebingungan. Malah nanya balik ke saya pesannya apa aja. Padahal udah jelas ditulis pesan 2 porsi mie ayam.

Katanya akan segera dibuatkan 1 porsi lagi. Tetapi, ternyata memakan waktu cukup lama juga. Saya dan Nai hampir selesai makan, belum juga datang makanannya. Duh, saya jadi tambah gak enak hati sama suami. Udahlah dia maunya makan di rumah yang punya hajat, salah keluar tol, dan malah dia yang terakhir makan.

Saya sampai harus manggil pramusaji lagi untuk menanyakan makanan yang belum datang. Soalnya lumayan lama nunggunya. Padahal makanan dan minuman yang duluan datang gak selama itu. Lagi-lagi kayak yang bingung gitu ekspresinya. Pengennya saya batalin aja. Tapi, berarti suami gak makan. Nanti dia jadi mangkel ma saya. 😅

Terlepas dari drama mie ayam yang kelamaan itu. Rasa makanannya enak juga. Mie ayam khas Belitung gitu, deh. Kalau saya sih mikirnya mirip mie ayam Bangka. Ya memang mirip-mirip, kan. Minimalis rasanya, tetapi enak dan gurih.


Mie Udang Belitung, IDR25K


Kalau mie udang Belitung baru kali ini saya cobain. Kalau kata suami saya, segala makanan yang ada udangnya seharusnya enak. Ya, memang enak rasanya. Kuahnya gurih dan cukup berasa udangnya. Porsinya kelihatan sedikit, tetapi buat saya mengenyangkan. Mungkin karena ada potongan kentang juga selain mie. Jangan lupa kucurin jeruk sambal biar ada rasa segar.

warung kopi kong djie, pasar modern bsd

Saya pesan es kopi susu. Sengaja pilih yang dingin karena cuaca lagi berasa gerah bener. Memang enak kopinya. Masih terasa pahit di lidah dan tidak terlalu manis. Pas lah kalau buat saya.

Kami gak berlama-lama di sini. Papah juga menelpon minta kami check ini duluan ke hotel POP sebelum ke rumah tante. Lagian memang udah kesorean juga. Gak pengen kekenyangan juga. Tetap menyediakan sedikit ruang buat makan lagi di rumah tante hehehe.

[Silakan baca: Drama Kamar Mandi di Hotel POP, BSD City]

Setidaknya udah tuntas rasa penasaran saya untuk mencicipi kopi legendaris ini. Mudah-mudahan aja suatu saat bisa mencicipi langsung di Kong Djie Coffee Belitung. Aamiin.

Kong Djie Coffee Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato


Kong Djie Coffee BSD


Pasar Modern BSD City
Jl. Letnan Sutopo, Blok R no 23
Serpong, Tangerang Selatan 15310

Open hours: 07.00 - 21.30 wib