Jalan-jalan ke Bali, Bandung, atau Jogja sudah sangat biasa sekali. Oleh sebab itulah, coba sesekali untuk melipir ke wilayah luar Jawa, misalnya saja Riau. Ada banyak wilayah Riau yang memiliki banyak destinasi memukau, salah satunya adalah Dumai. Bagi warga luar kota, tenang saja ya Dumai telah memiliki bandar udara bernama Pinang Kampai.

batik air traveloka
Sumber foto: Batik Air


Salah satu maskapai penerbangan yang melayani jalur ke Dumai adalah Batik Air. Maskapai penerbangan yang berada di bawah naungan Lion Air ini bisa dipesan secara online melalui Traveloka. Nah, maskapai ini memiliki dua kelas penerbangan yakni ekonomi dan bisnis. Ingin melihat berbagai layanan, fasilitas, ketentuan, bisa langsung mencarinya di situs Traveloka, sangat lengkap informasinya. Batik Air Traveloka juga memberikan segudang kemudahan, coba langsung saja pesan untuk membuktikannya.

Kembali lagi ke Dumai, wilayah hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkalis dan telah diresmikan sebagai kota pada tahun 1999 ini menyimpan pesona wisata yang susah ditampik keindahannya. Ada taman, hutan bakau, tugu, danau, dan juga pantai. Berbicara pantai, Dumai memiliki beberapa yang cukup recomended untuk dikunjungi.


Pantai Puak


Pantai Puak berada di kelurahan Teluk Makmur. Pada tahun 2018, kawasan ini diresmikan oleh pemerintah setempat menjadi kawasan wisata berbasis budaya melayu. Nah, fasilitas di dalamnya semakin dilengkapi, mulai dari parkir yang luas, masjid apung, dan tempat masyarakat setempat menjajakan produk kerajinan lokal.

Selain itu semua tentu saja tempat ini memiliki pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pasir pantainya bersih, ombaknya tidak terlalu ganas, membuat tempat ini padat merayap saat musim liburan tuba. Apalagi sekarang tambah banyak penjual yang menjajakan makanan atau lainnya.


Pantai Purnama


Lalu Pantai Purnama diresmikan oleh pemerintah setempat menjadi tempat wisata di tahun 2019. Alamatnya sendiri masih berdekatan dengan Pantai Puak, di Kelurahan Teluk Makmur, tepatnya berada di Jl. Mat Taim, Medang Kampai. Lokasi wisata ini kerap jadi jujukan para keluarga untuk liburan.

Pasalnya, banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat ini. Selain menyaksikan keindahan laut, kamu bisa bermain ombak karena tidak terlalu tinggi, foto-foto karena dilengkapi dengan spot instagenic, sampai dengan memancing ikan.


Pantai Marina


Tidak kalah hits dari yang sebelum-sebelumnya ada Pantai Marina yang memiliki akses jalan mudah. Alamatnya juga berada di Teluk Makmur, Medang Kampai. Bagi kamu yang selama ini dikelilingi dengan tekanan kerja atau sekolah, saat datang ke tempat ini pikiran stres akan sedikit terurai. Pasalnya, kamu akan menyaksikan pemandangan yang indah.

Apalagi saat sore hari, matahari akan terbenam dan jika beruntung bisa melihat para nelayan berangkat atau pulang mencari ikan. Suasana yang masih sangat alami, beda jauh dengan kota yang penuh dengan persaingan.


Pantai Koneng


Pantai Koneng juga berada di Teluk Makmur, dan telah diresmikan menjadi destinasi wisata oleh pemerintah pada tahun 2017. Diberi nama Pantai Koneng, karena pasirnya memiliki warna kekuningan yang merupakan hasil campuran aneka fosil dari keanekaragaman hayati di laut.

Tempat ini sudah terkenal dan menjadi langganan para calon pengantin untuk spot pre-wedding. Jika ingin jalan-jalan saja, ada saung tradisional yang bisa dijadikan persinggahan dan fasilitas lainnya.

Karena jalan-jalan ke pantai jangan lupa untuk membawa berbagai perlengkapannya supaya liburan makin menyenangkan ya. Apa yang perlu dipersiapkan? Mulai dari sunblock, topi, alas kaki yang nyaman, baju yang tidak terlalu tebal, dan juga kamera yang penuh terisi baterainya. Pulang-pulang bisa membawa banyak kenangan yang diabadikan menjadi foto.